Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Contoh Penutup Makalah

11 min read

Contoh Penutup Makalah

Contoh penutup makalah memang harus kamu ketahui, karena dalam membuat makalah pasti membutuhkan satu penutup yang baik dan benar agar makalah menjadi sesuai standar.

Setelah kamu mengetahui lebih lanjut mengenai contoh kata pengantar makalah, kali ini jelas kamu akan mempelajari mengenai contoh penutup makalah yang sesuai dengan PUEBI.

Penulisan makalah kini telah menjadi hal yang lumrah khususnya bagi siswa sekolah menengah dan mahasiswa. Biasanya ini menjadi salah satu tugas Bahasa Indonesia.

Salah satu jenis karya tulis ini memberikan pembelajaran bagi penulisnya untuk melakukan analisis dan mengkaji teori sesuai isu yang diangkat.

Ada beberapa bagian dalam susunan makalah, salah satunya penutup. Di sini kamu dapat melihat contoh penutup makalah. Cek selengkapnya dan juga ada contoh cover makalah lho!

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

Para ahli mendefinisikan makalah sebagai karya tulis yang berisi tentang sebuah pemikiran pada suatu topik masalah dengan ditulis secara sistematis.

Di dalamnya juga harus terdapat analisis yang bersifat logis serta objektif. Umumnya, penyusunan makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas sekolah maupun kuliah. Hal ini dapat melatih siswa untuk menganalisis sebuah permasalahan.

Untuk mengkaji sebuah masalah yang diangkat, penulis harus memiliki landasan teori yang kuat. Maka dalam menyusun makalah harus dibutuhkan berbagai literatur atau kajian pustaka.

Selain itu, sebuah makalah juga bisa dijadikan bentuk laporan dari kegiatan penelitian di lapangan. Namun tetap menggunakan kajian teori untuk dasar analisisnya.

Makalah dan proposal adalah jenis laporan yang berbeda, tentunya kamu harus memahami secara keseluruhan sampai kutipan untuk referensi makalah.

Manfaat Makalah

Manfaat Makalah
Manfaat Makalah

Dengan menyusun makalah, maka penulisnya akan mendapatkan beberapa manfaat. Di antara manfaat tersebut adalah dapat berlatih mencari solusi dalam sebuah permasalahan.

Dengan sering berlatih memecahkan masalah, maka akan berdampak positif pada kehidupan sehari-hari. Seseorang akan menjadi lebih tenang dan kritis dalam menghadapi masalah yang telah dialami.

Seseorang yang sering membuat makalah akan mampu membuka pikiran terhadap segala hal.  Termasuk masalah dalam kehidupan sehari-hari, dengan pikiran yang terbuka seseorang tidak akan mudah menyalahkan keadaan maupun orang lain.

Karena pikirannya telah terlatih untuk dapat menganalisis suatu masalah secara sistematis. Selain berdampak pada respons terhadap masalah sehari-hari, seseorang yang sering membuat makalah juga menjadi lebih kritis terhadap masalah lingkungan.

Misalnya terdapat sebuah permasalahan tentang sampah. Orang yang krisis tentu lebih fokus dalam mencari solusi, bisa dengan membangun Bank Sampah, mengolah sampah menjadi kerajinan, maupun solusi lainnya.

Manfaat yang terakhir, segala wawasan dan pengetahuan dari para penyusun makalah ini tentu akan berkembang. Wawasan tersebut bisa menjadi bekal untuk jenjang studi maupun karirnya.

Selain itu bisa juga dijadikan sebagai bahan edukasi bagi orang-orang di sekitarnya. Maka, sebuah makalah dapat memberi manfaat bagi penulis itu sendiri serta lingkungan di sekitarnya.

Cara Membuat Penutup Makalah

Cara Membuat Penutup Makalah
Cara Membuat Penutup Makalah

Bagian akhir dari sebuah makalah yakni adanya bagian penutup. Bagian ini secara umum berisi tentang sebuah kesimpulan dari seluruh uraian yang telah dibahas di dalam makalah tersebut.

Untuk membuat kesimpulan dengan tepat, kamu perlu memahami terlebih dulu inti permasalahannya. kamu bisa menyimpulkan mulai dari kajian teori serta hasil nyata di lapangan.

Penulisan inti masalah harus ditulis secara jelas, singkat namun juga tegas. Inti yang ditulis juga merupakan sebuah jawaban dari permasalahan yang telah dikaji di dalam makalah.

Setelah kesimpulan, bagian ini juga menampilkan sebuah saran. Penulis perlu mengisi saran yang berkaitan dengan materi makalah. Sudah paham kan bagaiamana cara membuat makalah yang keren?

Syarat Penutup Makalah

Setelah memahami poin penting dalam bagian penutup, maka saatnya kamu menyimak syarat-syarat untuk melengkapi bagian penutup dalam sebuah makalah.

Beberapa syarat yang harus kamu perhatikan dalam menulis bagian penutup makalah, diantaranya:

  1. Kesimpulan memuat analisis dari penulis terkait masalah atau topik yang diangkat. Analisis ini bisa mengacu pada kajian teori maupun hasil dari penelitian di lapangan. Kesimpulan tidak boleh terlalu panjang sehingga dapat mengurangi esensi inti pokok masalah.
  2. Bagian kedua dari penutup berisi tentang saran. Saran ini ditulis oleh penyusun yang ditujukan untuk para pembaca terkait topik yang dibahas sebelumnya. Sebuah permasalahan yang diangkat pada makalah tentu memerlukan sebuah solusi baik secara teknis maupun non teknis. Solusi non teknis bisa ditulis pada bagian saran, misalnya dalam kasus sampah maka isi saran boleh dengan meminta pembaca agar melakukan pemilahan sampah organik dan non organik secara rutin.
  3. Syarat paling penting adalah hindari menulis kesimpulan atau saran yang tidak terkait dalam kajian yang dibahas dalam makalah.

Setelah bagian penutup makalah, tentu kamu tidak boleh melupakan daftar pustaka makalah. Kamu sudah tahu belum cara membuatnya? Ada di artikel website ini lho!

Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Berikut ini kamu bisa menyimak contoh-contoh penutup dalam sebuah makalah. kamu bisa menyesuaikan nya sesuai topik masalah yang sedang kamu kerjakan.

Karena dalam pembuatan atau contoh makalah, hal ini sangat penting dalam menunjang pembuatan makalah yang baik dan benar!

1. Contoh Penutup Makalah Singkat

Kesimpulan

Berdasarkan teori yang telah dijabarkan, serta melihat fakta yang ada di lapangan, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan. Diantaranya:

  1. Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan siswa mudah terjangkit penyakit.
  2. Makanan yang dijual di luar sekolah dijual secara tidak higienis.

Saran

Setelah melihat dampak negatif dari permasalahan tersebut, maka kami sebagai penulis menyarankan beberapa hal berikut ini:

  1. Tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah dengan menyediakan makanan sehat di kantin dan koperasi sekolah.
  2. Pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua untuk memantau kesehatan siswa secara berkala.
    Menyediakan layanan kesehatan gratis setiap 6 bulan sekali.

2. Contoh Penutup Makalah Agama Islam

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan sebelumnya, kami menarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Sikap tabayyun sangat penting untuk menghindari fitnah terhadap orang lain.
  2. Sikap tabayyun berfungsi untuk menjalin tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik.
  3. Sikap tabayyun dapat mencegah perselisihan

Saran

Selain kesimpulan di atas, kami juga memiliki beberapa saran yang bisa dilakukan oleh para pembaca :

  1. Pelajari ilmu tentang tabayyun kepada ahlinya, seperti guru sekolah, ustad, maupun tokoh agama lainnya.
  2. Usahakan selalu menerapkan sikap tabayyun mulai dari masalah-masalah kecil.
  3. Selalu membuka diri menerima maaf, maupun rendah hati meminta maaf jika telah melakukan kesalahan.”

3. Contoh Penutup Makalah Yang Baik

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah diuraikan secara jelas dari makalah ini, kami dapat menuliskan sebuah kesimpulan yakni kegiatan outbond memiliki dampak positif bagi kesehatan raga dan mental siswa. Selain itu, dengan kegiatan outbond siswa juga semakin dekat dan akrab bersama teman-teman dan guru yang mengajar.

Saran

Setelah selesai menjalani kegiatan outbond kami juga memberikan saran kepada pihak-pihak panitia. Di antaranya:

  1. Fasilitas armada bus bisa lebih diperhatikan lagi, agar tidak terjadi kerusakan mesin di tengah jalan.
  2. Kepada panitia, sebaiknya dilakukan koordinasi yang baik dan matang agar pelaksanaan kegiatan outbond dapat berjalan dengan efektif.”

4. Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Sesuai pemaparan makalah dengan judul Manfaat Dongeng Untuk Anak, kami dapat menyimpulkan bahwa dongeng memiliki manfaat yang besar bagi anak. Manfaat tersebut meliputi kecerdasan kognitif dan kecerdasan emosional. Kedua kecerdasan ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak sebagai bekal nilai-nilai kehidupan di masa yang akan datang

Saran

Kami juga memberikan saran kepada para pembaca, khususnya para orang tua agar selalu rutin membacakan dongeng untuk anak-anaknya. Selain itu, membelikan buku dongeng juga membantu anak belajar membaca sendiri cerita-cerita yang disajikan di dalamnya.

5. Contoh Penutup Makalah Pkn

Kesimpulan

Dari hasil uraian yang telah penulis paparkan, dapat ditarik sebuah kesimpulan di antaranya:

  1. Nilai-nilai Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap siswa.
  2. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sudah sempurna, sehingga tidak perlu ada perubahan lagi.
  3. Penerapan nilai Pancasila di sekolah dapat melatih kesiapan diri menghadapi kehidupan yang lebih realistis setelah masa sekolah selesai.

Saran

Penulis juga akan memberikan beberapa saran yang dapat dicermati oleh para pembaca, di antaranya:

  1. Guru mengajak siswa untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam kelas.
  2. Kepala Sekolah secara berkala mengingatkan dan mengajak semua guru dan siswa untuk saling menerapkan nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
  3. Guru memberikan pemahaman kepada orang tua siswa, agar di lingkungan keluarga juga diterapkan nilai-nilai Pancasila.

6. Contoh Penutup Makalah Kelompok

Kesimpulan

Dari hasil kajian topik masalah yang telah dibahas sebelumnya, dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu pengelolaan sampah rumah tangga sangat penting dilakukan secara serentak oleh semua warga masyarakat. Pengelolaan sampah paling ringan dalam setiap rumah yakni memilah sampah organik dan non organik.

Kegiatan ini penting agar dapat mempermudah pengelolaan sampah dengan skala yang lebih besar. Pengelolaan sampah skala besar akan ditangani oleh petugas terkait. Selain itu kegiatan ini juga melatih warga masyarakat untuk dapat disiplin mengelola sampah rumah tangga mereka.

Saran

Kami selaku penulis juga memiliki beberapa saran untuk bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, di antaranya:

  1. Di dalam sebuah RT atau rukun tetangga, perlu dibentuk pengurus yang bertugas mengatur pengelolaan sampah dari warga masyarakat.
  2. Ketua RW atau jajarannya juga bertugas mengatur penyaluran sampah non organik kepada instansi terkait, atau Bank Sampah.
  3. Hasil penjualan sampah non organik bisa digunakan untuk keperluan penunjang pengelolaan sampah, misalnya alat pembuat pupuk kompos dari sampah organik.”

7. Contoh Penutup Makalah Penelitian

Kesimpulan

Dari hasil pembahasan mengenai penelitian yang telah kami lakukan, maka kami dapat menarik kesimpulan yakni olahraga dapat mengurangi tingkat stres pada seseorang. Karena dengan berolahraga, hormon-hormon dalam tubuh dapat kembali seimbang. Dengan berolah raga artinya seseorang dapat sejenak melupakan problematika kehidupan yang dialami oleh seseorang.

Saran

Kami juga memiliki saran untuk para pembaca, agar terhindar dari gejala stres maka perlu membuat jadwal rutin untuk berolahraga dan kegiatan lain yang dapat menyegarkan pikiran. Seperti misalnya berlibur atau melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

8. Contoh Penutup Makalah Individu

Kesimpulan

Dari pembahasan makalah yang telah saya jabarkan, saya menarik kesimpulan bahwa di dalam cerpen berjudul “Aku Tak Mau Pulang” menceritakan tentang seseorang yang merasa diperlakukan secara tidak baik oleh Ibu Tirinya. Kemudian tokoh tersebut pergi dari rumah dan tidak ingin kembali pulang, karena tidak mau lagi bertemu oleh Ibu Tirinya.

Saran

Setelah membaca cerpen berjudul “Aku Tak Mau Pulang” serta menjabarkan nya di dalam makalah, saya juga memiliki saran untuk para pembaca. Saran saya adalah agar pembaca mencermati konflik di dalam cerpen tersebut dan mengambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.

9. Contoh Penutup Makalah Analisis SWOT

Kesimpulan

Berdasarkan uraian makalah yang telah kami susun, kami menyimpulkan beberapa hal berikut:

  1. SWOT singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (hambatan).
  2. Analisis SWOT sangat berguna dalam menyusun sebuah rencana, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Analisis SWOT dapat mencegah / mengurangi risiko kegagalan.
  4. Analisis SWOT dapat mengoptimalkan kemampuan atau keahlian seseorang.

Saran

Selain kesimpulan di atas, kami juga memberikan saran kepada pembaca agar dapat menerapkan analisis SWOT dalam setiap perencanaannya. Baik berkaitan dalam studi maupun jenjang karir.

10. Contoh Penutup Makalah Drama

Kesimpulan

Menurut pemaparan yang telah kami sampaikan pada makalah ini, dapat ditarik kesimpulan yaitu pentas drama dapat memberikan manfaat yang positif, baik untuk para tokoh maupun audien. Untuk tokoh pemeran, pertunjukkan drama dapat melatih keahlian berakting secara natural. Sedangkan untuk audien, pertunjukkan drama dapat memberikan pesan moral sesuai temanya.

Saran

Kami juga menyarankan kepada para pembaca makalah ini untuk sesekali menyaksikan pertunjukan drama. Informasi mengenai jadwal pertunjukkan bisa diakses melalui internet. Selain untuk hiburan, pertunjukkan drama dapat memberi beberapa manfaat positif.

11. Contoh Penutup Makalah Bisnis Online

Kesimpulan

Dari uraian sebelumnya, kami menarik kesimpulan bahwa bisnis online memiliki peluang yang sangat besar di era industri 4.0 seperti saat ini. Hal ini karena semakin hari teknologi mengalami perkembangan. Segala kemudahan transaksi merupakan hal utama yang paling dicari oleh masyarakat.

Saran

Kami juga memiliki saran bagi para pembaca, meski bisnis online memiliki peluang yang besar, namun tetap harus didasari dengan ilmu bisnis yang baik. Karena jika tidak memiliki ilmu bisnis, maka tidak akan mencapai sebuah keberhasilan. Selain itu juga persaingan dengan kompetitor akan semakin ketat.

12. Contoh Penutup Makalah Komputer

Kesimpulan

Pada bagian ini kami akan memberikan sebuah kesimpulan atas pemaparan materi makalah. Kesimpulan yang dapat kami tarik adalah komputer merupakan mesin elektronik yang dapat memudahkan segala jenis pekerjaan manusia. Penggunaan komputer dapat membuat suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Saran

Kami memiliki saran yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan. Saran kami adalah sebaiknya Anda menggunakan komputer dengan bijak. Gunakan untuk pekerjaan yang diperlukan saja, agar Anda terhindar dari pengaruh negatif komputer. Misalnya seperti pengaruh resolusi monitor untuk kesehatan mata Anda.

13. Contoh Penutup Makalah Kesehatan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan topik masalah sebelumnya, maka kami membuat kesimpulan sebagai berikut:

  1. Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  2. Kesehatan mencakup fisik dan psikis.
  3. Kesehatan dipengaruhi oleh pola hidup yang baik, mencakup pola makan dan pola tidur.
  4. Kesehatan harus dirawat setiap hari dengan konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Saran

Kami memiliki saran bagi para pembaca, agar selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Jika Anda memiliki kesibukan yang padat, maka mulailah dengan hal kecil tetapi rutin dilakukan. Contohnya dengan minum air putih, makan buah dan sayur, dan olahraga ringan setiap pagi.

14. Contoh Penutup Makalah Flora Dan Fauna

Kesimpulan

Dari hasil pembahasan BAB sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang melimpah. Dari mulai yang mudah ditemukan hingga yang tinggal di pelosok hutan-hutan Indonesia. Kekayaan tersebut perlu dijaga dan dilestarikan dengan diberikan payung hukum yang jelas dan tegas.

Saran

Saran dari kami yaitu Pemerintah lebih teliti lagi dalam melakukan pengawasan terhadap ekosistem flora dan fauna di Indonesia. Tugas tersebut dapat dilakukan mulai dari instansi terkecil, misalnya tingkat kabupaten atau kota. Khususnya bagi daerah yang memiliki lahan hutan yang luas.

15. Contoh Penutup Makalah Fotografi

Kesimpulan

Setelah melalui pembahasan dari BAB sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan yaitu seni fotografi memiliki banyak teknik dalam aplikasinya. Teknik dalam fotografi bisa dipelajari dari berbagai macam sumber, bisa dari buku, tutorial dari kanal Youtube, dan sebagainya. Agar bisa mencapai level profesional, perlu dilakukan latihan rutin dalam memotret sebuah objek.

Saran

Kami juga memiliki saran bagi para pembaca, selain mempelajari teknik fotografi Anda juga perlu mengeksplorasi sendiri objek-objek yang ada di sekitar Anda. Mulai dari benda-benda kecil dengan teknik flat-lay, atau objek tumbuhan di halaman rumah dengan teknik zoom. Latihan ini penting untuk mengasah keahlian Anda dalam dunia fotografi.

16. Contoh Penutup Makalah Gempa Bumi

Kesimpulan

Dari uraian topik masalah pada BAB sebelumnya, pada bagian ini kami akan menuliskan kesimpulannya yaitu gempa bumi merupakan salah satu aktivitas tektonik dari dalam bumi yang masih sulit untuk diprediksi. Belum ada alat yang bisa mendeteksi pergerakan gempa bumi secara tepat dan akurat.

Saran

Kami menyarankan kepada para pembaca agar selalu waspada terhadap munculnya suatu bencana. Anda bisa mulai mengkondisikan perabotan rumah tangga ada agar tidak membahayakan keselamatan Anda. Jika suatu saat muncul getaran gempa, segera keluar rumah dan tempatkan diri Anda di tengah tanah yang lapang.

17. Contoh Penutup Makalah Hak Asasi Manusia

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dalam makalah ini, maka dapat disimpulkan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak paten yang disebut Hak Asasi Manusia. Maka jika suatu saat terjadi sebuah pelanggaran terhadap hak tersebut, maka warga negara Indonesia berhak mengajukan laporan kepada instansi terkait.

Saran

Saran yang kami berikan kepada pembaca adalah perlunya merawat keharmonisan antar warga, mulai dari lingkup terkecil hingga secara luas. Jika kita selalu menjaga hubungan baik dengan sesama, maka dapat mencegah terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia.

18. Contoh Penutup Makalah Kebudayaan

Kesimpulan

Setelah mengkaji topik masalah pada BAB sebelumnya, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu:

  1. Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam.
  2. Kebudayaan di Indonesia meliputi bahasa, adat-istiadat, serta aliran kepercayaan.
  3. Kekayaan budaya di Indonesia wajib dijaga dan dilestarikan.
  4. Belum semua kebudayaan Indonesia dilindungi eksistensinya oleh payung hukum.

Saran

Kami juga ingin menyampaikan saran kepada pembaca yaitu untuk selalu menjaga kebudayaan masing-masing sesuai dengan kebiasaan yang berlaku. Selain itu kita semua juga perlu menghargai budaya lain meskipun berbeda dengan budaya yang kita jalani.”

19. Contoh Penutup Makalah Korupsi

Kesimpulan

Dari penjelasan pada BAB sebelumnya, pada bagian ini kami akan memberikan beberapa kesimpulan, di antaranya:

  1. Korupsi merupakan sebuah kejahatan luar biasa.
  2. Korupsi di Indonesia mencapai level kritis.
  3. Upaya pencegahan korupsi belum maksimal.
  4. Hukum bagi koruptor masih belum dirasa adil oleh warga Indonesia.

Saran

Kami juga memiliki saran yang bisa dilakukan oleh pembaca makalah ini. Pertama, upaya pencegahan korupsi bisa dilakukan di dalam lingkup paling kecil, mulai dari keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Jika menemukan tindakan korupsi, segera tegur pelaku dan juga melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

20. Contoh Penutup Makalah Makanan Khas Daerah

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan, kami telah menarik sebuah kesimpulan yaitu makanan khas daerah merupakan salah satu aset yang harus dijaga dan dilestarikan eksistensinya. Karena selain sebagai oleh-oleh, makanan khas daerah juga merupakan sebuah identitas dari suatu daerah.

Saran

Saran yang bisa berikan kepada pembaca yakni perlunya mencicipi makanan khas dari beberapa daerah yang berbeda. Kini, membeli makanan khas tidak harus berkunjung ke darah yang dituju. Pemesanan makanan sudah bisa dilakukan secara online. Hal ini cukup penting dengan tujuan agar saling mengenal atau merasakan makanan khas dari setiap daerah.

21. Contoh Penutup Makalah Novel

Kesimpulan

Dari pembahasan sebelumnya, kami telah menarik kesimpulan dari makalah ini yaitu tokoh Rudi dalam novel “Penantian Yang Ku Impikan” memiliki karakter yang penyabar dan pantang menyerah. Dibuktikan dengan kesabarannya menanti kehadiran anak dalam pernikahannya selama hampir 12 tahun. Selama itu pula Rudi terus berikhtiar dan pantang menyerah.

Saran

Kami menyarankan kepada para pembaca agar membaca novel “Penantian Yang Ku Impikan”. Di dalamnya memuat kisah menarik sekaligus mengharukan. Selain itu juga terdapat pesan moral yang bisa dipetik, serta diterapkan pada kehidupan nyata.

22. Contoh Penutup Makalah Objek Wisata

Kesimpulan

Dari kajian yang telah kami paparkan sebelumnya, kami telah menarik sebuah kesimpulan yakni:

  1. Objek wisata merupakan aset berharga bagi daerah sekitarnya.
  2. Objek wisata sebagai sumber ekonomi bagi warga sekitar.
  3. Objek wisata bisa dijadikan sarana edukasi bagi para pengunjungnya.
  4. Untuk meningkatkan pelayanan dari sebuah objek wisata, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Saran

  1. Kami memberikan saran kepada para pembaca, di antaranya:
  2. Kunjungilah objek wisata yang ada di sekitar Anda.
  3. Selalu jaga kebersihan dan ketertiban di setiap lokasi objek wisata yang Anda kunjungi.
  4. Bantu promosikan setiap objek wisata yang telah Anda kunjungi dengan cara membagikan cerita di sosial media.

23. Contoh Penutup Makalah Pendidikan

Kesimpulan

Dari kajian yang telah kami bahas sebelumnya, pada bagian ini kami telah menarik beberapa kesimpulan yaitu:

  1. Pendidikan merupakan hal penting yang wajib diberikan kepada anak.
  2. Pendidikan formal yang wajib dijalani anak yakni mulai SD, SMP hingga SMA.
  3. Pendidikan non formal boleh ditempuh dengan kondisi tertentu.
  4. Beberapa masalah pendidikan meliputi kondisi ekonomi, kurangnya SDM orang tua, serta latar belakang lingkungan keluarga.

Saran

Dengan berakhirnya pembahasan makalah ini, kami juga menghimbau kepada para pembaca untuk benar-benar memperhatikan aspek pendidikan kepada anak-anaknya. Berikan pendidikan yang layak agar anak kelak bisa menjadi penerus bangsa yang berbudi pekerti.

24. Contoh Penutup Makalah Pramuka

Kesimpulan

Dari pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki banyak manfaat positif. Dengan kegiatan Pramuka, siswa dapat belajar banyak hal diantaranya, berlatih kepemimpinan, mempelajari nilai-nilai sosial, hingga melatih mengatur manajemen sebuah struktur organisasi.

Saran

Kami menyarankan untuk pembaca agar bisa dengan aktif mengikuti seluruh kegiatan Pramuka di sekolah. Agar memperoleh manfaat yang besar bagi yang bisa dijadikan bekal untuk kehidupan di masyarakat kelak.

Dari sekian banyak contoh penutup makalah di atas, mana yang sesuai dengan tugas makalah kamu?

Selain itu kamu  juga bisa menjadikan contoh-contoh di atas sebagai referensi untuk kata penutup selain makalah. Banyak sekali contoh makalah yang menggunakan penutup yang baik dan benar.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat karya tulis makalah, baik untuk tugas sekolah maupun kuliah. Salam literasi dari kami theinsidemag.com semuanya!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Cara Penulisan Gelar

Kusuma
9 min read

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kusuma
7 min read

Cara Membuat Proposal

Kusuma
11 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *