Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Bisnis Online

1 min read

Contoh Bisnis Online

Menentukan jenis bisnis online yang tepat memang tidak mudah, terlebih ada banyak contoh bisnis online saat ini. Meskipun begitu, tentu saja modal selalu menjadi kendala utama mengapa orang malas membuka sebuah bisnis.

Padahal beberapa bisnis online juga dapat dimulai tanpa modal. Meskipun bisnis online ini tanpa modal, namun peluang untuk mendapatkan hasil terbilang menjanjikan.

Penasaran dengan peluang bisnis online tersebut? Simak penjelasan berikut ini:

1.   Menjadi Affiliate

Salah satu bisnis online yang kini sedang naik daun adalah bisnis afiliasi. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini tanpa mengeluarkan biaya apapun. Caranya juga terbilang sangat mudah, yaitu dengan promosi di media sosial kemudian mengajak orang lain untuk membeli produk yang dipasarkan.

Contoh bisnis online ini tidak perlu stok barang. Sebab, barang yang dipasarkan merupakan dagangan milik orang lain.

Nantinya, seorang affiliate akan mendapatkan hasil dalam bentuk komisi dari brand atau perusahaan afiliasi. Oleh karena itu, pastikan bisa menarik pembeli sebanyak mungkin.

2.   Menjadi Seorang Podcaster

Podcasting menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Seorang podcaster hanya perlu fokus untuk membuat konten audio.

Nantinya, podcaster harus membangun sebuah channel yang berisi konten audio on demand dan dapat diakses secara online. Sementara untuk topik kontennya sangat beragam, siapapun bisa memilih topik apa saja.

Seperti kehidupan anak muda, tentang sepak bola, puisi dan lainnya. Pilih topik yang sekiranya banyak memiliki audiens. Kemudian buat podcast dengan memanfaatkan platform Anchor, Spotify maupun Soundcloud.

Baca Juga : Pengertian Bisnis

3.   Jastip

Meskipun kini sudah banyak masyarakat di Indonesia yang memasarkan produknya secara online. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa penjual hanya membuka tokonya secara offline.

Bagi beberapa konsumen yang kesulitan akses, tentunya hal ini membuat kesulitan dalam memperoleh barang. Oleh sebab itu, jastip menjadi contoh bisnis online yang cukup menjanjikan.

Beberapa contoh jastip antara lain jasa titip membeli pakaian branded, skincare, makanan, minuman dan lainnya. Nantinya, pelaku bisnis juga menawarkan jasa titip dalam membeli barang tersebut.

4.   Jasa Copywriting

Dalam meyakinkan konsumen agar mau membeli sebuah produk memang membutuhkan skill. Salah satu contoh bisnis yang bisa dijalankan secara online adalah membuka jasa copywriting.

Bisnis ini bisa dimulai tanpa modal. Copywriting sendiri merupakan teknik penjualan sebuah produk yang kini sudah banyak ditemukan. Mulai dari media cetak maupun platform digital.

Apabila sudah menguasai teknik copywriting dengan baik, selanjutnya dapatkan klien dari platform freelance. Seorang copywriter juga bisa mempromosikan website portofolio dengan menampilkan karya copywriting yang sudah dibuat.

Baca Juga : Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

5.   Jasa terjemah

Memiliki keahlian dalam bahasa asing? Cobalah untuk membuka jasa terjemahan secara online. Saat ini ada banyak akses informasi di internet yang menggunakan bahasa Inggris.

Terlebih beberapa orang yang memiliki karya dan ingin mengenalkannya pada dunia, harus mengubahnya terlebih dahulu dalam bahasa Inggris. Dengan kata lain, peran penerjemah sangat dibutuhkan.

Namun, sebelum terjun ke bisnis jasa terjemah ini, pastikan pelaku bisnis sudah bersertifikasi. Tujuannya adalah untuk menaikkan reputasi sebagai penerjemah. Jangan lupa untuk bergabung ke komunitas penerjemah seperti HPI untuk memperkuat koneksi.

Nah, demikianlah contoh bisnis online yang bisa dijalankan oleh siapapun, bahkan beberapa tidak membutuhkan modal besar. Apabila ada kekurangan pada pembahasan kali ini, mohon dimaafkan.

Semoga informasi ini dari theinsidemag.com bisa bermanfaat dan menambah opsi bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis online.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *