Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Bisnis Properti

2 min read

Contoh Bisnis Properti

Bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang mampu memberikan keuntungan cukup menjanjikan. Bukan sekedar itu saja, risiko kerugian dari bisnis jenis ini juga terbilang minim. Saat ini ada banyak contoh bisnis properti yang dapat dijalankan.

Beberapa bisnis properti dapat dijalankan dengan modal kecil. Bahkan sebagian lainnya justru tidak membutuhkan modal sama sekali. Penasaran apa contoh bisnis tersebut? Simak penjelasan berikut ini:

1. Menjadi Makelar Properti

Salah satu contoh bisnis properti yang tidak membutuhkan modal sebesar bisnis properti yang lainnya adalah menjadi makelar. Bisa dibilang, bisnis jenis ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Sebab yang dibutuhkan oleh seorang makelar adalah pengetahuan terkait properti serta kemampuan komunikasi yang baik. Nantinya, apabila transaksi berhasil deal. Maka seorang makelar akan memperoleh fee atau komisi dari pihak penjual yang terbilang cukup besar.

Umumnya, menjadi makelar dijalankan sebagai usaha sampingan. Sebab, transaksi jual beli properti tidak terjadi setiap hari.

Baca Juga : Contoh Bisnis Advertising

2. Mendirikan Situs Pencarian Properti

Jika ingin menjalankan bisnis properti dengan modal kecil maka cobalah untuk mendirikan situs pencarian properti. Meskipun terbilang seperti bisnis di bidang teknologi, namun bisnis ini mampu mendatangkan keuntungan.

Jika diperhatikan, bisnis ini hampir sama dengan menjadi seorang makelar. Bedanya, jenis ini bergerak secara online dan pelaku bisnis tidak perlu bertatap langsung dengan calon pembeli.

Jika tidak ahli dalam bidang IT, maka bisa juga dengan membayar ahli IT untuk membangun situs. Jika aktif mengelola situs maka situs akan berkembang dan banyak konsumen yang datang.

3. Bisnis Kos-kosan

Bisnis bidang properti lainnya yang dapat dijalankan dengan modal yang kecil adalah bisnis kos-kosan. Untuk wilayah perkotaan, bisnis ini sangat menguntungkan sebab tidak akan pernah surut dari waktu ke waktu.

Nantinya, untuk membangun kos-kosan bisa disesuaikan dengan luas tanah dan modal yang dimiliki. Adapun lokasi terbaik untuk menjalankan bisnis kos-kosan ini adalah daerah yang dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran maupun kawasan industri.

4. Bisnis Properti Melalui Pasar Modal

Contoh bisnis properti yang cocok bagi siapapun yang memiliki modal pas-pasan maka bisnis properti lewat pasar modal adalah pilihan yang tepat. Bisnis ini sangat disarankan bagi yang takut rugi dan tidak memiliki banyak waktu.

Cobalah untuk membeli saham perusahaan di bidang properti melalui pasar modal. Jangan khawatir, harga saham perusahaan properti tidaklah mahal. Ada banyak saham yang dijual dengan harga di bawah Rp 1.000 per lembarnya. Jika membeli 1 lot atau 1.000 lembar maka modal yang dikeluarkan di bawah Rp 100.000.

5. Bisnis Sewa Ruko Sederhana

Contoh lain yang ingin terjun dalam bisnis properti adalah dengan menyewakan ruko sederhana 1 lantai. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Namun mampu berkembang jika letaknya berada di tepi jalan raya yang banyak dilalui kendaraan. Jika dibandingkan beberapa bisnis properti sebelumnya, mungkin jenis yang satu ini biayanya sedikit lebih besar.

Namun jangan khawatir, sebab biaya sewa untuk sebuah ruko juga sangat besar. Terlebih jika berada di pusat keramaian. Dengan begitu, jangka waktu balik modal pun lebih cepat.

6. Bisnis Tanah Kavling

Tanah kavling merupakan tanah yang diperjual belikan untuk membangun rumah maupun perumahan. Modal yang dibutuhkan bisnis tanah kavling tidak sebesar bisnis ruko bertingkat maupun perumahan.

Sebab yang dijual hanya tanah tanpa bangunan sehingga harga jualnya lebih murah. Jenis bisnis ini sangat menguntungkan. Mengingat setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Bukan hanya itu saja, jenis bisnis ini juga akan tetap laris walaupun tidak berada di pusat kota atau daerah ramai.

Nah, itulah beberapa contoh bisnis properti yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Maka dari itu, jangan berkecil hati jika modal yang dimiliki tidak begitu besar.

Sebab peluang usaha masih tetap ada. Semoga informasi terkait bisnis properti dari theinsidemag.com ini bermanfaat.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *