Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Alat Musik Daerah

5 min read

Alat Musik Daerah

Alat Musik Daerah merupakan alat atau perkakas musik yang berasal dari daerah itu sendiri. Biasanya, dikenal dengan ciri khasnya.

Terdapat dua ragam alat musik yang dapat kamu mainkan. Alat musik tersebut di antaranya ialah alat musik modern dan tradisional.

Alat musik modern merupakan alat musik yang sedang marak digunakan hingga saat ini. Sementara itu, alat musik tradisional adalah alat musik daerah sebagai kekhasan atau karakteristik budaya setempat.

Tiap-tiap negara memiliki alat musik asli setempat. Begitu pula dengan Indonesia. Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai perangkat musik tradisional yang mempunyai berbagai macam fungsi.

Misalnya, keperluan iringan ritual, pesta, resepsi pernikahan, upacara hingga hiburan semata.

Pengertian Alat Musik Daerah

Pengertian Alat Musik Daerah 

Perangkat musik daerah adalah suatu media yang umum digunakan untuk mengiringi jalannya suatu pertunjukkan. Biasanya alat musik ini berkaitan erat dengan sejarah maupun unsur budaya yang ada di wilayah tempat asalnya.

Tidak heran jika alat musik jenis ini biasa digunakan untuk mengiringi semacam ritual maupun perayaan di wilayah tersebut.

Tiap-tiap negara di dunia memiliki alat musik daerah, tanpa terkecuali Indonesia. Indonesia memiliki begitu banyak alat musik khas yang berasal dari tiap-tiap daerah.

Alat musik tersebut biasanya akan berkembang dengan mengikuti bahasa, tradisi  maupun gaya khas dari daerah tersebut. Adapun permainan alat musik ini diwariskan secara turun temurun dengan metode lisan.

Loading...

Generasi terdahulu akan memberikan arahan kepada generasi berikutnya dalam memainkan alat musik daerah tersebut.

Dengan demikian, pemain musik tidak membutuhkan notasi atau naskah musik untuk memainkan suatu alat musik.

Beberapa ahli musik turut menyumbangkan pemikiran mereka mengenai definisi dari alat musik khas daerah. Beberapa pengertian alat musik tersebut di antaranya seperti berikut.

Baca juga : Alat Musik Ritmis

1. Ensiklopedia Nasional Indonesia 

Ensiklopedia Nasional Indonesia menjelaskan bahwa alat musik khas daerah merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahasa Yunani Kuno yakni Mousa bermakna pemimpin ilmu dan seni.

Dengan demikian, alat musik khas daerah dapat dimaknai sebagai suatu ilmu tentang seni yang dapat bermanfaat sebagai media hiburan maupun urusan kebudayaan daerah setempat.

2. Salim dan Salim 

Menurut Salim dan Salim pengertian alat musik khas daerah merupakan perangkat musik yang diwariskan secara turun temurun dan senantiasa berpegang teguh pada warisan tersebut.

Alat musik ini tidak akan terpengaruh zaman dan senantiasa dipertahankan untuk genari berikutnya.

3. Sedyawati 

Sedyawati turut mengungkapkan bahwa alat musik tradisional adalah suatu wujud nilai budaya yang berkesesuaian dengan tradisi tertentu.

Alat musik ini senantiasa mempertahankan kekhasan yang dimiliki tanpa mengundang adanya pembaharuan dari sisi permainan.

Meskipun demikian, tidak memungkiri bila nanti akan ada kolaborasi permainan musik antara alat musik tradisional dan modern.

4. Tumbijo

Tumbijo berpendapat bahwa alat musik tersebut adalah suatu unsur seni budaya yang sudah sejak lama berkembang pada suatu daerah tertentu.

Alat musik ini diwariskan secara turun temurun dan senantiasa berkelanjutan pada kelompok masyarakat tertentu. Cara pewarisannya dapat dilakukan secara lisan dari keturunan sebelumnya menuju keturunan berikutnya.

5. Purba 

Purba beropini bahwa alat musik khas daerah merupakan sejenis cetusan ekspresi perasaan yang disalurkan melalui nada maupun suara yang berasal dari alat musik tersebut.

Menurutnya, alat musik ini bukan merupakan hal kuno, kolot maupun ketinggalan zaman. Musik jenis ini senantiasa dapat mencerminkan identitas dan budaya etnis serta masyarakat tertentu.

Baca juga: Alat Musik Melodis

Fungsi Alat Musik Daerah

Fungsi Alat Musik Daerah 

Musik daerah sejatinya adalah jenis musik yang hidup dalam lingkup masyarakat secara turun temurun guna mengiringi prosesi adat tertentu atau hanya sebagai hiburan semata.

Namun, secara rinci alat musik daerah memiliki sejumlah fungsi yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat.

1. Sebagai sarana komunikasi 

Manfaat alat musik daerah yang utama sebagai sarana untuk berkomunikasi. Biasanya musik dipergunakan oleh pencipta untuk berkomunikasi dengan para pendengar.

Alat musik ini dapat semakin menghidupkan sebuah lagu sehingga dapat menyampaikan maksud yang sempurna bagi para pendengar.

Tidak jarang pula alat musik tersebut digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Misalnya, bonang yang digunakan untuk menyebarkan ajaran Islam oleh Sunan Bonang yang merupakan salah satu Wali Songo.

Alat musik bonang dimainkan guna menarik simpati masyarakat setempat (masih menganut ajaran Hindu) untuk dapat memeluk ajaran Islam.

Pada masa itu, Sunan Bonang turut mengembangkan lagu-lagu Jawa dengan iringan alat musik tersebut.

2. Sebagai hiburan 

Secara umum fungsi alat musik juga dapat digunakan sebagai hiburan. Alat musik dirasa bagus guna menghibur pendengar ketika mengalami kondisi sulit.

Bahkan alat musik ini sudah digunakan sebagai sarana hiburan sejak zaman kerajaan. Biasanya raja akan memerintahkan pemusik untuk meneghibur tamu kerajaan melalui pagelaran musik.

3. Sebagai penghasil musik guna mengiringi tari-tarian 

Alat musik suatu daerah juga kerap dimainkan guna mengiringi tarian dari kebudayaan suku tertentu. Misalnya, alat musik Tifa yang digunakan untuk mengiringi tarian budaya suku Asmat.

Dapat dikatakan bahwa semua daerah yang mempunyai tarian adat pasti memiliki alat musik yang akan digunakan untuk mengiringi tarian tersebut.

4. Sebagai pengiring sarana adat dan budaya setempat 

Alat musik khas suatu daerah juga dapat digunakan untuk mengiringi ritual adat yang berkaitan dengan kepercayaan setempat.

Alat musik ini akan semakin memperkuat adat dan budaya di suatu wilayah seperti halnya di beberapa daerah pedalaman. Misalnya, dalam gelaran upacara pernikahan hingga penyambutan bulan baru.

Apabila mendengarkan permainan alat musik gamelan Jawa, maka kamu akan langsung dapat mengetahui bahwa kamu tengah berada di wilayah Jawa Tengah bukan Sunda.

Kamu bisa mengenali permainan alat musik gamelan dari karakter permainannya seperti suara, lagu dan irama. Biasanya komposisi syair musik gamelan terasa lebih lembut. Hal ini berkesesuaian dengan karakteristik orang Jawa Tengah.

5. Sebagai peningkat taraf ekonomi 

Di sejumlah daerah, alat musik semacam ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan taraf ekonomi. Biasanya para musisi akan mengadakan suatu acara musik dengan memanfaatkan alat musik setempat.

Misalnya, pada acara kedaerahan, sunatan, pernikahan dan sebagainya. Dengan memainkan alat musik tersebut maka musisi akan mendapatkan keuntungan.

Ciri-Ciri Alat Musik Daerah

Ciri-Ciri Alat Musik Daerah 

Alat musik khas suatu daerah biasanya memiliki karakteristik tertentu yang cenderung berbeda dengan alat musik modern. Karakteristik dari alat musik tersebut di antaranya ialah seperti berikut.

1. Tidak mempunyai notasi 

Karakteristik pertama dari alat musik khas daerah adalah tidak mempunyai notasi.

Proses pembelajaran serta penyampaian alat musik ini dapat dilakukan secara lisan sehingga membuat naskah musik (partitur) menjadi sebuah hal yang tidak penting.

2. Dapat dipelajari secara otodidak dan lisan 

Di samping tidak memiliki notasi, alat musik khas daerah ini juga diwariskan secara turun temurun.

Secara umum generasi sebelumnya mewariskan permainan alat musik tersebut menggunakan lisan kepada generasi berikutnya. Tidak heran jika alat musik ini tidak memiliki notasi.

3. Memiliki sifat informal 

Umumnya alat musik khas daerah ini digunakan untuk mengekspresikan diri. Bahkan alat musik semacam ini kerap digunakan pada gelaran acara di wilayah setempat yang bersifat informal atau santai.

Misalnya, perkumpulan warga dalam peringatan HUT RI, perkumpulan ketua RT, perkumpulan warga di balai desa dan sebagainya.

4. Pengiring lagu daerah setempat 

Pada umumnya alat musik khas daerah digunakan untuk mengiringi alunan lagu daerah. Misalnya, gamelan yang digunakan untuk mengiringi Tembang Jawa pada acara Kejawen, pernikahan, pewayangan hingga unduh mantu.

5. Tidak ada spesialisasi pemain musik 

Pengembangan proses belajar alat musik khas daerah ini bersifat general. Jadi, tidak ada spesialisasi bagi pemain musik untuk memainkan alat musik tertentu.

Seluruh pemain alat musik daerah ini akan belajar memainkan tiap-tiap instrumen yang terdapat dalam sebuah alat musik daerah.

Mereka belajar mulai dari yang sederhana hingga paling rumit. Mereka harus menguasai seluruh instrumen dari alat musik tersebut.

Nama Alat Musik Daerah dan Asalnya

Nama Alat Musik Daerah dan Asalnya

Tiap-tiap negara di dunia hampir semua memiliki alat musik lokal. Alat musik tersebut memiliki kegunaan yang beragam mulai dari ritual, upacara hingga perayaan hari raya tertentu.

Fungsi tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi alat musik serupa yang berasal dari Indonesia. Berikut ini adalah contoh alat musik daerah dari 13 negara di dunia yang dapat kamu ketahui.

No.NamaAsalJenis Bunyi
1.Dan GaoVietnamKordofon
2.BagpipeSkotlandiaAerofon
3.MbiraAfrikaKordofon
4.Gitar FlamencoSpanyolKordofon
5.OrgelBelandaKordofon
6.TumpongFilipinaAerofon
7.YueqinChinaKordofon
8.TablaIndiaMembranofon
9.Saung GaukMyanmarKordofon
10.GrajabpiThailandKordofon
11.Shamisen Jepang Kordofon
12.Qanun Arab Kordofon
13.Janggu Korea Idiofon

Indonesia memiliki begitu banyak alat musik daerah. Hampir tiap-tiap wilayah di Indonesia memiliki alat musik lokal setempat.

Alat musik tersebut biasa digunakan untuk mengiringi ritual maupun acara tertentu lainnya. Namun, tidak jarang alat musik ini juga digunakan untuk hiburan semata.

Macam-macam alat musik daerah yang ada di Indonesia di antaranya sebagai berikut.

No.NamaAsalJenis Bunyi
1.Serune KaleeDI AcehAerofon
2.ArambaSumatera UtaraIdiofon
3.SaluangSumatera BaratAerofon
4.GambusRiauKordofon
5.AkordionSumatera SelatanAerofon
6.DollBengkuluMembranofon
7.BendeLampungIdiofon
8.Gendang MelayuKep. Bangka BelitungMembranofon
9.Gendang PanjangKep. RiauMembranofon
10.TehyanDKI JakartaKordofon
11.AngklungJawa Barat Idiofon 
12.GamelanJawa Tengah Idiofon
13.GendangDI YogyakartaIdiofon
14.BonangJawa TimurIdiofon
15.GengcengBaliIdiofon
16. Serunai Nusa Tenggara BaratAerofon
17.Sasanso Nusa Tenggara TimurKordofon
18.Tuma Kalimantan BaratMembranofon
19.Sampe Kalimantan TimurKordofon
20.Japen Kalimantan TengahKordofon
21.Panting Kalimantan Selatan Kordofon
22.Kolintang Sulawesi Utara Idifofon
23.Ganda Sulawesi Tengah Membranofon
24.KesoSulawesi SelatanKordofon
25.Ladolado Sulawesi Tenggara Idiofon 
26.Kecapi Sulawesi Barat Kordofon 
27.Nafiri Maluku Membranofon 
28. Fu Maluku Utara Aerofon 
29.Guoto Papua BaratKordofon
30.Tifa Papua Membranofon

Tidak dapat dipungkiri bahwa alat musik khas daerah masih senantiasa eksis hingga saat ini.

Bahkan sebagian besar musisi sudah pernah mengkombinasikan permainan alat musik modern dan daerah untuk mewujudkan harmonisasi musik yang sempurna.

Alat musik khas daerah bukan merupakan sesuatu hal kolot dan kuno melainkan sebuah tradisi yang perlu dijaga kelestariannya. Terimakasih, salam dari kami theinsidemag.com untuk kalian!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Rumah Adat Jambi

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Riau

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Kepulauan Riau

Kusuma
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *