Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Cara Mengganti Nomor HP Di Gmail

2 min read

Cara Mengganti Nomor HP Di Gmail

Nyatanya cara mengganti nomor HP di Gmail begitu mudah dilakukan. Tak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk menggantinya. Cukup lakukan di ponsel maka nomor HP bisa diganti.

Kini banyak akun media sosial yang menggunakan nomor HP sebagai syarat verifikasi seperti pada Gmail. Terkadang ada banyak situasi seseorang yang mengharuskan ganti nomor HP.

Lantas bagaimana cara menggantinya? Bagaimana juga cara mengecek atau melihat daftar kontak di Gmail? Simak semua ulasannya di bawah ini.

Cara Ganti Nomor HP Di Gmail Android

Untuk mengganti nomor HP di Gmail caranya sangat cepat dan mudah untuk dilakukan. Tak perlu repot-repot mencari perangkat komputer. Simak caranya sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan mengganti nomor HP di Gmail sangat mudah untuk dilakukan. Cukup tekan menu berupa Setelan pada ponsel Android.

Pengaturan akun yang tersambung dengan Android semuanya tersambung pada aplikasi Setelan. Termasuk akun pengaturan akun Google yang merupakan akun layanan Gmail.

Baca Juga : Cara Melihat Password Gmail Sendiri

2. Buka Pengaturan Akun

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka menu pengaturan Akun. Nama opsi ini biasanya berbeda dilihat dari tipe ponsel Android yang digunakan.

Menu ini memiliki berbagai nama seperti Pengaturan Akun, Manager Akun, dan lain-lain sesuai dengan setting smartphone Android. Pilih menu yang berhubungan dengan kelola akun saja.

3. Buka Google

Cara mengganti nomor HP di Gmail selanjutnya adalah dengan membuka Google pada pengaturan akun. Akan terlihat media apa saja yang dihubungkan dengan Android.

Media yang ditampilkan biasanya berupa akun sosial media lainnya seperti Yahoo, Facebook, dan tentunya Google. Akun Google mana saja yang tersambung dengan Android akan terlihat.

4. Buka Akun Google Yang Ingin Diganti Nomornya

Beberapa ponsel Android mampu disambungkan dengan akun Google dan Gmail sekaligus. Pilih salah satu akun Google yang ingin diganti nomornya.

Pada tampilan pengelolaan akun akan disajikan info pribadi dari akun Google. Pada bagian info pribadi ini biasanya dapat mengganti nomor HP untuk akun Google.

5. Edit Nomor Ponsel

Cara ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Edit. Dengan begitu, nomor telepon yang lama bisa dihapus dan diganti dengan nomor baru yang diinginkan.

Setelah nomor diganti, tekan Update Nomor Telepon. Nantinya akan ada konfirmasi dari pihak Google atau Gmail yang mengirimkan kode aktivasi. Lakukan verifikasi dan proses selesai.

Meski diganti melalui Google, hal ini sama saja mengganti nomor ponsel di Gmail. Mengganti nomor HP pada akun Google secara otomatis mengganti nomor yang terdaftar pada akun Gmail.

Cara Melihat Daftar Kontak Di Gmail

Setelah mengetahui bagaimana caranya mengganti nomor HP di Gmail, ketahui juga cara melihat kontak di Gmail. Berikut adalah tahapannya.

  • Buka Gmail.
  • Klik ikon yang mempunyai titik banyak pada sudut kanan atas.
  • Akan tampil beberapa aplikasi yang terhubung.
  • Pilih Contacts.
  • Klik hard contact untuk melihat kontak yang ditambahkan sendiri pada akun Gmail.
  • Pilih frequently contacted untuk menampilkan daftar nomor yang sering dihubungi.
  • Kemudian pilih other contacts untuk menampilkan daftar nomor kontak yang pernah berhubungan di Gmail minimal satu kali.

Demikian ulasan mengenai 5 cara mengganti nomor HP di Gmail dan cara melihat kontak di Gmail. Sejumlah cara di atas sangatlah mudah untuk dilakukan.

Cukup ikuti beberapa langkah dan nomor HP dapat terganti pada akun Gmail. Dengan mengganti nomor HP yang sudah tidak aktif dapat menghindari terjadinya pemblokiran.

Bagaimana pembahasan di atas tentang cara ganti nomor HP di Gmail? Tak perlu khawatir lagi apabila nomor yang terdaftar sudah tidak aktif dan mungkin terjadi pemblokiran.

Apabila terdapat kekurangan dari penjelasan theinsidemag.com bisa mencari referensi lainnya yang terkait. Semoga pembahasan di atas dapat memberikan manfaat.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *