Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Doa Sholat Hajat: Dasar, Rukun, Waktu, Niat

4 min read

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat adalah doa yang paling sering di cari ketika kita akan menunaikan ibadah sholat tersebut. Sholat Hajat sendiri merupakan salah satu amalan yang dilakukan oleh umat Islam sebagai amalan sunnah.

Sesuai dengan namanya, hajat atau keinginan, sholat ini biasanya dilakukan dengan maksud agar keinginan atau hajat yang dimiliki bisa sukses, bisa terkabul.

Dalam hal ini adalah keinginan yang sesuai dengan syariat Islam bukan keinginan yang melanggar syariat Islam, misalnya ingin segera mendapatkan jodoh anda dapat berniat untuk sholat hajat jodoh, ingin lulus ujian dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh umat Islam dalam menggapai sebuah keinginan selain dengan usaha adalah dengan diiringi doa.

Salah satu cara berdoa terbaik adalah dengan melakukan sholat sunnah hajat. Adapun apa saja doa Sholat Hajat, bagaimana tata cara Sholat Hajat dan apa saja keutamaan Sholat Hajat, serta penjelasan lainnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Dasar Mengerjakan Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat

Dasar dalam mengerjakan Sholat Hajat dijelaskan dalam hadis sahih dari Abu Darda Radhiyallahu’anhu, Bahwasanya Rosullullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at dengan sempurna maka Allah Ta’ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadist tersebut,  Rosullullah Shallalahu’alaihi wasallam mengajarkan agar kita senantiasaberwasilah kepada Allah SWT ketika kita memiliki hajat tertentu. Selain itu, dalam kitab Ihya’ulumuddin  yang ditulis oleh Imam Ghazali menuliskan:

“Yang kedepalan (dari beberapa sholat sunnah yang memiliki sebab) adalah Sholat Hajat. Siapa saja yang berada dalam kondisi terjepit dan membutuhkan sesuatu, baik urusan dunia maupun akhirat sedangkan dia tidak mampu menyelesaikannya, hendaklah dia melaksanakan sholat (hajat) ini”.

Rasulullah SAW selalu mengerjakan sholat tahajud. Mari belajar doa sholat tahajud yang sudah pernah kami bagikan.

Waktu Melaksanakan Sholat Hajat

Sering kali orang beranggapan bahwasanya Sholat Hajat sama halnya dengan sholat tahajud yang biasanya dilaksanakan pada malam hari setelah bangun tidur. Padahal, doa sholat hajat dan tahajud itu berbeda.

Namun ketahuilah bahwasanya Sholat Hajat merupakan sholat sunnah yang dilakukan ketika ada sebab tertentu seperti halnya Sholat Istikharoh yang bisa dilaksanakan kapan saja.

Sehingga Anda pun bisa melaksanakan kapan saja kecuali pada waktu yang terlarang untuk sholat. Doa sholat hajat sendiri berbeda dengan sholat tahajud.

Waktu Sholat Hajat

Namun anggapan waktu untuk melaksanakan Sholat Hajat pada malam hari tidak sepenuhnya salah, hanya saja kurang tepat.

Salah satu waktu yang mustajab untuk memohon kepada Allah bermuhasabah kepada Allah adalah pada setengah atau sepertiga malam terakhir, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang melaksanakan Sholat Hajat pada sepertiga malam terakhir.

Adapun waktu yang terlarang untuk melaksanakan sholat adalah :

  1. Pertama saat terbitnya matahari.
  2. Kedua, ketika waktu istiwa’ yaitu ketika matahari berada tepat di atas kepala hingga tergelincirnya matahari kecuali hari jumat.
  3. Ketiga, ketika matahari berwarna kekuningan hingga tenggelam.
  4. Keempat, selepas sholat subuh hingga terbitnya matahari. Terakhir, selepas Sholat Ashar hingga tenggelamnya matahari.
Ingin belajar sholat tarawih? Disini doa sholat tarawih dikupas secara lengkap.

Rukun Sholat Hajat atau Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara melaksanakan Sholat Hajat tidak jauh berbeda dengan tata cara melaksanakan sholat lainnya baik sholat wajib maupun sholat fardlu.

Sedangkan jumlah rakaat untuk melaksanakan Sholat Hajat dimulai dari dua rakaat hingga 12 rokaat dengan masing-masing 2 rakaat dalam satu kali salam. Diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam.

  1. Niat Sholat Hajat

ؤصلي سنة الحجة ركعتين لله تعلى

Ushollii sunnatl haajati rok’ataini lillahi ta’aala

Artinya : Aku berniat Sholat Hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

  1. Takbiraatul Ikhram

Mengucapkan Takbiraatul Ikhram dengan menghadirkan niat di atas di dalam hati

  1. Membaca Doa Iftitah

“Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina. ”

Artinya:

“Allah Maha besar dengan sebesar-besarnya. Semua puji sebanyak mungkin untuk Allah. Maha suci Allah saat pagi dan pada petang hari. Saya menghadapkan wajahku pada Allah yang sudah membuat langit dan bumi dengan seluruh kepatuhan serta kepasrahan diri serta saya tidaklah beberapa orang yang menyekutukan-NYA. Sebenarnya sholatku, ibadahku, hidup serta matiku hanya punya Allah, Tuhan semesta alam, tidak ada satu juga sekutu untuk NYA. Dengan semuanya saya diperintahkan serta saya termasuk juga orang yang berserah diri. ”

  1. Membaca Surat Alfatihah

Akan tidak sah sholat seseorang apabila tidak membaca surat Al Fatihah.

  1. Membaca Salah Satu Surat Dari Alquran

Anda bisa membaca salah satu surat pendek yang ada di juz 30 atau membaca terserah sesuai keinginan Anda. Namun alangkah lebih baik jika pada rakaat pertama adalah surat Al Ikhlas dan pada rakaat kedua adalah  membaca ayat kursi.

  1. Ruku’

Melakukan posisi Ruku’ dengan membaca bacaan “Subhaana rabbiyal ‘adziimi wa bihamdih“ sebanyak 3 kali. Yang artinya “ Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung Serta dengan memberikan pujian kepadaNya”

  1. I’tidal

Bangun dari Ruku’ kemudian I’tidal membaca bacaan

“Samiallohu liman hamidah. Rabbanaa lakal Hamdu mil’us samaawati wa mil’ul ardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du”

Artinya:

“Allah Mendengar orang yang memberikan pujian kepadaNya. Wahai Tuhan kami, cuma untuk MU lah semua puji, sepenuh langit serta bumi serta sepenuh barang yang kau kehendaki selanjutnya”

  1. Sujud
  2. Duduk di Antara Dua sujud

Duduk yang dilakukan selepas sujud yang pertama dan sebelum sujud yang kedua dengan cabaan sesuai dengan sholat yang lainnya.

  1. Sujud
  2. Berdiri untuk melaksanakan Rakaat Kedua (Dengan Tata Cara Seperti Rakaat Pertama)
  3. Salam

Sholat Hajat diakhiri dengan salam. Sudah sedikit paham mengenai tata cara sholat hajat? Jika sudah, mari belajar mengenai doa sholat hajat baik bahasa arab maupun latin di bawah ini.

Sudah paham sholat jenazah? Belajar lebih dalam doa sholat jenazah yang sudah kami bagikan.

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat

Doa sholat hajat itu terdiri dari doa sholat hajat bahasa arab dan doa sholat hajat latin. Nah, sebagian memang melihat arab nya terlebih dahulu kemudian latinnya supaya fasih.

Setelah Anda selesai melaksanakan Sholat Hajat, dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa terlebih dahulu.

Dizikir setelah sholat hajat dapat Anda lakukan dengan membaca Sholawat, Istigfar, Kalimat Tasbih, Kalimat Tauhid, membaca Surat Al Ikhlas, membaca Surat Annas, membaca Surat Al Falaq dan lain sebagainya.

Adapun doa Sholat Hajat  adalah sebagai berikut:

لاإله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسئلك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلى غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين

“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin. ”

Arti doa sholat hajat :

“Tidak ada Tuhan tetapi Allah Yang Maha Lembut serta Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Semua puji untuk Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah saya memohon suatu hal yang mewajibkan rahmat-Mu, serta suatu hal yang menghadirkan ampunan-Mu serta peroleh keuntungan pada masing-masing dosa. Jangan sampai Engkau biarlah dosa dari pada diriku, tetapi Engkau ampuni serta tak ada suatu hal kebutuhan, tetapi Engkau berikan jalan keluar, serta tidak juga suatu hal hajat yang memperoleh kerelaan-Mu, tetapi Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih serta Penyayang. ”

Keutamaan Sholat Hajat

Dari beberapa hadits, terdapat beberapa keutamaan sholat hajat yakni :

1. Keinginan dan keperluan insyaaAllah lebih mudah dikabulkan

Dalam hal ini, ulama mengatakan menyampaikan keinginan dengan sholat hajat, jauh akan lebih bagus daripada Anda hanya berdoa sesekali saja. Karena, ini memang di anjurkan ketika Anda memang sangat membutuhkan hal tersebut dan ingin Allah segera menjabah doa Anda.

2. Pasrah dengan segala ketentuan yang diberikan Allah

Tidak lantas Anda sudah berdoa setelah sholat hajat langsung diberikan apa yang Anda mau. Hanya saja, ini akan menjadikan Anda manusia yang lebih paham mengenai doa-doa yang dikabulkan atau tidak. Pasrah dengan ketentuan Allah adalah hal yang baik untuk Anda.

3. Ikhlas menerima jika keinginan tidak sesuai dengan rencana kita

Jika keinginan memang tidak sesuai dengan rencana yang sudah kita dambakan, maka Anda jangan menyalahkan diri sendiri. Yakinlah, Allah pasti maha mengetahui segala yang terbaik untuk hamba-Nya.

4. Dapat mengendalikan segala kebutuhan

Anda mungkin awalnya akan susah sekali mengendalikan segala kebutuhan yang memang Anda butuhkan. Namun, Allah akan memberikan Anda sesuatu yang sangat bagus untuk hidup Anda dengan segala kemungkinan yang ada.

5. Mendekatkan diri kepada Allah

Jauh sebelum Anda berbicara lebih banyak, sudah pasti Sholat Hajat ini akan semakin meningkatkan kepercayaan terhadap Allah SWT dan lebih dekat tentunya dari segi hati maupun pikiran kepada Allah SWT.

6. Termotivasi belajar lebih giat

7. Mencegah dari godaan setan

Nah itulah penjelasan bagaimana tata cara Sholat Hajat beserta doa Sholat Hajat. Anda bisa melaksanakan Sholat Hajat ini pada waktu-waktu yang mustajab.

Dengan ikhtiar dan doa Insya Allah hajat Anda akan terkabul. Karena, keajaiban sholat hajat itu benar adanya. Demikian penjelasan mengenai Sholat Hajat. Semoga artikel dari theinsidemag.com bisa bermanfaat.

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *