Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Bisnis Plan Kewirausahaan

2 min read

Contoh Bisnis Plan Kewirausahaan

Pada dasarnya, bisnis plan harus dilakukan oleh bisnis skala kecil, skala besar, umkm maupun perusahaan. Jika saat ini sedang berniat untuk membangun sebuah bisnis atau mendapatkan tugas untuk membuat contoh bisnis plan kewirausahaan, maka informasi ini bisa dipertimbangkan.

Nantinya, dengan adanya bisnis plan ini maka seseorang bisa dengan mudah menarik investor untuk mendanai bisnis yang dijalankan. Kali ini akan dibahas bisnis plan untuk kewirausahaan dalam di bidang minuman. Cek contohnya berikut ini, agar bisa memiliki gambaran untuk membuat bisnis plan yang sesungguhnya:

Ringkasan Eksekutif

Ide usaha minuman sehat ini didasari karena munculnya perubahan gaya hidup masyarakat di masa pandemi. Penerapan gaya hidup sehat sendiri salah satunya dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Daripada itu, berbekal dari kegemaran terhadap teh, menghadirkan Teh Coklat. Inovasi teh coklat ini menggunakan bahan dasar kulit biji kakao. Produk ini dibuat dalam bentuk celup kemasan dan teh botol.

Bisnis ini dijalankan masih dalam skala home industri. Dengan peluang yang ada, diperkirakan Teh Coklat meraup pendapatan sebesar Rp 3 juta – Rp 10 juta per bulan.

Profil Bisnis

Teh Coklat memiliki visi mendorong gaya hidup sehat untuk masyarakat Indonesia. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan produk minuman yang sehat namun nikmat.

Kelemahan Teh Coklat adalah beberapa masyarakat belum mengenal merek ini, sebab usaha ini masih tergolong baru. Terlebih sudah muncul beberapa minuman sehat lain yang hampir mirip dengan Teh Coklat.

Meskipun begitu, kompetitor tersebut belum menyentuh peluang dimana produknya akan menjadi minuman berharga. Oleh sebab itu, selain menyehatkan, Teh Coklat hadir dengan berbagai varian unik.

Baca Juga : Contoh Bisnis Internasional

Produk

Dalam contoh bisnis plan kewirausahaan, Teh Coklat hadir dalam 2 varian teh coklat, yaitu Love Night dan Kiss Sun. Semua produk tersebut menggunakan bahan-bahan vegan dan non-dairy yang berkualitas.

Untuk varian Love Night cocok diminum di malam hari. Varian teh coklat ini dapat membantu mengatasi food craving ketika diet, mengurangi stres, menyehatkan pencernaan dan menurunkan risiko diabetes.

Sementara varian Kiss Sun dapat dikonsumsi pagi hari. Varian ini bermanfaat untuk anti aging, antioksidan, meningkatkan metabolisme, membantu pembakaran lemak serta baik untuk pencernaan.

Analisis Pasar

Target konsumen Teh Coklat adalah semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Pasar yang dituju juga seseorang yang aktif dalam menggunakan media sosial dan menyukai gaya hidup sehat.

Tentunya juga orang yang digital savvy atau mudah beradaptasi dengan dunia digital. Orang-orang yang suka mengunggah gaya hidup sehat melalui media sosial. Selain itu, juga seseorang yang memiliki personal branding sebagai healthy lifestyle enthusiast.

Seperti selebgram, seleb TikTok dan lainnya. Namun mayoritas pelanggan dari Teh Coklat adalah horeka (hotel, restoran dan kafe).

Strategi Pemasaran

Dalam segi marketing, Teh Coklat melakukan berbagai endorse serta memanfaatkan iklan di media sosial. Sebab berdasarkan tes dari beberapa kali endorse, pemasukan tetap lancar.

Sementara iklan yang dipasang adalah melalui media sosial Instagram, TikTok dan marketplace. Teh Coklat juga sudah bekerjasama dengan catering sehat, penjual souvenir, hampers serta bakery.

Teh Coklat juga meminta konsumen untuk membuat konten kreatif terkait produk ini, untuk meningkatkan brand awareness. Serta berbagai strategi digital marketing lainnya.

Rancangan Biaya

Perencanaan biaya Kkaotea Indonesia terbagi menjadi 3 hal yaitu rencana anggaran, rencana modal dan estimasi profit. Berikut ini contoh bisnis plan kewirausahaan produk Teh Coklat pada elemen pembiayaan:

  • Anggaran: Rp 60 juta.
  • Modal: Rp 50 juta (dari investor)
  • Omzet: dalam 1 bulan mampu menjual 40 hingga 150 kotak (@Rp 69 ribu – Rp 79 ribu), jadi pendapatan sebulan sekitar Rp 3 juta – Rp 12 juta.
  • Estimasi profit: Rp 2 juta – Rp 10 juta.

Itulah contoh bisnis plan kewirausahaan yang bisa dijadikan referensi sebelum membuat bisnis plan yang sesungguhnya. Segera buat bisnis plan masing-masing, agar bisnis semakin berkembang.

Semoga informasi dari theinsidemag.com ini bisa bermanfaat. Apabila ada kekurangan dalam penjelasan di atas mohon dimaafkan.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *