Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Contoh Cover Makalah

18 min read

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah tentunya banyak sekali dari mulai itu makalah pendidikan, penelitian, maupun makalah lainnya yang tak kalah penting. Cover makalah menjadi hal yang akan pertama dilihat.

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia penelitian baik sebagai akademisi dan sebagai siswa sekolah, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan makalah.

Makalah adalah media yang dimanfaatkan untuk menyampaikan hasil penemuan berupa riset ataupun hasil pemikiran mendalam. Untuk membuat makalah yang bagus, sebaiknya penulis memahami contoh cover makalah yang baik dan benar.

Pasalnya, meski kadang dipandang sebelah mata, nyatanya keberadaan cover makalah sangat penting untuk memberikan identifikasi dari penulis makalah.

Setelah memahami cara membuat cover makalah yang sesuai dengan contoh, selanjutnya adalah memahami format penulisan makalah yang berlaku.

Pengertian Cover Makalah

Pengertian Cover Makalah

Cover makalah adalah bagian paling depan dari karya tulis yang menyajikan informasi singkat mengenai penulis hingga tema penulisan yang diangkat.

Cover atau dikenal juga sebagai sampul biasanya terdiri dari beberapa komponen inti. Terkait komponen apa saja yang harus ada di dalam sampul makalah sebenarnya berbeda-beda tergantung dari standar format yang digunakan.

Untuk standar format sampul makalah di Indonesia setidaknya terdiri dari tiga unsur utama yang meliputi nama penulis, judul tulisan, hingga instansi.

Selain tiga unsur tersebut, biasa ditambahkan logo instansi, keterangan berupa tahun penulisan dan latar belakang penulisan.

Latar belakang biasanya hanya berupa keterangan bahwa contoh makalah tersebut dibuat dalam rangka tertentu, misal tugas akhir atau tugas kelompok.

Syarat Membuat Cover Makalah

Syarat Membuat Cover Makalah

Sebelum dapat membuat cover atau sampul dari sebuah makalah tentu sudah harus ditentukan tema atau keseluruhan topik yang ingin dibuat.

Sebagai penulis, kamu harus benar-benar menguasai tema atau topik tulisan yang kamu buat. Akan lebih baik apabila pembuatan cover makalah dilakukan tatkala isi di dalam makalah telah benar-benar selesai dibuat. Sehingga penentuan judul akan sesuai dengan isi pembahasan.

Pembuatan sampul makalah di akhir setelah makalah selesai dilakukan agar tidak diperlukan revisi apabila ditemukan bahwa judul di bagian sampul dan isi makalah ternyata tidak sesuai.

Patut dipahami bahwa seringkali pembahasan di dalam makalah sedikit menyimpang dari rencana awal. Untuk itu beberapa orang mengaku lebih nyaman membuat judul di akhir.

Namun, ada pula yang menyarankan di awal dengan alasan bahwa pembuatan sampul makalah termasuk judul di awal akan dapat berperan sebagai batasan dalam menulis. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan secara matang sejak awal ketika menentukan judul makalah.

Syarat membuat cover makalah berikutnya adalah peletakannya yang ada di halaman pertama naskah. Sampul makalah juga tidak perlu lebih dari 2 halaman, cukup dibuat satu halaman saja dengan melingkupi seluruh komponen yang harus termasuk di dalamnya.

Tatkala membuat cover makalah juga perlu diperhatikan urut-urutan komponen yang berkesesuaian dengan aturan format makalah yang benar.

Untuk urutan penulisan setiap komponen sendiri berbeda bergantung dari format yang diikuti. Format internasional yang berlaku kurang lebih ada 4, namun Indonesia tidak menerapkan aturan baku mengenai hal ini.

Ciri Cover Makalah Yang Baik

Ciri Cover Makalah Yang Baik
Ciri Cover Makalah Yang Baik

Ciri-ciri sampul atau cover yang baik adalah dapat menyajikan seluruh informasi mendasar mengenai isi makalah tanpa pembaca perlu melakukan penggalian lebih dalam ke dalam naskah.

Di dalam sampul ini sudah tertera informasi penting seperti nama penulis atau tim penyusun jika berkelompok. Pembaca juga harus mendapatkan informasi terkait judul makalah yang disertakan di tengah sampul makalah.

Meski tidak wajib, namun di beberapa format standar internasional juga turut menyertakan keterangan institusi yang menjadi tempat para penulis berafiliasi.

Keterangan ini dituliskan di bawah kertas. Di bagian paling bawah sampul makalah juga bisa disertakan keterangan tahun penulisan.

Keterangan tahun membantu pembaca memahami kapan karya tulis ini terbit sehingga dapat memastikan relevansinya. Maka dari itu kamu harus paham betul ya cara membuat makalah yang baik.

Format Bagian Cover Makalah

Format Bagian Cover Makalah
Format Bagian Cover Makalah

Adapun berikut adalah format cover makalah yang bisa kamu jadikan acuan pembuatan makalah:

1. Judul Makalah

Hampir di setiap standar format pembuatan cover makalah tentu meletakkan judul di bagian sampul halaman.

Judul dituliskan di bagian tengah dari sampul dan dicetak tebal atau bold untuk standar format yang biasa digunakan di Indonesia.

Judul disusun dengan susunan kata yang menarik, jelas dan juga berkesinambungan dengan keseluruhan isi artikel.

Untuk font penulisan huruf dalam judul umumnya dipilih antara Calibri, Arial ataupun Times New Roman. Intinya, gunakah hanya font standar yang diterima dalam kaidah kepenulisan.

Standar penulisan Bahasa Indonesia untuk judul memuat huruf yang semuanya dibuat kapital.

2. Tujuan Makalah

Bagian tujuan makalah tidak selalu menjadi bagian wajib dalam kepenulisan makalah di Indonesia. Bagian tujuan ini merupakan bagian opsional atau pilihan yang bisa dipilih oleh penulis terhadap karya tulisnya.

Tujuan makalah berisi alasan atau latar belakang mengapa makalah atau proposal tersebut menjadi penting untuk ditulis.

Contoh tujuan makalah adalah “Makalah ini ditujukan untuk mengetahui kondisi masyarakat dan hubungannya dengan keinginan mendonorkan darah”.

Untuk penulisan bagian tujuan makalah menggunakan ukuran huruf lebih kecil dibandingkan judul makalah. Misalnya untuk penulisan tujuan makalah sebesar 12pt sementara pada judul sebesar 14pt.

3. Logo Makalah

Untuk standar format Bahasa Indonesia yang kerap digunakan maka logo makalah menjadi salah satu komponen yang harus dimasukkan dalam sampul.

Untuk penempatan logo makalah berada di bagian tengah sampul dengan ukuran logo umumnya sebesar 5×5 cm untuk kertas berukuran A4. Namun, yang terpenting adalah mengatur penempatan logo agar tidak terlalu besar dan kecil.

Logo pada makalah menggunakan logo instansi atau lembaga yang berhubungan dengan penulis.

Misalnya saja jika kamu membuat makalah dalam rangka tugas sekolah, maka logo pada sampul makalah menggunakan logo gambar sekolah penulis.

Terkait pemilihan warna logo juga harus dipertimbangkan. kamu bisa memilih logo dengan warna hitam putih ataupun warna warni.

4. Penulis Makalah

Seluruh orang yang terlibat dalam penulisan makalah berhak untuk dicantumkan namanya secara lengkap pada sampul makalah.

Penulisan nama penulis makalah menggunakan huruf standar seperti Times New Roman ukuran 12. Fungsi dari pencantuman nama pembuat makalah adalah sebagai identitas pengenal pembaca.

Selain itu, nama yang dicantumkan berguna untuk menghindari adanya upaya plagiasi.

5. Nama Instansi

Nama instansi atau lembaga bisa berupa nama jurusan, program studi ataupun nama fakultas di kampus yang kamu masuki.

Penulisan nama instansi atau lembaga ini diletakkan di bagian bawah dari kertas setelah dicantumkannya nama-nama para penulis makalah.

Untuk menuliskan nama instansi atau lembaga menggunakan huruf kapital di keseluruhan kata yang dituliskan.

Apabila penulis masih berstatus sebagai pelajar SMA atau pun SMP, maka bagian nama instansi dituliskan dengan nama sekolah menengah tempat penulis belajar.

Di bawah keterangan nama instansi biasanya juga ditambahkan mengenai kota tempat instansi tersebut berasal.

Kamu juga bisa memasukkan nama instansi yang meminta kamu untuk melakukan riset tema tertentu hingga penulisan pada sampul makalah.

6. Tahun Penulisan Makalah

Tahun penulisan makalah diletakkan di bagian paling bawah dari kertas halaman sampul. Kegunaan tahun adalah sebagai informasi bagi para pembaca mengenai kapan dituliskannya makalah tersebut.

Dengan begitu, pembaca bisa menilai apakah makalah A merupakan makalah riset paling up to date ataukah sudah digantikan oleh hasil riset terbaru lainnya.

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah
Contoh Cover Makalah

Berikut salah satu contoh cover makalah mengenai donor darah palang merah Indonesia. Kamu siap menjadi orang yang mementingkan sosial kemanusiaan bukan?

“LAPORAN HASIL PENELITIAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN DONOR DARAH RUTIN DI PALANG MERAH INDONESIA ”

Makalah ini ditujukan untuk mengetahui kondisi masyarakat dan hubungannya dengan keinginan mendonorkan darah

(Logo Lembaga atau Institusi)

PEMIMPIN TIM RISET: Prof. Dr. Hadiryadi

ANGGOTA TIM RISET:
Surya Ali Darma, S.Sos
Larista Ayu Rahani, S.Kes
Aulya Maudia Asti, S.Pd
Ayu Harina Lestari, S.Ps
Deswita Maharani Putri, S.Sc, M.Sc

PALANG MERAH INDONESIA SURABAYA
TAHUN 2019/2020

Contoh Cover Makalah yang Benar

Contoh Cover Makalah Yang Benar
Contoh Cover Makalah Yang Benar

Berikut adalah contoh cover makalah yang baik dan benar untuk kamu yang menjadi mahasiswa/mahasiswi kedokteran gigi. Semangat kuliahnya!

 “LAPORAN ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT UNTUK RUTIN MENYIKAT GIGI SETIAP SEBELUM TIDUR TERHADAP KESEHATAN GIGI ”

Makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas semester genap pada mata kuliah Kesehatan Gigi

(Logo Lembaga atau Institusi)

DOSEN PENGAMPU: Prof. drg. Wahidah Rahmah, MS., Sp. Ortd.

Disusun Oleh:

NAMA: Larista Ayu Rahani

NIM: 912739172

JURUSAN: Pendidikan Dokter Gigi

FAKULTAS ILMU KEDOKTERAN GIGI

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN DOKTER GIGI

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

TAHUN AJARAN 2019/2020

Contoh Cover Makalah yang Baik

Contoh Cover Makalah yang Baik
Contoh Cover Makalah yang Baik

Ini adalah contoh halaman depan makalah yang baik, tentu sesuai dengan format atau aturan standar dalam membuat cover makalah. Salam semangat!

“PENGARUH PEMBANGUNAN BANDARA BARU NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT TERHADAP TRANSPORTASI DI SEKITARNYA”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perencanaan Perkotaan

Dosen Pengampu: Prof. Wahidah Rahmah, M.T., Ph.D.

(Logo Lembaga atau Institusi)

Oleh:

Larista Ayu Rahani

Fahira Sufailah Rahmah

JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN TATA KOTA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS SATU NUSA

TAHUN AJARAN 2019/2020

Contoh Cover Makalah Kuliah

Kamu sedang kuliah dan membutuhkan contoh cover makalah yang cukup keren untuk menunjang pembelajaranmu? Tentu ini akan sangat membantu!

 “LAPORAN ANALISIS PENGARUH KEHADIRAN ELECTRONIC COMMERCE (e-COMMERCE) TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT DI PASAR KONVENSIONAL”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Ekonomi Mikro

Dosen Pengampu: Wahidah Rahmah, S.E, M.E, Ph.D.

(Logo Lembaga atau Institusi)

Disusun Oleh:

Surya Ali Darma NIM 927272688

Larista Ayu Rahani NIM 912739172

Aulya Maudia Asti NIM 923376211

Ayu Harina Lestari NIM 9218278238

Deswita Maharani Putri NIM 91128372837

FAKULTAS ILMU EKONOMI DAN BISNIS

DEPARTEMEN ILMU EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

TAHUN AJARAN 2019/2020

Contoh Cover Makalah SMA

Di SMA jelas sekali akan banyak tugas yang memberatkan kamu, apalagi kalau disuruh membuat sebuah contoh makalah. Kamu sanggup? Kami bantu untuk cover makalah saja ya!

 “HASIL PENELITIAN TERKAIT KECENDERUNGAN PELAJAR SMA UNTUK MENGHABISKAN WAKTU DI AKHIR PEKAN”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Kelompok Sekolah Mata Pelajaran Sosiologi

(Logo Sekolah atau Institusi)

Disusun Oleh:

Aulya Harina Asti NIS 923376211

Mahendra Aulia Syahputera NIS 927272688

Maharani Deswita Putri NIS 91128372837

Candra Wibisono Pahlevi NIS 912739172

Maudia Ayu Lestari NIS 9218278238

Kelas 12A

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 SEMARANG

SEMARANG

2019

Contoh Cover Makalah SMP

Pernah merasakan indahnya study tour untuk kepentingan SMP? Kalau saya sih pernah ke Jakarta-Bandung untuk mengunjungi berbagai tempat.

Ingat, dalam kesenangan pasti ada kesulitan yakni disuruh membuat sebuah cover makalah dan contoh makalah lengkap siswa SMP. Berikut kami bantu contohnya.

 “HASIL PENELITIAN TERKAIT PERTUMBUHAN KECAMBAH MENGGUNAKAN MEDIA TANAM KAPAS DAN TANAH”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

(Logo Sekolah atau Institusi)

Disusun Oleh:

Maharani Deswita Putri NIS 91128372837

Aulya Harina Asti NIS 923376211

Maudia Ayu Lestari NIS 9218278238

Mahendra Aulia Syahputera NIS 927272688

Candra Wibisono Pahlevi NIS 912739172

Kelas 8A

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 SEMARANG

SEMARANG

2019

Contoh Cover Makalah Mahasiswa

Kamu mahasiswa mana nih? Mahasiswa UGM, UI, ITB, UNDIP atau BINUS? Sebuah makalah yang baik dari mulai penutup makalah dan kata pengantar makalah pasti mempunyai format yang bagus.

Begitu juga dengan contoh cover makalah yang pasti sudah teruji valid-nya. Mantap!

 “SEJARAH PERKEMBANGAN ARTIFICIAL TECHNOLOGY (AI) DAN PENGGUNAANNYA DI INDONESIA”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Sebagai Persyaratan Kelulusan Mata Kuliah Pengembangan Kecerdasan Buatan

DOSEN PENGAMPU: Prof. Saifullah Muhfid Rahman, S.T, M.T, Ph.D.

(Logo Lembaga atau Institusi)

Disusun Oleh:

Mahendra Aulia Syahputera

NIM 927272688

FAKULTAS TEKNIK

DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNIK INFORMASI

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

2019

Contoh Cover Makalah Kelompok

 “LAPORAN KELOMPOK MENGENAI DAYA SERAP SEL PANEL SURYA BERDASARKAN KEMIRINGAN POSISI PANEL DAN WAKTU PEMAPARAN ”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Kelompok Sebagai Salah Satu Persyaratan Mata Kuliah Teknologi Semikonduktor dan Panel Surya

(Logo Lembaga atau Institusi)

Disusun Oleh:

Mahendra Aulia Syahputera NIM 927272688

Candra Wibisono Pahlevi NIM 912739172

Aulya Harina Asti NIM 923376211

Maudia Ayu Lestari NIM 9218278238

Maharani Deswita Putri NIM 91128372837

FAKULTAS TEKNIK

DEPARTEMEN TEKNIK FISIKA DAN MATERIAL

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

2019

Contoh Cover Makalah Individu

 “SEJARAH KEBIJAKAN MONETER ISLAM DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDIRIAN BANK SYARIAH”

Makalah ini Ditujukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Sebagai Persyaratan Kelulusan Mata Kuliah Ekonomi Syariah

DOSEN PENGAMPU: Prof. Saifullah Muhfid Rahman, S.E, Ph.D.

(Logo Lembaga atau Institusi)

Disusun Oleh:

NAMA: Mahendra Aulia Syahputera

NIM: 927272688

PRODI: Ekonomi Islam

FAKULTAS ILMU EKONOMI DAN BISNIS

DEPARTEMEN ILMU EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

TAHUN AJARAN 2019/2020

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris
Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

“ANALYSIS OF WHY PEOPLE STILL PREFER TO SHOP OFFLINE (CONVENTIONALLY) RATER THAN SWITCH TO ONLINE SHOP”

This report is aimed to fulfil the group task in the subject of Teaching English as the Second Language

Lecturer of the Subject: Prof. Wahidin Rahmah, S.Pd, Ph.D

“Logo of the Institution”

Group Members:

Aulya Harina Asti NIM 923376211

Mahendra Aulia Syahputera NIM 927272688

Maharani Deswita Putri NIM 91128372837

Candra Wibisono Pahlevi NIM 912739172

Maudia Ayu Lestari NIM 9218278238

THE FACULTY OF CULTURAL SCIENCES

DEPARTMENT OF ENGLISH LANGUAGE

UNIVERSITY OF PALANGKARAYA

2019

Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE

Secara umum, di dunia ini dikenal empat jenis standar format penulisan makalah yang telah diakui secara global. Keempat jenis format penulisan ini terdiri dari APA, Chicago atau Turabian, MLA dan juga IEEE.

Dari keempat jenis format standar ini, masing-masing memiliki tujuan penggunaan yang berbeda-beda.

Format penulisan APA lebih umum diterapkan untuk kebutuhan pembuatan makalah bertema hasil riset atau penelitian.

Format penulisan Chicago atau Turabian biasa diterapkan untuk pembuatan makalah bertema sejarah dan juga bisnis.

Format IEEE adalah format penulisan yang diterapkan pada makalah dengan tema keteknikan. Format keempat yakni MLA yang digunakan untuk makalah berjenis literasi.

Format IEEE memiliki bentuk sangat berbeda dari keempatnya karena format IEEE lebih umum digunakan untuk menulis jurnal penelitian.

Karena berbentuk jurnal hasil penelitian, maka tidak diperlukan cover khusus melainkan halaman pertama langsung terdiri dari judul, penulis, instansi asal penulis, tahun pembuatan, abstrak dan bagian pembukaan makalah.

Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format APA

Bagi mereka yang berkutat di dunia psikologi, sosial hingga pendidikan, apabila ingin menerbitkan suatu makalah maka ada standar formatting makalah tersendiri yang telah diakui oleh seluruh dunia.

Standar formatting dari American Psychology Association atau APA merupakan standar formatting yang menjadi rujukan bagi pembuatan makalah di bidang psikologi, pendidikan dan juga sosial.

Aturan dasar dalam formating yang tertera dalam APA Publication Manual tertera di dalam Psychology Bulleting yang dirilis di tahun 1929.

Dengan adanya standar formatting untuk penerbitan makalah di bidang psikologi, sosial dan pendidikan diharapkan para penulis dan peneliti dapat memiliki kesamaan dari segi penyusunan dan isi makalah yang diterbitkan ke publik.

Standar format APA juga kini diadopsi untuk tugas perkuliahan mahasiswa. Aturan standar APA menggunakan format huruf berukuran 12 dengan jenis Times New Roman.

Susunan standar APA terdiri dari cover makalah, abstrak, kemudian artikel dan diakhiri dengan daftar berisi referensi pustaka yang digunakan selama kepenulisan.

Mengenai aturan untuk spasi antar baris sebesar double dan berlaku pada keseluruhan makalah tidak hanya di halaman cover makalah saja.

Adapun untuk cover makalah, format APA memiliki sedikit perbedaan isi dan susunan dibandingkan format standar makalah yang sudah disebutkan contohnya sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, susunan yang ada di dalam cover makalah berformat APA diatur seperti di bawah ini:

1. Nomor Halaman serta Running Head

Mungkin hal ini tidak kamu temui di contoh-contoh format cover makalah yang disebutkan sebelumnya, yakni keberadaan nomor halaman di bagian cover makalah.

Pada format APA, nomor halaman sudah diterapkan sejak bagian cover. Oleh karena itu, kamu mungkin pernah menemukan makalah yang sudah memiliki penomoran halaman di bagian cover. Hal ini mungkin terasa sedikit aneh oleh mereka

Nomor halaman yang ada di cover adalah nomor 1. Untuk penulisan nomor halaman dibuat di sisi rata kanan dan dibuat sejajar dengan bagian running head atau dikenal juga sebagai kepala halaman.

Untuk peletakkan nomor diatur agar berjarak berkisar 1 inchi dari bagian tepi atas kertas. Meski begitu, aturan jarak bisa berbeda bergantung institusi karena ada institusi yang membolehkan penggunaan jarak 0,5 inchi.

Sementara running head merupakan kepala halaman atau lebih lumrah dipahami sebagai header halaman. Bagian kepala halaman ini diisi dengan judul makalah menggunakan huruf capital atau balok (uppercase).

Untuk penulisannya sendiri menggunakan aturan rata kiri dengan total karakter judul makalah tidak boleh melebihi 50 karakter yang terhitung dari mulai huruf, spasi hingga tanda baca.

Karena pembatasan karakter hanya sebanyak 50 karakter saja, maka aturan judul makalah yang ditulis pada bagian running head diperbolehkan untuk disingkat.

Penyingkatan pada judul makalah ini bukan berarti membuat kata menjadi singkat dengan menghilangkan beberapa bagian huruf, namun judul dibuat baru dengan karakter yang lebih singkat. Selama judul memiliki makna yang sama, maka hal ini dibolehkan.

Untuk ketetapan nomor halaman beserta running head untuk makalah berformat APA akan tetap berlaku untuk halaman berikutnya.

Mengingat nomor halaman serta running head dituls di bagian header halaman, sehingga kamu tidak perlu melakukan pengaturan baru di halaman berikutnya di Microsoft Word.

2. Judul Makalah

Setelah menyelesaikan bagian running head dan nomor halaman, selanjutnya komponen pada makalah berformat APA adalah judul.

Penentuan judul sebisa mungkin cukup menarik minat para pembaca. Judul yang dibuat sebaiknya lebih spesifik untuk menghindari kesalah pahaman dan juga untuk menarik atensi para pembaca.

Judul yang spesifik biasanya meliputi tujuan dari isi makalah atau berupa tujuan dari riset yang diselenggarakan.

Judul juga sebaiknya memuat lokasi dilakukannya penelitian hingga perbandingan yang mungkin dilakukan di dalam riset dan diterbitkan pada makalah.

Contoh judul makalah yang baik dan spesifik misalnya berupa “Pengaruh Kehadiran Electronic Commerce (e-commerce) terhadap Minat Konsumen Berbelanja di Pasar Konvensional di Daerah Sukamaju, Subang, Jawa Barat”.

Sementara judul makalah yang kurang spesifik dan terlalu umum berupa “Ketertarikan Konsumen Berbelanja di Pasar Konvensional”.

Tips untuk membuat judul makalah yang tepat adalah dengan memerhatikan variabel penelitian dan juga hipotesis penelitian.

Jika melihat judul sebelumnya, maka hipotesis pada penelitian tersebut adalah kehadiran electronic commerce (e-commerce) berpengaruh terhadap minat belanja konsumen di pasar konvensional atau toko offline.

Sementara untuk variabel penelitian independen berupa kehadiran electronic commerce. Variabel penelitian depended berupa minat belanja konsumen di pasar konvensional.

Meski dianjurkan agar spesifik, namun pembuatan judul makalah sebaiknya singkat saja untuk mencegah kebosanan para pembaca. Judul yang terlalu panjang juga dapat membingungkan pembaca dan membuat tidak fokus.

Aturan judul biasanya dibatasi sebanyak 12 kata. Sementara yang lain ada pula yang menganjurkan agar tidak melebihi sebanyak 20 kata. Yang terpenting, judul makalah mampu menggambarkan tema utama dari riset yang diterbitkan dalam makalah.

Dengan begitu, pembaca sudah akan mendapatkan gambaran umum dari apa yang akan mereka peroleh setelah membaca makalah.

Selain sudah dapat menyampaikan tema utama riset di dalam makalah, judul juga mampu memberikan tujuan penelitian secara umum kepada para pembaca.

Penempatan judul di tengah atau center kertas dan berada sedikit ke atas atau tepatnya beberapa spasi dari running head.

Judul dituliskan dengan huruf kapital di awal setiap kata kecuali untuk kata hubung dan kata penunjuk tempat seperti di, ke, dan lainnya.

3. Nama Penulis Makalah

Penulis makalah harus menuliskan namanya di bagian bawah judul dan berjarak beberapa spasi dari judul.

Penulisan nama penulis makalah sangat penting sebagai penunjuk bagi para pembaca mengenai identitas penulis makalah hingga sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan bagi penulis yang telah mengorbankan waktu dan tenaga untuk memproduksi makalah.

Jika mengikuti model penamaan dari Barat, maka susunan nama dibuat dengan diawali nama depan terlebih dulu. Selanjutnya dituliskan nama tengah jika ada dengan singkatan dan nama keluarga di belakang.

Misalnya nama seseorang adalah Jackson Arthur Frederick, maka penulisan di makalah akan menjadi Jackson A. Frederick.

Sementara untuk kebanyakan orang Indonesia yang memiliki nama terdiri dari dua suku kata saja maka seluruh nama ditulis lengkap, baik nama depan dan belakang.

Hal ini dilakukan apabila format penulisan mengikuti aturan dari Barat. Misalnya saja nama penulis adalah Maryati Hanafi maka namanya ditulis lengkap seperti itu.

Apabila orang yang menulis makalah memiliki nama terdiri dari suku kata lebih dari dua, maka aturan penulisan tetap dapat mengikuti aturan dari Barat di atas yakni ditulis singkat untuk nama tengahnya.

Penulisan nama penulis makalah tidak menyertakan gelar dan cukup nama terangnya saja. Apabila penulis makalah lebih dari satu orang maka tuliskan kata “dan” di antara kedua nama penulis tersebut.

4. Instansi Penulis Makalah

Instansi atau lembaga yang dimaksud di sini bisa merupakan lembaga yang menaungi si penulis makalah hingga makalah tersebut diterbitkan.

Misalnya saja si penulis merupakan siswa SMA yang menuliskan makalah terkait riset penanaman cabai untuk tugas biologi maka institusi yang dituliskan adalah SMA tempat penulis tersebut sekolah.

Selain menunjukkan lembaga atau instansi tempat dimana penulis tersebut bernaung, instansi yang dituliskan juga bisa merupakan instansi tempat dimana penulis melakukan riset atau instansi yang berperan terhadap riset tersebut.

Misalnya saja kamu seorang peneliti yang dibayar oleh suatu lembaga untuk mengerjakan riset terkait lembaga tersebut, maka instansi yang ditulis adalah lembaga yang membayar.

Kebanyakan makalah hanya menuliskan satu institusi saja di cover makalahnya. Padahal, sebenarnya bisa dituliskan hingga dua instansi pada makalah. Tulis instansi yang memiliki peran terbesar dalam riset hingga penulisan makalah.

Apabila penulis makalah tidak hanya terdiri dari satu orang, namun beberapa orang dari institusi berbeda, maka boleh dituliskan institusi dari masing-masing penulis.

Setiap penulis hanya boleh mencantumkan sebanyak dua lembaga afiliasi saja. Terkadang, penulis merupakan individu yang tidak terikat dengan lembaga apapun. Untuk kasus seperti ini maka APA menyarankan cukup menulis nama kota penulis.

5. Catatan

Bagian catatan bisa dikatakan merupakan bagian yang sangat berbeda yang dapat kamu temui pada cover berformat APA. Bagian catatan diisi dengan hal yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

APA mengatur bahwa catatan dituliskan di sebelah bawah nama lembaga dengan format spasi double dan terletak di tengah kertas. Bagian catatan juga harus terpisah dari bagian lain di atasnya.

Catatan sebenarnya tidak wajib hanya opsional saja. kamu bisa menggunakan bagian catatan untuk meletakkan nama dosen pembimbing makalah.

6. Contoh Cover Makalah 

                                                   KEBIJAKAN MONETER ISLAM DI INDONESIA

 

“SEJARAH KEBIJAKAN MONETER ISLAM DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDIRIAN BANK SYARIAH”

Mahendra Aulia Syahputera

Universitas Negeri Semarang

Catatan Penulis

Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan

Professor Saifullah Muhfid Rahman, S.E, Ph.D.

Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Semarang

Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format MLA

Format penulisan makalah lainnya yang juga cukup lumrah dipakai di Indonesia adalah format MLA.

MLA merupakan singkatan dari Modern Language Association yang merupakan asosiasi kebahasaan yang juga membuat peraturan terkait format standar penulisan artikel.

Format keluaran MLA lebih banyak diterapkan pada bidang literatur atau sastra. Asosiasi MLA terdiri dari anggota dari 100 negara sebanyak 25.000 pakar yang berasal dari bidang sastra dan literatur.

Terkait aturan penulisan makalah yang dikeluarkan oleh MLA cenderung lebih fleksibel termasuk aturan terkait cover makalah. MLA tidak mengharuskan cover untuk disertakan dalam makalah melainkan bersifat pilihan saja.

Isi dalam makalah yang dianjurkan oleh MLA terdiri dari judul, konten makalah hingga daftar referensi atau literasi pustaka. Bagian yang bersifat pilihan berupa daftar isi hingga cover.

Melihat bentuknya yang sangat fleksibel, standar format MLA lebih umum diterapkan pada makalah essay dan bukan makalah formal berupa jurnal hasil penelitian.

Apabila penulis ingin membuat cover, maka cover harus berisi judul, sub judulnya jika ada, nama dari penulis, instansi dan juga keterangan.

Bagian keterangan dapat diisi dengan berbagai keterangan seperti program studi, jurusan, dosen pembimbing, atau penanggung jawab hingga tahun pembuatan makalah.

Aturan penulisan digunakan ukuran huruf 12 Times New Roman dengan spasi double. Berikut adalah komponen dalam cover jika ingin dibuat:

1. Nama Lembaga

Susunan pertama dari makalah berformat MLA adalah nama lembaga. Lembaga dituliskan dengan format penulisan rata kiri di bagian atas dari halaman.

Ukuran huruf sebesar 12 Times New Roman spasi double. Lembaga yang dituliskan bisa berupa lembaga tempat penulis makalah bernaung untuk belajar, riset, ataupun bekerja.

2. Judul Makalah

Judul makalah dibuat berdasarkan topik makalah yang dibahas beserta tujuan akhir dari penelitian yang disajikan di dalam penulisan makalah.

Menentukan judul makalah dapat dilakukan di awal penulisan ataupun akhir penulisan. Namun akan lebih baik jika dilakukan di awal penulisan agar isi makalah dan judul saling berhubungan.

Penempatan judul setidaknya berjarak beberapa spasi dari nama instansi di atasnya hingga kira-kira berada di paruh sepertiga kedua dari keseluruhan tinggi kertas.

Judul ditulis rata tengah dengan ukuran huruf sebesar 12 Times New Roman spasi double

3. Nama Penulis

Dalam format MLA, penulisan nama penulis dibuat dengan mencantumkan seluruh nama lengkapnya.

Namun, apabila suku kata dalam nama terdiri dari lebih 2 kata, maka nama tengah tidak perlu dituliskan dan hanya mencantumkan nama depan serta nama belakang.

4. Keterangan Makalah

Keterangan dari makalah bisa berupa tujuan ataupun alasan dibuatnya makalah tersebut. Apabila alasan atau latar belakang dibuatnya makalah dikarenakan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah tertentu ataupun tugas sekolah.

Selain itu, makalah juga kadang dibuat untuk proyek penelitian. Alasan-alasan latar belakang ini dapat dituliskan pada bagian keterangan.

Selain alasan latar belakang penulisan makalah, dapat juga dituliskan mengenai program studi atau jurusan yang diambil apabila penulis merupakan mahasiswa perkuliahan. Selain itu tanggal dan tahun pembuatan makalah juga dapat dituliskan.

Perlu diketahui bahwa penulisan cover makalah format MLA tidak membutuhkan penomoran halaman. Sementara pada bagian isi makalah tetap diberikan nomor halaman dan juga heading.

Untuk membedakannya kamu harus menyetel page break pada Microsoft Word dengan mengeset menjadi different first page.

6. Contoh Cover Makalah 

Universitas Negeri Semarang

“Novel Bumi Tenggelam: Ulasan Makna Cerita dan Hubungannya dengan Latar Belakang Penulis”

Mahendra Aulia Syahputera

Mata Kuliah Sastra Klasik Indonesia

Program Studi Sastra Nasional dan Bahasa Indonesia

23 Mei 2019

Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian

Aturan penulisan berformat Chicago atau Turabian merupakan aturan penulisan khusus penerbitan yang dirilis oleh University of Chicago Press.

Nama resmi dari standar penulisan format Chicago atau Turabian adalah The Chicago Manual of Style. Standar resmi format penulisan Chicago atau Turabian menekankan pada aturan kepenulisan Bahasa Inggris Amerika untuk sistem grammar.

Format kepenulisan penerbitan dari Chicago atau Turabian sudah ada sejak tahun 1906. Format ini menjadi rujukan utama dalam dunia penerbitan yang hingga saat ini sudah terdapat 17 edisi dari format Chicago atau Turabian.

Bahkan, untuk menjadi editor yang professional, diperlukan kepahaman yang tinggi mengenai tata bahasa grammar Bahasa Inggris yang tepat.

Makalah bertemakan seni, bisnis dan juga sejarah pada umumnya menerapkan standar format Chicago atau Turabian.

Untuk penulisan sitasi atau kutipan biasanya juga menggunakan panduan standar dari Chicago. kamu juga dapat mengakses versi gratis Chicago atau Turabian untuk cetakan edisi kelima belas secara umum.

Menariknya, meski pada awalnya ditujukan sebagai rujukan sistem grammar Bahasa Inggris Amerika yang baik dan benar, format standar Chicago atau Turabian juga banyak dijadikan pedoman kepenulisan.

Negara lainnya yang memiliki perbedaan tata bahasa, termasuk Indonesia, menggunakan pedoman Chicago atau Turabian untuk menuliskan kutipan atau sitasi.

Urutan komponen yang terdapat di dalam format standar Chicago atau Turabian meliputi cover makalah, konten, lampiran jika memang diperlukan, catatan serta daftar pustaka.

Meski tidak ada aturan kepenulisan makalah yang baku berdasarkan format Chicago atau Turabian, namun format ini setidaknya mengatur perihal komponen yang harus ada pada cover makalah yang baik.

1. Judul Makalah

Mengingat bahwa penggunaan format Chicago atau Turabian lebih kepada tulisan umum dan bukan jurnal hasil penelitian, maka tidak ada aturan baku terkait judul.

Tidak perlu dituliskan judul mengenai metode atau cara penelitian yang dipilih mengingat makalah bukan merupakan hasil riset.

Kamu dapat membuat judul makalah baik di awal penulisan ataupun di akhir saat sudah diperoleh kesimpulan penulisan.

Jika kamu membuat judul di akhir saat makalah telah selesai dibuat maka kamu bisa menentukan judul berdasarkan kesimpulan akhir.

Hal ini mengingat bagian kesimpulan akhir memuat hampir keseluruhan pemikiran dalam makalah. Contoh judul yang digunakan pada makalah berformat Chicago atau Turabian adalah Kelebihan Menggunakan Sistem Keuangan Online Hari Ini.

Aturan penulisan judul yakni ditempatkan di tengah halaman dengan format berupa rata tengah. Pilih jenis huruf Times New Roman berukuran 12 untuk penulisan judul.

Penulisan judul tidak perlu ditebalkan atau dibold. Cukup dibuat kapital di setiap awal kata judul kecuali untuk jenis kata hubung seperti di, ke, dan sebagainya.

2. Nama Penulis Makalah

Untuk nama penulis makalah ditempatkan di bagian bawah judul dengan format pemakaian huruf yang sama dengan judul makalah, yakni Times New Roman ukuran 12.

Untuk penulisan nama bergantung pada masing-masing individu atau ketentuan institusi mengingat standar Chicago atau Turabian tidak mengatur penulisan nama.

Kamu bisa menuliskan seluruh nama secara lengkap di cover makalah format Chicago.

3. Keterangan Makalah

Keterangan pada makalah berformat Chicago atau Turabian yang ditempatkan pada tiga barisan terakhir dari cover makalah.

Pada keterangan dapat ditulis mengenai latar belakang ditulisnya makalah tersebut misalnya karena tugas untuk mata kuliah tertentu, afiliasi penulis seperti jurusan dan program studi hingga pihak yang bertanggung jawab seperti dosen.

Hampir sama seperti standar penulisan makalah berformat MLA, pada penulisan makalah format Chicago tidak membutuhkan penomoran halaman.

Sementara pada bagian isi makalah tetap diberikan nomor halaman dan juga heading. Untuk membedakannya kamu harus menyetel page break pada Microsoft Word dengan mengeset menjadi different first page.

4. Contoh Cover Makalah 

(judul ditempatkan di tengah halaman)

“Kelemahan Sistem Keuangan Online baik Perbankan ataupun Lembaga Kredit di Indonesia”

Mahendra Aulia Syahputera

Mata Kuliah Sistem Ekonomi dan Perbankan Indonesia

Program Studi Ilmu Ekonomi

23 Mei 2019

Contoh Cover Makalah yang Secara Umum Digunakan di Indonesia

Indonesia menerapkan standar format yang merupakan serapan dari masing-masing standar format internasional di atas. Selain itu, penyusunan makalah juga dibuat agar sesuai dengan kaidah tata bahasa dalam Bahasa Indonesia.

Indonesia sendiri tidak memiliki format baku yang ditetapkan oleh lembaga tertentu dalam penulisan makalah. Namun setiap instansi umumnya memiliki formatnya sendiri-sendiri.

Setiap standar format internasional diadopsi pada bagian-bagian makalah yang berbeda. Misalnya saja untuk format APA digunakan sebagai standar susunan makalah khusus hasil riset.

Sementara untuk pembuatan makalah yang tidak membutuhkan halaman cover maka dapat mengadopsi standar format dari MLA.

Untuk melakukan sitasi atau pengutipan yang tepat umumnya mengambil aturan dar IEEE ataupun Chicago/Turabian.

Namun untuk aturan lebih tepatnya dapat mengacu langsung pada instansi atau lembaga tempat dimana makalah diterbitkan.

Hal ini dikarenakan adopsi dapat mengacu pada standar yang berbeda. Untuk ukuran spasi standar di Indonesia umumnya sebesar 1,5 dan bukannya 2.

1. Judul Makalah

Penulisan judul makalah untuk cover standar Indonesia menggunakan peraturan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan format internasional sebelumnya.

Cover yang umum digunakan di Indonesia menggunakan huruf kapital keseluruhannya (uppercase) tidak hanya huruf awal setiap kata saja. Untuk ukuran tidak ada aturan baku namun umumnya sebesar 14pt dan menjadi tulisan paling besar di cover.

Untuk total keseluruhan kata di dalam judul sebanyak 20 kata maksimal. Penempatan judul berada di sisi atas dari kertas dan diletakkan di bagian tengah atau centre. Selain dibuat uppercase, judul juga dituliskan tebal atau bold.

2. Keterangan

Bagian ini tidak selalu wajib namun untuk beberapa instansi mungkin akan mensyaratkan bagian ini turut dituliskan.

Keterangan ditulis dengan aturan ukuran huruf lebih kecil ketimbang judul makalah. Ukuran umumnya sebesar 12pt dengan ditulis seperti biasa tanpa penebalan, garis bawah dan juga miring. Model penulisan dibuat kapital di awal setiap kata kecuali untuk kata hubung.

Yang termasuk keterangan misalnya alasan mengapa menuliskan makalah tersebut. Misalnya adalah makalah ditulis untuk memenuhi aturan tugas akhir mata kuliah A. Selain alasan, keterangan juga bisa diisi dengan nama dosen pembimbing makalah.

3. Logo Lembaga

Adanya logo lembaga menjadi perbadaan yang sangat mencolok antara format penulisan makalah internasional dan nasional.

Makalah di Indonesia umumnya mengharuskan penulis untuk mencantumkan logo institusi. Ukuran logo lembaga berkisar 5×5 cm atau dibuat agar tidak terlalu besar ataupun kecil. Penempatan logo ada di bawah tulisan keterangan.

4. Nama Penulis Makalah

Dalam penulisan nama penyusun makalah disertakan nama lengkap beserta gelar dari si penulis. Hal ini tentu sangat berbeda dengan aturan format APA yang tanpa gelar.

Kamu juga disarankan untuk menuliskan lengkap keseluruhan nama tanpa singkatan selama jumlah kata dalam nama tidak terlalu banyak. Nama ditempatkan di bawah logo lembag di sisi tengah.

Apabila penulis makalah lebih dari satu orang, maka penulisan disusun berdasarkan huruf abjad atau alfabetik. Umumnya sebelum penulisan nama akan dibuat pengantar bertuliskan “oleh:”.

5. Nama Lembaga Beserta Tahun Pembuatan

Bagian paling bawah dari kertas cover diisi dengan nama lembaga atau instansi. Penempatan berupa rata tengah dan biasanya dapat ditebalkan agar menonjol.

Urutan penulisan lembaga yakni dari khusus ke yang paling umum. Khusus misalnya adalah program studi kemudian berlanjut Fakultas hingga Universitas. Terakhir bisa diberikan nama kota dan keterangan tahun pembuatan makalah.

6. Contoh Cover Makalah 

“LAPORAN ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT UNTUK RUTIN PERIKSA KESEHATAN ATAU MEDICAL CHECK UP SECARA RUTIN DI RUMAH SAKIT”

Makalah ini ditulis dengan tujuan memenuhi tugas semester genap mata kuliah Kesehatan Masyarakat

Dosen Pengampu: Prof. dr. Wahidah Rahmah, MS., Sp. PD.

(Logo Lembaga atau Institusi)

Disusun Oleh:

Larista Ayu Rahani

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN DOKTER

FAKULTAS ILMU KEDOKTERAN, GIZI DAN KEPERAWATAN

UNIVERSITAS NASIONAL MEDAN

TAHUN AJARAN 2019/2020

Bisa disimpulkan dari contoh cover makalah di atas bahwa makalah yang menggunakan aturan umum penulisan di Indonesia jauh lebih lengkap penjabarannya ketimbang makalah yang mengikuti format internasional.

Tapi, isi keseluruhan makalah mengikuti format standar internasional. Dengan penjabaran lebih lengkap diharapkan agar pembaca sudah mendapatkan gambaran umum terkait isi makalah.

Demikian dari kami theinsidemag.com semoga beberapa contoh cover makalah diatas dapat membantu kamu lebih jauh mengenai cover makalah yang baik dan benar.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Penulisan Gelar

Kusuma
9 min read

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kusuma
7 min read

Cara Membuat Proposal

Kusuma
11 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *