Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Cara Beli Saham Luar Negeri

2 min read

Cara Beli Saham Luar Negeri

Tak sedikit investor yang lebih tertarik dengan saham luar negeri karena iming-iming keuntungan yang lebih besar. Belum lagi, ternyata cara beli saham luar negeri pun tidak serumit yang seringkali dibayangkan.

Asalkan menemukan broker yang tepat, maka saham luar negeri pun bukan perkara mustahil untuk diperoleh.

Bayangkan saja berapa besar keuntungan yang bisa diperoleh jika berhasil mendapatkan saham perusahaan yang melayani orang sejagad. 

Mengapa Beli Saham Luar Negeri?

Mengapa Beli Saham Luar Negeri?

Sebelum mencari tahu tentang bagaimana cara beli saham luar negeri, sebaiknya ketahui dulu alasan mengapa banyak yang tertarik dengan saham luar negeri.

Selain karena produknya yang digunakan oleh orang di seluruh dunia, rupanya ada beberapa alasan lainnya, seperti:

  • Memiliki nilai likuiditas yang tinggi, dikarenakan ekosistem pasar saham luar negeri yang lebih baik. 
  • Ada banyak pilihan emiten saham yang bisa dipilih oleh investor. 
  • Selain keuntungan return, investor juga memiliki peluang mendapatkan keuntungan dari nilai tukar mata uang. 
  • Adanya sistem pembelian saham secara in faction atau pembelian saham sesuai dengan kemampuan. Artinya, pembelian saham tidak harus langsung dilakukan 1 lot (100 lembar), seperti kebanyakan saham di Indonesia.

Baca juga: Cara Beli Saham di IPOT

Bagaimana Cara Beli Saham Luar Negeri?

Bagaimana Cara Beli Saham Luar Negeri?

Lalu apa yang harus dilakukan untuk bisa membeli saham luar negeri? Tenang saja, investor tidak perlu harus langsung mendatangi Wall Street di New York untuk bisa melakukannya.

Dari Indonesia pun pembelian saham luar negeri bisa dilakukan, dengan cara:

1. Pilih Broker

Dalam setiap pembelian saham, ada jasa broker yang berperan sebagai perantara dalam pembelian saham. Demikian halnya dengan pembelian saham luar negeri. Ada broker internasional yang juga membuka layanan di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini. 

Beberapa di antaranya misalnya saja seperti GoTrade, Saxo Bank, eToro, dan TradeStation. Keempatnya merupakan perusahaan sekuritas berskala internasional yang juga membuka kantor pelayanan di Indonesia.

Biasanya, broker yang berskala internasional seperti ini membuka layanan pembelian saham di pasar-pasar saham dunia. Jadi bukan hanya pasar saham di Amerika Serikat saja, melainkan juga pasar saham Inggris, Jepang, Hongkong, Shanghai, dan lainnya. 

Baca Juga : Cara Beli Saham BRI

2. Buka Rekening

Sama seperti jika akan membeli saham dalam negeri, pembelian saham luar negeri juga membutuhkan pembukaan rekening. Rekening yang dimaksud di sini bukanlah rekening tabungan, melainkan rekening saham.

Nantinya rekening saham inilah yang akan digunakan sebagai identitas transaksi yang dilakukan oleh investor dalam bursa saham. Pembukaan rekening dilakukan melalui perusahaan sekuritas atau broker yang telah dipilih.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang ada sekarang ini, proses pembukaan rekening saham bisa dilakukan dengan mudah. Cukup mengisi form pembukaan rekening dan isi semua data yang diminta. Kemudian, tunggu sampai data diverifikasi dan pembukaan rekening berhasil. 

3. Setor Modal Pembelian Saham

Setelah memiliki rekening saham melalui perusahaan sekuritas internasional, isi saldo sebagai modal pembelian saham. Biasanya, perusahaan sekuritas berskala internasional akan tetap menggunakan jasa bank-bank di Indonesia dalam proses ini.

Nantinya, setiap investor yang membuka rekening saham internasional akan mendapatkan virtual account untuk mempermudah proses setoran modal. Tinggal setorkan dana yang ingin diinvestasikan pada saham. Pastikan dana ini memang dana yang dialokasikan untuk investasi dan bukan dana untuk kebutuhan lainnya. 

Baca Juga : Daftar Saham Syariah Amerika

4. Buat Transaksi

Begitu sudah memiliki modal di dalam rekening saham, hal selanjutnya adalah melakukan proses transaksi pembelian saham. Pilih perusahaan mana yang ingin dimiliki sahamnya dan ikuti petunjuk proses pembeliannya. 

Perusahaan-perusahaan yang kerap disasar misalnya saja seperti Google, Meta, McDonald, Shopify, PayPal, dan lainnya. Tinggal cari tahu kode saham perusahaan yang diinginkan dan beli sesuai jumlah yang diinginkan. 

Saat ini, cara beli saham luar negeri mudah saja dilakukan. Investor tidak perlu bersusah payah untuk menjadi investor dari perusahaan besar dunia.

Meski begitu, pastikan untuk mencari tahu perusahaan sekuritas dan broker terbaik serta kunjungi theinsidemag.com untuk terus ikuti perkembangan berita tentang saham dunia.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *