Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Contoh Kata Pengantar Makalah

11 min read

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh kata pengantar makalah harus kamu tahu jika kamu akan membuat makalah untuk tugas di berbagai mata pelajaran. Makalah, adalah salah satu tugas yang cukup kompleks.

Biasanya, makalah sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Makalah untuk pendidikan, makalah untuk tugas bahasa Indonesia dan berbagai macam makalah lainnya.

Kamu jelas-jelas harus paham bagaimana cara membuat makalah. Karena, secara keseluruhan jika kamu paham pasti akan membuat kamu cepat dalam membuatnya.

Pada era pendidikan yang semakin maju makalah menjadi tugas paling utama untuk mahasiswa. Bahkan siswa SMA dan SMP sudah mulai dibebani dengan membuat tugas makalah.

Sebelum membahas pokok masalah di dalam makalah, terdapat sebuah kata pengantar yang terletak di awal bagian. Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang makalah beserta contoh kata pengantar makalah.

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

Makalah merupakan sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah. Pokok bahasan dilandasi dengan kajian secara teori maupun hasil kerja lapangan.

Kemudian penulis menggunakan landasan teori untuk memecahkan sebuah masalah sesuai dengan topik yang diangkat. Dalam penulisan makalah, perlu menerapkan prosedur maupun prinsip yang berlaku sesuai standar.

Tidak hanya untuk siswa, biasanya makalah juga ditulis oleh para pekerja profesional. Misalnya guru, dosen, maupun pejabat pemerintahan.

Makalah yang mereka tulis lebih menekankan tentang penelitian maupun argumentasi pada isu-isu tertentu. Di dalamnya juga ditulis hipotesis yang berkaitan dengan topik yang di bahas.

Makalah sendiri berbeda dengan proposal, dari cara menulis kutipan juga berbeda sedikit dalam hal pengajuan.

Manfaat Makalah

Manfaat Makalah

Sebuah contoh makalah tidak hanya untuk memenuhi tugas sekolah maupun kuliah saja. Namun penulisannya juga memiliki manfaat lainnya. Di antara manfaat penulisan makalah adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman terhadap masalah yang dibahas di dalamnya. Setelah memahami pokok permasalahan berdasarkan teori dari para ahli, penulis akan belajar menganalisis dan memecahkan masalah dengan memberikan sebuah solusi baru.
  2. Dengan sering berlatih menganalisis, memecahkan masalah dan mencari solusi, maka penulis akan semakin mahir melakukan 3 hal tersebut dalam problematika sehari-hari. Tidak hanya berkaitan dengan tugas ilmiah saja, namun juga masalah kehidupan non pendidikan.
  3. Dengan menulis makalah, ilmu pengetahuan dan wawasan penulis tentu mengalami perkembangan. Dengan demikian, penulis dapat menerapkan pengetahuannya untuk kehidupan nyata. Bisa juga berlaku sebaliknya, saat kamu mengetahui sebuah ilmu dalam kehidupan nyata, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk makalah agar semakin sistematis.
  4. Membuat makalah dapat melatih kemampuan menulis seseorang. Semakin sering membuat makalah, maka kemampuannya dalam menulis akan semakin terasah dengan baik.
  5. Dengan menulis makalah, pikiran akan semakin terbuka. Pikiran yang terbuka membuat seseorang akan berpikir kritis dan peka dalam suatu keadaan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Fyi, untuk beberapa ketentuan dalam pembuatan makalah, kamu juga harus paham dan tahu mengenai bagaimana contoh cover makalah yang baik dan benar!

Syarat Kata Pengantar Makalah

Syarat Kata Pengantar Makalah
Syarat Kata Pengantar Makalah

Di dalam susunan sebuah makalah, yang berada pada halaman awal adalah sebuah kata pengantar.

Bagian ini berisi ucapan sukur terhadap Tuhan, serta terima kasih kepada orang-orang yang telah terlibat atau membantu dalam penulisan makalah.

Sebelum kamu membaca contoh kata pengantar makalah, mari pahami terlebih dulu syarat-syarat dalam penulisannya secara baik dan benar.

1. Pembukaan

Syarat yang pertama yakni harus ada bagian pembukaan. Dalam pembukaan kata pengantar, penulis harus menyampaikan rasa sukur kepada Tuhan.

Bisa disesuaikan dengan agama yang diimani oleh satu kelompok. Misalnya wujud sukur kepada Allah SWT bagi pemeluk agama islam, begitu juga dengan agama lainnya.

Setelah ucapan sukur kepada Tuhan, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu melancarkan proses pembuatan makalah.

Bagi siswa, ucapan terima kasih bisa ditujukan pada guru kelas, guru mata pelajaran, kepala sekolah, serta pihak lain yang terlibat.

2. Isi

Bagian ini memberikan penjelasan singkat mengenai tema yang diangkat dalam makalah tersebut.

Bisa dimulai dengan menyebutkan judul makalah, serta menceritakan proses singkat pembuatan makalah. Bagian ini sebaiknya dikemas dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

3. Penutup

Pada bagian penutup penulis menyampaikan permohonan maaf atas kelemahan maupun kesalahan terkait makalah yang dibuat.

Karena pada dasarnya setiap makalah memiliki kelemahan maupun kesalahan meskipun tidak disengaja. Setelah permohonan maaf, penulis dapat menuliskan sebuah harapan untuk makalahnya.

Hal ini perlu disampaikan karena jika di lain waktu ditemukan kesalahan terkait isu yang diangkat, maka bisa diperbaharui dengan makalah baru.

Dan tentu saja dengan kajian yang lebih mendalam sesuai perkembangan masalah yang telah terjadi. Kamu juga harus paham bagaimana menulis daftar pustaka yang sesuai kaidah untuk referensi.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah

Berikut akan dijelaskan lebih detail tentang pembuatan contoh kata pengantar makalah. Cara penulisan makalah yakni dengan menggunakan bahasa formal sesuai dengan EYD atau ejaan yang telah disempurnakan.

Selain itu, susunan kata pengantar harus mengikuti syarat yang telah dijelaskan sebelumnya.

1. Contoh kalimat dalam bagian pembukaan.

“Puji syukur kami haturkan pada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat-Nya kami telah berhasil menyelesaikan tugas makalah dengan judul … (diisi oleh judul makalah) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Kami selaku penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada … (nama guru pengampu) selaku guru Biologi, …(nama kepala sekolah) selaku kepala sekolah…(nama sekolah), serta pihak-pihak terkait lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.”

2. Contoh kalimat dalam bagian isi

“Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok pada mata pelajaran Biologi. Tidak hanya itu, makalah ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baru baik kepada para pembaca maupun untuk kami selaku penulis.”

3. Contoh kalimat dalam bagian penutup

“Selain itu, kami juga mohon maaf apabila dalam makalah ini terdapat kesalahan baik dari segi penulisan maupun kajian yang dibahas. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar di kemudian hari kami dapat membuat makalah dengan lebih baik. Semoga makalah ini bisa memberi manfaat bagi kita semua.”

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah

Berikut ini merupakan contoh-contoh kata pengantar yang bisa Anda simak. Dengan membaca contoh ini Anda bisa dengan mudah memahami dan membuat kata pengantar pada tugas makalah Anda.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

“Syukur Alhamdulillah kami ucapkan atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Berkat Allah, makalah ini telah selesai dikerjakan tepat pada waktunya. Kami telah menyelesaikan makalah dengan judul Pentingnya Sikap Tabayyun Dalam Konflik Sosial.

Dengan selesainya makalah ini, maka kami juga ingin berterima kasih kepada Bapak Bukhori selaku dosen pengampu, Bapak Adam selaku dosen pembimbing, serta teman-teman sesama mahasiswa yang telah membantu kami.

Kami menyusun makalah ini dengan tujuan utama yaitu memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengampu. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada penulis dan pembaca tentang pentingnya tabayyun.

Terakhir, kami mohon maaf apabila dalam makalah ini terdapat banyak kelemahan. Kami menyadari sepenuhnya atas keterbatasan yang kami miliki. Maka dari itu, kami juga dengan senang hati menerima kritik dan saran guna memperbaiki kualitas kami dalam menulis makalah. Semoga makalah ini bermanfaat memberikan pengetahuan serta dapat meningkatkan keimanan kita.”

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Pkn

“Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah mencurahkan segala rahmat, sehingga saya bisa menyelesaikan tugas makalah dengan judul “Penerapan Nilai Bhineka Tunggal Ika Di Sekolah” secara tepat waktu.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Lastri Suryaningsih selaku guru pengampu PKN, Ibu Wahyuni Lestari selaku wali kelas, serta Bapak Murdoko selaku Kepala Sekolah. Selain itu, saya juga berterima kasih kepada teman-teman yang telah membantu menyelesaikan tugas makalah ini.

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran PKN. Tujuan lainnya adalah agar saya selaku penulis dan para pembaca dapat menjadikan ini sebagai media belajar untuk menambah wawasan baru. Tidak hanya media belajar, tetapi juga menjadi bekal diri agar bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Saya menyampaikan permohonan maaf apabila banyak terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Saya sadar masih banyak kekurangan yang saya miliki, maka saya mengharapkan adanya kritik maupun saran agar saya bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari.”

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

“Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat kuasa dan kasih sayangnya kami masih diberikan kesehatan sehingga dapat menyusun makalah ini dengan tepat waktu. Makalah ini kami susun dengan judul Pentingnya Mendongeng Untuk Kecerdasan Otak Anak.

Kami menyampaikan terima kasih kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni Ibu Wahyuni Darmawati, wali kelas kami yaitu Ibu Siti Nur Khasanah, serta Bapak Handoko Sayhputro selaku Kepala Sekolah SMK N 2 Surakarta.

Makalah ini bertujuan untuk menjalankan tugas kelompok mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan media pembelajaran bagi pembaca dan penulis tentang pentingnya mendongeng untuk kecerdasan otak anak.

Permohonan maaf juga tidak lupa kami sampaikan, karena dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Kritik dan saran juga akan kami terima dengan lapang dada agar kami bisa membuat makalah dengan lebih baik lagi.”

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

“Puji syukur alhamdulillah hanya tercurah kepada Allah SWT. Atas rahmat dan kuasanya yang telah memberikan kami kesehatan sehingga bisa menyelesaikan makalah ini tepat sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Setelah makalah berhasil kami susun, kami perlu menyampaikan terima kasih kepada Ibu Harti Sulistyowati selaku guru mata pelajaran Kimia, Ibu Siti Mardhiyah selaku wali kelas X IPA 1, serta Bapak Rudi Hartono selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Semarang. Selain itu kami juga berterima kasih kepada teman-teman yang telah ikut membantu menyusun makalah ini.

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata pelajaran Kimia. Dengan makalah ini diharapkan mampu memberikan wawasan tambahan kepada para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan dalam makalah ini. Mohon bisa memberikan kritik dan saran yang membangun agar kedepannya bisa lebih baik. Semoga ini dapat memberi manfaat bagi kita.”

5. Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

“Puji syukur kami panjatkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kasih sayangnya kami diberikan kesehatan sehingga dapat menyelesaikan penyusunan makalah dengan tepat waktu. Makalah ini kami berikan judul yaitu Sejarah Pertempuran G 30 S PKI.

Atas tersusunnya makalah ini, kami sampaikan rasa terima kasih kami kepada Ibu Zuliani Harti selaku guru mata pelajaran sejarah, Ibu Megawati selaku wali kelas X IPS 3, serta Bapak Hartono Adi Putro selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Salatiga. Selain itu, kepada pihak lain yang telah ikut membantu juga kami sampaikan terima kasih.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi kewajiban tugas kelompok yang diberikan oleh guru mata pelajaran sejarah. Selain itu juga bisa menjadi media belajar untuk bisa menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai sejarah pertempuran G 30 S PKI.

Kami mohon maaf apabila banyak ditemukan kelemahan dalam makalah ini, kami menyadari bahwa kami hanya manusia yang memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu, mohon berkenan memberikan kritik serta saran agar kami dapat mengevaluasi diri menjadi lebih baik di kemudian hari. Semoga makalah ini dapat memberi manfaat bagi pembaca dan bagi kami khususnya selaku penyusun.”

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok

“Dengan penuh rasa syukur kami ucapkan atas segala rahmat Allah SWT atas pencapaian tugas makalah ini secara tepat waktu. Makalah ini kami beri judul Manfaat Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh. Dengan selesainya makalah ini, kami ingin berterima kasih kepada Ibu Rini Wulandari selaku Guru Biologi, Ibu Ani Hayati selaku wali kelas X IPA 1, serta pihak lain yang telah ikut membantu.

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi kewajiban kami dalam mengerjakan tugas kelompok oleh Guru pengampu mata pelajaran Biologi. Selain itu, makalah ini juga sebagai sarana belajar dan menambah wawasan baru bagi penulis dan para pembaca.

Dengan rendah hati kami memohon maaf jika terdapat banyak kekurangan di dalam makalah ini. Kami menyadari bahwa kami memiliki keterbatasan baik dalam segi penulisan maupun pembahasan teori. Maka dari itu, kami juga berharap bisa mendapatkan kritik serta saran yang dapat membangun kemampuan kami dalam membuat makalah yang lebih berkualitas.”

7. Contoh Kata Pengantar Makalah Penelitian

“Puji syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berkat rahmat dari-Nya kami bisa menyelesaikan pembuatan makalah penelitian ini tepat sesuai waktu yang ditentukan. Kami telah melakukan penelitian dan menyusun makalah ini dengan judul Pengaruh Budidaya Lalat Untuk Mengurangi Sampah.

Atas terselesaikannya makalah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Triastuti selaku dosen pengampu, Ibu Widi Haryanti selaku dosen pembimbing penelitian, serta Bapak Hasan Handoko selaku dosen wali kami. Selain itu, kepada pihak-pihak lain yang juga membantu penelitian ini, kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf karena tidak bisa menyebutkan satu-persatu.

Penyusunan makalah ini memiliki tujuan utama yakni meneliti budidaya lalat untuk mengurangi sampah. Namun selain itu, dengan adanya makalah ini para pembaca dapat menambah wawasan terkait budidaya lalat. Bagi kami sebagai penulis tentu juga menjadikan makalah ini sebagai media belajar, baik dalam menyusun makalah maupun tentang kajian yang diangkat.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka kami mengharapkan adanya kritik yang membangun. Hal ini agar kami bisa memperbaiki kesalahan dan menjadi semakin lebih baik pada penyusunan makalah berikutnya. Semoga makalah ini dapat memberi manfaat bagi kami dan para pembaca.”

8. Contoh Kata Pengantar Makalah Individu

“Dengan rahmat Allah SWT, syukur alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu. Makalah telah saya susun dengan judul Manfaat Membaca Buku Bagi Kecerdasan Emosional Anak.

Dengan selesainya makalah ini, maka saya perlu menyampaikan terima kasih kepada Ibu Handayani Lestari selaku dosen pengampu, Ibu Dini Rahmawati selaku dosen wali, serta banyak pihak yang telah membantu saya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu.

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas individu yang telah diberikan oleh dosen pengampu. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan tambahan kepada pembaca dan saya sendiri khususnya.

Saya sadar sebagai manusia tidak luput dari kesalahan, sehingga apabila ditemukan kesalahan dalam makalah ini saya sampaikan permohonan maaf. Saya berharap adanya sebuah kritik serta saran yang bersifat membangun, agar bisa menjadi bahan evaluasi bagi saya untuk pembuatan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat menjadikan manfaat bagi kita.”

9. Contoh Kata Pengantar Makalah Bimbingan Konseling

“Puji Syukur kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat-Nya kami masih diberikan kesehatan sehingga bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Makalah ini kami beri judul Peran Konseling Individu Untuk Mengatasi Stres Pada Siswa.

Tidak lupa kami sampaikan rasa terima kasih kepada Ibu Ani Handayani selaku dosen pengampu dan Ibu Sri Utari Dewi selaku dosen wali. Selain itu juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah membantu melancarkan pembuatan makalah ini, kami mengucapkan terima kasih dan mohon maaf tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok dari dosen pengampu. Selain itu kami juga memiliki tujuan lain yakni agar pembaca dapat membaca dan menambah wawasan tentang pentingnya konseling individu untuk mengatasi kondisi stres. Hal ini sangat penting, mengingat banyak siswa yang rentan mengalami stres.

Kami menyadari masih banyak kekurangan di dalam makalah ini, sehingga kami sampaikan permohonan maaf. Kami juga sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun agar kedepannya kami bisa membuat makalah dengan kualitas yang lebih baik.”

10. Contoh Kata Pengantar Makalah Candi Borobudur

“Segala puji dan rasa syukur kami haturkan atas rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Berkat segala karunia-Nya kami masih diberi kesehatan sehingga bisa menyelesaikan makalah tentang Sejarah Candi Borobudur ini dengan baik dan tepat waktu.

Kemudian, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pembuatan makalah ini. Yang pertama kepada Ibu Tamara Larasati sebagai guru mata pelajaran sejarah, kedua kepada Ibu Tuti Marini selaku wali kelas X IPS 5, serta kepada Bapak Adi Wibowo selaku Kepala Sekolah SMK N 2 Bandung. Serta rekan-rekan yang tidak bisa kami sebutkan secara rinci.

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok dalam mata pelajaran sejarah. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan wawasan kepada para pembaca tentang sejarah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah paling besar di Indonesia, sehingga sangat layak untuk dipelajari sejarah pembangunannya.

Kami sadar bahwa di dalam makalah ini terdapat banyak kelemahan dan kesalahan, maka dengan rendah hati kami memohon maaf sebesar-besarnya. Selain itu kami juga mengharapkan adanya kritik dan saran yang dapat membangun kualitas kami dalam menyusun makalah. Semoga secara keseluruhan makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.”

11. Contoh Kata Pengantar Makalah Bisnis

“Rasa syukur kami panjatkan kepada Allah SWT Tuhan semesta alam. Berkat rahmat dan karunia-Nya kami semua masih diberi kesehatan sehingga mampu menyusun makalah ini dengan baik dan selesai secara tepat waktu. Makalah ini kami beri judul Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mengelola Bisnis.

Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang ikut mensukseskan pembuatan makalah ini. Pertama, kepada Ibu Dwi Widiastutik selaku dosen pengampu mata kuliah manajemen bisnis. Kedua, kepada Ibu Sri Dewi Puspita selaku dosen wali. Terakhir, kepada rekan-rekan mahasiswa yang juga membantu dalam menyusun makalah ini.

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok dari dosen pengampu mata kuliah manajemen bisnis. Selain itu, makalah ini juga memiliki tujuan untuk memberikan wawasan baru kepada para pembaca. Khususnya juga untuk kami selaku penyusun makalah.

Dengan segala rendah hati kami juga mohon maaf apabila ditemukan kelemahan atau kesalahan dalam makalah ini. Hal ini karena kami tidak luput dari kelemahan sebagai manusia. Kritik dan saran juga sangat kami nantikan untuk evaluasi penyusunan makalah berikutnya. Yang terakhir, kami berharap makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua.”

12. Contoh Kata Pengantar Makalah Demokrasi

“Segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan semesta alam. Atas semua karunia-Nya kami semua masih diberi kesehatan yang melimpah sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Makalah ini berjudul Pengaruh Sosial Media Terhadap Demokrasi Di Indonesia.

Tidak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang membimbing kami dalam menyusun makalah ini. Yang pertama kepada Bapak Heri Sutopo selaku dosen pembimbing, dan yang kedua kepada Ibu Siti Nur Khasanah selaku dosen wali. Selain itu, kami juga berterima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang turut membantu mempermudah penulisan makalah ini.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kuliah secara kelompok. Tujuan yang kedua adalah sebagai media pembelajaran bagi para pembaca, khususnya tentang pengaruh sosial media pada proses demokrasi di Indonesia.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna, maka dari itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga terbuka atas kritik dan saran yang bersifat membangun agar kedepannya kami dapat meningkatkan kualitas makalah kami. Semoga makalah kami bisa memberikan manfaat bagi kita.”

13. Contoh Kata Pengantar Makalah Ekonomi Syariah

“Dengan mengucapkan alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, dengan semua karunia-Nya kami masih diberikan kesehatan sehingga dapat menulis makalah ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kami menulis makalah ini dengan judul Peran Ekonomi Syariah Dalam Masyarakat.

Atas selesainya makalah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Sumarni Hartati selaku dosen pembimbing mata kuliah ekonomi syariah. Yang kedua, kepada Ibu Ani Harini selaku dosen wali. Berikutnya kepada rekan-rekan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Makalah ini bertujuan untuk menjalankan tugas kami sebagai mahasiswa yakni mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh dosen pengampu. Selain itu kami berharap makalah ini bisa memberikan pemahaman lebih detail tentang peran ekonomi syariah di masyarakat. Mengingat masih banyaknya aktivitas ekonomi yang belum menerapkan sistem syariah islam.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Dengan rendah hati kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar kami dapat meningkatkan kualitas penyusunan makalah di tugas berikutnya. Semoga kita semua dapat mengambil manfaat dari makalah ini.”

Setelah membaca beberapa contoh kata pengantar makalah di atas, maka kamu akan bisa dengan mudah membuat kata pengantar untuk tugas makalah.

Fyi, dengan adanya sebuah kata pengantar makalah, kamu juga harus tahu ada juga yang namanya contoh penutup makalah. Kamu harus paham semuanya untuk bisa memahami berbagai contoh makalah.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman bagi kamu tentang penulisan kata pengantar makalah yang baik dan benar. Demikian dari kami theinsidemag.com salam literasi!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Penulisan Gelar

Kusuma
9 min read

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kusuma
7 min read

Cara Membuat Proposal

Kusuma
11 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *