Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Cara Mengirim Email

1 min read

Cara Mengirim Email

Apabila terdapat kesalahan kecil dalam penulisan email akan berpengaruh terhadap seseorang. Oleh karena itu, seseorang harus mengetahui cara mengirim email yang benar dan baik.

Terkadang beberapa orang masih bingung bagaimana cara mengirim satu surat yang sama untuk orang yang berbeda. Untuk menghemat waktu, terdapat triknya tersendiri.

Penasaran bagaimana caranya? Ingin tahu juga bagaimana etika dalam mengirim surat elektronik yang baik? Temukan semua jawabannya di bawah ini.

Langkah-Langkah Mengirim Email Yang Sama

Mengirim email yang sama biasanya dilakukan dengan copy paste berulang kali. Padahal ada cara yang lebih ringkas. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Gmail.
  • Tekan “Tulis” untuk menyiapkan email yang akan dikirim.
  • Pilih Bcc atau Cc. Bcc digunakan untuk mengirim email dengan catatan penerima tahu siapa saja yang menerima email tersebut. Sedangkan Cc, penerima hanya menerima email tanpa tahu siapa saja yang menerimanya.
  • Masukkan alamat email penerima selanjutnya.
  • Untuk penerima pertama ditulis di kolom utama, sedangkan sisanya di kolom Bcc atau Cc.
  • Terakhir tekan Send dan email sudah terkirim.

Baca Juga : Cara Membuat Email Di HP

Langkah-Langkah Mengirim Email Yang Baik Dan Sopan

Setelah tahu bagaimana cara mengirim email yang sama untuk beberapa orang, ketahui juga bagaimana cara yang harus dilakukan agar email yang dikirim baik dan sopan.

Mengirim email yang baik dan benar akan terkesan lebih profesional. Terlebih bagi yang ingin mengirimkan email ke lembaga formal. Perhatikan ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Ketahui Alamat Email Yang Dituju

Saat akan mengirimkan email, hal pertama yang harus diketahui adalah alamat email penerima. Tanpa mengetahuinya maka email tidak dapat dikirimkan.

Terdapat baris To yang bisa diisi dengan alamat email yang dituju. Selain itu juga terdapat kolom lainnya seperti Bcc dan Cc seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Tulis Subject Email

Setelah menambahkan alamat email penerima, langkah selanjutnya adalah menuliskan judul pada email. Tulis subjek atau judul sesuai tujuan pengiriman email.

Dengan menambahkan judul, email akan terlihat lebih lengkap dan jelas. Maksud dari pengiriman email akan terlihat dari judul yang diberikan pada email.

3. Tambahkan Salam Pembuka

Ada baiknya email yang dikirimkan diawali dengan salam pembuka. Tidak harus formal, salam pembuka ditulis sesuai dengan penerima email.

Jika mempunyai hubungan baik dengan penerima email, salam pembuka dapat ditulis informal. Misalnya ucapan selamat pagi, selamat siang, atau lainnya.

4. Tuliskan Tujuan

Penulisan email yang baik selalu mempunyai tujuan pengiriman yang jelas. Ketika membuatnya, tanyakan pada diri sendiri apa tujuan mengirimkan email tersebut.

Kirimkan email mengenai sesuatu yang penting untuk menunjukkan sikap sopan. Jika sudah, tuliskan pada body email secara singkat dan jelas.

5. Tambahkan Salam Penutup

Tambahkan atau tuliskan salam penutup pada bagian akhir email yang ditulis. Penulisan ini tentu sebagai pelengkap dari salam pembuka yang sudah dituliskan di awal.

Pada bagian akhir bisa dituliskan salam penutup yang baik dan sopan. Misalnya Hormat Saya, Salam Hangat, atau lainnya tergantung situasi.

Demikian ulasan mengenai cara mengirim email yang sama beserta cara mengirim email yang beretika. Bersikap sopan dan mengoreksi email yang dikirim sangatlah penting dilakukan.

Hal tersebut tentu dapat terhindar dari kesalahpahaman dan kebingungan bagi penerima email. Selain itu, mengirim email yang baik dan benar akan terlihat lebih profesional.

Bagaimana penjelasan di atas tentang cara mengirim surat elektronik atau email yang baik dan benar? Ternyata hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan bukan?

Itulah penjelasan dari theinsidemag.com. Dengan mengetahui informasi di atas semoga bermanfaat dan membantu.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *