Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri Umum, Struktur, Contoh, Kaidah

3 min read

Teks Prosedur

Salah satu jenis teks yang banyak dipelajari di bangku sekolah adalah teks prosedur. Biasanya, jenis teks ini mulai dipelajari ketika siswa berada pada kelas X atau kelas 10.

Nah, ketika kamu menemukan sebuah teks dengan ciri dan struktur khusus yang menjelaskan sebuah proses, maka bisa dikatakan bahwa jenis teks tersebut adalah prosedur.

Tujuan dari teks ini adalah untuk membantu pembaca ataupun pendengar untuk memahami bagaimana cara guna melakukan hal ataupun membuat sesuatu dengan langkah yang tepat dan baik.

Dengan kata lain, teks ini akan membantu pembaca guna mendapatkan hasil akhir secara baik dan sempurna.

Terkait pembahasan mengenai teks prosedur, maka ada beberapa bagian yang harus kamu pahami dengan baik. Penasaran apa saja bagian yang dimaksud? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Teks Prosedur

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memahami jenis teks ini adalah mengetahui pengertian teks prosedur.

Pengertian teks prosedur adalah sebuah teks yang dibuat dengan isi tahapan-tahapan, bisa tahapan kegiatan untuk menyelesaikan aktivitas, tahapan cara untuk menghasilkan sesuatu dan lainnya.

Selain itu, peristiwa yang disajikan dalam teks ini memiliki sebuah urutan yang masuk akal dan mudah dipahami.

Dengan urutan tersebut, maka pembaca bisa mendapatkan informasi dengan lengkap dan jelas mulai awal hingga akhir.

Selain itu, teks akan memberikan informasi pembaca untuk melakukan apa yang dijelaskan dengan lebih baik di kehidupan nyata.

Kami sudah pernah membagikan teks eksposisi waktu lalu. Belajar lagi yuk semuanya!

Ciri Umum Teks Prosedur

Untuk memahami teks prosedur dengan baik, maka kamu juga harus memahami ciri umum dari teks ini.

Ciri dari teks prosedur harus dipahami dengan tuntas agar bisa membedakan antara naskah prosedur dengan teks ulasan, berita ataupun jenis teks lainnya.

Nah, adapun beberapa ciri umum dari teks ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teks berisi langkah-langkah
  2. Isi teks bersifat objektif, aktual dan akurat
  3. Teks menjelaskan langkah dengan singkat, jelas dan berurutan
  4. Biasanya, teks menggunakan syarat atau pilihan dalam penjelasan
  5. Disusun secara informatif
  6. Dijelaskan secara detail, bahkan untuk beberapa hal terkecil
  7. Isi teks bersifat logis dan juga universal.

Beberapa ciri di atas dapat menjadi pegangan untuk membuat teks prosedur yang benar dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah menjadi sebuah kesepakatan.

Sudah paham belum mengenai teks editorial? Yuk, baca-baca lagi mengenai teks tersebut.

Struktur Teks Prosedur

Teks Prosedur

Selain ciri umum, hal lain yang harus dipahami terkait teks prosedur adalah struktur dari teks tersebut.

Struktur dari teks akan membentuk kesempurnaan teks yang tentu saja membuat jenis teks ini mudah dipahami oleh pembaca. Secara umum, struktur dari teks ini dibagi menjadi 3 elemen utama.

Adapun beberapa struktur teks prosedur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bagian tujuan; yang berisi tentang tujuan ataupun maksud kenapa teks tersebut dibuat. Bagian ini bisa juga disebut sebagai hasil akhir yang akan diperoleh setelah melampaui prosedur-prosedur di dalam teks. Tujuan tersebut biasanya bisa dilihat pada judul teks.
  • Bagian material; yang berisi tentang beragam jenis informasi terkait bahan, alat atau hal lain yang dibutuhkan. Akan tetapi, tidak semua jenis teks prosedur memiliki bagian ini. Biasanya, material ada pada jenis teks terkait resep masakan.
  • Bagian langkah-langkah; yang berisi tentang cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagian ini harus ditulis secara berurutan agar tujuan dalam teks bisa dicapai dengan mudah dan sempurna.

Nah, meskipun terlihat sederhana, namun struktur dari teks tersebut harus dipahami dengan baik. Pemahaman mengenai struktur teks akan membantu kamu untuk membuat teks prosedur dengan lebih baik.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Terkait kaidah kebahasaan, teks prosedur memiliki kaidah yang sangat menonjol. Hal ini dikarenakan teks menggunakan cukup banyak konjungsi, kalimat perintah, verba material, verba imperatif dan beberapa hal lainnya.

Nah, simak penjelasan terkait kaidah kebahasaan dari teks tersebut di bawah ini.

1. Konjungsi

Elemen ini digunakan untuk menyatakan waktu terjadinya kejadian, seperti setelah itu, kemudian, lalu dan sebagainya.

2. Kata Kerja Imperatif

Jenis kata kerja ini juga disebut sebagai kata kerja perintah. Nah, fungsi dari elemen ini adalah menyatakan perintah, keharusan ataupun larangan yang harus dipahami oleh pembaca dengan baik.

3. Verba Material dan Tingkah Laku

Elemen ini merupakan kata kerja yang mengacu pada adanya tindakan fisik. Sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan pembaca dengan sebuah ungkapan.

4. Partisipan Manusia

Elemen ini diperlukan untuk melibatkan pembaca dalam isi teks. Adanya elemen ini akan membuat ajakan yang terdapat dalam naskah prosedur menjadi bisa dipahami dengan lebih baik dan dilaksanakan.

Mengenai teks negosiasi banyak sekali pembahasannya. Yuk, mari kita baca-baca lagi.

Contoh Singkat Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur

Untuk menambah pemahaman tentang teks prosedur agar lebih mendalam, maka akan dilampirkan contoh singkat mengenai jenis teks ini.

Dengan adanya contoh, kamu bisa melihat beragam elemen di atas yang diterapkan dalam contoh teks.

Nah, simak contoh singkat mengenai jenis teks prosedur ini dengan judul cara mudah membuat omelet kentang, di bawah ini:

Omelet adalah salah satu jenis masakan yang paling mudah dibuat. Menggunakan telur ayam sebagai bahan utama, omelet bisa dibuat oleh siapa saja. Selain itu, omelet bisa dibuat dengan banyak campuran bahan yang berbeda-beda, salah satunya adalah omelet kentang. Bagaimana rasanya mencampur kentang dalam menu omelet? Anda pasti tidak pernah menduga, bukan?

Nah, simak beberapa langkah pembuatan menu masakan ini yang bisa dicoba dengan mudah di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 buah kentang mentah, parut hingga halus
  • 3 buah telur ayam. Lebih baik jika menggunakan telur ayam kampung
  • ½ buah bambang Bombay diiris tipis
  • 1 buah bawang merah iris tipis
  • 2 batang daun seledri iris tipis
  • 3 sdt tepung terigu
  • Mentega untuk menggoreng

Langkah pembuatan

  • Siapkan beberapa bahan di atas. Jika sudah, masukkan semua bahan di dalam wadah yang sudah disediakan, termasuk kentang yang sudah diparut tadi
  • Jika sudah, tambahkan tepung terigu, garam, merica, kecap asin dan penyedap rasa jika diperlukan. Aduk rata hingga tercampur.
  • Setelah itu, panaskan wajan dan beri sedikit mentega. Ratakan lalu masukkan adonan omelet tadi. Goreng omelet dengan api yang kecil. Masak dan balik hingga matang, lalu angkat. Sajikan omelet dengan saus sambal juga mayones.

Nah, demikian cara membuat omelet kentang yang cukup mudah. Menu ini bisa dijadikan menu makan jika Anda memang sedang malas untuk mengkonsumsi nasi. Namun, omelet juga bisa menjadi ide lauk makan jika Anda bingung ingin makan dengan apa.

Selain kentang, Anda juga bisa menggunakan mi instan sebagai bahan omelet lainnya. Cukup mudah bukan? Nah, buatlah menu makanan sederhana ini di rumah Anda. Selamat mencoba!

Demikian beberapa penjelasan mengenai beragam unsur dan elemen yang terdapat di dalam teks prosedur dari theinsidemag.com. Bacalah contoh teks tersebut agar kamu bisa membuat jenis teks ini dengan mudah.

Tentu, kamu bisa membuat naskah prosedur lain dan mendiskusikannya dengan teman. Semoga bermanfaat!

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *