Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Menulis Kutipan

7 min read

Cara Menulis Kutipan

Cara Menulis Kutipan yang sesuai kaidah dan standar itu bagaimana? Kutipan sendiri berisikan info tentang referensi sumber yang kamu tulis. Lalu, bagaimana mengutip referensi?

Dalam menulis sebuah karya ilmiah, sangat penting untuk mengutip kutipan referensi dengan benar dan tepat untuk mengakui sumber yang kamu tulis.

Karya ilmiah terus bergerak maju dengan memberi apresiasi terhadap karya orang lain juga. Cara menulis kutipan sendiri tidak begitu sulit selama memahami bagaimana cara yang tepat untuk menuliskannya.

Kutipan ke sumber yang tepat menunjukkan bahwa kamu telah melakukan tugas kamu dan mengetahui latar belakang dan konteks yang cocok dan membantu memberikan validitas pada argumen kamu.

Kutipan referensi juga menyediakan jalan bagi pembaca yang tertarik untuk menindaklanjuti aspek tugas kamu. Lalu bagaimana cara menuliskan sebuah kutipan dalam karya ilmiah itu sendiri?

Pengertian Kutipan

Pengertian Kutipan

Kutipan adalah referensi ke sumber informasi yang digunakan dalam penelitian kamu. Kutipan sendiri mempunyai ciri dan standar tertentu.

Setiap kali kamu langsung mengutip, atau merangkum elemen-elemen penting dari ide orang lain dalam tugas makalah kamu, kutipan dalam teks harus diikuti.

Kutipan dalam teks adalah notasi singkat di dalam teks makalah atau presentasi kamu yang merujuk pembaca ke sumber yang lebih lengkap, atau kutipan akhir dari contoh makalah yang memberikan semua rincian yang diperlukan tentang sumber informasi tersebut.

Kutipan langsung harus dikelilingi oleh tanda kutip dan umumnya digunakan ketika ide yang ingin kamu tangkap terbaik diungkapkan oleh sumber.

Loading...

Mengutip dan meringkas melibatkan penulisan ulang ide penting dari karya orang lain, biasanya untuk menyingkat atau untuk membuatnya lebih sesuai dengan gaya tulisan kamu.

Kamu tidak perlu mengutip ide-ide kamu sendiri, kecuali ide-ide itu telah diterbitkan. kamu juga tidak perlu mengutip pengetahuan umum, atau informasi yang akan diketahui sebagian besar orang di audiens kamu tanpa harus mencarinya.

Kutipan disebut dengan catatan kurung karena hanya memberi informasi singkat tentang sumber, biasanya nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman, terlampir dalam tanda kurung sebagai berikut:

Style kutipan MLA : (Nadia : 263)
Style kutipan APA : (Nadia, 2013, hlm. 263)

Prinsip Mengutip

Prinsip Mengutip

Baik sumber ide itu sudah kamu parafrasekan atau ditulis dengan kutipan asli, tetap kamu harus menggunakan prinsip dalam mengutip.

Berikut ini adalah prinsip yang harus diikuti saat menulis kutipan dalam teks:

  1. Gunakan tanda kutip.
  2. Pastikan bahwa ejaan nama penulis dan tanggal publikasi dalam entri daftar referensi cocok dengan yang ada dalam kutipan dalam teks yang sesuai.
  3. Kutipan hanya berfungsi pada apa yang telah kamu baca dan gagasan yang telah kamu masukkan ke dalam tulisan kamu.
  4. Karya-karya yang kamu kutip dapat memberikan informasi latar belakang utama, mendukung atau membantah teori kamu, atau menawarkan definisi dan data penting.
  5. Orang yang membaca karya kamu mungkin menemukan rangkaian kutipan yang panjang dan sulit untuk dipahami, terutama jika mereka menggunakan teknologi bantu seperti pembaca layar; oleh karena itu, sertakan hanya kutipan yang diperlukan untuk mendukung poin kamu secara langsung.
  6. Kutiplah sumber yang dirasa primer dan bila memungkinkan mengutip sumber sekunder dengan tidak terlalu banyak.
  7. Kutip sumber untuk mendokumentasikan semua fakta dan angka bukan yang menuliskan pengetahuan umum.
  8. Jika mengutip bagian tertentu dari sumber, berikan kutipan penulis dan tanggal untuk karya tersebut ditambah informasi tentang bagian tertentu.
  9. Bahkan ketika sumber tidak dapat diambil (misalnya, karena itu adalah komunikasi pribadi), tetap beri kredit pada teks (namun, hindari menggunakan sumber online yang tidak lagi dapat dipulihkan).

9 prinsip mengutip sebuah sumber/referensi yang kamu gunakan tentu harus menjadi pedoman/acuan dalam membuat kutipan yang baik dan benar ya!

Kamu sudah tahu belum cara membuat makalah?

Kutipan Langsung

Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah laporan dari kata-kata yang diucapkan atau dituliskan seorang penulis atau pembicara dan ditempatkan di dalam tanda kutip dalam sebuah karya tertulis. Misalnya, Dr. Ahmda berkata, “Saya punya mimpi.”

Kutipan langsung umumnya diperkenalkan oleh frasa yang juga disebut bingkai kutipan, dan digunakan dalam media tertulis dan audio atau visual, terutama jika reporter memberikan informasi persis kepada seseorang.

Kutipan adalah kata-kata tanpa rekaman ucapan yang ditulis berdasarkan pernyataan orang yang benar-benar mengatakannya.

Sebagai contoh, seorang penyiar berita akan berkata:

‘Presiden berkata punya mimpi’

Maka penyiar akan menuliskannya (presiden berkata ‘Saya punya mimpi’ ).

Gunakan tanda kutip untuk mengikuti pernyataan orang yang mengatakan.

Gunakan kutipan langsung ketika pembaca mencari bukti, atau ketika kutipan yang tepat dengan sempurna merangkum topik yang ada dengan lebih ringkas atau lebih baik daripada yang kamu bisa.

Dalam penulisan berita, jangan tergoda untuk memperbaiki tata bahasa atau kesalahan lain ketika kamu langsung mengutip sumber kamu meskipun kamu ingin mengomentari teks kamu tentang kesalahan faktual yang dilakukan pembicara pada saat pernyataan itu.

Kamu dapat menggunakan elips untuk memotong beberapa hal dari kutipan langsung, tetapi bahkan itu harus dilakukan dengan hati-hati. Dalam berita, keakuratan dan konteks yang tepat adalah yang terpenting.

Contoh penutup makalah yang sesuai kaidah seperti apa?

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan Tidak Langsung

Sebaliknya, kutipan tidak langsung juga mungkin memiliki frasa yang mengarah ke pernyataan langsung tetapi lebih ke kata-katanya bukan apa yang orang katakan atau tulis kata demi kata.

Kutipan tidak langsung fokus kepada permainan parafrase atau ringkasan dari apa kata-kata itu diucapkan seperti contoh, :

Pada bulan Maret di Jakarta, Jokowi berbicara tentang mimpi yang ia miliki untuk bangsa.

Ketika kamu memiliki kutipan langsung yang panjang dalam karya tulis, seperti lebih dari 60 atau 100 kata atau lebih dari empat atau lima baris, daripada menggunakan tanda kutip langsung maka lebih baik untuk menulisnya menjadi kutipan tidak langsung.

Dalam esai dan laporan, kapanpun kamu menggunakan ide orang lain dalam pekerjaan kamu, baik dengan kutipan langsung atau tidak langsung, orang itu membutuhkan atribusi atau kredit.

Jika tidak menggunakan kutipan, siap-siap saja kamu diklaim melakukan plagiarisme. Sudah mulai memahami bagaimana cara menulis kutipan sesuai PUEBI?

Menurutmu contoh cover makalah yang bagus bagaimana?

Cara Mengutip Kutipan yang Dikutip

Kamu harus mengakui sumber kapan saja kamu menggunakan fakta atau ide yang kamu peroleh dari sumber itu. Jadi, jelas, kamu perlu mengutip sumber untuk semua kutipan langsung.

Tetapi kamu juga perlu mengutip sumber dari mana kamu memparafrasekan atau meringkas fakta atau ide – apakah kamu telah memasukan fakta atau ide ke dalam kata-kata kamu sendiri atau tidak.

Sumber yang perlu diakui tidak terbatas pada buku dan artikel jurnal, tetapi termasuk situs internet, perangkat lunak komputer, korespondensi tertulis dan email, bahkan percakapan verbal dengan orang lain (secara langsung atau melalui telepon).

Semua jenis sumber yang berbeda harus diakui. Selain itu, jika kamu menggunakan gambar, ilustrasi, atau bahan grafis, baik secara langsung atau dalam bentuk yang dimodifikasi, yang tidak kamu buat sendiri atau desain, kamu perlu mengakui sumber dari angka-angka itu.

Adapun cara untuk mengutip sebuah kutipan yang dikutip adalah dengan menyematkan kata ‘dalam’. Perhatikan contoh dibawah ini :

Budiman (dalam Kennedy, 2003: 12) menjelaskan bahwa dalam penulisan akademis kamu harus selalu menunjukkan kapan kamu menggunakan ide orang lain. Jika tidak, maka kamu mungkin dituduh melakukan plagiarisme.

Cara Mengutip dari Internet

Cara Mengutip dari Internet
Cara Menulis Kutipan dari Internet

Karena informasi online dapat berubah atau menghilang, sebaiknya kamu harus selalu menyimpan salinan pribadi dari informasi elektronik jika memungkinkan.

Mengunduh atau bahkan mencetak dokumen utama memastikan kamu memiliki cadangan yang tidak akan lekang.

Kamu juga dapat menggunakan fungsi Bookmark di browser web kamu untuk membangun referensi yang mudah diakses untuk semua sumber proyek kamu.

Untuk mengutip dari internet, maka sertakan URL atau alamat web untuk membantu pembaca menemukan sumber kamu.

Karena alamat web tidak pernah tetap dan akan selalu berubah. Saat mengutip pada situs web, gunakan contoh di bawah ini :

Maria, Ratih. Lembaga Penelitian Jakarta, 2008, www.peneltian.com. Diakses pada 23 April 2018.

Felluga, Dino. Panduan untuk Teori Sastra dan Kritis. Jakarta, 28 November 2003, www.kelassastratheory/. Diakses 10 Mei 2006

Cara Mengutip Dari Jurnal Penelitian

Cara Mengutip Dari Jurnal Penelitian

Sementara untuk cara menulis sebuah kutipan dari jurnal, maka gunakan panduan di bawah ini :

  1. Buka kurung.
  2. Tulis nama belakang .
  3. Tanda koma.
  4. Tulis tahun terbit .
  5. Halaman .

Contoh:

Minyak mentah dikategorikan menurut kerapatan, keberadaan kotoran dan lokasinya. Kepadatan minyak mentah secara tradisional diukur menggunakan gravitasi API, 1 semakin rendah gravitasi API, semakin berat minyak mentah. Minyak mentah medium memiliki gravitasi 20 ° hingga 30 °. (Wildan, 1994 :336)

Cara Mengutip dari Jurnal Untuk Skripsi

Cara Mengutip dari Jurnal Untuk Skripsi

Hampir sama dengan sebelumnya, untuk mengutip sebuah kutipan dari jurnal dan digunakan dalam sebuah skripsi, pedoman yang digunakan pada cara mengutip dari jurnal penelitian.

Contoh :

Minyak mentah mengandung berbagai jenis zat yang kotor termasuk zat beracun, korosif dan reaktif yang bisa mahal untuk ditangani. Salah satunya adalah sulfur. (Wildan, 1994 :336-361)

Atau kamu juga bisa menggunakan style APA :

Minyak mentah umumnya diklasifikasikan menurut kandungan sulfur sebagai manis atau asam, minyak mentah manis biasanya mengandung kurang dari 0,5% sulfur dan minyak mentah lebih dari 2% sulfur. (Wildan, 1994, hal. 338)

Cara Mengutip Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara Mengutip Daftar Pustaka dari Jurnal

Tidak jauh berbeda, untuk cara menulis kutipan atau daftar pustaka untuk membuat kutipan dari sebuah jurnal, kamu bisa melihat contoh seperti di bawah ini :

Disleksia adalah penyakit yang hampir ada dalam keluarga. Sebanyak 49% orang tua dari anak-anak dengan disleksia juga memilikinya dan sekitar 40% saudara kandung juga akan kesulitan membaca.Para peneliti telah meneliti gen tertentu. Sejauh ini, mereka telah menemukan beberapa gen yang terkait dengan masalah membaca dan pemrosesan bahasa. (Aditya, 1998, hlm. 17).

Cara Mengutip Kutipan dari Jurnal

Cara Mengutip Kutipan dari Jurnal

Kutipan dalam teks memperingatkan pembaca akan ide dari sumber luar. Dalam gaya MLA dan APA, kutipan dalam teks biasanya muncul sebagai catatan tanda kurung (kadang-kadang disebut dokumentasi tanda kurung).

Sementara untuk mengutip kutipan dari jurnal, cara yang bisa dilakukan sama halnya dengan mengutip apa yang sudah dikutip. Contoh :

Menurut Hardi (dalam Budi, 2013:175) Penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh aterosklerosis (penumpukan bahan berlemak dan plak didalam arteri koroner). Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas saat berolahraga, dan serangan jantung

Cara Mengutip dari Jurnal Online

Cara Mengutip dari Jurnal Online

Sementara jika yang dirujuk adalah jurnal berbentuk online, bagaimana cara menulis kutipan dari jurnal online? Maka prinsip yang bisa digunakan adalah :

Anemia penyakit kronis, juga disebut anemia peradangan. Penyakit ini adalah suatu kondisi yang dapat dikaitkan dengan berbagai gangguan mendasar termasuk penyakit kronis seperti kanker, infeksi tertentu, dan penyakit autoimun dan peradangan seperti rheumatoid arthritis atau lupus. (Budi, 2013:175) Jurnal Mitra, diakses melalui http : journal.kesehatan.com pada tanggal 23 Januari 2018.

Cara Mengutip Teori dari Jurnal

Cara Mengutip Teori dari Jurnal

Teori adalah kumpulan asumsi yang menjelaskan bagaimana proses bekerja. Mereka juga digunakan untuk membuat prediksi tentang efek dari proses-proses tersebut.

Teori biasanya bukan aturan melainkan hanya panduan. Sementara untuk menuliskan kutipan teori yang ditemukan dari sebuah jurnal, maka kamu bisa menuliskannya sebagai berikut :

Teori Hubungan Masyarakat selama abad ke 19 agen pers bekerja keras membuat berita untuk mempengaruhi opini publik. Seorang agen pers tidak melakukan survei atau penelitian Keakuratan dan kredibilitas bukan prioritas. Hal ini adalah komunikasi satu arah dari agen pers kepada publik yang menggunakan persuasi dan manipulasi. Menurut Dika (dalam Rasyid, 2013:175)

Cara Mengutip dari Jurnal Ilmiah

Cara Mengutip dari Jurnal Ilmiah

Kemudian untuk cara menulis kutipan/mengutip dari jurnal ilmiah, maka contoh yang bisa digunakan adalah :

Teori hubungan masyarakat adalah model asimetris dua arah di mana feedback lebih penting bagi praktisi tetapi tujuannya bukan untuk meningkatkan praktik organisasi tetapi untuk mempengaruhi sikap audiens mereka. (Rasyid, 2013:175)

Atau bisa juga menggunakan model :

Setelah Perang Dunia I ada peningkatan dalam produk-produk konsumen yang juga menentukan kebutuhan untuk pemasaran yang ditargetkan secara khusus untuk demografi atau audiens yang pasti. (Rasyid, 2013, hlm. 175)

Cara Mengutip Pendapat Ahli dari Jurnal

Cara Mengutip Pendapat Ahli dari Jurnal
Cara Mengutip Pendapat Ahli dari Jurnal

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa kutipan ada dua macam yakni langsung dan tidak langsung. Lalu bagaimana cara menulis kutipan dari pendapat ahli?

Jika kamu ingin mengutip pendapat para ahli yang tertuang dalam sebuah jurnal, maka kamu bisa menggunakan cara menulis kutipan seperti :

Profesor Surya dalam (Rasyid, 2013, hlm. 175) mengatakan bahwa negosiasi, penyelesaian konflik, saling pengertian, dan saling menghormati antara organisasi dan publiknya adalah hasil yang diinginkan dari model ini. Model ini sering digunakan oleh organisasi bisnis atau nirlaba yang menemukan diri mereka dalam situasi konflik.

Cara Mengutip dari Jurnal Internasional

Cara Mengutip dari Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah sebuah karya ilmiah yang sudah diakui secara internasional.

Untuk cara menulis kutipan dari jurnal internasional, maka hal yang perlu ditulis adalah :

Need-Based Strategic Approach – Teaching of Business Communication: Because of industry expectations of business students’ ability and competence to communicate effectively and efficiently and based on empirical evidence from studies (Lesiker, 1976 : 33).

Contoh Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah sebuah naskah penelitian yang bergerak di bidang pendidikan. Tujuan dan hadirnya jurnal internasional umumnya adalah sebagai ruang lingkup untuk:

  1. Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi internasional di seluruh konteks pendidikan
  2. Menerbitkan naskah berkualitas tinggi yang memiliki signifikansi internasional dalam hal desain dan / atau temuan
  3. Mendorong kolaborasi oleh tim peneliti internasional untuk membuat masalah khusus pada berbagai topik penelitian.

Belajar yuk contoh kata pengantar makalah yang keren!

Ada beberapa contoh jurnal yang sudah diakreditasi internasional seperti :

  • Google Scholar
  • Directory of Open Access Journal
  • International Journal of Education and Research
  • Science Direct

Nah, contoh-contoh jurnal internasional di atas bisa menjadi referensi kamu untuk menulis sebuah karya ilmiah yang bisa terakreditasi secara internasional.

Selama kamu memahami bagaimana cara menulis kutipan dan paham panduan menulis karya ilmiah yang benar, bukan hal yang tidak mungkin karya kamu bisa diterbitkan di jurnal internasional.

Demikian berbagai macam cara menulis kutipan yang baik dan benar dari berbagai sumber. Semoga theinsidemag.com dapat memberikan banyak informasi yang bermanfaat!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kusuma
7 min read

Cara Membuat Proposal

Kusuma
11 min read

Cara Menulis Daftar Pustaka

Kusuma
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *