Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

2 min read

Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Ada banyak contoh bisnis model canvas makanan kini sudah berkembang di sekitar. Tujuannya adalah untuk membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnis agar lebih tertata.

Terlebih bisnis canvas adalah strategi bisnis yang dapat menggambarkan atau mendefinisikan sebuah bisnis yang dijalankan. Kemudian dikerucutkan kembali ke beberapa aspek bisnis, sehingga tercipta strategi yang lebih utuh.

Untuk membuat bisnis model bisa dilakukan pada secari canvas atau kertas saja. Berikut adalah contoh bisnis model canvas makanan dengan memasukkan beberapa elemen:

1. Value Proposition dan Customer Segments

Proporsi nilai konsumen atau value proposition yaitu dasar untuk bisnis yang menjadi pembeda dengan usaha lainnya. Misalnya, menjalankan bisnis “Risol Enak” maka buat value bahwa bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas baik.

Semua komposisinya sudah diseimbangkan sehingga bisa menghadirkan rasa yang pas. Selain itu, harus ada memasukkan customer segments juga untuk membagi basis pelanggan menjadi kelompok-kelompok individu.

Mulai dari usia, jenis kelamin, kebiasaan belanja serta minat. Sebagai contoh, misalnya target pelanggan dari bisnis risol adalah anak-anak, ibu rumah tangga, pelajar hingga pekerja.

Baca Juga : Pengertian Bisnis

2. Channels

Contoh bisnis model canvas makanan juga harus mencakup elemen channels. Yaitu sarana yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi terkait produk yang ditawarkan.

Contoh channels yang bisa digunakan yaitu media sosial, email marketing, blog, content marketing, SEO dan lainnya. Sebagai contoh, promosi “Risol Enak” mayoritas dilakukan secara online lewat media sosial Instagram, Facebook dan Twitter.

Sedangkan secara offline, usaha ini membagikan sampel makanan gratis kepada orang yang ada di sekitar area penjualan.

3. Key Resource dan Revenue Streams

Perlu diketahui, key resource adalah sumber daya yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Misalnya, dalam bisnis Risol Enak membutuhkan sumber daya berupa peralatan masak seperti kompor, wajan hingga kulkas.

Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan mesin kasir untuk mencatat semua transaksi penjualan. Sementara revenue streams yaitu sumber bisnis untuk memperoleh pendapatan.

Sumber utama pemasukan Risol Enak sendiri berasal dari penjualan menu-menu yang ada, baik secara online maupun offline. Risol Enak juga bekerjasama dengan Go Food serta GrabFood.

4. Customer Relationship

Sebuah bisnis harus menjaga customer relationship atau hubungan dengan pelanggan. Tentunya, hal ini akan menguntungkan bagi bisnis yang dijalankan.

Dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan sangat berdampak pada penjualan serta image bisnis. Misalnya dengan menyediakan kotak saran di area penjualan.

Bisa juga menjalin hubungan melalui media sosial dengan mengadakan kuis, promo dan lainnya. Dengan begitu, hubungan dengan pelanggan bisa lebih kuat.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan

5. Key Activities dan Key Partnership

Seluruh aktivitas yang berhubungan dengan produk termasuk ke dalam key activities. Misalnya sejumlah aktivitas yang bisa menjadi kunci penting dalam menjalankan bisnis risol yaitu proses memasak, transaksi secara langsung, layanan take away, pengiriman secara online hingga transaksi penjualan.

Sementara key partnership merupakan daftar pihak eksternal lainnya yang mungkin diperlukan dalam menjalankan bisnis. Misalnya, pemasok bahan baku makanan, vendor kemasan, penyedia peralatan masak, driver ojek online, layanan pembayaran dan masih banyak lagi.

6. Cost Structure

Elemen terakhir yang harus ada dalam bisnis model canvas yaitu cost structure. Cost structure merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku, menggaji karyawan serta sewa tempat.

Dalam hal ini, pastikan untuk menghitung biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya. Hitung juga pendapatan yang bisa diperoleh setiap bulan.

Misalnya dalam Risol Enak, pemasukan sebulan kemudian dikurangi dengan semua biaya pengeluaran mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 6 juta per bulan.

Nah, itulah informasi mengenai contoh bisnis model canvas makanan dari theinsidemag.com yang dapat dijadikan referensi.

Apakah penjelasan di atas mudah dipahami? Semoga informasi terkait bisnis canvas makanan ini dapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan pada bisnis makanan yang sedang dijalankan.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *