Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Teks Eksposisi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

4 min read

Teks Eksposisi

Sesuai dengan judul artikel kali ini Teks Eksposisi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri dan Contohnya kami akan membahas secara lengkap mengenai teks eksposisi.

Apabila kamu pernah membaca sebuah paragraf atau menemukan suatu teks yang di dalamnya berisi sebuah ajakan kepada seseorang atau lainnya secara singkat, padat dan jelas, maka teks tersebut adalah teks eksposisi.

Hal ini dikarenakan salah satu ciri paling umum dari eksposisi adalah menjawab pertanyaan terkait apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana (5W+1H).

Selain itu, perlu diketahui bahwa struktur yang menyusun teks eksposisi bisa dikatakan mirip ataupun sama dengan struktur penyusun teks opini.

Di dalam struktur kedua jenis teks tersebut terdapat 3 struktur utama, yakni pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi dan penegasan ulang pendapat atau reiteration.

Ada cukup banyak hal yang harus dibaca dan dipahami untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh terkait teks ini. Beberapa hal penting mengenai eksposisi akan dibahas secara cukup mendalam di bawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Untuk memahami teks ini secara mendalam, maka pengetahuan terkait pengertian teks eksposisi mutlak diperlukan.

Pengertian dari teks eksposisi ini adalah sebuah teks yang dibuat dan berisi beragam macam informasi serta pengetahuan dan dibuat secara padat dan singkat. Cakupan isi dari teks ini adalah 5W+1H.

Nah, tujuan utama dari eksposisi adalah untuk memberikan penjelasan yang clear terkait informasi tertentu pada pembaca.

Dengan penjelasan yang diberikan diharapkan pembaca akan mendapatkan tambahan pengetahuan baru yang lebih baik dan lebih mendalam mengenai suatu hal ataupun suatu kejadian baik yang sudah lampau ataupun yang baru terjadi.

Sudah tahu belum mengenai contoh teks pidato? Yuk baca lagi teks pidato yang sudah kami bagikan.

Struktur Teks Eksposisi

Teks Eksposisi

Sebagaimana disinggung di awal, ada 3 struktur utama penyusun teks eksposisi yang harus dipahami dengan baik. Ketiga struktur tersebut akan membentuk teks secara sempurna. Adapun ketiga struktur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pernyataan Pendapat

Struktur pertama ini biasanya juga disebut dengan istilah tesis. Pada bagian ini, teks berisi sebuah pernyataan pendapat dari si penulis berita atau informasi. Bagian ini disebut sebagai pembuka teks.

  • Argumentasi

Argumentasi adalah bagian paling pokok dalam teks ini. Struktur kedua ini merupakan bagian yang memuat beragam jenis alasan yang bisa menguatkan pendapat atau argumen dari penulis, entah sikapnya menerima ataupun menolak gagasan sebelumnya.

  • Penegasan Ulang Pendapat

Struktur ketiga ini disebut juga dengan istilah reiteration. Pada bagian ini, penulis menegaskan ulang pendapat yang sudah dikemukakan sebelumnya. Dengan rincian tersebut, bagian ini bisa disebut juga sebagai kesimpulan akhir dari suatu teks eksposisi.

Untuk membuat sebuah teks yang sempurna dan memberikan informasi secara menyeluruh, ketiga struktur di atas harus dipahami dengan baik dan benar.

Kami pernah membagikan artikel teks editorial , yuk baca lagi!

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut ini kami jelaskan mengenai apa saja unsur-unsur kebahasaan dari teks eksposisi :

  1. Menggunakan pronominajenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina
  2. Memakai konjungsi; konjungsi ini dapat digunakan untuk menguatkan argumentasi dalam teks eksposisi
  3. Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus) ini merupakan kata yang mengacu pada benda baik itu nyata maupun abstrak. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya  yakni gambar, kursi, piring.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ada beberapa ciri yang menyertai teks eksposisi. Beberapa ciri dalam jenis teks ini bisa dijadikan panduan dan pegangan ketika hendak membuatnya.

Berbekal ciri-ciri teks eksposisi, tentu teks akan bisa dibuat dengan lebih baik dan jelas. Adapun ciri dari teks ekposisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tentang informasi dan juga pengetahuan
  2. Menggunakan gaya informasi yang mengajak pembaca
  3. Teks biasanya berisi tentang jawaban terkait pertanyaan apa, siapa, kapan di mana, mengapa dan bagaimana
  4. Isi teks berusaha untuk menjelaskan tentang sebuah informasi atau sesuatu secara lebih spesifik
  5. Gaya penulisan teks bersifat informatif
  6. Fakta dipakai sebagai sebuah alat kontribusi di dalam teks
  7. Teks dibuat dengan akurat, padat dan juga singkat
  8. Penyampaian cenderung lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  9. Tidak memihak yang berarti bahwa penulis tidak memaksakan pendapatnya untuk bisa diterima oleh pembaca.

Beberapa ciri di atas harus diketahui dengan jelas agar pembuatan teks bisa lebih maksimal.

Ingin belajar negosiasi? Yuk baca-baca tentang teks negosiasi.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Ada beberapa jenis teks eksposisi yang dibagi menurut dari tujuan teks itu dibuat. Beberapa jenis dari teks ini adalah sebagai berikut:

  • Eksposisi Ilustrasi

Teks berisi gambaran sederhana atau sebuah bentuk konkret dari suatu ide. Biasanya, teks membuat sebuah ilustrasi dengan detail.

  • Eksposisi Berita

Teks berisi informasi dari suatu kejadian baik lampau ataupun baru terjadi. Jenis teks ini sangat umum dijumpai pada surat kabar ataupun berita.

  • Eksposisi Perbandingan

Teks berisi keterangan terkait ide atau gagasan yang dijelaskan dengan menggunakan metode perbandingan.

  • Eksposisi Proses

Teks ini berisi tentang panduan untuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sehingga pembaca mendapatkan hal baru setelah membaca teks.

  • Eksposisi Definisi

Teks berisi tentang penjelasan dan pengertian dari suatu objek tertentu. Penjelasan biasanya disertai ciri objek untuk memberikan informasi baru pada pembaca.

  • Eksposisi Pertentangan

Teks berisi tentang sebuah pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Biasanya, dalam teks terdapat frase penghubung, seperti meskipun begitu, sebaliknya, akan tetapi dan lainnya.

  • Eksposisi Analisis

Teks ini memisahkan suatu masalah dari sebuah gagasan utama yang besar menjadi beberapa sub bagian. Setelah itu, dilakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Ekposisi

Untuk menunjang penjelasan mengenai teks eksposisi dan beberapa unsurnya di atas, ada salah satu contoh singkat mengenai jenis teks ini di bawah ini.

Simak dan pelajari contoh berikut yang dibagi menurut struktur teks.

Tesis

Kebersihan adalah salah satu faktor penting guna menciptakan kenyamanan, terutama untuk lingkungan sekolah. Tak jarang, setiap sekolah senantiasa mengajak para siswa untuk berperan aktif menjaga kebersihan di sekitar sekolahan.

Beberapa lomba tentang kebersihan antar sekolah cukup sering diadakan. Perlombaan ini, selain untuk meningkatkan daya saing, juga bertujuan untuk menarik siswa agar peduli dengan kebersihan sekolah. Selain lomba, usaha menjaga kebersihan sekolah juga dilakukan dengan ajakan membuang sampah pada tempatnya, piket kelas dan lainnya.

Argumentasi

Di kelas, guru biasanya akan membagi kelompok piket harian untuk menjaga kebersihan kelas. Petugas piket bertugas untuk menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan lainnya. Selain itu, setiap hari Sabtu di minggu kedua bulan, diadakan kerja bakti sekolah selepas pelajaran selesai.

Ini adalah salah satu hal yang sangat menarik bagi siswa sekolah. Selain efektif untuk menjaga kebersihan sekolah, kerja bakti juga bisa menjadi saran untuk mempererat hubungan antara murid dan juga guru. Selain itu, dengan bekerja bakti, maka akan terjalin semangat bersama untuk mewujudkan sekolah yang lebih bersih dan bebas sampah.

Penegasan Ulang

Kebersihan sekolah adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam keperluan sekolah. Selain itu, hal ini menjadi faktor penting agar siswa menjadi nyaman dan bisa belajar dengan lebih baik. Dengan pentingnya kebersihan sekolah, perlu usaha kontinu yang dilakukan untuk menjaganya.

Menjaga kebersihan sekolah sebenarnya mudah. Hanya saja, perlu peran aktif dari guru untuk senantiasa mengajak dan mengingatkan para siswa untuk berperan dalam usaha menjaga kebersihan sekolah.

Nah, demikian uraian detail mengenai teks eksposisi oleh kami theinsidemag.com yang sudah jelas. Ada cukup banyak hal yang perlu diketahui terkait penjelasan jenis teks ini.

Dengan mempelajari beragam fitur dari teks ini, tentu saja membuat naskah eksposisi akan menjadi mudah. Baca beberapa contoh lain dari teks ini untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan.

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh

Dalam kehidupan sehari-hari tentu Anda sudah tidak asing lagi membaca berita yang berupa teks eksplanasi. Dari namanya mungkin sebagian dari Anda masih ada yang...
Kusuma
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *