Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Apresiasi Seni Rupa

2 min read

Apresiasi Seni Rupa

Apresiasi Seni Rupa adalah aktivasi menghargai, merasakan, menikmati, menghayati dan mengindra nilai-nilai keindahan karya seni rupa. Biasanya, apresiasi sering ditemukan pada pameran seni rupa lho. 

Apresiasi seni rupa sangatlah menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia art. Kamu pernah mengapresiasi suatu karya?

Sederhananya, jika kamu melihat sebuah lukisan dan kamu mengatakan “wah, bagus banget ya lukisannya!” itu termasuk sebuah ungkapan apresiasi dalam karya seni.

Membahas lebih jauh mengenai salah satu materi seni budaya ini, kita harus mengetahui asal muasalnya. Apa sih pengertian dari apresiasi sendiri?

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati saya meminta kamu menyimak seluruh artikel materi apresiasi seni rupa kali ini agar mendapat ilmu yang bermanfaat!

Pengertian Apresiasi

Pengertian Apresiasi

Definisi apresiasi adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandingkan atau menghargai suatu karya seni.

Dapat dikatakan bahwasanya apresiasi adalah penilaian baik atau penghargaan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni.

Menurut salah satu ahli bernama Hornby arti dari apresiasi adalah pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

Nah, apa sih sebenarnya appreciate di dalam karya seni rupa? Apa sih penjelasannya secara lebih detail dan seksama? Berikut adalah pengertian secara singkat dan jelas.

Loading...

Baca juga: Pengertian Seni

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Apresiasi seni rupa adalah aktivitas menghargai, merasakan, menikmati, menghayati dan mengindra nilai-nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik di dunia seni rupa.

Secara teoritis, menurut salah satu ahli bernama Brent G. Wilson di dalam bukunya yaitu Evaluation of Learning in Art Education; apresiasi seni memiliki tiga domain (perasaan, penilaian, empati).

Perasaan (feeling) dalam konteks ini adalah terkait dengan perasaan keindahan. Penilaian (valuing) adalah terkait dengan nilai seni. Empati (emphatizing) adalah terkait sikap hormat kepada dunia seni rupa.

Baca juga: Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

Kegiatan apresiasi yaitu:

  • Melakukan pengamatan pemahaman.
  • Penilaian atau evaluasi.
  • Mengkritik.

Kegiatan seni merupakan kegiatan yang khusus dan istimewa dan merupakan kegiatan yang memberikan kesan mengenai dunia melalui sentuhan artistik dan keindahan ciptaan yang ada.

Terbentuk dari 2 kemungkinan yaitu afektif dan kreatif:

1. Proses Apresiasi Afektif

Terjadi karena pengamatan seni cepat mengalami empati dan rasa puas.

2. Proses Apresiasi Kreatif

Terjadi karena pengamat seni sadar dalam menghayati dan menilai menggunakan aspek logika untuk menentukan nilai suatu karya seni.

Baca juga: Aliran Seni Rupa

Fungsi Apresiasi Seni Rupa

Fungsi Apresiasi Seni Rupa

Di dalam karya seni rupa, ada beberapa fungsi dari kegiatan apresiasi karya seni rupa. Baik itu apresiasi seni rupa 2 dimensi ataupun apresiasi seni rupa 3 dimensi.

Berikut adalah fungsi dari kegiatan tersebut:

  1. Agar kita dapat meningkatkan dan memupuk kecintaan kepada karya bangsa sendiri dan sekaligus kecintaan kepada sesama manusia.
  2. Sebagai penikmatan, penilaian, empati dan hiburan.
  3. Sebagai pengingat akan budaya seni rupa yang menjadi warisan bangsa dan nenek moyang.

Jadi, jika ditanya mengenai apa saja fungsi dari kegiatan ini, kamu harus sudah paham ya!

Baca juga: Seni Rupa 2 Dimensi

Manfaat Apresiasi Seni Rupa

Manfaat Apresiasi Karya Seni Rupa

Adapun untuk beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Agar kita dapat mengenal berbagai macam karya seni rupa. Artinya, tidak hanya mengetahui secara teori, namun bentuk nyata dari hasil seninya.
  2. Memberikan sebuah pelajaran bagaimana penilaian, penikmatan, empati dan hiburan dapat dirasakan.
  3. Menimbulkan sebuah hubungan timbal-balik yang positif antara penikmat karya dan pencipta.
  4. Sebagai bekal untuk menciptakan serta mengembangkan karya yang lebih baik di kemudian hari.
  5. Lebih menghargai budaya Indonesia sendiri, dengan mengapresiasi tentunya akan mengenal dan memahami.
  6. Membuka pandangan masyarakat tentang dunia seni, menarik dan indah bukannya membosankan.

Itulah beberapa contoh manfaat apresiasi karya seni rupa baik itu 2 dimensi atau 3 dimensi. Sudah ada sedikit gambaran bukan mengenai materi kali ini?

Baca juga: Seni Rupa 3 Dimensi

Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Melalui kegiatan ini, kita lebih mengenal dan menghargai budaya bangsa sendiri. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengembangkan kreasi dan estetis.
  2. Untuk mengembangkan dan penyempurnaan hidup.
  3. Menjadikan masyarakat tahu alasan dari karya seni diciptakan.

Nah, sudah cukup paham ya mengenai materi kali ini? Tentunya, kamu harus membaca dan memahami satu persatu agar kamu dapat memahami keseluruhan materi ini.

Baca juga: Prinsip Seni Rupa

Tahapan Khusus Dalam Proses Apresiasi Kreatif

Tahapan Khusus Dalam Proses Apresiasi Kreatif

Adapun berikut adalah tahapan-tahapan dan penjelasannya:

1. Pengamatan Objek Karya Seni

Menurut Verbeek tentang ini, bahwa pengamatan bukan hanya menggunakan satu indera saja, tetapi juga mengikutsertakan pemberdayaan seluruh pribadi.

Sehingga ketajaman pengamatan individu tergantung oleh pengetahuan, perasaan, keinginan, pengalaman, dan anggapan seseorang.

2. Aktivitas Fisiologis

Tidakan nyata untuk melakukan sesuatu.

3. Aktivitas Psikologis

Timbul karena persepsi sampai dengan evaluasi lalu timbul interpretasi imajinatif dan tarikan untuk melakukan hal-hal kreatif.

4. Aktivitas Penghayatan

Kegiatan untuk merenungkan sebuah objek.

5. Aktivitas Penghargaan

Timbul karena evaluasi terhadap objek. Evaluasi bisa terdiri dari saran dan kritikan.

Baca juga: Unsur-Unsur Seni Rupa

Itulah tadi merupakan beberapa tahapan-tahapan dalam proses apresiasi kreatif beserta penjelasannya. Apakah sudah sedikit paham mengenai materi diatas?

Untuk itu, jika kamu bisa memahami dari beberapa materi mengenai seni budaya yang membahas mengenai karya, saya sangat senang karena dapat membantu pemahaman itu.

Semoga artikel-artikel pengertian apresiasi seni rupa, tahapannya, fungsi, tujuan beserta manfaat dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran! Salam dari kami theinsidemag.com.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Rumah Adat Jambi

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Riau

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Kepulauan Riau

Kusuma
4 min read

2 Replies to “Apresiasi Seni Rupa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *