Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram

Untuk menggunakan instagram, seseorang harus memiliki akun pribadi kemudian login terlebih dahulu. Sayangnya, terkadang ada masalah ketika login dan membuat banyak pengguna mencari cara mengatasi tidak bisa login Instagram yang bisa dilakukan.

Jika hal ini terjadi, tentunya akan membuat pengguna kesal, sebab kegiatan seperti melihat atau membagikan momen berharga menjadi tertunda. Namun jangan khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi akun yang tidak bisa login Instagram. Berikut penjelasannya:

1. Login Instagram di Perangkat Lain

Untuk memastikan masalah tidak bisa login Instagram, maka cobalah untuk masuk melalui perangkat lain. Misalnya login melalui laptop, komputer, tablet atau smartphone lainnya.

Dengan cara ini, pengguna bisa mengetahui apakah masalah tidak bisa login ini berasal dari perangkat yang digunakan atau tidak. Nantinya, ketika login Instagram menggunakan perangkat lain yang belum pernah digunakan untuk login.

Maka akan muncul notifikasi dari pihak Instagram melalui email. Lakukan verifikasi bahwa kegiatan login di perangkat berbeda memang dilakukan oleh pemilik akun.

Baca Juga : Cara Melihat Foto Profil Instagram

2. Periksa Koneksi Internet

Seperti yang diketahui, bahwa Instagram mengandalkan koneksi internet dan kuota untuk bisa menjalankannya. Oleh karena itu, pastikan perangkat yang digunakan memiliki koneksi internet yang baik.

Salah satu penyebab tidak bisa login Instagram mungkin saja karena koneksi internet buruk. Atau lokasi saat ini memang tidak memiliki jangkauan sinyal yang baik.

Selain itu, pastikan juga bahwa pengguna juga memiliki kuota yang mendukung untuk mengakses Instagram. Sebab ada beberapa jenis kuota yang mengurangi koneksi saat membuka Instagram. Sehingga Instagram menjadi lambat.

3. Lakukan Muat Ulang pada Aplikasi

Cara mengatasi tidak bisa login Instagram adalah dengan memuat ulang aplikasi tersebut. Cara untuk muat ulang aplikasi Instagram terbilang cukup mudah. Hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Tutup aplikasi Instagram di smartphone.
  • Buka Recently Closed Apps pada perangkat (untuk Android terdapat di ikon garis tiga samping home button, sementara iOS klik home button 2 kali).
  • Hapus aplikasi Instagram melalui menu Recently Apps.
  • Buka kembali aplikasi Instagram di perangkat.

4. Restart Perangkat yang Digunakan

Cara lain yang dapat dilakukan ketika tidak bisa login di Instagram adalah dengan restart smartphone yang digunakan. Meskipun terbilang sederhana, namun cara ini cukup efektif.

Namun, pastikan untuk menutup aplikasi Instagram yang ada di perangkat terlebih dahulu. Apabila sudah restart perangkat, coba login kembali ke Instagram. Jika berhasil login, artinya memang ada bug atau gangguan pada aplikasi.

5. Bersihkan Cache Aplikasi Instagram

Setiap aplikasi pasti akan mengumpulkan file cache yang akan membuat aplikasi berjalan lancar. Sayangnya, jika file cache menumpuk maka akan membuat penyimpanan cepat penuh.

Hal ini bisa mengakibatkan kinerja aplikasi semakin lambat dan pengguna tidak bisa login Instagram. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan file cache aplikasi yang terinstal di smartphone.

Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan, kemudian pilih pengaturan aplikasi. Pilih Instagram dan hapus cache. Maka kinerja aplikasi Instagram akan kembali normal.

6. Update Aplikasi Instagram

Setiap aplikasi tentunya rutin melakukan pembaharuan agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik, tidak terkecuali dengan Instagram. Tidak bisa login Instagram sendiri sering kali disebabkan karena pengguna belum memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Sedangkan pembaruan aplikasi sendiri bisa menjadi perbaikan ketika aplikasi mengalami error. Maka dari itu, segera update aplikasi Instagram melalui PlayStore atau App Store.

Agar lebih simpel, aktifkan fitur update otomatis di PlayStore atau App Store. Dengan begitu, aplikasi bisa diperbarui secara otomatis ketika ada update terbaru dari development.

Itulah beberapa cara mengatasi tidak bisa login Instagram di perangkat yang digunakan. Cara dari theinsidemag.com ini bisa diterapkan jika pengguna tidak bisa login bukan karena lupa password.

Jika memang iya, maka cukup klik menu lupa password saja. Semoga pembahasan ini membantu ketika pengguna mengalami masalah yang sama.

Leave a Comment