Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Cara Membuka Rekening Saham Online

2 min read

Cara Membuka Rekening Saham Online

Agar bisa melakukan transaksi investasi online maka calon investor harus mengetahui cara membuka rekening saham secara online. 

Di jaman yang serba canggih ini melakukan investasi pun saham semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Simak beberapa hal dibawah ini.

Mengapa Harus Investasi Saham Secara Online?

Mengapa Harus Investasi Saham Secara Online?

Saham menjadi pilihan instrumen investasi yang menarik bagi kaum milenial, apalagi saat ini investasi saham bisa dilakukan secara online. Ini beberapa alasan mengapa harus mulai investasi saham secara online:

  • Lebih praktis. Hal apa pun yang dilakukan secara online akan membuatnya lebih praktis karena hanya dengan membuka gadget maka bisa melakukan investasi saham.
  • Bisa terpantau kapan saja dan dimana saja. Oleh karena dilakukan secara online, maka investasi saham bisa dipantau kapan saja dan di mana saja asalkan ada jaringan internet.
  • Modalnya relatif kecil. Tidak seperti bermain saham di bursa saham yang besar, investasi saham online bisa dilakukan hanya dengan modal mulai dari 100 ribu saja.
  • Mudah dilakukan. Bagi kaum milenial melakukan investasi secara online tentu sangat mudah dilakukan karena hanya dengan download aplikasi maka semua bisa dijalankan.

Baca Juga: Saham Bluechip Adalah

Cara Membuka Rekening Saham Online Paling Mudah

Cara Membuka Rekening Saham Online Paling Mudah

Sebelum memulai investasi saham secara online, calon investor harus memastikan telah memiliki rekening saham. Rekening ini sebagai wadah dana yang akan digunakan untuk berinvestasi.

Untuk membuat rekening saham sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Berikut ini cara membuka rekening saham yang bisa dilakukan sebelum berinvestasi:

1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Seperti halnya membuka rekening di bank, membuka rekening saham secara online juga membutuhkan dokumen legal. Untuk itu siapkan dokumen yang diminta sebagai persyaratan di bawah ini:

  • ID card.
  • NPWP.
  • Cover buku tabungan.
  • No identitas KSEI.
  • Fotokopi KTP suami bagi IRT.
  • Materai elektronik.

2. Memilih Perusahaan  Sekuritas Online Terbaik

Setelah semua dokumen siap maka langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan rekening saham online.

Pilih perusahaan sekuritas yang sesuai dengan kemampuan finansial, karena setiap perusahaan memiliki batas minimal setoran yang berbeda-beda.

Ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pendaftaran online yaitu seperti, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tempat Beli Saham Terbaik

3. Mengisi Formulir

Setelah memilih sekuritas yang paling sesuai maka selanjutnya adalah masuk ke web sekuritas tersebut dan mulai mengisi formulir yang tersedia. Isi formulir yang disediakan untuk pembukaan rekening dan dana investor.

Pengisian formulirnya kurang lebih sama seperti saat ingin membuka rekening di bank secara offline. Isilah setiap kolom yang tersedia dengan data yang valid dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki, kemudian upload dokumen jika diminta.

4. Memilih dan Membuka RDI

Selain membuka rekening saham, investor juga harus membuka RDI (Rekening Dana Investasi).

RDI ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara rekening dana nasabah dan rekening milik sekuritas yang nantinya untuk menyimpan dana yang tidak digunakan investasi.

5. Menunggu Verifikasi dan Melakukan Penyetoran Awal

Setelah setiap proses di atas dilakukan, maka tinggal menunggu proses verifikasi dan rekening saham resmi dibuka. Setelah semua data terverifikasi maka pihak sekuritas akan menyetujui permohonan buka rekening.

Jika rekening saham telah aktif maka calon investor harus melakukan penyetoran pertama sebagai deposit awal. Jumlah uang yang harus disetor berbeda-beda untuk setiap perusahaan sekuritas, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Nah itulah langkah-langkah yang harus diikuti saat ingin membuat rekening saham secara online. Dengan mengikuti cara membuat rekening saham secara online di atas maka investor bisa dengan mudah memiliki rekening saham.

Setelah memiliki rekening saham sesuai dengan ketentuan, selanjutnya investor bisa mulai melakukan investasi saham secara online juga.

Dengan menyimak informasi tentang pembukaan rekening saham yang kami sajikan di website kami theinsidemag.com semoga bisa mempermudah langkah investasi.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *