Ciri Ciri Negara Maju

Ciri ciri negara maju salah satunya adalah kehidupan yang mana penduduknya tidak kekurangan gizi dan sebagainya.

Secara garis besar, pembagian kategori negara-negara di dunia ini, dibagi menjadi 3 jenis, yakni negara maju, negara berkembang, serta negara terbelakang.

Ya, Indonesia sendiri masuk ke jenis negara berkembang karena memang tak memiliki klasifikasi Ciri-ciri negara maju.

Di samping hal tersebut, sebenarnya pembagian ini didasarkan pada faktor ekonomi dan non ekonomi.

Sebagai contoh dari faktor ekonomi, seperti ditinjau dari pendapatan per kapita, tingkat kelahiran bayi tingkat pengangguran dan lainnya.

Sedangkan contoh dari faktor ekonomi seperti tingkat korupsi, tingkat kedisiplinan serta lainnya.

Selain itu, perlu Anda ketahui pula, bahwa kemajuan suatu bangsa tak bisa diukur dari segi lokasi negara serta kekayaan alamnya.

Nah, bila dulu negara-negara maju, didominasi dari negara di Amerika Serikat dan Eropa, maka sekarang bisa Anda lihat beberapa negara di Asia telah dikategorikan sebagai negara maju.

Misalnya, Korea Selatan, Singapura dan Jepang. Ya, kekayaan alam memang tak bisa menjamin suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju.

Sebab tak sedikit negara yang mempunyai kekayaan alam melimpah, namun masih kategori negara berkembang bahkan negara terbelakang.

Apa sebabnya? Tak lain karena manajemen negara yang masih buruk. Setelah pengertian negara maju, di bawah ada penjelasan ciri ciri negara maju lengkap.

Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara maju. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam.

Seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status negara maju.

Pengamat dan teoretis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi.

Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi.

Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin pada masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme atau pada masa sekarang melalui proses globalisasi.

Belajar juga mengenai negara berkembang !

Ciri Ciri Negara Maju

Ciri Ciri Negara Maju

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri negara maju beserta contohnya yang ada di dunia:

1. Angka Pengangguran Rendah

Ciri-ciri negara maju yang pertama adalah angka pengangguran rendah.

Mengapa Indonesia tak bisa masuk menjadi negara maju? Seperti yang Anda ketahui, bahwa di Indonesia sendiri tingkat pengangguran masih sangat tinggi.

Berbeda dengan negara maju, dimana tingkat pengangguran sangat rendah.

Hal ini tak lain karena memang penduduknya mempunyai skill yang sangat mumpuni, serta dibutuhkan dalam industri tertentu.

Nah, skill yang bagus ini, tentu didukung oleh sistem pendidikan yang baik di negaranya, sehingga mampu menciptakan individu yang siap bekerja.

Tak hanya itu saja, para penduduk di negara maju, juga mempunyai mental yang pantang menyerah, serta didasari dengan mobilitas yang sangat tinggi.

Nah, hal inilah yang mampu mendorong para pemudanya untuk lebih mudah ketika mencari pekerjaan, sehingga mampu menekan angka pengangguran dalam negaranya.

Sebagai contoh di Jepang misalnya, dimana tingkat penganggurannya hanya mencapai titik terendah dalam kurun 20 tahun dengan persentase sekitar 2.8% pada tahun 2017.

Bahkan ini jauh lebih menurun lagi, karena di tahun 2010 tingkat penganggurannya turun hingga 5,5%.

Hal ini tentu tak lepas pula, dari peran pemerintah yang mampu meningkatkan perekonomian di Jepang, dengan menyediakan lapangan kerja baru bagi para lulusan universitas baru setiap tahunnya.

2. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Ciri-ciri negara maju yang kedua adalah pendapatan per kapita tinggi.

Ya, salah satu ciri negara maju yang jelas terlihat adalah pendapatan per kapita tinggi. Dimana pendapatan per kapita merupakan rata-rata pendapatan yang diperoleh para penduduk dalam negara tersebut.

Nah, taraf perhitungan yang menjadi kategori negara maju, bila pendapatan per kapitanya minimal mendapatkan taraf $11 ribu per bulannya.

Apa yang memungkinkan suatu negara bisa mendorong pendapatan per kapita tinggi? Hal ini tentu tak lain, hasil dari industri dan jasa yang mampu menyumbang pundi-pundi pendapatan dari negara tersebut.

Ini artinya, secara tak langsung negara maju juga harus mempunyai banyak industri serta jasa yang hasilnya bisa digunakan baik di dalam negeri maupun diimpor ke negara luar.

Sudah tahu pengertian globalisasi belum?

3. Angka Kelahiran Rendah

Ciri-ciri negara maju yang ketiga adalah angka kelahiran rendah.

Ciri negara berkembang yang sangat terlihat adalah memiliki tingkat kelahiran yang cukup tinggi, seperti di Indonesia.

Nah, berbeda dengan negara maju, tingkat kelahirannya tergolong cukup rendah, bahkan beberapa negara maju hampir memasuki tahap kritis pada tingkat kelahiran mendekati angka nol.

Dimana angka kelahiran ini ditentukan oleh banyaknya kelahiran bayi yang hidup per tahun hanya 1000 penduduk.
Apa yang bisa menurunkan angka kelahiran ini?

Kembali lagi ke pribadi masyarakat negara maju, dimana banyak lapangan pekerjaan, serta kemampuan individu yang baik, sehingga di negara maju lebih banyak anak muda yang senang mengejar karier ketimbang memikirkan pernikahan.

Tak hanya itu saja, kebanyakan keluarga di negara maju, merasa cukup hanya dengan satu atau dua anak saja dalam keluarganya.

4. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Maju

Ciri-ciri negara maju yang keempat adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju.

Di era yang telah serba digital ini, ilmu pengetahuan dan teknologi tentu menjadi daya dukung suatu negara.

Nah, di negara maju sendiri, dengan kemampuan skill dari individu yang baik, maka mampu menggunakan teknologi dengan sangat baik, bahkan mampu menghasilkan inovasi atau temuan untuk menyelesaikan permasalahan manusia.

Selain itu, perlu Anda ketahui, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi suatu negara. Ingat! Tak ada negara maju, tanpa adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seperti negara Amerika Serikat misalnya, dimana teknologi telah masuk ke negaranya sejak abad ke-19 lalu.

Bahkan, tak sedikit penemu peradaban manusia yang memang berasal dari negara Amerika Serikat, Wright bersaudara yang menemukan pesawat, Thomas Alva Edison yang menemukan lampu pijar, dan masih banyak lainnya sebagainya.

Tak hanya itu saja, negara adidaya ini pun telah mempunyai teknologi militer yang sangat canggih ketimbang negara lainnya yang ada di dunia, bahkan Sillicon Valley yang merupakan salah satu kota di Amerika, dinobatkan sebagai ibu kota teknologi dunia.

Karena disana memang menjadi markas para perusahaan teknologi informasi tingkat tinggi dan terkenal yang mampu menguasai dunia, seperti Apple, Facebook dan YouTube dan masih banyak lainnya.

5. Sistem Pendidikan yang Baik

Ciri-ciri negara maju yang kelima adalah sistem pendidikan yang baik.

Seperti yang dijelaskan pada point-point di atas bahwa negara yang maju memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus.

Nah, kualitas SDM ini tentunya dipengaruhi oleh sistem pendidikan yang ada. Sehingga untuk menciptakan generasi yang unggul nan cerdas, tentu dibaliknya ada guru serta sistem yang mendukung

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu Anda ketahui bahwa di negara maju, sistem pendidikan merupakan nomor satu yang paling diutamakan, sehingga bisa Anda lihat, bahwa di negara-negara maju, tak banyak anak usia sekolah yang telah putus sekolah.

Bahkan para siswa disana juga diarahkan agar menekuni salah satu pelajaran yang disukai serta yang menjadi keahliannya.

Jadi, sejak dini, individunya telah diajarkan dalam bidang yang menjadi kesukaan dan kemampuannya.

Lebih dari itu, para guru di negara maju pun, juga sangat dihargai dan dihormati dengan penghasilan yang sangat tinggi.

Sebagai contoh, negara Korea selatan, dimana salah satu negara maju ini dijuluki sebagai negara maju dengan tingkat pendidikan yang paling maju di dunia oleh The Social Progress Imperative pada tahun 2016.

Hal tersebut disebabkan oleh pemerintah Korea Selatan, bisa menganggarkan hingga 11 miliar dolar pada tahun 2014 untuk kepentingan pendidikan.

6. Memiliki Budaya Disiplin dan Tepat Waktu

Ciri-ciri negara maju yang keenam adalah memiliki budaya disiplin dan tepat waktu.

Quotes “time is money”, sepertinya diterapkan di negara maju. Sebab di sana memang waktu bagaikan uang yang sangat berharga.

Dengan demikian tak heran, jika para pekerja di sana mempunyai mobilitas yang tinggi, serta ketepatan waktu ketika bekerja atau beraktivitas.

Tak hanya itu saja, bahkan di dunia maju, banyak penduduk yang lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta atau lainnya ketika bepergian ketimbang menggunakan kendaraan pribadinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa budaya disiplin ini didasari atas kerja keras, bukan secara turun temurun. Negara Singapura misalnya, sebagai negara maju, tingkat kedisiplinannya sangat tinggi.

Hal ini terlihat, bila Anda datang ke Singapura, maka Anda tak akan menemukan satu sampah pun yang berceceran.

Hal ini karena, kesadaran dalam diri setiap masyarakatnya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dengan mengetahui ciri ciri negara maju tersebut, apakah Anda ingin negara Indonesia menjadi negara maju? Itulah yang bisa theinsidemag.com sampaikan!

Jadi, mulailah menanamkan pada diri sendiri untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, belajar dengan sungguh-sungguh, kenali skill sendiri, gunakan teknologi secara cerdas, dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *