Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

5 min read

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri ciri makhluk hidup salah satunya adalah bernafas. Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang terdapat di bumi.

Dimana masing-masing jenis makhluk hidup baik hewan atau tumbuhan sendiri memiliki banyak jenis, yang hidup berdampingan dengan manusia.

Bahkan manusia membagi sistem klasifikasi makhluk hidup ke dalam 5 kingdom supaya lebih mudah dalam mempelajarinya.

Selain itu, dalam klasifikasinya, makhluk hidup didasarkan pada bentuk, ekosistem, ukuran, serta cara hidup.

Ya, meski semua makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang berbeda, namun setiap ciri tersebut ada keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Pengertian Makhluk Hidup

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Adapun mengenai beberapa ciri ciri makhluk hidup, tentunya kita harus mengetahui mengenai pengertian makhluk hidup ada beberapa macam.

Pengertian ini sangat penting untuk kita mengetahui batasan suatu makhluk dapat dikatakan hidup.

Makhluk Hidup atau Organisme, yang dalam bahasa Yunani adalah organon berarti alat adalah kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.

Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas sendiri.

Makhluk hidup memiliki organisasi biokimia yang kompleks yang memungkinkan mereka untuk memproses zat dan memanfaatkan energi untuk merespon perubahan di sekitar mereka.

Loading...

Pengertian Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Berikut ini merupakan pengertian makhluk hidup menurut para ahli secara lengkap:

1. Helena Curtis

Pengertian makhluk hidup menurut Helena Curtis (1975) adalah sesuatu yang bisa memanfaatkan energi dari lingkungannya dan merubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain.

Dapat beradaptasi dengan lingkungannya, dapat merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostatis, kompleks dan terorganisir dengan baik, dapat bereproduksi atau berkembang biak serta dapat tumbuh dan berkembang.

2. Kimball

Pengertian makhluk hidup menurut Kimball (1983) adalah sesuatu yang memiliki lima ciri, yaitu dapat berevolusi, responsif, dapat bereproduksi, dapat melakukan metabolism, dan bersifat rumit.

3. Dwijoseputro

Pengertian makhluk hidup menurut Dwijoseputro (1998) adalah sesuatu yang dapat melakukan metabolisme, dapat melakukan gerak, dapat tumbuh, dapat bereproduksi dan responsif.

4. New Mexico Tech

Menurut New Mexico Tech, semua makhluk hidup menampilkan tujuh karakteristik kehidupan, yaitu terdiri dari sel-sel, secara kompleks terorganisir, mengambil energi dan menggunakannya tidak hanya untuk merespon lingkungan.

Tetapi, juga untuk tumbuh dan mempertahankan dirinya, memiliki kemampuan untuk mereproduksi, dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Nah, apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang harus Anda ketahui? Berikut diantaranya:

1. Respirasi atau Bernafas

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Apakah Anda bernafas? Tentu saja. Satu hal yang membedakan makhluk hidup dengan makhluk mati adalah bernafas.

Dalam artian manusia sendiri, bernafas merupakan proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida melalui paru-paru. Ya, oksigen ini akan masuk ke paru-paru dan dipompa ke seluruh tubuh, untuk mengeluarkan karbondioksida.

Selain itu, oksigen sendiri digunakan sebagai proses metabolisme tubuh serta untuk menghasilkan energi.

Dimana sisa-sisa metabolisme ini adalah berupa gas karbondioksida yang kemudian akan dialirkan ke paru-paru dan seluruh tubuh, kemudian akan dikeluarkan melalui hidung.

Untuk pengaliran oksigen ke seluruh tubuh, dilakukan melalui media darah, sedangkan pengeluaran karbondioksida, semua zat tersebut akan dikumpulkan ke paru-paru yang kemudian akan dikeluarkan dari hidung pula.

Apakah hanya manusia saja yang bernafas? Tidak. Tentunya tumbuhan dan hewan juga mengalami pernafasan.

Namun, bila hewan hampir sama dengan manusia, yakni bernafas menggunakan oksigen dan mengeluarkannya menjadi karbondioksida, maka tumbuhan sebaliknya.

Ya, hal ini karena tumbuhan membutuhkan karbondioksida sebagai bahan utama untuk melakukan fotosintesis. Dimana dari fotosintesis tersebut nantinya akan menghasilkan oksigen yang akan dihirup manusia dan hewan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Sedangkan untuk sistem pernapasan, tentu setiap makhluk hidup memiliki sistem pernafasan yang berbeda, sesuai dengan jenis dan habitatnya.

Sebagai contoh diambil dari hewan, dimana hewan seperti kucing, kerbau dan anjing bernafas dengan paru-paru, sedangkan semua jenis ikan bernafas menggunakan insang.

2. Bergerak

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup yang kedua yakni bergerak. Dimana bergerak ini diartikan sebagai perpindahan sebagian maupun seluruh bagian tubuh makhluk hidup, yang disebabkan oleh rangsangan internal maupun rangsangan eksternal.

Ya, berbeda dengan makhluk mati, makhluk yang hidup pasti akan bergerak. Sedangkan untuk cara bergeraknya, tentu setiap makhluk hidup memiliki cara berbeda.

Sebagai contoh ambil dari hewan, kuda, kambing, sapi dan harimau bergerak menggunakan kakinya, sedangkan jenis ikan bergerak menggunakan siripnya, dan burung-burung bergerak menggunakan sayapnya.

3. Membutuhkan Makanan atau Nutrisi

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Setiap makhluk yang dikatakan hidup apabila membutuhkan makanan dan nutrisi. seperti halnya manusia yang setiap harinya membutuhkan makanan untuk menghilangkan rasa lapar. Begitupun dengan hewan dan tumbuhan.

Lalu dari mana tumbuhan bisa makan? Sama halnya dengan manusia dan hewan yang memiliki saluran pencernaan, tumbuhan pun sebenarnya memiliki jaringan yang bisa digunakan untuk memperoleh makanan.

Bedanya adalah, jika manusia dan hewan mencari makanan, maka tumbuhan menghasilkan makanannya sendiri.
Membahas makanan dan nutrisi pada hewan, berdasarkan jenis makanannya hewan dibagi menjadi tiga kategori.

Yakni herbivora atau pemakan rumput, karnivora atau pemakan daging, dan omnivora atau pemakan segala.

4. Tumbuh dan Berkembang

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Dimulai dari nutfah, kemudian manusia akan berkembang menjadi bayi, yang kemudian dilahirkan ke dunia. Di dalam dunia pun, dimulai dari bayi, menjadi anak-anak, kemudian remaja, dan dewasa hingga akhirnya tua dan mati.

Hal ini artinya, manusia memiliki pertumbuhan baik dari segi ukuran, berat badan, bentuk tubuh serta lainnya.

Begitu pula pada hewan dan tumbuhan, dimana makhluk hidup tersebut, pada awalnya pasti akan berukuran kecil, yang kemudian akan menjadi besar.

Namun, pertumbuhan yang terjadi baik pada manusia dan hewan bersifat terbatas. Yakni, hanya dapat tumbuh hingga usia tertentu, yang kemudian pertumbuhannya akan terhenti.

Sedangkan pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan, tak mempunyai batasan usia artinya tumbuhan akan bisa tumbuhan dan berkembang lagi sesuai dengan umurnya.

5. Berkembang Biak atau Bereproduksi

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Berkembang dan berkembang biak merupakan hal yang berbeda. Jika salah satu ciri-ciri makhluk hidup pada point ke empat tumbuh artinya bertambahnya tinggi, ukuran dan bentuk.

Maka berkembang biak artinya makhluk hidup tersebut akan menghasilkan makhluk hidup, seperti halnya manusia dan hewan yang melahirkan anak.

Bagaimana dengan tumbuhan? Tentu tumbuhan pun mengalami hal yang sama. Dimana tumbuhan sendiri dibagi menjadi dua dalam cara berkembang biaknya. Yakni secara generatif atau seksual dan secara vegetatif atau aseksual.

Dimana perkembangbiakan secara generatif merupakan percabangan yang terjadi karena adanya peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.

Sedangkan perkembangbiakan secara vegetatif merupakan perkembangan yang terjadi tanpa adanya peleburan dua jenis sel kelamin tersebut.

6. Iritabilita atau Peka Terhadap Rangsangan

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Hewan dan manusia mampu mempunyai indera yang fungsinya adalah untuk mengetahui adanya sesuatu rangsangan.

Dimana sebagai makhluk hidup yang sempurna, manusia diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa dengan lima panca indera.

Seperti mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium bau, kulit sebagai indera peraba, dan lidah untuk merasa.

Bahkan tumbuhan pun bisa peka terhadap rangsangan. Sebagai contoh, tumbuhan akan bergerak atau tumbuh ke arah datangnya cahaya, yang juga disebut dengan fotonasti.

Sehingga jika tak heran jika Anda melihat tumbuhan yang memiliki batang membelok, karena berbelok menuju arah datangnya cahaya matahari guna mendapatkan asupan nutrisi untuk membuat makanan.

7. Melakukan Metabolisme

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup yang pasti terjadi adalah melakukan metabolisme. Dimana metabolisme sendiri adalah proses kimia seperti bernafas dan ekskresi yang terjadi di dalam setiap tubuh makhluk hidup.

Di dalam tumbuhan sendiri, proses metabolisme terjadi ketika fotosintesis, yakni tumbuhan akan memproses air dan karbon dioksida di dalam tumbuhan dengan bantuan sinar matahari, kemudian akan mengulurkannya untuk menjadi oksigen dan glukosa.

Begitu pula dengan manusia dan hewan, tentu juga mengalami proses metabolisme dengan menghasilkan energi yang berfungsi sebagai penunjang reproduksi, pertumbuhan, perkembangan, bergerak dan bernafas.

Proses metabolisme yang terjadi pada hewan ini disebut dengan anabolisme dan katabolisme.

8. Ekskresi atau Mengeluarkan Zat-zat Sisa

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ya, ekskresi bisa diartikan menjadi metabolisme. Dimana ciri-ciri makhluk hidup yang satu ini bertujuan untuk mengeluarkan zat sisa dalam tubuh makhluk hidup yang beracun dan berbahaya bagi tubuhnya.

Nah, pada manusia, organ ekskresinya adalah paru-paru, ginjal, anus dan kulit. Sebagai contoh, kulit akan mengeluarkan keringat, paru-paru akan mengeluarkan karbondioksida,, ginjal akan mengeluarkan urine dan lainnya.

Lalu bagaimana tumbuhan bisa melakukan ekskresi atau mengeluarkan zat-zat sisa? Sama halnya manusia dan hewan yang memiliki organ ekskresi, tumbuhan pun memilikinya. Yakni melalui letisel dan stomata.

9. Adaptasi atau Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri makhluk hidup yang terakhir adalah adaptasi atau kemampuan suatu makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan. yang bertujuan untuk bertahan hidup pada habitatnya.

Sebagai contoh, hewan memiliki cara adaptasi dengan bentuk kaki dan paruhnya.

Seperti burung elang yang memiliki kaki besar dan kuat untuk mencengkeram mangsanya, dan bebek yang memiliki selaput untuk berenang agar bisa mencari ikan.

Sedangkan pada tumbuhan, akan bertahan hidup dengan membentuk daun yang sesuai dengan habitatnya. Seperti pada habitat air, lembab dan kering.

Ya, setiap makhluk hidup memiliki ciri yang berbeda. Bahkan satu jenis makhluk hidup pun bisa beragam jenisnya sesuai dengan pembagiannya.

Nah, dengan mengetahui ciri-ciri makhluk hidup ini, tentu Anda bisa mempercayai begitu sempurnanya makhluk Tuhan yang disebut dengan makhluk hidup.

Demikian dari kami theinsidemag.com apabila ada kesalahan dalam penyampaian kiranya dimaafkan. Jika ada pertanyaan atau kritikan silakan di tuliskan di komentar!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tumbuhan Paku

Kusuma
5 min read

Perbedaan DNA dan RNA

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *