Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Doa Sholat Dhuha: Doa, Niat, Hukum, Keutamaan

4 min read

Niat Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha untuk memperlancar rezeki dan menghapus segala dosa. Sholat Dhuha merupakan salah satu amalan sunnah yang dapat dilakukan untuk memperlancar rezeki.

Bisa dikatakan, Sholat Dhuha ini merupakan sholat sunnah yang istimewa. Ada banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari Sholat Dhuha, oleh karena itulah yang membuat sholat ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan, salah satunya yaitu sebagai sarana memohon ampunan kepada Allah SAW.

Hal tersebut seperti yang sudah dijelaskan pada sebuah hadits riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah yang berkata: “Siapa yang membiasakan (menjaga) Sholat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Dalam melaksanakan Sholat Dhuha pun Anda harus membaca Doa Sholat Dhuha. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai bacaan dari Sholat Dhuha itu sendiri, Anda juga harus memperhatikan hadits riwayat muslim yang satu ini.

Kenapa Harus Sholat Dhuha?

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan Sholat Dhuha dua rakaat.”

Hadits tersebut menjelaskan bahwa Sholat Dhuha dapat digunakan sebagai ladang sedekah untuk menambah pahala Anda.

Setelah membahas mengenai apa yang dimaksud dengan Sholat Dhuha itu sendiri, maka Anda harus mengetahui apa hukum dari Sholat Dhuha.

Sudah mengerti mengenai tata cara sholat hajat? Belajar lagi yuk doa sholat hajat yang sudah pernah kami bagikan.

Hukum Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Hukum dari Sholat Dhuha adalah sunnah muakkad yang artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Hal ini karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri menjadikannya sebagai sebuah wasiat, seperti yang tertera pada sebuah hadits di bawah ini:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih, Al-Bukhari No. 1981, Muslim No. 721).

Yuk ikuti apa yang Rasulullah lakukan yaitu sholat tahajud. Belajar lagi deh doa sholat tahajud yang sudah kami bagikan.

Tata Cara Sholat Dhuha

Selain Anda harus mengetahui hukum dari Sholat Dhuha, Anda juga harus mengetahui tata cara melaksanakan Sholat Dhuha.

Sholat Dhuha sendiri paling sedikit dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Untuk jumlah maksimalnya sebagian ulama ada yang tidak membatasi dan sebagian yang lain mengatakan 12 rakaat.

Nabi Muhammad SAW sendiri biasa mengerjakan Sholat Dhuha sebanyak 4 rakaat. Akan tetapi, beliau juga pernah mengerjakan Sholat Dhuha hingga 8 rakaat. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan pada sebuah hadits:

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan Sholat Dhuha sebanyak 8 rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucap salam.” (HR. Abu Dawud)

1. Tata Cara Sholat Dhuha Dua Rakaat

Nah, tata cara sholat dhuha dengan dua rakaat adalah sebagai berikut ini :

  1. Niat akan melaksanakan Sholat Dhuha
  2. Membaca Takbiratul Ihram
  3. Disunnahkan untuk membaca Doa Iftitah
  4. Membaca Surat Al Fatihah
  5. Membaca salah satu surat dalam Al Qur’an yaitu Surat Ad Dhuha
  6. Ruku’ dengan cara tuma’ninah
  7. I’tidal dengan cara tuma’ninah
  8. Sujud dengan cara tuma’ninah
  9. Duduk diantara dua sujud dengan cara tuma’ninah
  10. Melakukan sujud kedua dengan cara tuma’ninah
  11. Berdiri untuk melaksanakan rakaat yang kedua
  12. Membaca Surat Al Fatihah
  13. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat As Syams
  14. Ruku’ dengan cara tuma’ninah
  15. I’tidal dengan cara tuma’ninah
  16. Sujud dengan cara tuma’ninah
  17. Duduk diantara dua sujud dengan cara tuma’ninah
  18. Tastahud Akhir dengan cara tuma’ninah
  19. Salam
  20. Membaca Doa Sholat Dhuha.

Di atas merupakan beberapa tata cara yang bisa Anda lakukan untuk melaksanakan Sholat Dhuha dua rakaat.

2. Tata Cara Sholat Dhuha Lebih Dari Dua Rakaat

Lalu, bagaimana jika Anda ingin melaksanakan Sholat Dhuha yang jumlahnya lebih dari dua rakaat? Tata caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengerjakan Sholat Dhuha dengan dua rakaat salam hingga mencapai 4 rakaat, 8 rakaat dan seterusnya.

Bingung akan keputusan, yuk curhat dengan sholat istikharah. Coba deh cek doa sholat istikharah supaya lebih paham.

Hukum Niat Sholat Dhuha

Niat Sholat Dhuha

Dalam melaksanakan Sholat Dhuha, niat merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan.

Nah, menurut madhab Syafi’i dan Hambali, mengucapkan niat Sholat Dhuha sebelum takbiratul ihram hukumnya adalah sunnah. Fungsinya yaitu untuk mengingatkan hati agar lebih mantap dan khusyu’ dalam mengerjakan Sholat Dhuha.

Sementara itu, menurut madzhab Maliki dan Hambali, tidak diyariatkan untuk mengucapkan niat Sholat Dhuha sebelum takbirotul ihram, kecuali untuk orang yang was-was (ragu dengan niatnya). Namun, terlepas dari dua perbedaan pendapat tersebut, bacaan niat Sholat Dhuha yang umum diucapkan yaitu:

Niat Sholat Dhuha

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Arti niat sholat dhuha : “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Selain tata cara dan bacaan niat dari Sholat Dhuha itu sendiri, Anda juga harus mengetahui bacaan Doa Sholat Dhuha. Nah, untuk bacaan Doa Sholat Dhuha ini sendiri tidak ada Doa khusus dari Nabi Muhammad SAW setelah mengerjakan Sholat Dhuha.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat dhuha ini merupakan doa yang umum dipanjatkan umat muslim di seluruh dunia. Apa itu? Ini dia doa setelah sholat dhuha yang baik dan benar :

Allahumma innadhdhuha-a dhuhauka, walbahaa abahaa uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-I fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu an kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Demikian Doa Sholat Dhuha yang bisa Anda ucapkan setelah Anda selesai melaksanakan Sholat Dhuha. Doa Sholat Dhuha yang telah dijelaskan diaatas merupakan Doa yang dicantumkan oleh Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj serta disebutkan oleh Ad Dimyathi dalam I’anatuth Thaliniin.

Bulan Ramadhan dianjurkan sholat tarawih. Yuk baca-baca lagi doa sholat tarawih supaya lebih paham.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Setelah Anda mengetahui tata cara dan Doa Sholat Dhuha, pastinya Anda juga akan mengetahui keutamaan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan rajin mengerjakan Sholat Dhuha.

Berikut ini beberapa keutamaan Sholat Dhuha :

  1. Sholat Dhuha merupakan salah satu wasiat yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
  2. Bagi orang yang rutin mengerjakan Sholat Dhuha, maka Allah akan membangunkan rumah di surga
  3. Mengerjakan Sholat Dhuha yang sebelumnya sudah didahului dengan mengerjakan Sholat Subuh berjamaah dan dzikir sampai terbit matahari maka pahala yang didapatkan akan sama dengan pahala orang yang pergi haji dan umroh.
  4. Sholat Dhuha merupakan sholat awwabin, yakni sholatnya orang-orang yang taat
  5. Dicukupkan segala rezekinya
  6. Dihapus semua dosanya meski sebanyak buih di lautan.

Selain Anda harus mengetahui bacaan Doa Sholat Dhuha itu sendiri, Anda juga wajib mengetahui apa saja keutamaan dari Sholat Dhuha. Tentu saja hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih khusyuk dalam mengerjakan Sholat Dhuha.

Demikian yang dapat theinsidemag.com sampaikan, apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan.

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *