Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Menulis Daftar Pustaka

7 min read

Cara Menulis Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka yang baik dan benar sesuai kaidah tentunya harus menjadi patokan dalam penulisan karya ilmiah/makalah bahkan beberapa penulisan lainnya.

Setiap membuat karya tulis ilmilah baik itu tugas makalah, essai, proposal skripsi, skripsi, tesis dan lain sebagainya pasti membutuhkan sebuah daftar pustaka.

Daftar pustaka atau bibliografi sendiri merupakan daftar buku yang dirujuk dalam karya ilmiah, biasanya dicetak sebagai lampiran. Cara menulis daftar pustaka sendiri tidak sembarang ditulis.

Untuk menulis sebuah daftar pustaka harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku sehingga seseorang tidak asal menulis saja.

Lalu bagaimana ya cara untuk menulis sebuah daftar pustaka pada karya ilmiah yang benar? Berikut penjelasan lengkap agar kamu bisa memahami dengan cepat.

Pengertian Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar karya (seperti buku dan artikel) yang ditulis pada subjek tertentu atau oleh penulis tertentu.

Daftar pustaka juga dikenal sebagai daftar karya yang dikutip. Daftar pustaka dapat muncul di akhir buku, laporan, presentasi online, atau makalah penelitian.

Banyak pelajar yang diajarkan bahwa daftar pustaka ditulis bersama dengan kutipan dalam teks yang diformat dengan benar sehingga sangat penting untuk mengutip penelitian seseorang dengan benar demi menghindari tuduhan plagiarisme.

Dalam penelitian formal, semua sumber yang digunakan, baik yang dikutip secara langsung atau disinopsi, harus dimasukkan dalam daftar pustaka.

Sementara daftar pustaka beranotasi mencakup paragraf deskriptif dan evaluatif singkat (anotasi) untuk setiap item dalam daftar.

Baca juga yuk : Cara Membuat Makalah

Anotasi ini sering memberi lebih banyak konteks tentang mengapa sumber tertentu mungkin berguna atau terkait dengan topik yang dihadapi.

Loading...

Adapun pengertian daftar pustaka atau bibliografi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya menulis tentang buku. Biblio dalam bahasa artinya buku dan grafi artinya menulis.

Secara garis besar, daftar pustaka memiliki arti :

  1. Daftar lengkap atau selektif karya yang disusun berdasarkan beberapa prinsip umum, seperti kepengarangan, subjek, tempat publikasi, atau printer.
  2. Daftar bahan sumber yang digunakan atau dikonsultasikan dalam persiapan sebuah karya atau yang dirujuk dalam teks.
  3. Cabang ilmu perpustakaan yang berurusan dengan sejarah, deskripsi fisik, perbandingan, dan klasifikasi buku dan karya lainnya.

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka
Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Lalu bagaimana ya tata cara menulis sebuah daftar pustaka itu sendiri? Informasi daftar pustaka dasarnya mencakup judul, penulis atau editor, penerbit, dan tahun edisi saat diterbitkan atau dilindungi hak cipta.

Bibliografi adalah daftar semua sumber yang telah kamu gunakan apakah direferensikan atau tidak)dalam proses meneliti pekerjaan kamu.

Jika kamu membaca artikel atau buku apa pun dalam mempersiapkan makalah kamu, kamu memerlukan daftar pustaka atau catatan kaki.

Jika kamu mengutip argumen “kritikus” dan “pendukung,” bahkan jika kamu tidak menyebutkannya atau mengutipnya secara langsung, kamu cenderung merujuk pada informasi yang kamu baca di buku atau artikel sebagai lawan dari informasi yang kamu kumpulkan secara langsung, seperti seorang reporter berita, dan karenanya kamu memerlukan bibliografi.

Jika kamu mengutip sumber dan memasukkan beberapa informasi rujukan ke dalam teks, kamu masih memerlukan daftar pustaka, sehingga pembaca dapat melacak sendiri bahan sumbernya.

Baca juga yuk : Contoh Makalah

Jika kamu menggunakan catatan kaki untuk mengidentifikasi sumber bahan kamu atau penulis setiap kutipan, kamu tidak perlu bibliografi, kecuali ada bahan yang tidak kamu rujuk langsung (atau jika kamu merujuk ke bagian tambahan dari bahan yang sudah kamu rujuk) yang juga membantu kamu mencapai kesimpulan.

Dalam hal apapun, catatan kaki kamu harus mengikuti panduan pemformatan di bawah ini.

  1. Nama penulis yang dimulai dengan nama belakang penulis kemudian nama depan penulis
  2. Judul buku
  3. Lokasi perusahaan dan nama perusahaan yang menerbitkan salinan sumber kamu
  4. Tahun buku diterbitkan

Sementara jika sumber yang dirujuk adalah majalah berkala, maka status berkala menghapus kota penerbit dan nama serta menambahkan judul artikel dan volume atau nomor terbitan berkala.

Perhatikan judul artikel dimasukkan ke dalam tanda kutip dan hanya judul publikasi yang dicetak miring atau bergaris bawah.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang benar:

Simarmata, Salvatore, Media dan Politik: Sikap Pers terhadap Pemerintahan Koalisi di Indonesia, Jakarta,Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Nama belakang penulis, nama depan penulis. (tanggal publikasi — bisa lebih dari satu tahun) “judul artikel.” judul publikasi, vol. #. (edisi #), nomor halaman, contoh :

Salman, Tata. (Juli-Agustus 1997) “Cara Menulis Rencana Bisnis yang Hebat.” Permata Business Review 74. hlm. 98-108.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Jurnal adalah istilah untuk publikasi ilmiah yang diterbitkan secara berkala, umumnya bulanan atau triwulanan.

Jurnal berbeda dari majalah di mana jurnal umumnya untuk audiens yang sangat spesifik seperti ahli dalam bidang ilmiah atau profesional tertentu.

Sementara majalah, di sisi lain, biasanya memiliki pembaca yang lebih umum. Sementara majalah kadang-kadang melaporkan penelitian baru atau yang sedang berlangsung, informasi tersebut sering diberikan oleh orang kedua.

Jika sebuah artikel di majalah melaporkan segala jenis penelitian ilmiah, kemungkinan cukup bagus bahwa informasi tersebut awalnya disajikan dalam jurnal.

Informasi yang terkandung dalam artikel jurnal seringkali lebih berharga daripada informasi yang ditemukan dalam buku, karena waktu penyelesaian jurnal biasanya cukup singkat.

Walaupun butuh berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menerbitkan sebuah buku, sebuah artikel dapat ditulis, diserahkan, diterima, dan diterbitkan dalam jurnal semua dalam hitungan minggu.

Baca juga yuk : Contoh Cover Makalah

Dengan demikian, karena artikel jurnal umumnya menyajikan informasi baru dan mutakhir, nilai dan validitasnya dalam proses penelitian tidak dapat diabaikan.

Untuk itu jika ingin menulis sebuah daftar pustaka dari jurnal, maka tata cara yang diperlukan adalah tulis nama, judul artikel, volume jurnal dan halaman. Berikut adalah contohnya :

Arifani, L 2018, ‘Meneliti Bagaimana dan Mengapa Kaum Muda Menggunakan Situs Jejaring Sosial’, Educational Psychology in Practice, vol. 34, no. 2, hlm. 175-194.

Artikel yang diperoleh dari database atau dari e-reserve direferensikan dengan cara yang sama seperti artikel cetak.

Sementara artikel jurnal yang ditulis dengan dua penulis maka cara penulisannya adalah :

Arifani, L & Tio-Alexander, Z 2018, ‘Menggunakan Pendidikan Olahraga Dalam Kursus Aktivitas Fisik Universitas’, JOPERD: Jurnal Pendidikan Jasmani, Rekreasi & Tari, vol. 89, no. 2, hlm. 56-61.

Kemudian untuk artikel jurnal dengan tiga penulis, maka cara penulisannya adalah :

Wilmott, C, Fraser, E & Lammes, S 2018, ‘Cara bekerja dan bermain dengan Apple Watch ‘, European Journal of Cultural Studies, vol. 21, no. 1, hlm. 78-95.

Untuk artikel jurnal yang diambil dari situs web (selain database Perpustakaan), sertakan tanggal dan URL yang dilihat.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Lalu bagaimana jika mengambil sumber dari versi web atau internet? Karena sumber web peka terhadap waktu, artinya konten web dapat berubah setiap hari, penting untuk memasukkan hari pengambilan dan URL dari mana kamu mengutip materi. Kamu memasukkan ini dalam pernyataan pengambilan.

Format untuk publikasi cetak versi online pada dasarnya harus mengikuti format yang sama seperti di atas, artinya jika kamu mereferensikan buku online.

Kamu harus mengikuti format buku dengan penambahan pernyataan pengambilan. Jika kamu merujuk berkala secara online, kamu harus mengikuti format berkala dengan tambahan pernyataan pengambilan.

Perhatikan bahwa kamu tidak boleh merusak alamat Internet dari tautan tersebut, meskipun itu membutuhkan jalurnya sendiri.

URL yang sangat panjang, seperti yang terjadi saat menggunakan database online, dapat dipersingkat dengan menghapus kode pengambilan.

Kode pengambilan biasanya terdiri dari serangkaian panjang huruf dan angka yang tidak dapat dipahami mengikuti titik akhir “htm” atau “html.”

Hapus semua yang terjadi setelah titik itu untuk dipersingkat seperti Penulis. (tanggal publikasi internet — bisa lebih dari setahun) “judul dokumen.” judul publikasi. diperoleh pada: tanggal dari alamat web lengkap, dimulai dengan http: //

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet:

Amira, Linda. (13 Januari 2013) “Bisakah Fisher Memfokuskan Kodak?” Fortune. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2017 dari www.pathfinder.com/@@ctQzLAcAQQIIP/fortune/1997/970113/kod.html

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Daftar pustaka adalah sebuah kewajiban saat menulis esai, artikel, atau makalah penelitian yang sangat bergantung pada bahan sumber. Daftar pustaka adalah daftar semua sumber yang digunakan dalam kertas menurut abjad.

Daftar ini ditemukan di akhir pekerjaan dan memungkinkan pembaca untuk memverifikasi kebenaran pernyataan dan / atau angka yang disajikan dalam esai.

Hal ini juga memungkinkan penulis untuk memberikan kredit yang tepat untuk kutipan atau frasa kunci agar terhindar dari plagiarisme.

Untuk membuat sebuah daftar pustaka yang dikutip dari sebuah buku, maka hal yang kamu harus perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Nama penulis
  • Judul buku
  • Lokasi penerbit
  • Nama penerbit
  • Tahun buku diterbitkan

Contoh penulisan daftar pustaka dari sumber buku:

Ismail, Muhammad, Seni Pemeliharaan Lingkungan, Jakarta: Cahaya Penerbit, 2003.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi

Dasar-dasar yang diperlukan dalam menulis daftar pustaka untuk skripsi yang tidak dipublikasikan adalah :
Penulis.

  1. Tahun (dalam kurung bundar).
  2. Judul.
  3. Status skripsi (dalam kurung bundar).
  4. Nama fakultas
  5. Universitas.
  6. Kota.
  7. Negara.

Baris pertama dari setiap kutipan disesuaikan. Setiap baris berikutnya diberi jarak spasi. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

Zarei, R. (2017). Mengembangkan Metode Klasifikasi yang Ditingkatkan Untuk Mendapat Sinyal EKG dan EEG (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Merdeka, Surabaya, Indonesia.

Sementara untuk skripsi yang diterbitkan, maka contoh yang perlu ditulis adalah :

Alina, Gadis. (2014). Analisis Narasi Berita Banjir Jakarta Pada Media Massa Nulis.com, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Merdeka, diperoleh dari http://vuir.vu.edu.au/35038/

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Web

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Web

Daftar pustaka untuk situs web adalah daftar karya yang dikutip dari internet yang disertakan di akhir karya ilmiah kamu.

Ketika kamu membuat daftar pustaka, kamu perlu menuliskan semua sumber yang telah menginformasikan tulisan kamu termasuk artikel dan informasi yang diambil secara online.

Setiap lembaga akademik akan memiliki gaya dan pedoman yang disukai tentang bagaimana mereka ingin informasi disajikan, sehingga sangat penting bagi kamu untuk mengikutinya.

Jenis sumber yang berbeda memerlukan pemformatan yang berbeda. Jadi cara kamu mereferensikan situs web yang digunakan dalam karya akademis kamu berbeda dari format lain, seperti buku.

Baca juga yuk : Contoh Penutup Makalah

Struktur yang tepat dari kutipan situs web akan tergantung pada apakah kamu memiliki informasi penulis atau tidak.

Jika ya, kamu harus memasukkan nama dan tanggal publikasi penulis, bersama dengan judul artikel dan URL tempat kamu mengambil informasi.

Jika nama penulis tidak tersedia maka tidak dapat diabaikan, tetapi semua informasi lain harus diberikan. Adapun contoh daftar pustaka dari web adalah :

Halim, D. (2018, Desember 14). Kompas. Retrieved from Kompas Website: https://nasional.kompas.com/read/2018/12/14/20144271/menurut-para-syndicate-ini-penyebab-tren-elektabilitas-jokowi-maruf-menurun diakses pada tanggal 2 Januari 2019.

Damarjati, D. (2017, Februari 2). Detik . Retrieved from Detik Media: https://news.detik.com/berita/d-3413992/ini-74-media-yang-terverifikasi-dewan-pers diakses pada tanggal 12 Januari 2019.

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar

Daftar pustaka adalah salah satu alat paling penting yang dapat dimasukkan dalam makalah penelitian, buku teks, atau sejenisnya.

Dimasukkannya daftar pustaka tidak hanya memberikan jaminan bahwa materi yang digunakan dalam pembuatan makalah ini faktual dan relevan, tetapi juga menawarkan kredit kepada sumber-sumber asli dan mengarahkan pembaca ke sumber asli jika lebih banyak informasi diperlukan.

Berikut adalah cara menulis sebuah daftar pustaka yang benar :

  1. Nama lengkap penulis dan tulis nama belakangnya terlebih dahulu
  2. Judul lengkap buku
  3. Lokasi penerbit
  4. Nama penerbit
  5. Tahun materi diterbitkan.
  6. Nomor halaman yang tepat dari bahan sumber.

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Orang

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Orang
Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Orang

Jika sumber memiliki lebih dari satu penulis, daftar pustaka yang harus kamu tulis adalah sebagai berikut:

Adam, Joni Iskandar, dan Cindy. Seni Pemeliharaan Lingkungan, Jakarta : Cahaya Penerbit, 2003.

Jika ada lebih dari dua penulis untuk sumber kamu, kutipan kamu bisa menggunakan singkatan dll yang berarti “dan lain-lain.”

Adam, Joni Iskandar dll, Seni Pemeliharaan Lingkungan, Jakarta : Cahaya Penerbit, 2003.

Kadang-kadang, kamu akan menemukan sebuah sumber tanpa penulis terdaftar. Hal ini sering terjadi khususnya ketika mengutip artikel surat kabar dan artikel dari Internet.

Ketika ini terjadi, kamu hanya perlu pindah ke langkah berikutnya dari kutipan kamu dengan hanya menuliskan judul buku, kota dan nama penerbit serta tahun.

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata
Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata

Adapun untuk menulis daftar pustaka yang memiliki jumlah 3 kata, maka cara penulisannya cukup mudah.

Nama paling belakang diletakkan di depan kemudian beri tanda koma dan tulis nama pertama dan keduanya setelah nama paling belakang berada di depan.

Agar memudahkan kamu menuliskan daftar pustaka dengan nama pengarang 3 kata, maka berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka nama pengarang 3 kata :

Rania, Ismi Atika, Seni Pemeliharaan Lingkungan, Jakarta : Cahaya Penerbit, 2003.

Cara Menulis Daftar Pustaka di Word

Berikut adalah cara menulis daftar pustaka di microsoft word :

  1. Masukkan kutipan atau fakta yang memerlukan verifikasi dengan klik tab Referensi.
  2. Di Kutipan & Daftar Pustaka, pilih gaya yang sesuai.
  3. Klik “Insert Citation” dan pilih Add New Source dari daftar dropdown
  4. Setelah berhasil mengklik, maka kamu dapat memasukkan nama pengarang menggunakan nama belakang, format nama depan. Pisahkan banyak penulis dengan titik koma (;).
  5. Klik OK untuk menambahkan referensi teks ke kutipan.

Setelah kamu menambahkan semua sumber kamu dan menandai)semua referensi teks kamu, kamu siap untuk membuat daftar pustaka. Caranya mirip dengan menambahkan indeks atau daftar isi, kamu hanya perlu :

  1. Klik di mana kamu ingin memasukkan daftar pustaka biasanya di akhir dokumen.
  2. Klik tab Referensi, kemudian, klik Daftar Pustaka di grup Kutipan & Daftar Pustaka.
  3. Dari daftar dropdown yang dihasilkan, pilih bibliografi.

Bagaimana? Tidak begitu menyulitkan bukan cara menulis daftar pustaka? Selama kamu mengerjakan dengan tenang, semua tugas kamu akan selesai sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan kamu memahami beragam cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, tentu kamu sudah paham bagaimana membuat contoh makalah yang baik.

Demikian dari kami theinsidemag.com semoga materi mengenai cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar sesuai kaidah dapat bermanfaat bagi kalian, silakan ajukan pertanyaan jika dirasa membingungkan.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kusuma
7 min read

Cara Membuat Proposal

Kusuma
11 min read

Cara Menulis Kutipan

Kusuma
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *