Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Doa Sholat Istikharah: Tata Cara, Niat, Keutamaan

3 min read

Doa Sholat Istikharah bahasa arab dan latin

Doa sholat istikharah bahasa arab dan latin adalah doa yang Anda cari ketika Anda sudah berniat untuk melakukan sholat istikharah tersebut. Mengapa sholat istikharah? Tahukah anda setiap manusia tentu akan dihadapkan kepada masalah yang membingungkan.

Pada saat seperti inilah sudah sepantasnya sebagai hamba-Nya untuk berserah diri kepada sang Pencipta. Bahwasanya apa yang telah diberikan oleh Allah merupakan sebuah ketentuan yang terbaik.

Tidak ada tempat bercurah hati terbaik selain kepada Allah. Niscaya Allah akan memberikan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh umat muslimin ketika menemui sebuah masalah yang membingungkan adalah melakukan Sholat Istikharah. Misalnya saat kebingungan dalam menentukan jodoh.

Apa Itu Sholat Istikharah?

Biasanya kalian pasti akan menanyakan pengertian sholat istikharah. Sholat Istikharah adalah sholat sunnah yang dilaksanakan dengan maksud ingin mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Memohon petunjuk kebaikan kepada Allah dalam urusan yang tidak diketahui. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Mengetahui.

Hukum melaksanakan Sholat Istikharah adalah sunnah. Dalam fiqih Manhaji menyebutkan bahwa  shalat istikharah sunnah dilaksanakan bagi orang yang mengharapkan sesuatu hal yang dibolehkan oleh syariat tetapi dia tidak tahu apakah hal tersebut baik baginya atau tidak.

Sholat hajat adalah sholat agar hajat kita cepat terkabul. Baca doa sholat hajat yang sudah kami bagikan agar Anda lebih tahu mengenai tata cara dan doanya.

Tata Cara Sholat Istikharah

Doa Sholat Istikharah Dalam Fiqh Sunnah, Sayyid Sabiq menjelaskan bahwasanya  Sholat Istikharah bisa dilaksanakan dalam sholat sunnah apa saja. Baik dalam sholat sunnah rawatib, sholat sunnah hajat, sholat sunnah tahiyatul masjid dan sholat sunnah lainnya.

Yang terpenting dalam sholat sunnah dua rakaat tersebut, Anda memohon petujuk kepada Allah  untuk memberikan yang terbaik. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih bukhari:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…”

Adapun tata cara Sholat Istikharah adalah sebagai berikut:

  1. Niat sholat istikharah
  2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Nah diatas itu adalah tata cara mengenai sholat istikharah secara lengkap dan jelas. Bagaimana, sudah paham?

Ingin belajar lebih banyak mengenai sholat jenazah? Anda bisa membacanya disini doa sholat jenazah yang sudah pernah kami bagikan.

Doa Sholat Istikharah

Doa Sholat Istikharah bahasa arab dan latin

Ini adalah doa sholat istikharah bahasa arab dan doa sholat istikharah latin yang harus Anda tahu :

للَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِىنِ

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Memasuki bulan Ramadhan, sholat tarawih adalah sunah yang dianjurkan. Yuk belajar lagi doa sholat tarawih agar Anda lebih paham.

Keutamaan Sholat Istikharah

Keutamaan Sholat Istikharah

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan apabila melaksanakan sholat sunnah istikharah. Beberapa keutamaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Berserah Diri Kepada Allah

Dengan melakukan Sholat Istikharah maka akan senantiasa berserah diri kepada Allah apapun hasil yang akan didapatkan. Dengan Sholat Istikharah maka akan mengharapkan hasil sesuai dengan keridhoan Allah.

Sekali kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yang beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Tanpa bertawakkal dan berserah diri kepada Allah, Manusia biasanya akan memaksakan dirinya meraih apa yang diinginkannya. Namun sesungguhnya manusia itu butuh bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT.

  1. Menenangkan Diri

Dengan berserah diri kepada Allah, hati Akan menjadi lebih tenang. Saat menghadapi masalah yang memberatkan dan membingungkan akan membuat Anda tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Hati yang tenang akan menuntun Anda kepada keputusan yang bijak.

  1. Memberikan Kemantapan Hati

Dengan melakukan Sholat Istikharah bukan berarti Allah akan memberikan keputusan yang jelas untuk menentukan sebuah pilihan. Namun dengan melaksanakan Sholat Istikharah Anda akan memiliki kemantapan hati dalam membuat sebuah keputusan.

Kemantapan hati tersebut juga tidak akan didapatkan dalam sekali melakukan Sholat Istikharah. Namun dengan melakukannya berulang-ulang maka hati Anda akan menjadi tenang. Gundah gulana galau dan isau akan suatu hal akan segera bisa terpecahkan dengan bijaksana dengan hati yang mantap dan tenang.

  1. Menjauhkan Dari Bisikan Syaiton

Sering kali saat dihadapkan masalah yang membuat Anda gelisah dan gundah, maka syetan akan segera menghampiri dan memberikan bisikan-bisikan yang menyesatkan.  Syetan akan membawa kepada kesesatan, perbuatan keji dan mungkar. Dengan melakukan Sholat Istikharah akan menghindarkan Anda dari bisikan syetan tersebut.

  1. Memilih Dengan Pertimbangan Agama

Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”. (QS Ali Imran : 154)

Sesungguhnya dengan menyandarkan segala urusan kepada Agama merupakan jalan terbaik. Dalam ayat di atas dijelaskan bahwasanya apa yang selama ini diusahakan , pertimbangan agama merupakan sesuatu yang paling utama dan mendasar.

Sholat tahajud adalah sholat malam yang tidak pernah Rasulullah tinggalkan. Mari baca lagi doa sholat tahajud supaya kita bisa meniru Rasulullah.

Jangan sampai sebagai umat islam salah jalan dalam mengambil sebuah keputusan dan meninggalkan agama. Karena agama telah mengatur segala hal urusan yang ada di dunia ini.

Nah demikian penjelasan lengkap mengenai Sholat Istikharah beserta doa Sholat Istikharah. Semoga dengan berserah diri kepada Allah, Allah akan memberikan petujuk-Nya yang terbaik.

Dan senantiasa memberikan rahmat-Nya bagi Kita semua. Semoga informasi mengenai cara dan doa Sholat Istikharah oleh theinsidemag.com ini bisa mendatangkan kepada kita semua yang senantiasa mendambakan kebaikan dunia dan akhirat. Amin.

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *