Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Cara Upload Video di Instagram

1 min read

Cara Upload Video di Instagram

Jika dulu upload video ke Instagram terbatas durasinya, kini tidak lagi. Cara upload video di Instagram agar durasinya panjang bisa menggunakan fitur terbarunya yakni reel. Syaratnya harus update Instagram ke versi terbaru maka akan bertemu dengan fitur barunya yakni reel.

Reel Instagram terdapat pada bagian feed Instagram yang bisa digunakan untuk upload video dengan durasi sesuai keinginan. Jadi sekarang jika ingin upload video ke Instagram bisa gunakan reel. Berikut cara upload video melalui reel Instagram:

1. Akses Aplikasi Instagram

Pada aplikasi Instagram yang sudah update ke versi terbaru pasti sudah ada reel di dalamnya. Kini tinggal buka dan akses aplikasi Instagram dari HP.

  • Setelah itu buka reel yang ada pada menu bagian bawah layar beranda Instagram. Reel ada pada bagian tengah sendiri ditandai dengan icon “play”.
  • Kemudian buka dan lihat di dalamnya langsung ada video milik akun lain. Namun, tak perlu khawatir jika ingin upload video pribadi tinggal menekan icon kamera pada pojok kanan atas.
  • Ada jalan lain jika ingin menambahkan video melalui reel yakni dengan masuk ke profil Instagram lalu buka tanda “+”. Kemudian pilih reel untuk upload video ke Instagram.
  • Bedanya jika melalui profil tampilan reel langsung mengarah ke penambahan video baru.

Baca Juga : Like Instagram Gratis

2. Tentukan Video yang Akan Diupload

Setelah membuka menu reel, pilih video yang akan diupload. Bisa dengan merekam video secara langsung atau menambahkan dari file yang ada di HP.

Jika ingin menambahkan video yang sudah tersimpan di HP tinggal buka pada bagian pojok kiri bawah. Namun, jika ingin merekam secara langsung bisa tekan tombol play untuk mulai merekam.

Sebelum merekam atau upload video dari HP ada satu yang perlu dilakukan yakni mengatur durasi dan edit video terlebih dahulu.

3. Atur Durasi Video

Cara upload video di Instagram reel selanjutnya yakni dengan mengatur durasinya. Sebelum merekam video bisa diatur durasinya di menu pada bagian kiri.

Instagram menyediakan durasi 15 detik, 30 detik, dan 60 detik. Pilih durasi untuk disesuaikan dengan video.

Setelah memilih durasi kemudian merekam video lalu klik “cuplikan”. Jika video yang akan diupload diambil dari file yang ada di HP maka tinggal edit durasinya terlebih dahulu.

Pilih tambahkan video dari pojok kiri bawah lalu atur durasinya kemudian klik “tambah”.

4. Beri Efek Pada Video

Setelah langkah-langkah menambahkan video tadi selesai kini bisa edit video yang akan diupload. Baik upload video melalui rekaman atau menambahkan dari file yang ada di HP keduanya akan memunculkan menu edit.

Lihat di bagian atas video dan mulai untuk mengedit. Berikan efek jika diinginkan atau berikan tulisan pada video.

Bisa juga mengganti audio dengan musik-musik pilihan atau yang bisa dicari sendiri di Instagram. Jika tidak ingin diedit bisa lewati saja tahap ini. Kemudian klik “berikutnya” untuk melanjutkan ke halaman setelahnya.

5. Beri Caption Menarik dan Bagikan

Terakhir, sebelum upload video kurang lengkap tanpa adanya caption yang menyertainya. Berikan caption sesuai keinginan dan tandai orang lain jika diinginkan.

Cantumkan juga lokasi yang menunjukkan pengambilan video tersebut jika diperlukan lalu klik “bagikan”. Video selesai di upload ke Instagram.

Jika ingin melihat hasilnya bisa dibuka di profil dan buka reel. Jika ingin dibagikan ke cerita Instagram juga menggunakan fitur tambahkan reel ke cerita.

Selesai sudah 5 cara upload video di Instagram dengan memanfaatkan fitur reel. Kini pemilik akun Instagram bisa membagikan video dengan durasi cukup panjang yakni 60 detik. Semoga informasi dari theinsidemag.com tadi bermanfaat dan mohon maaf jika dirasa masih kurang.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *