Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

2 min read

Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

Bisnis syariah merupakan kegiatan usaha yang dikembangkan sesuai aturan Islam. Beberapa contoh bisnis syariah yang menguntungkan memiliki peluang yang besar.

Meski targetnya hanya umat muslim, bukan berarti prospeknya tidak bagus. Di bawah ini terdapat beberapa contoh bisnis syariah yang mampu mendatangkan keuntungan banyak.

1. Salon Muslimah

Salon muslimah dapat dijadikan salah satu bisnis menguntungkan yang diperuntukkan khusus untuk para muslimah. Bisnis ini semakin gemilang akibat peningkatan penggunaan jilbab.

Salon muslimah dapat menjadi solusi bagi permasalahan wanita beragama Islam. Konsepnya, semua karyawan dan pelanggan adalah wanita, laki-laki tidak boleh masuk.

Jika tertarik, mulailah dari nol salah satunya dengan bergabung bersama program kemitraan. Dengan langkah ini, membangun bisnis salon muslimah semakin mudah dilakukan.

2. Busana Muslim

Umat Islam diharuskan untuk menutup aurat, baik itu pria ataupun wanita. Pada kaum wanita dilarang untuk menggunakan pakaian yang terbuka karena hukumnya haram.

Melihat peluang itu, banyak orang membuka bisnis dengan usaha busana muslim. Beberapa busana muslim yang diminati biasanya gamis, baju koko, sarung, jilbab, dan lain-lain.

Penjualan busana muslim akan meningkat drastis ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Hal ini tentu akan mendatangkan keuntungan yang banyak dan berlimpah.

Baca Juga : Contoh Usaha Jasa

3. Kuliner Halal

Mengonsumsi makanan dan minuman halal menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi karena hukumnya haram.

Melihat peluang itu, membuka bisnis kuliner halal menjadi salah satu contoh bisnis syariah yang menguntungkan. Sebab, bisnis kuliner yang menjamin kehalalannya banyak dicari orang.

Agar pembeli lebih yakin, usahakan juga untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Hal ini akan membuat produk yang dijual semakin terpercaya dan terjamin.

4. Kosmetik Halal

Make up dan skincare kini menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya kaum hawa. Sayangnya masih banyak produk yang tidak mencantumkan label halal di dalamnya.

Hal tersebut tentu berakibat pada keraguan umat Islam ketika akan membelinya. Umat Islam kerap tidak mengetahui kosmetik yang digunakan mengandung bahan yang haram atau tidak.

Melihat kondisi tersebut, bisnis kosmetik halal dapat menjadi salah satu bisnis terbaik yang bisa dijalankan. Cukup jual kosmetik berlabel halal atau membuatnya sendiri dengan bahan terjamin.

5. Wisata & Travel Religi

Penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat bisnis satu ini paling potensial untuk dilakukan. Tiap tahunnya, banyak masyarakat yang antre demi berangkat ke tanah suci.

Apabila tertarik, pastikan kelengkapan akan fasilitas dan layanan travel. Siapkan juga dana dingin yang besar untuk menghindari tuntutan saat terjadi pembatalan perjalanan.

Untuk menyiasati persaingan bisnis, buka juga side business seperti agen perjalanan untuk pesawat, kapal laut, atau kereta api. Tawarkan juga paket perjalanan ke negara lainnya. 

6. Daycare Islami

Bisnis ini dianggap mempunyai prospek yang baik di masa mendatang. Daycare dibutuhkan karena semakin banyak ibu yang memilih untuk berkarir.

Bisnis penitipan anak ini dikemas dalam konsep yang Islami. Tidak hanya bermain, anak juga akan diberi pendidikan khusus yang membantu dalam mengenal agama Islam.

Pendidikan tersebut bisa berupa ajaran huruf Arab, doa sehari-hari, dan tata cara shalat. Jika tertarik, pastikan daycare dapat membentuk kepercayaan orangtua dalam menitipkan anaknya.

Demikian ulasan mengenai beberapa contoh bisnis syariah yang menguntungkan dan menjanjikan. Peluang bisnis ini sangat besar dan belum banyak yang menekuninya.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Mulai bisnis sekarang juga dan dapatkan keuntungannya yang besar dan tentu harus sesuai syariat Islam.

Nah bagaimana uraian di atas mengenai contoh bisnis syariah yang menguntungkan di atas? Contoh bisnis syariah dapat dilakukan mulai dari bisnis salon muslimah hingga daycare Islami.

Apabila ada kekurangan dalam penjelasan dari kami theinsidemag.com anda bisa mencari penjelasan lengkap diartikel lainnya disini. Semoga ulasan di atas bermanfaat. 

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *