Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Contoh Surat Kuasa

36 min read

Contoh Surat Kuasa Lengkap dan Terbaru

Contoh Surat Kuasa adalah salah satu contoh surat yang berisikan pelimpahan wewenang dari seseorang yang dapat digunakan untuk urusan pribadi atau bisnis. Sudah pernah membuat surat kuasa yang benar?

Pada dasarnya, setiap urusan manusia pasti ingin semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan suatu apapun bukan? Itu sudah menjadi rahasia umum yang kita ketahui.

Namun, bagaimana jadinya kalau kamu berhalangan hadir atau tidak bisa melakukan sesuatu yang membutuhkan seseorang harus mewakilinya.

Untuk itu, kamu pasti bingung kan untuk memberikan wewenang kepada utusanmu untuk menyelesaikan perkara pribadi atau bisnis?

Nah, inilah merupakan kegunaan surat kuasa untuk memberikan wewenang diatas materai. Pahami lebih lanjut beberapa contoh surat kuasa di bawah ini yang baik dan benar.

Daftar Isi Artikel

Pengertian Surat Kuasa

Pengertian Surat Kuasa Terbaru

Surat Kuasa adalah surat yang berisikan pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabat tertentu kepada seseorang atau pejabat lain.

Pelimpahan wewenang dapat mewakili pihak yang memberi wewenang dalam urusan pribadi, bisnis ataupun masalah hukum.

Surat kuasa sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Surat berisi pemberian kuasa/wewenang kepada seseorang untuk mengurus sesuatu kepentingan.
  • Bahasa yang digunakan singkat, lugas, efektif dan tidak berbelit-belit.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Jenis-Jenis Surat Kuasa Terlengkap

Loading...

Jenis surat kuasa sendiri terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Surat Kuasa Perseorangan/Pribadi

Surat kuasa pribadi/perseorangan/individu merupakan surat keterangan yang membuat orang memiliki hak sesuai yang kamu sebutkan pada surat tersebut.

Misalnya, surat kuasa pribadi adalah:

  • Surat kuasa pengambilan gaji pensiun.
  • Surat kuasa pengambilan barang.
  • Surat kuasa pengambilan dokumen kependudukan.
  • Surat kuasa mengambil ijazah.
  • Dan lain-lain.

Lalu, bagaimana contoh surat kuasa pribadi yang baik dan benar? Berikut adalah contoh singkat surat kuasa untuk kepentingan pribadi.

Contoh Surat Kuasa Pribadi
Contoh Surat Kuasa Pribadi

2. Surat Kuasa Resmi/Kedinasan

Surat kuasa resmi/kedinasan adalah surat yang dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan kepada seorang pegawainya (pejabat tertentu) untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan instansi atau perusahaan tersebut.

Untuk beberapa surat kuasa resmi adalah:

  • Surat dinas ke luar kota di perusahaan swasta.
  • Surat dinas pemberitahuan cuti bersama.
  • Surat dinas workshop sosial media di sekolah.
  • Dan lain-lain.

Berikut adalah salah satu contoh surat kuasa resmi atau kedinasan yang dapat kamu jadikan acuan.

Contoh Surat Kuasa Resmi Terbaru
Contoh Surat Kuasa Resmi Terbaru

3. Surat Kuasa Khusus/Istimewa

Surat kuasa khusus atau istimewa adalah surat kuasa yang dibuat oleh pihak-pihak yang terkait langsung dengan pengadilan.

Misalnya saja, seseorang memberikan kuasa kepada pengacaranya dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan pengadilan.

Contoh Surat Kuasa Khusus
Contoh Surat Kuasa Khusus

Bagian-Bagian Surat Kuasa

Bagian-Bagian Surat Kuasa

Cara pembuatan surat kuasa terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memperhatikan apa saja bagian-bagian dari surat tersebut. Adapun bagian-bagian dari suatu surat kuasa di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Kepala Surat

Kepala surat merupakan bagian teratas dari surat kuasa. Dalam suatu kepala surat terdapat sejumlah unsur yang dimuat. Misalnya, nama, alamat, agenda kegiatan dari lembaga atau bisa berupa alat promosi.

2. Nomor Surat

Nomor surat memuat urutan nomor surat kuasa yang telah dikeluarkan dari instansi, lembaga maupun organisasi tersebut. Nomor surat menunjukkan tahun kapan surat itu diterbitkan.

3. Pemberi Kuasa

Pemberi kuasa adalah seseorang yang berwenang untuk memberikan persetujuan atau kuasa kepada orang lain atas namanya guna bertindak sesuatu.

Dalam hal ini, aturan pemberian kuasa juga dimuat dalam Undang-Undang.

4. Identitas Pemberi Kuasa

Identitas pemberi kuasa memuat identitas atau data diri dari si pemberi wewenang atau persetujuan atas namanya kepada seseorang guna bertindak sesuatu.

Biasanya identitas pemberi kuasa akan ditulis lengkap yakni mencakup nama, alamat, jabatan, NIP, pangkat atau golongan (opsional).

5. Penerima Kuasa

Penerima kuasa adalah seseorang yang dilimpahi kuasa oleh seorang pemberi kuasa untuk bertindak atas namanya dalam melakukan suatu hal.

Dalam hal ini, aturan penerima kuasa juga dimuat dalam Undang-Undang.

6. Identitas Penerima Kuasa

Identitas penerima kuasa memuat data diri lengkap dari si penerima wewenang untuk mengerjakan sesuatu atas nama pemberi kuasa.

Biasanya identitas penerima kuasa ditulis lengkap dengan mencantumkan nama, alamat, NIP, jabatan serta golongan atau pangkat (bila diperlukan).

7. Hal yang Dikuasakan

Hal yang dikuasakan memuat informasi perihal apa yang akan dikuasakan atau diberikan wewenang oleh pemberi kuasa terhadap si penerima kuasa.

Misalnya, barang, pengambilan gaji, pensiunan, dokumen penting dan sebagainya. Hal yang dikuasakan biasanya ditulis secara lengkap dan mendetail. Bagian ini juga sering disebut sebagai tujuan pemberian kuasa.

8. Waktu Pemberian Kuasa

Waktu pemberian kuasa memuat waktu dimana pemberi kuasa akan memberikan wewenang atau persetujuannya kepada penerima kuasa.

Waktu pemberian kuasa akan ditulis secara detail dengan mencantumkan tempat, hari, tanggal dan tahun. Bagian ini juga memuat jangka waktu berlakunya suatu surat kuasa.

9. Tanda Tangan (dari penerima serta pemberi kuasa)

Tanda tangan dalam surat kuasa dilakukan oleh penerima surat kuasa dan pemberinya. Biasanya di bawah tanda tangan akan ditulis secara lengkap berupa nama dan NIP (opsional).

Bila perlu kamu juga bisa menambahkan cap atau materai instansi.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Serupa dengan surat-surat lainnya, surat kuasa juga memiliki sejumlah karakteristik khas. Karakteristik dari suatu surat kuasa di antaranya ialah seperti berikut.

  1. Surat kuasa dibuat memakai bahasa baku Indonesia. Hal ini bertujuan agar penulisan surat kuasa lebih mudah dipahami.
  2. Surat kuasa memuat pernyataan terkait pengalihan kekuasaan maupun wewenang dari diri sendiri bagi orang lain guna mengurus suatu hal.
  3. Kata dan bahasa yang digunakan dalam suatu surat kuasa juga dibuat secara singkat, jelas dan padat serta disesuaikan dengan tujuan pembuatan sebelumnya.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Magang

Contoh Surat Kuasa Khusus

Contoh Surat Kuasa Khusus Sesuai Format

Surat kuasa khusus merupakan surat kuasa yang diberikan hanya untuk satu kepentingan tertentu. Surat ini juga berkesesuaian dengan pasal 1975 KUHP.

Surat kuasa khusus memang sengaja ditulis dengan tujuan mengalihkan atau memberikan kewenangan kepada seseorang yang dipercaya untuk melakukan suatu tindakan.

Sifat suratnya disampaikan secara khusus kepada salah satu pihak dan lebih privasi. Kamu akan menemuinya di beberapa contoh kasus yang cukup mendesak tapi kuasa harus dilakukan orang tertentu saja.

Contoh surat kuasa yang dibuat secara khusus atau istimewa di antaranya ialah seperti berikut.

Surat Kuasa Khusus Pengadilan

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengadilan

SURAT KUASA

Saya yang telah bertanda tangan di bawah ini, nama August Sujarwo, pekerjaan Karyawan Swasta dengan alamat tinggal di Jalan Ciracas No. 02, Ciracas, Kota Jakarta Timur 35378. Dengan ini saya memberikan kuasa pada Suci Prabandari, S.H yang bekerja sebagai advokat dan berkantor di Agnes and Partners Association Law di Jalan Raya Haji Baping Kav. 27 Cijantung, Kota Jakarta Timur 35379.

KHUSUS

Guna mewakili pemberi kuasa secara penuh sebagai PENGGUGAT dalam gelaran perkara perdata kasus melawan hukum dari PT. Indojakarta Motor Sejahtera oleh Warimin S.E, perusahaan yang bergerak di bidang otomotif Jalan Merica Pedas No. 08 RT 009/010 Kelurahan Cikini, Kecamatan Cikini Raya, Kota Jakarta Timur sebagai TERGUGAT.

  • Menerima wewenang guna membela hak-hak serta melakukan pengurusan keperluan pemberi kuasa, menerima serta melakukan semua pembayaran, menerima dan membuat kwitansi pembayaran yang dilakukan.
  • Selaku penerima kuasa diizinkan untuk bertindak dari segi hukum kepada orang dan seluruh persoalan yang berkaitan dengan perkara ini, mempunyai kediaman hukum, menghadapi pembesar instansi pemerintah serta hakim persidangan.
  • Selaku penerima kuasa diizinkan untuk berperkara ke hadapan Pengadilan Negeri guna mengajukan gugatan, mengajukan serta melakukan penolakan terhadap segala sanksi, memberikan jawaban dan alasan, memohon keputusan maupun keputusan turunan yang berasal dari Pengadilan Negeri agar keputusan tersebut dapat dijalankan dengan semestinya.
  • Sebagai penerima kuasa diizinkan untuk menciptakan serta melakukan tanda tangan atas surat serta mengerjakan apapun yang bermanfaat bagi kepentingan pemberi kuasa dengan ketentuan tidak melanggar Undang-Undang. Jika hal tersebut terjadi, maka pemberi kuasa berhak untuk melimpahkan kekuasaan kepada pihak lainnya.
  • Sebagai penerima kuasa diizinkan untuk melakukan segala tindakan hukum dari Pengadilan Negeri tingkat pertama hingga tingkat kasasi.

Demikian surat kuasa khusus ini dibuat, kiranya dapat digunakan dengan sewajarnya.

Jakarta, 29 Februari 2020
Pemberi Kuasa,

August Sujarwo

Surat Kuasa Khusus Perceraian

Surat Kuasa Khusus Perceraian

SURAT KUASA

Yang telah bertanda tangan di bawah ini,

Nama                : Islakhun Ni’mah
Alamat              : Karyawan Swasta
No. KTP           : 356890102381367
Alamat             : Jl. Ria Pertiwi No. 118, Tangerang, Banten

Secara terang telah menyetujui untuk memberikan kuasa penuh kepada,

Nama              : Masayu Kim
Alamat           : Jl. Matraman Raya No. 83, Jakarta Timur
Pekerjaan      : Advokat
No. KTP         : 18100908625678890

KHUSUS

Guna mengajukan suatu gugatan perceraian kepada suami pemberi kuasa yakni,

Nama              : Hafidzul Azka
Usia                 : 29 Tahun
Pekerjaan       : Karyawan BUMN
Alamat            : Jl. Imogiri No. 99, Papua Barat

Dengan adanya surat kuasa ini, maka selaku penerima kuasa berhak untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Menghadap para pejabat sipil, swasta maupun militer guna kepentingan surat kuasa ini.
  2. Menciptakan serta melakukan tanda tangan terang atas somasi, replik, surat gugatan, kesimpulan atas surat kuasa yang dibutuhkan agar tujuan tersebut dapat berkesesuaian dengan hukum yang berlaku.
  3. Menghadiri suatu persidangan yakni di tingkat pertama hingga banding.
  4. Menerima seluruh surat seperti jawaban, duplik hingga surat-surat yang hendak diserahkan dalam pengadilan.
  5. Memberikan pengajuan perdamaian, syarat-syarat damai, menerima perdamaian, menolak hingga menghadiri rapat dengan tujuan damai.
  6. Memberikan bukti surat-surat, sanksi dan segala hal yang berkaitan dengan tujuan pembuatan surat kuasa ini.
  7. Melakukan pencabutan gugatan perceraian apabila suatu perdamaian berhasil diciptakan serta berkenan untuk melakukan banding.
  8. Melakukan segala hal yang baik serta bermanfaat bagi kepentingan pemberi kuasa seuai dengan hukum berlaku.
  9. Surat kuasa ini diberikan oleh pemberi kuasa secara substitusi.

Demikian surat kuasa khusus ini diciptakan agar kiranya dapat digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Tangerang, 29 Februari 2020
Pemberi Kuasa,

Islakhun Ni’mah

Contoh Surat Kuasa Khusus Penjualan Tanah

Contoh Surat Kuasa Khusus Penjualan Tanah

SURAT KUASA KHUSUS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : Arga Dilan Satya
Jenis kelamin    : Laki-Laki
NIK                      : 0101020292933
Alamat                : Jl. Sekar Tayu No. 68, Kecamatan Pandan Wangi, Kota Surabaya
Pekerjaan           : Pegawai Swasta

Sehubungan adanya keperluan mendesak sehingga tidak dapat menghadiri kesepakatan tersebut maka dengan ini saya memberikan kuasa penuh kepada saudara:

Nama                  : Pitro Rina Sekarsari
Jenis kelamin   : Perempuan
NIK                    : 21200102030493
Alamat               : Jl. Soekarno Hatta No. 23, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Pekerjaan          : Pegawai Swasta

KHUSUS

  1. Untuk menggantikan saya sebagai perwakilan pihak yang melakukan transaksi jual tanah dengan luas bidang 500 m2 yang berlokasi di Jl. Raya Sihura-hura No. 04, Kota Malang. Transaksi bisa dilakukan dengan melampirkan Sertifikat Hak Milik berdasarkan syarat dan ketentuan yang dapat ditetapkan oleh penerima kuasa sendiri.
  2. Melakukan pembelaan terhadap kepentingan pihak pemberi kuasa.
  3. Menerima dan turut mengurus segala dokumen yang berkaitan dengan transaksi jual beli yang sifatnya sangat berharga seperti kwitansi atau lainnya dengan kepemilikan atas nama pihak yang bersangkutan membeli tanah tersebut.

Berbagai risiko yang nantinya dapat timbul dari pelimpahan kuasa ini nantinya menjadi tanggung jawab pihak pemberi kuasa secara penuh. Demikian surat kuasa ini ditulis dengan tujuan yang sebenarnya tanpa adanya campur tangan pihak lain di luar keperluan.

Malang, 09 Februari 2020
Pemberi Kuasa,

Arga Dilan Satya

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Dana Pensiun

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Dana Pensiun

SURAT KUASA

Saya bertanda tangan di bawah ini,

Nama                  : Indah Nurmala Sari
Jenis kelamin   : Perempuan
NIK                     : 012102839291
Alamat               : Jl. Indah Bunga No. 14, Kecamatan Silih Berganti, Kota Sumenep
Pekerjaan          : Pegawai Negeri Sipil

Disebut sebagai pihak pertama pemberi kuasa penuh kepada saudara,

Nama                 : Putra Ridho Tanjung Akbar
Jenis kelamin  : Laki-Laki
NIK                    : 2120011102990
Alamat              : Jl. Raya Soekarno Hatta No.13, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Pekerjaan        : Wiraswasta

KHUSUS

Dengan ini menyampaikan adanya pelimpahan kuasa penuh kepada saudara pihak kedua yang telah disebutkan namanya untuk melakukan pencairan dana pensiun. Pencairan tersebut atas nama Indah Nurmala Sari yang berjumlah sebanyak Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) ke nomor rekening : 3243-01-2229209-24-1 melalui Bank BRI unit Kota Malang.

Berbagai risiko yang nantinya dapat ditimbulkan dari pemberian kuasa nantinya menjadi tanggung jawab pihak pemberi kuasa secara penuh.

Demikian surat kuasa ini ditulis dengan perihal penting dan bersifat sebenarnya tanpa ada campur tangan dan paksaan dari pihak lain di luar keperluan.

Malang, 25 Desember 2020
Pemberi Kuasa,

Indah Nurmala Sari

Contoh Surat Kuasa Khusus Registrasi Pajak Perusahaan

Contoh Surat Kuasa Khusus Registrasi Pajak Perusahaan

PT. Agraria Mitra Utama
Ruko Sekar Alam Blok 4M No. 12 Jl. Pandan Wangi Km. 2.4, Kota Sumenep
Telp. 0323 6672827 Fax. 0323 676762 Mobile. 083 382918298
Situs : www.agrariamitrautama.com Email : [email protected]


Surat Kuasa Khusus
No. 20/SKu/PSAB/XI/19

Atas nama yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Muhammad Ridho Taulany
Jabatan / posisi  : Direktur Utama PT. Agraria Mitra Utama
NIK                       : 012893810292912
Alamat                 : Jl. Raya Porong Sidoarjo, No. 18, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo

Dengan ini hendak memberi kuasa khusus kepada saudara,

Nama                   : Zayn Dirgara Malik
Jabatan / posisi : Sekretaris Direktur PT. Agraria Mitra Utama
NIK                       : 01220101029390
Alamat                 : Jl. Raya Soekarno Hatta No. 21, Kecamatan Biru Laut, Surabaya

KHUSUS

Atas nama pihak pemberi kuasa menyampaikan kewenangan kepada pihak penerima untuk menggantikan saudara X dalam mewakili perusahaan di acara Kepengurusan Registrasi E-Filling Pajak Perusahaan. Lokasi tersebut berada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Pusat, di Jl. Pahlawan No. 55, Kota Sidoarjo.

Demikian surat ini dibuat sesuai dengan keperluan sebenarnya agar dapat dimanfaatkan semestinya.

Sidoarjo, 30 Maret 2020
Pemberi Kuasa,

Muhammad Ridho Taulany

Contoh surat kuasa khusus di atas sangat penting untuk dijadikan referensi bagi kamu yang sebelumnya belum pernah menulis surat tersebut.

Terutama memiliki kebutuhan untuk membuat surat khusus dengan keperluan tertentu yang sifatnya sangat mendesak seperti contoh tersebut.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Lengkap

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Lengkap

Surat kuasa BPKB merupakan salah satu jenis surat kuasa yang khusus memuat keperluan BPKB. Surat kuasa ini bisa berupa pengambilan BPKB, BPKB hilang maupun pengurusan keperluan lainnya.

Surat kuasa untuk mengambil dokumen penting seperti BPKB harus dibuat dengan kesepakatan dan didasari kepercayaan terlebih dahulu, antara pihak pertama dan pihak kedua.

Agar kamu tidak mengalami risiko berbahaya kehilangan dokumen tersebut karena kecurangan pihak penerima kuasa. Sebaiknya pilihlah seseorang yang tergolong sebagai pihak terpelajar dan terpercaya.

Kemudian buatlah surat tersebut dengan susunan formal seperti yang telah dituliskan pada contoh surat kuasa pengambilan BPKB di bawah ini.

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Terbaru

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Terbaru

SURAT KUASA

Saya yang telah bertanda tangan,

Nama                              : Liu Fifin
Tempat/tanggal lahir : Banjarnegara, 27 Desember 1990
No. KTP                         : 9090789000
Alamat                           : Jl.Sukma Nomor 5 RT 009/009, Rawamangun, Jakarta Timur

Melalui surat kuasa ini memberikan wewenang penuh kepada kakak saya yakni,

Nama                             : Liu Sika
Tempat/tanggal lahir : Banjarnegara, 09 Januari 1988
No. KTP                         : 8070980001
Alamat                           : Jl.Sukma Nomor 5 RT 009/009, Rawamangun, Jakarta Timur

Guna melakukan pengambilan BPKB sepeda motor saya merk Suzuki Adress Tipe UK110NE2P 115 CC Tahun 2019 warna hitam metalic bernomor polisi B 1117 SC di Adira Multi Finance Jakarta Timur. Demikian pembuatan surat kuasa ini dan kiranya dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 01 Maret 2020

Yang memberi kuasa,

Liu Fifin

Yang menerima kuasa,

Liu Sika

Surat Kuasa Pengambilan BKPB Lengkap

Surat Kuasa Pengambilan BKPB Lengkap

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB 

Saya yang bertanda tangan,

Nama                    : Lin Kaituo Arjunan
Alamat                  : Jl. Kelapa Dua Wetan Nomor 56 RT 009/008, Jakarta Timur
Nomor KTP         : 909087678890
Nomor Telepon  : 089532345678

Berikutnya disebut sebagai pihak pertama atau pemberi kuasa yang telah setuju untuk memberikan wewenang kepada pihak kedua yakni,

Nama                    : Lin Younian Bimasan
Alamat                 : Jl. Kelapa Dua Wetan Nomor 56 RT 009/008, Jakarta Timur
Nomor KTP        : 90908767899
Nomor Telepon : 089532345908

Guna melakukan pengambilan BPKB di PT. Astra Internasional Dinamika Multi Finance Cabang Jakarta Timur dengan rincian data sebagai berikut.

Nama BPKB           : Lin Kaituo Arjunan
Nomor Polisi         : B 9090 SC
Nomor Rangka     : KJ 1100 PD
Nomor Mesin       : JJ1100 FD
Tipe Unit               : UX110NE1P

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sadar dan semoga dapat digunakan dengan sebijaksana mungkin.

Jakarta, 01 Maret 2020

Pemberi kuasa

Lin Kaituo Arjunan

Penerima kuasa

Lin Younian Bimasan

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Cicilan

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Cicilan

SURAT KUASA

Dengan ini Saya bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Mega Intan Salsabila
Jenis kelamin     : Perempuan
Alamat                 : Jl. Karimun Selatan No. 12, Kota Medan
Pekerjaan            : Pegawai Negeri Sipil
No. telp               : 0823451929393

Di sini sebagai pihak pertama pemberi kuasa yang hendak memberikan kuasa penuh kepada saudara,

Nama                     : Bella Valencia Utami
Jenis Kelamin      : Perempuan
Alamat                  : Jl. Raya Permia Utara No. 23, Kota Medan
Pekerjaan             : Pegawai Swasta
No. Telp                : 082315678263

KHUSUS

Sehubungan dengan kendala yang saya alami, saya sebagai pihak pertama menyampaikan kuasa kepada saudari Bella Valencia Utami untuk mengambil BPKB Moto ratas nama Muhammad Alifuddin Akbar. Motor tersebut adalah Honda Vario125 Warna Putih dengan Nomor Plat NA 12234 GA dengan pembayaran yang belum lunas sepenuhnya.

Pengambilan BPKB perlu dilakukan dengan mengunjungi Kantor Adira Finance Jl. Raya Permia No. 23, Kota Medan dengan kwitansi sesuai jumlah pembayaran yang telah diserahkan. Selebihnya Saya bertanggungjawab jika ada risiko berkaitan dengan pemberian kuasa.

Demikianlah surat kuasa ini saya tulis dengan sebenarnya tanpa adanya paksaan pihak manapun yang bersangkutan dengan hal ini. Agar surat dapat dimanfaatkan sesuai dengan mestinya.

Medan, 12 Desember 2019
Pemberi Kuasa

Mega Intan Salsabila

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor yang Ada di Leasing

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor yang Ada di Leasing

SURAT KUASA

Dengan adanya surat penyerahan kuasa ini, maka saya yang bertanda tangan,

Nama                        : Putra Noer Rachman Salim
Jenis kelamin         : Laki-laki
Alamat                     : Jl. Kucing Anggora No. 23, Kecamatan Ledokwungu, Kabupaten Sumenep
Pekerjaan               : Karyawan Swasta
No. telp                   : 081867234876

Saya sebagai pihak pertama pemberi kuasa yang memberikan kewenangan kepada saudara ,

Nama                       : Ahmad Rahman Putra Sadewa
Jenis kelamin        : laki-Laki
Alamat                    : Jl. Kumis Kucing No. 19, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya
Pekerjaan               : Wiraswasta
No. telp                  : 083857765677

KHUSUS

Sehubungan dengan adanya permasalahan mendadak yang membuat saya tidak dapat mengambil BPKB di kantor leasing. Maka saya sebagai pihak pertama menyampaikan kuasa kepada saudara Ahmad Rahman Putra Sadewa untuk mengambil BPKB Motor atas nama Muhammad Alifuddin Akbar.

Motor tersebut adalah Honda Beat Street Warna Hitam dengan Nomor Plat NA 4433 GA yang cicilannya telah dibayar lunas. Saudara hanya perlu mengambilnya secara langsung di Kantor Leasing Adira Finance di JL. Soekarno Hatta No. 23, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya.

Jika ada risiko yang nantinya dialami oleh penerima kuasa maka saya sebagai pihak pertama bersedia bertanggungjawab. Demikianlah surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan mestinya.

Sumenep, 27 Desember 2019
Pemberi Kuasa

Putra Noer Rachman Salim

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Milik Perusahaan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Milik Perusahaan

PT. Indah Perkasa Sejahtera
Ruko Bunga Teratai Timur Blok 25A No. 2 Jl. Raya Soekarno Hatta Km. 2 Malang 65155
Telp. 0341 822655 Fax. 0341 823654 Mobile. 082654789276
Situs : www.indahperkasa.com Email. [email protected]


SURAT KUASA
Nomor : 19/SKu/PSAB/IIV/20

Saya bertanda tangan di bawah ini,

Nama                : Rahmat Putra Wirawan
Jenis kelamin : Laki-Laki
Alamat             : Jl. Raya Blimbing Utara No. 16, Kecamatan Pandanwangi, Kota Malang
Jabatan           : Direktur Utama PT. Indah Perkasa Sejahtera
No. telp           : 081673567245

Sebagai pihak pertama yang memberikan kuasa kepada saudara,

Nama                    : Rio Anggara Putra
Jenis Kelamin     : Laki-Laki
Alamat                 : Jl. Raya Soekarno Hatta No. 13, Kecamatan Lowokwaru, Malang 65155
Pekerjaan            : Pegawai Swasta
No. telp               : 082315678263

Sebagai pihak kedua penerima kuasa.

KHUSUS

Sehubungan dengan kendala yang dialami oleh pihak pertama, maka kami sampaikan kuasa kepada saudara Rio Anggara Putra untuk mengambil BPKB kendaraan milik PT. Indah Perkasa Sejahtera dengan rincian sebagai berikut.

Jenis Kendaraan : Honda Brio
Nomor Plat Kendaraan : NA 1234 BA
Warna Kendaraan : Hitam
Nomor Mesin : 8372827281
Nomor Rangka : 9827283982

Yang berada di Dealer Resmi Honda beralamat di Jl. Raya Jemursari No. 23 Blok 4A, Kota Surabaya. Pihak kedua diberikan kuasa untuk mengurus dan menerima dokumen penting seperti kwitansi pengambilan BPKB serta kepemilikan kendaraan atas nama PT. Indah Perkasa Sejahtera. Segala risiko yang nantinya ditimbulkan dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab pihak pertama sepenuhnya.

Demikianlah surat kuasa Saya buat dengan sebenarnya tanpa adanya paksaan pihak luar agar surat dapat dimanfaatkan sesuai dengan semestinya.

Malang, 12 Maret 2020
Pemberi Kuasa

Rahmat Putra Wirawan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dengan Materai

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dengan Materai

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                       : Nurindah Putri Nurmalasari
Jenis kelamin        : Perempuan
Alamat                    : Jl. Raya Makmur No. 23, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya
Pekerjaan               : Pegawai Swasta
No. telp                  : 08560825636

Sebagai pihak pertama yang memberikan kuasa kepada saudara,

Nama                      : Muhammad Agus Kurniawan
Jenis kelamin : Laki-Laki
Alamat : Jl. Permata Indah No. 14, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya
Pekerjaan : Pegawai Swasta
No. telp : 085673890765

KHUSUS

Sehubungan dengan adanya permasalahan mendadak, saya memberikan kuasa kepada pihak kedua untuk mengambil BPKB Mobil dengan rincian sebagai berikut.

Jenis Kendaraan                     : Daihatsu Xenia
Nomor Kendaraan                 : AG 1212 NA
Warna Kendaraan                  : Putih
Nomor Mesin                          : 987292837
Nomor Rangka                       : 182938292

Yang berada di dealer resmi Daihatsu berlokasi di Jl. Indah Permai No. 12, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Atas segala risiko yang nanti dialami oleh pihak penerima kuasa maka kami sebagai pemberi kuasa bersedia mempertanggungjawabkannya.

Demikianlah surat kuasa ini saya buat agar surat dimanfaatkan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 24 Januari 2020
Pemberi Kuasa

(Tanda Tangan di atas Materai)

Nurindah Putri Nurmalasari

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Terbaru Hari Ini

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Terbaru Hari Ini

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN BPKB SEPEDA MOTOR

Dengan ini, saya yang bertanda tangan,

Nama                              : Kuncoro Jati, S.Pd
Tempat/tanggal lahir : Kulon Progo, 27 Juni 1995
Pekerjaan                      : Karyawan Swasta
Alamat                           : Jl. Mega Mendung Nomor 26, Ubud, Bali

Memberikan kuasa kepada,

Nama                             : Sonya Morina, S.E
Tempat/tanggal lahir : Buah Batu, 27 Januari 1996
Pekerjaan                      : Wiraswasta
Alamat                           : Jl. Mega Mendung Nomor 26, Ubud, Bali

Agar dapat mengambilkan BPKB sepeda motor atas rincian sebagai berikut.

Atas nama             : Kuncoro Jati, S.Pd
Merk Kendaraan : Suzuki Nex II
Warna                   : Hitam Gloss
No. Rangka          : JJ567890
Tahun                   : 2019
CC Motor             : 115 cc
No. Polisi             : 98098569
No. Mesin           : DJK9089KL

Demikian surat kuasa pengambilan BPKB sepeda motor ini dibuat. Kiranya dapat digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Ubud, 29 Februari 2020

Pemberi Kuasa

Materai 6000

Kuncoro Jati, S.Pd

Penerima Kuasa,

Sonya Morina

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Terbaru Hari Ini

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Terbaru Hari Ini

SURAT KUASA PENGAMBILAN DOKUMEN BPKB MOBIL

Yang telah bertanda tangan di bawah ini,

Nama                : Putra Muezza
NIK                   : 1810090908970007
Pekerjaan        : Karyawan Swasta
Alamat             : Perumahan Ria Persada, Bogor

Dengan ini menyatakan pemberian kekuasaan penuh kepada,

Nama               : Rizki Chairul
NIK                  : 189009098000890
Pekerjaa         : Karyawan Swasta
Alamat           : Perumahan Griya Abadi, Bogor

Guna mengambil dokumen penting berupa BPKB mobil Toyota Avanza bernomor polisi F 1212 SC tahun 2019 di dealer resmi Toyota Bogor, Jalan Suci Nomor 23, Bogor. Demikian surat kuasa ini telah ditulis dengan baik, sadar dan sebenar-benarnya dan kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik.

Bogor, 29 Februari 2020

Pemberi Kuasa

Materai 6000

Putra Muezza

Penerima Kuasa

Rizki Chairul

Format dari contoh surat kuasa pengambilan BPKB di atas bisa kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk menulisnya secara formal dan legal sesuai dengan sifatnya. Sesuaikan dengan bahasa yang baku untuk menyerahkan kuasa kepada siapapun dari berbagai pihak.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Surat kuasa pengambilan uang berisikan perintah serupa yang diberikan oleh pemberi kuasa kepada penerima kuasa.

Surat kuasa tersebut bisa berupa pengambilan uang di bank, kantor, instansi, lembaga, organisasi maupun yayasan tertentu. Surat kuasa ini juga bisa mengarah kepada pengambilan uang beasiswa.

Surat Kuasa Guna Pengambilan Sejumlah Uang di Bank

Surat Kuasa Guna Pengambilan Sejumlah Uang di Bank

SURAT KUASA

Saya yang telah melakukan tanda tangan,

Nama                                : Nakula Bagus
Tempat/tanggal lahir    : Gadingrejo Utara, 27 Januari 1995
Alamat tinggal                : Jl. Puntadewa Nomor 55, Gadingrejo Utara, Manahan, Solo
Nomor KTP                    : 1890026708790008
Nomor Telepon             : 0271 895000

Berikutnya disebut sebagai pemberi kuasa. Kemudian, dengan ini menyatakan telah memberikan sebuah kuasa kepada,

Nama                                : Sadewa Gagah
Tempat/tanggal lahir    : Gadingrejo Utara, 27 Januari 1995
Alamat tinggal                : Jl. Puntadewa Nomor 55, Gadingrejo Utara, Manahan, Solo
Nomor KTP                    : 1890026708790009
Nomor Telepon              : 0271 895008

Berikutnya disebut sebagai penerima kuasa. Melalui surat ini, saya selaku pihak pertama atau pemberi kuasa menyatakan untuk memberikan secara penuh kuasa kepada saudara saya (penerima kuasa) guna melakukan pengambilan dana tunai sebesar Rp. 29.000.000,00 (dua puluh sembilan juta rupiah) pada rekening Bank BCA milik saya dengan menggunakan rincian data sebagai berikut.

Nomor Rekening                : 1530 98980
Atas Nama                           : Nakula Bagus
Nama Bank                         : PT. Bank Central Asia, Tbk.

Adapun segala hal yang menyangkut kerugian karena disebabkan oleh surat kuasa ini merupakan tanggung jawab saya sepenuhnya. Demikian surat kuasa ini saya tulis dengan benar dan dalam kondisi sadar. Semoga dapat bermanfaat dengan baik.

Gadingrejo Utara, 29 Februari 2020

Penerima Kuasa

Materai 6000

Nakula Bagus

Pemberi Kuasa

Sadewa Gagah

Surat Kuasa Pengambilan Bantuan Dana Beasiswa

Surat Kuasa Pengambilan Bantuan Dana Beasiswa

SURAT KUASA PENGAMBILAN BANTUAN DANA BEASISWA SISWA KURANG MAMPU

Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan seorang siswa penerima bantuan dana beasiswa siswa kurang mampu bernama Rachel Damayanti asal SDN 5 Gadingrejo Timur beralamat di Jalan Cik Encik Nomor 78, Desariah, Bandung. Dengan ini memberikan kuasa kepada ayah saya yakni:

Nama                      : Paino Heriyanto
NIK                         : 901000276989009
Pekerjaan              : Buruh
Alamat                   : Jalan Jaksa Nomor 67,Gadingrejo Timur, Desariah, Bandung

Guna melakukan pengambilan bantuan dana beasiswa siswa kurang mampu yang bernilai sebesar Rp.750.000,00 di Kantor Pos Gadingrejo Timur, Desariah, Bandung.

Bandung, 29 Februari 2020
Pemberi Kuasa

Abdul Qadir Jaelani

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Surat kuasa pengambilan paspor berisikan perintah serupa yang diberikan oleh pemberi kuasa kepada penerima kuasa.

Dengan adanya surat tersebut, penerima kuasa diizinkan untuk mengambil paspor sesuai dengan surat yang ada.

Surat Kuasa Pengambilan Paspor Terbaru

Surat Kuasa Pengambilan Paspor Terbaru

SURAT KUASA

Saya yang telah bertanda tangan di bawah ini,

Nama lengkap              : Dilruba Hafsheen Hazeera
Nomor KTP                  : 1810090908709909
Tempat/tanggal lahir : Bogor, 02 Agustus 1995
Alamat                           : Jl. Milea Adnan Husni No. 27, Perumahan Ria Persada, Bogor

Berikutnya disebut sebagai pihak pertama yang akan memberikan wewenang dan kuasa kepada pihak kedua yakni,

Nama lengkap               : Kim Jayanti
Nomor KTP                   : 18200268090004
Tempat/tanggal lahir : Bekasi, 27 Desember 1995
Alamat                           : Jl. Dilanda Mars No. 02, Perumahan Elok Sekali, Bogor

Untuk mengambilkan paspor atas nama Dilruba Hafsheen Hazeera dengan nomor passpor 22233344455 yang telah selelsai diurus beserta Visa Schengen-nya pada Kedubes Jerman di Jalan Tanah Arah No. 123, Menteng, Jakarta Pusat. Demikian surat ini ditulis dengan benar dan sadar. Semoga dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Bogor, 29 Februari 2020

Pemberi Kuasa

Materai 6000

Dilruba Hafsheen Hazeera

Penerima Kuasa

Kim Jayanti 

Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Surat Kuasa Pengambilan Paspor

SURAT KUASA PENGAMBILAN PASPOR

Saya yang telah bertanda tangan,

Nama                             : Siska Resmi Lisa
Nomor KTP                  : 1910089700040
Tempat/tanggal lahir : Sleman, 17 Agustus 1994
Alamat                          : Cebongan RT 009/010, Sleman, Yogyakarta

Berikutnya dinyatakan sebagai pihak pertama yang memberikan suatu kuasa kepada pihak kedua yakni,

Nama                             : Rani Ajeng Scoriesta
Nomor KTP                  : 19100345000879
Tempat/tanggal lahir : Bantul, 06 Mei 1994
Alamat                           : Jambidan RT 010/011, Bantul, Yogyakarta

Agar sewaktu-waktu dapat melakukan pengambilan paspot dari pihak pertama di Kantor imigrasi Kelas 1, Cipinang Muara Jalan Mulawarman 99, Bogor. Demikian surat kuasa pengambilan paspor ini dibuat dengan baik dan sadar. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sleman, 29 Februari 2020

Pemberi Kuasa

Materai 6000

Siska Resmi Lisa

Penerima Kuasa

Rani Ajeng Scoriesta

Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Surat kuasa perwakilan merupakan salah satu jenis surat pelimpahan kuasa oleh pemberi kuasa kepada penerima kuasa guna berperan sebagai perwakilan tertentu.

Surat Kuasa Perwakilan Lengkap

SURAT KUASA

Yang telah melakukan tanda tangan,

Nama                             : Akhmad Ghozali
Kelas                              : M
NIM                                : 140324800
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 08 Desember 1997

Berkutnya disebut sebagai pihak pertama yang memberikan persetujuan pemberian kuasa dan wewenang kepada pihak kedua yakni,

Nama                             : Amri Kuncoro
Kelas                              : M
NIM                                : 120324801
Tempat/tanggal lahir : Bekasi, 09 Desember 1998

Guna mengambil hasil ujian kelulusan Sertifikat Bahasa Jerman dan fotokopinya milik pihak pertama di Program Studi Sastra Jerman, Fakultas Ilmu Bahasa dan Budaya, Universitas Negeri Jakarta. Demikian surat kuasa perwakilan ini dibuat dengan sadar dan semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jakarta, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Akhmad Ghozali

Penerima Kuasa

Amri Kuncoro

Surat Kuasa Perwakilan Terbaru

SURAT KUASA

Yang telah melakukan tanda tangan,

Nama                              : Sri Wijaya
Tempat/tanggal lahir : Karanganyar, 27 Februari 1989
Pekerjaan                      : Wiraswasta
Alamat                           : Jl.Mentari Nomor 98 RT 009/008, Karanganyar, Jawa Tengah

Melalui surat kuasa ini telah memberikan persetujuan penuh kepada,

Nama                             : Masayu Adiknya
Tempat/tanggal lahir : Karanganyar, 28 Maret 1992
Pekerjaan                      : Karyawan BUMN
Alamat                           : Jl.Mentari Nomor 98 RT 009/008, Karanganyar, Jawa Tengah

Guna melakukan penjualan kepada pihak lain dengan spesifikasi harga serta persyaratan yang telah ditetapkan sendiri yakni oleh penerima kuasa berupa sebidang tanah bernomor 90908080 seluas 1000 m2. Adapun alamat tanag tersebut di Jalan Mega Retakan Nomor 89 RT 010/001, Karanganyar, Jawa Tengah. Demikian surat kuasa perwakilan ini dibuat dengan benar dan kiranya bisa dimanfaatkan secara bijak.

Karanganyar, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Sri Wijaya

Penerima Kuasa

Masayu Adiknya

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang

Surat kuasa pengambilan barang memuat perintah serupa yang ditujukan kepada penerima kuasa dari pemberi kuasa.

Kiranya setelah menerima surat tersebut, penerima kuasa di perkenankan untuk melakukan pengambilan barang sesuai permintaan pemberi kuasa.

Surat Kuasa Pengambilan Barang Terbaru

SURAT KUASA

Yang telah bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Jennie Park
Jabatan                : Guru Bahasa Korea
NIP                       : 345678901
No. KTP/SIM     : 17890089893878889/23678902
Alamat                 : Jl.Manggis Nomor 7 RT 002/009, Cibinong, Bogor

Melalui ini menyerahkan surat kuasa penuh kepada,

Nama                 : Sujarwo Duta Ebin
Jabatan             : Guru Bahasa Korea
NIP                    : 890879010
No. KTP/SIM  : 1980026789087776/789076890
Alamat              : Jl.Nangka Nomor 8 RT 009/009, Cibinong, Bogor

Guna dapat mengambil dokumen penting berupa berkas soal Ujian Akhir Semester beserta lembar jawaban mata pelajaran Bahasa Korea pada tanggal 02 Maret 2020 pukul 09.00 WIB di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bogor. Demikian surat kuasa ini dibuat dan kiranya dapat digunakan dengan bijaksana.

Bogor, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Jennie Park

Penerima Kuasa

Sujarwo Duta Ebin

Surat Kuasa Pengambilan Barang Terlengkap

SURAT KUASA

Saya yang telah melakukan tanda tangan,

Nama            : Jessica Wang
Pekerjaan    : Karyawan Swasta
Alamat         : Jl. Suka Duka Nomor 56, RT 009/087, Kuningan, Jakarta

Berikutnya dapat disebut selaku pihak pertama yang hendak memberikan wewenang kepada,

Nama         : Sindara Wang
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat      : Jl. Suka Duka Nomor 56, RT 009/087, Kuningan, Jakarta

Berikutnya disebut sebagai pihak kedua. Melalui surat kuasa ini pihak pertama memberikan kuasa penuh kepada pihak kedua untuk melakukan pengambilan barang berupa satu unuit sepeda motor merk Suzuki tipe UK110NZEP2 di kantor Pegadaian Jakarta Timur. Adapun alamat kantor tersebut terletak di Jalan Matraman Raya Nomor 567, Jakarta Timur.

Demikian surat kuasa ini ditulis dan bisa digunakan dengan benar.

Jakarta, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Jessica Wang

Penerima Kuasa

Sindara Wang

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Surat kuasa pengambilan gaji berkaitan dengan perintah pengambilan gaji yang dibuat oleh pemberi kuasa kepada penerima kuasa.

Momen pengambilan gaji tentu merupakan waktu yang paling ditunggu oleh para karyawan, baik secara transfer maupun tunai.

Tetapi bagaimana jika tiba-tiba kamu terkendala suatu hal sehingga tidak bisa mengambil gaji? Tentu dibutuhkan orang lain agar bisa mewakili kamu.

Jangan khawatir, berikut adalah contoh surat kuasa pengambilan gaji yang bisa kamu tiru. Diharapkan usai menerima surat kuasa tersebut, penerima kuasa di perkenankan untuk melakukan pengambilan gaji sesuai permintaan.

Surat Kuasa Pengambilan Gaji Terbaru

SURAT KUASA

Yang telah melakukan tanda tangan di bawah ini,

Nama                              : Kim Ferdinand
Tempat/tanggal lahir  : Karangmalang, 14 Januari 1990
Tanda Pengenal           : KTP Nomor 560098709870006
Alamat                           : Jl.Deposito RT 009/008, Karangmalang,Sleman, Yogyakarta

Memberikan kuasa dan wewenang kepada,

Nama                             : Kim Fawzia
Tempat/tanggal lahir : Karangmalang, 15 Januari 1993
Alamat                           : Jl.Deposito RT 009/008, Karangmalang, Sleman, Yogyakarta

Guna keperluan pengambilan gaji gantungan dari PT. Sejahtera Mobil Cemerlang, Sleman, Yogyakarta. Demikian surat kuasa ini dibuat dengan baik, benar dan dalam kondisi sadar.

Karangmalang, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Kim Ferdinand

Penerima Kuasa

Kim Fawzia

Surat Kuasa Pengambilan Gaji Terlengkap

SURAT KUASA

Yang telah melakukan tanda tangan,

Nama                                   : Marfuatus Sa’adah
Nomor KTP                        : 1230076589030009
Nomor Induk Karyawan : 2345678
Tempat/tanggal lahir      : Surakarta, 26 Februari 1990
Pekerjaan                           : Karyawan Swasta
Alamat                                : Jl. Mega-Mega Nomor 67, Surakarta, Jawa Tengah

Memberikan kuasa penuh yang sah kepada,

Nama                              : Sinta Purwanti
Nomor KTP                   : 9018909263578490187
Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 27 Agustus 1995
Pekerjaan                      : Karyawan BUMN
Alamat                           : Jl.Mega-Mega Nomor 67, Surakarta, Jawa Tengah

Guna mengurus serta melakukan pengambilan gaji Marfuatus Sa’adah bulan Februari 2020 dikarenakan pemberi kuasa sedang mengalami sakit yang mengharuskan di rawat oleh rumah sakit. Demikian surat kuasa ini dibuat dan semoga bisa dimanfaatkan secara bijaksana.

Surakarta, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Marfu’atus Sa’adah

Penerima Kuasa

Sinta Purwanti

Surat Kuasa Pengambilan Gaji Secara Tunai

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap                 : Putra Lesmana
Nomor KTP                     : 33283728377373
Tempat, tanggal lahir   : Malang, 8 Juli 1979
Jabatan                            : Kepala Gudang
Alamat lengkap              : Kampung Kuta, RT 1 RW 1. Singosari – Malang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa secara penuh untuk melakukan pengambilan gaji tunai periode Januari 2020, kepada:

Nama lengkap                     : Suhartanto
Nomor KTP                         : 332129312731273
Tempat, tanggal lahir        : Malang, 1 Januari 1975
Jabatan                                : Administrator Gudang
Alamat lengkap                  : Kampung Krasan, RT 3 RW 1. Sidorejo – Malang

Penyebab saya tidak dapat mengambil gaji karena saya sedang menderita penyakit Jantung, sehingga tidak berangkat ke kantor. Jika setelah Saudara Suhartanto mewakili saya dalam mengambil gaji terjadi kesalahan, maka saya yang akan bertanggung jawab.

Surat kuasa ini telah saya tulis dengan sebaik-baiknya dan dalam keadaan sadar, serta tanpa adanya dorongan atau paksaan dari siapapun, Dengan berakhirnya surat kuasa ini, saya mengucapkan terima kasih.

Malang, 1 Februari 2020

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)
Putra Lesmana

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)
Suhartanto

Surat Kuasa Pengambilan Slip Gaji

SURAT KUASA PENGAMBILAN SLIP GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap                              : Faizal Akbar Syahputra
Nomor KTP                                  : 3328093090993
Tempat, tanggal lahir                 : Surabaya, 6 Juli 1975
Jabatan                                         : RND
Alamat lengkap                           : Kampung Bulukumba, RT 11 RW 2. Wonorejo – Surabaya

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa secara penuh untuk melakukan pengambilan slip gaji atas nama Faizal Akbar Syahputra periode Maret 2019, kepada:

Nama lengkap                             : Ahmad Rifai
Nomor KTP                                 : 33208989727434
Tempat, tanggal lahir                : Surabaya, 1 Oktober 1985
Jabatan                                        : Administrator RND
Alamat lengkap                          : Kampung Susukan, RT 3 RW 2. Wonorejo – Surabaya

Pembuatan surat kuasa ini disebabkan saya sedang berada di luar kota selama 1 minggu, sehingga tidak memungkinkan untuk berangkat ke kantor dan mengambil slip gaji. Apabila kemudian terjadi suatu kesalahan berkaitan dengan wewenang ini, saya akan bertanggung jawab dengan sepenuhnya.

Saya telah menulis kuasa ini dalam keadaan sehat dan sadar, tanpa adanya paksaan maupun dorongan dari siapapun. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Surabaya, 1 April 2019

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Faizal Akbar Syahputra

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Ahmad Rifai

Contoh Surat Kuasa Perubahan Rekening Gaji

SURAT KUASA PERUBAHAN REKENING GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama lengkap                           : Roberto Candra
Nomor KTP                                : 33200099999811
Tempat, tanggal lahir              : Rembang, 1 Mei 1975
Jabatan                                       : PPIC
Alamat lengkap                         : Rembang Regency, K-25. Cangkring – Rembang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa secara penuh kepada:
Nama lengkap                                    : Sella Zalianti
Nomor KTP                                        : 33200983973323
Tempat, tanggal lahir                       : Rembang, 1 Februari 1990
Pekerjaan                                            : Pengusaha
Alamat lengkap                                  : Rembang Regency, K-25. Cangkring – Rembang
Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung

Untuk menerima transfer gaji milik pemberi kuasa periode Mei 2019. Gaji dapat ditransfer ke rekening BNI nomor 214142555 atas nama Sella Zalianti. Saya meminta Sella Zalianti mewakili penggantian nomor rekening sementara karena rekening milik saya hilang, dan saat ini sedang dalam proses pemulihan dari pihak bank.

Jika terjadi hal-hal atas kuasa ini, maka saya akan bertanggung jawab secara penuh, dan Sella Zalianti tidak ikut bertanggung jawab atas hal apapun. Akhir kata, surat kuasa ini saya buat secara sadar, sehingga surat ini dapat digunakan sebaik-baiknya.

Surabaya, 1 Juni 2019

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Roberto Candra

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Sella Zalianti

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Proyek

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama lengkap                          : Sukimin
Nomor KTP                              : 332091893712834
Tempat, tanggal lahir             : Sukoharjo, 23 Mei 1959
Jabatan                                     : Kuli Bangunan
Alamat lengkap                       : Kampung Sarirejo, RT 5 RW 1. Bulusan – Sukoharjo

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa secara penuh kepada:
Nama lengkap                         : Zumrotun Nafiah
Nomor KTP                             : 33286e48916498
Tempat, tanggal lahir           : Sukoharjo, 11 Maret 1992
Pekerjaan                                : Pedagang
Alamat lengkap                      : Kampung Sarirejo, RT 5 RW 1. Bulusan – Sukoharjo Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung

Untuk menerima uang gaji milik saya saat bekerja membangun proyek perumahan selama 1 bulan. Pemberian kuasa dan wewenang ini disebabkan saya dalam keadaan sakit dan tidak dapat melakukan pengambilan uang gaji secara langsung.

Kesalahan yang datang setelah pelimpahan kuasa ini, akan menjadi tanggung jawab saya secara penuh. Surat kuasa ini dibuat secara sadar, serta tanpa paksaan dan tekanan dari siapapun. Atas perhatian dan pemaklumannya saya sampaikan terima kasih.

Sukoharjo, 12 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Sukimin

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Zumrotun Nafiah

Surat Kuasa Pengambilan Gaji Magang

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama lengkap                                         : Susanti
Nomor KTP                                             : 33208192734812
Tempat, tanggal lahir                           : Banjarnegara, 22 Juni 1998
Jabatan                                                    : Karyawan Magang
Alamat lengkap                                      : Kampung Sulih, RT 2 RW 3. Parangsari – Banjarnegara

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa secara penuh kepada:
Nama lengkap                           : Suliyah
Nomor KTP                               : 33286e48916498
Tempat, tanggal lahir              : Banjarnegara, 11 Mei 1956
Pekerjaan                                   : Pedagang
Alamat lengkap                         : Kampung Sulih, RT 2 RW 3. Parangsari – Banjarnegara Hubungan dengan pemberi kuasa : Ibu kandung

Untuk mengambil uang gaji milik saya saat magang di PT. Damatex selama 3 bulan. Pemberian kuasa ini disebabkan saya dalam keadaan sakit, sehingga tidak dapat mengambil uang gaji secara langsung.

Jika terjadi kesalahan data atau pun lainnya setelah kuasa ini, maka saya selaku pemberi kuasa siap bertanggung jawab. Saya membuat surat kuasa pengambilan gaji ini dalam keadaan sadar, serta tanpa dorongan pihak lain, demikian agar surat ini dapat digunakan secara baik.

Banjarnegara, 1 Maret 2019

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Susanti

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Suliyah

Contoh surat pengambilan gaji di atas bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan. Surat kuasa akan lebih baik jika dibuat dengan pengetikan komputer agar terlihat lebih formal.

Contoh Surat Kuasa untuk Ahli Waris

Contoh Surat Kuasa untuk Ahli Waris Terbaru

Surat kuasa ahli waris memuat pemberian warisan yang diberikan kepada pihak pertama (pemberi warisan) kepada pihak kedua (penerima warisan).

Pembuatan surat kuasa harus berdasarkan pada panduan khusus. Di antaranya yaitu terdapat identitas yang jelas dari orang yang memberi kuasa dan orang yang diberi kuasa, serta informasi detail harta kekayaan yang dimaksud.

Selain itu, harus dicantumkan juga tugas dan wewenang yang akan dilakukan oleh penerima kuasa, misalnya untuk menjual, menghibahkan, atau yang lainnya.

Informasi kekayaan harus jelas, dengan menyebutkan identitas sertifikat atau surat yang menyertainya. Jika harta berupa tanah atau bangunan, maka perlu dijabarkan batas-batas yang berdekatan dengan harta yang dimaksud. Agar kamu lebih paham, simak contoh-contoh di bawah ini.

Surat Kuasa Ahli Waris Terbaru 

SURAT KETERANGAN UNTUK AHLI WARIS

Kami yang telah bertanda tangan berikut ini merupakan ahli waris dari Bapak Awwaluddin Jatmiko. Melalui surat ini menerangkan bahwa Almarhum Bapak Awwaluddin Jatmiko yang bertempat tinggal di Jalan Sawo Jajar No. 123, Manahan, Solo telah meninggal di rumah dan dimakamkan di Manahan. Dari perkawinannya dengan istrinya yakni Mei Sinsin binti Ahmad telah melahirkan 3 anak yang masih hidup yakni:

  • Juni Jatmiko,
  • Agustus Jatmiko,
  • Juli Jatmiko.

Demikian Kami para ahli waris dari almarhum Bapak Awwaluddin Jatmiko. Jika di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan keterangan Ahli Waris ini, maka segala seuatunya telah menjadi tanggung jawab Kami sepenuhnya. Oleh karena itu, Kami bersedia dituntut hukum jika melakukan pelanggaran nantinya.
Para ahli waris:

  • Juni Jatmiko,
  • Agustus Jatmiko,
  • Juli Jatmiko.

Saksi-saksi:

  • Legiman Ketua RT 003.
  • Sudiman Ketua RT 002.
  • Paheman Ketua RT 004.

Telah tercatat di Kantor Desa Manahan, Solo dengan nomor 2511/I-A/Januari/2020. Tanggal 29 Februari 2020. Adapun rincian warisan dicantumkan di lampiran.

Camat Manahan

Drs. Yudi Yubakar

Lurah Manahan

H. Imron Syahid

Surat Kuasa Ahli Waris Singkat

SURAT KETERANGAN WARIS

Saya yang telah melakukan tanda tangan berikut,

Nama                 : Arjuna Wibisana
Umur                 : 40 Tahun
Pekerjaan         : Karyawan BUMN
Alamat              : Jl. Colombo No.34, Yogyakarta

Adalah benar merupakan satu-satunya ahli waris dari suatu perkahwinan tunggal antara Bapak Leonardo Wibisana dan Ibu Siti Wibisana. Demikianlah surat kuasa keterangan ahli waris ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Kiranya dapat di manfaatkan dengan bijak.

Yogyakarta, 29 Februari 2020

Mengetahui,

Drs.Fawzi Loko
Kepala Desa Madikuh

Yang menyatakan,

Drs.Joko Rimi
Camat Desa Madikuh

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Tanah

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Tanah
Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Tanah

Dalam warisan berupa tanah, tentu jika melibatkan surat kuasa dalam pembagiannya akan terasa sangat efektif untuk tidak diperdebatkan di kemudian hari. Berikut adalah contoh surat kuasa tanah terbaru.

SURAT KUASA AHLI WARIS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, sebagai ahli waris dari Almarhum Bapak Sutarno

Nama lengkap                               : Siti Khadijah
Nomor KTP                                   : 332405505666777
Tempat, tanggal lahir                 : Solo, 7 Januari 1970
Pekerjaan                                      : Karyawan Swasta
Hubungan dengan Almarhum : Anak kandung kedua
Alamat lengkap                           : Kompleks Bunga Melati Regency, R-5. Sanggrahan – Solo

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada:

Nama lengkap                                     : Amalia Okta Prameswari
Nomor KTP                                         : 3323330001234
Tempat, tanggal lahir                        : Solo, 16 Agustus 1985
Pekerjaan                                             : Pedagang
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara kandung
Alamat lengkap                                  : Perumahan Dahlia Indah, K-20. Singosari – Solo

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, saya akan memberikan kuasa dan wewenang kepada penerima kuasa. Adapun wewenangnya adalah untuk dapat mengurus hal-hal yang berkaitan dengan penjualan harta warisan peninggalan Almarhum Bapak Sutarno yang meninggal dunia pada tanggal 27 November 2005.

Harta warisan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah yang disertai dengan bangunan rumah di atasnya. Tanah dan rumah tersebut memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 01-003-2000 atas nama Sutarno.

Luas tanah tersebut sebesar 2500 meter persegi, sedangkan bangunan rumah di atasnya seluas 1500 meter persegi.

Tanah serta bangunan rumah tersebut beralamat di Perumahan Dahlia Indah, blok P nomor 23, Desa Sidorejo, Kecamatan Sanggrahan, Kota Solo. Tanah dan bangunan rumah memiliki batas-batas yaitu, di sebelah barat adalah kebun jagung, sebelah timur adalah rumah lantai 2, sebelah utara adalah jalan desa, dan di sebelah selatan adalah rumah.

Saya juga memberikan kuasa dan wewenang kepada penerima kuasa untuk menandatangani akta jual beli tanah, menerima uang pembayaran, sekaligus membuat bukti pembayaran berupa kwitansi, menjalani proses hukum dengan pihak ketiga yang terkait dengan warisan, serta melakukan proses lainnya.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan data yang sebenar-benarnya, tanpa paksaan dari pihak manapun agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Jika suatu saat terjadi gugatan dari pihak lain, maka saya selaku pemberi kuasa akan bertanggung jawab secara penuh. Adapun pejabat yang ikut tanda tangan dalam surat ini dibebaskan dari segala bentuk tuntutan hukum.

Dibuat di        : Solo
Pada tanggal : 5 Maret 2019

Pemberi kuasa,

(tanda tangan)

Siti Khadijah

Penerima kuasa,

(tanda tangan)

Amalia Okta Prameswari

Saksi I,

(tanda tangan)

M. Nasrullah, M.Hum

Saksi II,

(tanda tangan)

M. Ali Jaber, M.Hum

Diketahui,

Lurah Desa Sidorejo,
(tanda tangan) 
Sutikno, M.Pd M.
(stempel resmi)

Camat Kecamatan Sanggrahan,
(tanda tangan)
Nasikin Cahyo, M.Hum
(stempel resmi)

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris untuk Wakaf Tanah

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris untuk Wakaf Tanah
Contoh Surat Kuasa Ahli Waris untuk Wakaf Tanah

Berbeda lagi jika tanah yang diinginkan oleh ahli waris untuk diwakafkan. Tentu, ada beberapa kata-kata dan tujuan yang berbeda untuk membuat surat kuasa wakaf tanah. Simak contohnya:

SURAT KUASA AHLI WARIS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, sebagai ahli waris dari Almarhum Bapak M. Abdullah Kadir

Nama lengkap                                    : Sri Laila Sari
Nomor KTP                                        : 332407788364761
Tempat, tanggal lahir                       : Demak, 1 September 1959
Pekerjaan                                            : Pengusaha
Hubungan dengan Almarhum       : Anak kandung pertama
Alamat lengkap                                 : Kampung Losari RT 1 RW 2. Ngombak – Demak

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada

Nama lengkap                                     : Oki Setiawan
Nomor KTP                                         : 332335198982341
Tempat, tanggal lahir                        : Demak, 16 April 1988
Pekerjaan                                             : Karyawan Swasta
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara sepupu
Alamat lengkap                                  : Perum Demak Regency, blok A – 15. Karangsari – Demak.

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan bahwa, akan memberikan kuasa serta wewenang kepada penerima kuasa untuk mengurus hal hal yang berkaitan dengan wakaf harta warisan. Harta awarisan tersebut merupakan peninggalan Almarhum Bapak Abdullah Kadir yang telah meninggal pada tanggal 1 Maret 2009.

Adapun harta kekayaan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah kosong yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 01-123-2002 atas nama M. Abdullah Kadir. Luas tanah kosong tersebut sebesar 3000 meter persegi.

Tanah kosong tersebut beralamat di Jl. Randu Garut RT 2 RW 4, Desa Sidangkali, Kecamatan Karangsari, Kabupaten Demak. Tanah dan bangunan rumah tersebut memiliki batas-batas yaitu, di sebelah barat adalah sawah, sebelah timur adalah perumahan Bumi Karangsari Indah, sebelah utara adalah jalan raya Randu Garut, dan di sebelah selatan adalah Sungai Randu Garut.

Saya memberikan kuasa serta wewenang kepada penerima kuasa, agar mengurus dan menandatangani semua dokumen yang diperlukan untuk mewakafkan tanah warisan tersebut. Tanah warisan tersebut akan dibangun masjid guna kepentingan ibadah umat muslim secara umum.

Saya juga memberi wewenang kepada penerima kuasa untuk mengelola seluruh pembiayaan pembangunan masjid, sekaligus mengikuti prosedur hukum yang diperlukan.

Spesifikasi umum masjid yang akan dibangun yaitu masjid berukuran kurang lebih 2000 meter persegi, dan luas lahan untuk parkir kurang lebih 800 meter persegi, dan sisanya untuk taman. Bangunan masjid terdiri dari 2 lantai, serta terdapat ruangan untuk kepentingan majelis ilmu. Kontruksi detail bangunan telah dibuat oleh arsitek atas nama Bapak Ahmad Nasrullah.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan data yang sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di        : Demak
Pada tanggal : 7 Juni 2018

Pemberi kuasa,
(tanda tangan)
Sri Laila Sari

Penerima kuasa,
(tanda tangan)
Oki Setiawan

Saksi I,
(tanda tangan)
M. Subaidi, M.Hum

Saksi II,
(tanda tangan)
M. Yusuf Mansur, M.Hum

Diketahui

Lurah Desa Sidangkali,
(tanda tangan)
Hadi Wicaksono, M.Pd
(stempel resmi)

Camat Kecamatan Sidorejo,
(tanda tangan)
M. Nur Wahid, M.Hum
(stempel resmi)

Contoh surat kuasa ahli waris di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Meski susunan kalimatnya bersifat fleksibel, namun kamu tetap harus memerhatikan poin-poin penting yang harus dicantumkan.

Surat kuasa memiliki kekuatan hukum, jadi pastikan data-data yang ditulis telah benar.

Contoh Surat Kuasa Bank

Contoh Surat Kuasa Bank

Berurusan dengan dunia perbankan memang sangat sensitif dan rawan. Segala transaksi harus dilakukan sendiri dan tidak bisa diwakilkan, karena menyangkut data keuangan yang sifatnya pribadi.

Namun dalam kondisi darurat, transaksi boleh diwakilkan asalkan dengan surat kuasa yang jelas.

Surat kuasa yang digunakan untuk kepentingan transaksi di bank, harus disertai materai di dalamnya. Hal ini bertujuan agar surat kuasa memiliki legalitas di mata hukum.

Sehingga, jika suatu saat terjadi gugatan, surat kuasa tersebut bisa dipertanggung jawabkan sesuai hukum yang berlaku. Contoh-contohnya bisa kamu baca berikut ini.

Surat Kuasa Pengambilan Uang Tunai Bank BNI

SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG TUNAI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap               : Lely Puspita Dewi
Nomor KTP                   : 332830948476432
Tempat, tanggal lahir : Magelang, 8 Juni 1980
Pekerjaan                      : Karyawan Swasta
Alamat lengkap           : Kalikotes, RT 6 RW 1. Sidomukti – Magelang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa:

Dengan surat ini, saya akan memberikan kuasa sekaligus wewenang secara penuh untuk melakukan transaksi penarikan uang tunai dari Rekening Bank BNI nomor 326213123 Lely Puspita Dewi senilai Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) dari Bank BNI Cabang Kalikotes, kepada :

Nama lengkap                                     : Annisa Tri Astuti
Nomor KTP                                         : 3321237573372363
Tempat, tanggal lahir                        : Magelang, 1 Mei 1992
Pekerjaan                                             : Mahasiswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung
Alamat lengkap                                  : Kalikotes, RT 6 RW 1. Sidomukti – Magelang

Pelimpahan kuasa dan wewenang ini berdasarkan pada keadaan saya yang sedang dirawat di Rumah Sakit akibat penyakit Jantung yang saya derita, sehingga tidak bisa datang ke bank secara langsung. Jika suatu saat timbul gugatan dari pemberian kuasa dan wewenang ini, maka saya selaku pemberi kuasa siap untuk bertanggung jawab.
Surat kuasa ini saya buat dalam kondisi sadar dan sebenar-benarnya. Saya juga tidak mendapatkan paksaan dari siapapun, demikian surat kuasa ini agar digunakan dengan baik.

Magelang, 31 Januari 2020

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Lely Puspita Dewi

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Annisa Tri Astuti

Contoh Surat Kuasa Bank Mandiri

SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG TUNAI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap                       : Yoga Prasetya
Nomor KTP                           : 333234989472131
Tempat, tanggal lahir         : Kudus, 2 Juli 1980
Pekerjaan                              : Karyawan Swasta
Alamat lengkap                   : Kampung Rowosari RT 3 RW 6, Tempuran – Kudus

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan surat ini, saya akan memberikan kuasa sekaligus wewenang secara penuh untuk melakukan transaksi penarikan uang tunai dari Rekening Bank Mandiri dengan nomor 32817634172631 atas nama Yoga Prasetya senilai Rp. 9.000.000,- (sembilan juta rupiah) dari Bank Mandiri Cabang Tempuran, kepada :

Nama lengkap                                    : Shafa Putri Rosmalina
Nomor KTP                                         : 33212746186312731
Tempat, tanggal lahir                       : Kudus, 1 April 1993
Pekerjaan                                             : Mahasiswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung
Alamat lengkap                                  : Kampung Rowosari RT 3 RW 6, Tempuran – Kudus

Pelimpahan kuasa ini disebabkan oleh kecelakaan mobil yang saya alami, sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke bank secara langsung karena saya tengah berada di Rumah Sakit. Apabila kemudian muncul kesalahan dari pelimpahan kuasa dan wewenang ini, saya siap bertanggung jawab.

Atas perhatiannya, maka saya sampaikan terima kasih dan saya berharap surat ini bisa digunakan sebagaimana mestinya. Karena surat kuasa ini telah saya buat secara sadar dan apa adanya, tanpa paksaan dari siapapun.

Kudus, 1 Mei 2020

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Yoga Prasetya

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Shafa Putri Rosmalina

Surat Kuasa Jaminan Sertifikat Tanah

SURAT KUASA JAMINAN SERTIFIKAT TANAH

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap                      : Subaidi
Nomor KTP                          : 332009999987565
Tempat, tanggal lahir         : Demak, 2 Juli 1950
Pekerjaan                             : Pengusaha
Alamat lengkap                   : Kampung Kalikriyo RT 1 RW 12, Karanggeneng – Kudus

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan surat ini, saya akan memberikan kuasa sekaligus wewenang secara penuh untuk melakukan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah. Pengajuan pinjaman sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), dan jaminan sertifikat tanah tersebut bernomor 111/PNM/NT/2003. Transaksi pinjaman dilakukan di Bank BRI Cabang Karanggeneng-Kudus. Kuasa ini saya berikan kepada:

Nama lengkap                                     : Akilla Putri Septiani
Nomor KTP                                         : 3321872146127644
Tempat, tanggal lahir                       : Kudus, 1 Desember 1989
Pekerjaan                                            : Pedagang
Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung
Alamat lengkap                                  : Kampung Kalikriyo RT 1 RW 12, Karanggeneng – Kudus

Surat kuasa ini ditujukan pada Saudara Akilla, karena saya sedang dirawat di Rumah Sakit akibat penyakit gagal ginjal yang saya derita, sehingga saya tidak dapat hadir ke bank secara langsung. Gugatan maupun kesalahan yang muncul setelah ini, saya akan sepenuhnya bertanggung jawab.

Saya menulis surat kuasa ini secara sadar, dan dengan informasi sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak lain. Maka saya mengharapkan agar surat ini bisa digunakan sebaik-baiknya.

Kudus, 5 Agustus 2020

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Subaidi

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Akilla Putri Septiani

Surat Kuasa Jaminan Sertifikat Rumah

SURAT KUASA JAMINAN SERTIFIKAT TANAH

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama lengkap                     : Sutrisno
Nomor KTP                         : 332112312313131
Tempat, tanggal lahir        : Batang, 2 Januari 1955
Pekerjaan                             : Pengusaha
Alamat lengkap                   : Batang Regency, B-20. Protomulyo – Batang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan surat ini, saya akan memberikan kuasa sekaligus wewenang secara penuh untuk melakukan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah. Pengajuan pinjaman sebesar Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah), dan jaminan sertifikat rumah tersebut bernomor 333/PNM/NT/2001. Transaksi pinjaman dilakukan di Bank BNI Cabang Protomulyo-Batang. Kuasa ini saya berikan kepada:

Nama lengkap                                     : Haris Marzuki Wicaksono
Nomor KTP                                         : 332287461947144
Tempat, tanggal lahir                        : Batang, 25 Desember 1983
Pekerjaan                                             : PNS
Hubungan dengan pemberi kuasa : Anak kandung
Alamat lengkap                                  : Batang Regency, B-20. Protomulyo – Batang

Saya sedang dirawat di Rumah Sakit karena penyakit diabetes yang saya derita, sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke bank secara langsung. Maka saya menyerahkan kuasa ini sepenuhnya kepada anak kandung saya bernama Haris Marzuki Wicaksono.

Apabila muncul kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja, akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya selaku pemberi kuasa. Akhir kata, surat kuasa ini saya tulis dalam keadaan sadar, dan apa adanya tanpa paksaan dari siapapun.

Batang, 3 September 2019

Pemberi Kuasa,
(tanda tangan)

Sutrisno

Penerima Kuasa,
(tanda tangan)

Haris Marzuki Wicaksono

Meskipun ada beberapa Bank sudah menyiapkan format khusus untuk penulisan surat kuasa, namun contoh surat kuasa Bank ini bisa kamu jadikan referensi saat akan bertransaksi di Bank. Jangan lupa untuk menambahkan materai agar surat kuasa bisa dipertanggung jawabkan.

Contoh Surat Kuasa Tanah

Contoh Surat Kuasa Tanah

Ada beragam contoh surat formal yang berkaitan dengan penyerahan kuasa atas keperluan seseorang kepada orang lainnya yang bersangkutan dan dipercaya.

Surat tersebut adalah surat kuasa yang tergolong sebagai dokumen formal untuk mengurus beberapa hal secara materi seperti kekayaan, atau wewenang atas sesuatu seperti pada contoh surat kuasa tanah.

Kamu bisa membuat tulisan tentang surat resmi secara formal yang baik dan benar versi kamu sendiri. Namun yang terpenting adalah kamu harus memahami struktur serta format paling tepat selama menulis surat tersebut.

Kamu dapat melihat contoh surat kuasa tanah sebagai referensi sebelum menulisnya secara mandiri dengan menggunakan struktur dan susunan bahasa kamu.

Contoh Surat Kuasa Tanah Warisan

Surat Kuasa

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                        : Muhammad Zainal Mustaqim
Jenis kelamin         : Laki-Laki
NIK                           : 1102020201010
Alamat                     : Jl. Diponegoro Utara No. 14, RT. 15/ RW. 02, Kelurahan Permai, Kecamatan Jakala, Kota Sukolilo
Profesi / pekerjaan : Wiraswasta

Selanjutnya di sini sebagai pihak pertama yang hendak memberikan kuasa kepada saudara,

Nama                         : Nurul Huda Mustofa
Jenis kelamin           : Laki-Laki
Alamat                       : Jl. Bunga Mawar No. 12, RT. 01/RW. 01, Kelurahan Kaliurang, Kecamatan Mindi, Kota Sukolilo
Profesi / pekerjaan : Guru PNS

Selanjutnya berada di posisi pihak kedua penerima kuasa.

Dengan ini menyatakan bahwa pihak penerima kuasa sebagai ahli waris atas hak yang diberikan oleh pemberi kuasa sesuai dengan ketentuan No. 12/IX/11/2020 untuk menjual tanah warisan. Seperti yang sesuai dengan maksud pada Sertifikat Hak Milik (SHM) No. 22/A-2717 yang berada di alamat Jl. Diponegoro No. 65 RT. 08/ RW. 04, Kota Sukolilo.

Pemberian hak atas tindakan tersebut diatasnamakan pemberi kuasa yakni Bapak Muhammad Zainal Mustaqim. Sehingga penerima kuasa memiliki hak untuk menghadap kepada instansi berwenang yakni PPAT atau Notaris untuk menandatangani Akta Jual Beli. Sekaligus mengurus dokumen lainnya berkenaan dengan hak waris atas tanah tersebut.

Pihak penerima juga berhak untuk menerima uang pembayaran atas tanah tersebut setelah melakukan tindakan yang dibutuhkan secara legal dan formal. Atas berbagai penyelenggaraan acara diharapkan dapat mewujudkan maksud tersebut dengan baik.

Demikian surat kuasa ini kami tuliskan dengan perihal sebenarnya agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Semarang, 15 April 2019
Pemberi Kuasa,

Muhammad Zainal Mustaqim

Contoh Surat Kuasa Tanah Atas Hak Penuh Orang Lain

Surat Kuasa

Saya bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Rizaldi Adi Putranto
Jenis kelamin          : Laki-Laki
NIK                            : 13201929191911
Alamat                       : Jl. Langsep Timur No. 24, RT.05/RW.01, Kelurahan Permata Jingga, Kecamatan Ngadipuro Wetan, Kabupaten Kidul
Profesi / pekerjaan : Karyawan Swasta

Di sini sebagai pihak pertama hendak memberi kuasa kepada,

Nama                        : Seto Wahyu Hidayat
Jenis kelamin         : Laki-Laki
Alamat                     : Jl. Melati Merah No. 13, RT. 11/RW. 06, Kelurahan Kecipung, Kecamatan Una Baru, Kabupaten Kidul
Profesi / pekerjaan : Karyawan Swasta

Selanjutnya sebagai pihak kedua di posisi penerima kuasa.

Memberikan kuasa untuk melakukan penjualan atas sebidang tanah di Jl Raya Ciganjur No. 12 KM 24. 5, Kelurahan Cingkureng, Kecamatan, Una Baru, Kabupaten Kidul dengan luas 120 m2 (seratus dua pulum meter persegi). Kuasa dapat dijalankan atas hak dan tanggung jawab secara penuh oleh pihak kedua dengan penetapan secara mandiri.

Segala hal terkait risiko yang nantinya dapat ditimbulkan karena pemberian kuasa tersebut menjadi tanggung jawab kedua belah pihak. Atas dasar kesepakatan yang telah didiskusikan sebelumnya.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya tanpa adanya paksaan pihak lain agar dimanfaatkan sesuai dengan mestinya.

Madura, 21 Januari 2020
Pemberi Kuasa,

Rizaldi Adi Putranto

Contoh Surat Kuasa Tanah Daerah Perkotaan

Surat Kuasa

Dengan ini saya bertanda tangan atas nama,

Nama                            : Ahmad Riko Pratama Dirga
Jenis kelamin             : Laki-Laki
NIK                               : 01010000230918
Alamat                         : Jl. Merah Silu No. 25, RT.02/RW.02, Kelurahan Batu Agung, Kecamatan Kliyep, Kabupaten Ponorogo
Profesi / Pekerjaan  : Wiraswasta

Saya sebagai pihak pertama yang memberikan kuasa kepada,:

Nama                         : Ilham Aril Pradana
Jenis kelamin           : Laki-Laki
Alamat                       : Jl. Melati No. 22, RT. 01/RW. 12, Kelurahan Macan Kuning, Kecamatan Kliyep, Kabupaten Ponorogo
Profesi / pekerjaan : Karyawan Swasta

Selanjutnya sebagai pihak kedua yang menerima kuasa.

Pihak kedua dimaksudkan agar melakukan proses transaksi jual beli tanah dengan pihak terkait sesuai harga serta syarat dan ketentuan dari penerima kuasa. Transaksi dilakukan atas tanah dengan luas 200 m2 (dua ratus meter persegi) di Jl. Raya Kebon Ijo No. 12, Ponorogo. Bersamaan hal ini telah dilampirkan Sertifikat Hak Milik atas tanah tersebut.

Pemberian hak atas tindakan tersebut diatasnamakan pemberi kuasa yakni Bapak Muhammad Zainal Mustaqim. Sehingga penerima kuasa memiliki hak untuk menghadap kepada instansi berwenang yakni PPAT atau Notaris untuk menandatangani Akta Jual Beli. Sekaligus mengurus dokumen lainnya berkenaan dengan hak waris atas tanah.

Demikian surat kuasa ini telah kami buat sesuai dengan hal yang benar adanya agar dapat dipergunakan semestinya.

Ponorogo, 9 Mei 2020
Pemberi Kuasa,

Ahmad Riko Pratama Dirga

Contoh Surat Kuasa Tanah Milik Orang Tua

Surat Kuasa

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Muhammad Arif Ramadhana
Jenis kelamin           : Laki-Laki
NIK                             : 012022200011101
Alamat                       : Jl. Kampoeng Utara No. 11, RT. 07/ RW. 01, Kelurahan Sejuk Alam Kecamatan Bulusari, Kabupaten Trenggalek
Profesi / pekerjaan : Wiraswasta

Sebagai pihak pertama yang memberikan kuasa kepada,

Nama                         : Ibrahim Nurul Ismail
Jenis kelamin          : Laki-Laki
Alamat                      : Jl. Lembayung No. 24, RT. 03/RW. 05, Kelurahan Sejuk Alam, Kecamatan Bulusari, Kabupaten Trenggalek
Profesi / pekerjaan : Wiraswasta

Selanjutnya sebagai pihak kedua yaitu penerima kuasa.

Dengan ini memberikan hak untuk menjual sebidang tanah dengan ukuran 250 m2 (dua ratus lima puluh meter persegi) yang bersertifikat SHM dengan nomor 245 seri 142 kepada putra tunggal saya, Ibrahim Nurul Ismail. Tanah tersebut berlokasi di Jl. Lembayung No. 03 RT.03/RW.05, Kelurahan Sejuk Alam, Kecamatan Bulusari, Kabupaten Trenggalek.

Pemberian hak tersebut alangkah baiknya untuk digunakan dengan semestinya oleh putra saya tanpa ada pihak manapun yang mengganggu gugat. Segala hal yang menjadi risiko atas pelimpahan kuasa ini telah menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikian surat kuasa ini Saya tulis dengan sebenarnya tanpa campur tangan pihak manapun.

Trenggalek, 19 April 2020
Pemberi Kuasa,

Muhammad Arif Ramadhana

Penulisan umum surat yang sering digunakan untuk penyerahan kuasa sebenarnya bisa tidak dibuat benar-benar mirip atau sama seperti contoh surat kuasa tanah di atas.

Hal ini karena penulisan di atas hanya bersifat umum pada format serta struktur susunan suratnya saja.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Ijazah merupakan dokumen penting bagi setiap siswa maupun mahasiswa. Namun terkadang, momen pengambilan ijazah bisa saja terkendala dengan beberapa hal, misalnya kesibukan lain atau pun yang bersangkutan tengah sakit.

Dalam menuliskan surat kuasa, kamu harus menyebutkan data-data secara jelas. Terutama yang berkaitan dengan data dari pemberi dan penerima kuasa.

Jangan lupa untuk menerangkan tugas atau wewenang apa yang harus dilakukan oleh penerima kuasa.

Maka untuk bisa tetap mengambil ijazah, diperlukan adanya surat kuasa. Contoh surat kuasa pengambilan ijazah bisa kamu pelajari di bawah ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMA

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama lengkap                : Nur Yanti Khasanah
Nomor KTP                    : 3324741412474
Tempat, tanggal lahir  : Semarang, 5 Mei 2001
Pekerjaan                       : Siswa
Alamat lengkap            : Semarang Regency, B-15. Jl. Diponegoro Raya-Semarang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada,

Nama lengkap                                    : Renata Aprilia Putri
Nomor KTP                                        : 33200887326443
Tempat, tanggal lahir                       : Jakarta, 7 Januari 2001
Pekerjaan                                            : Siswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara sepupu
Alamat lengkap                                  : Semarang Regency, E-3. Jl. Diponegoro Raya-Semarang

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, memberikan kuasa kepada Saudara Renata untuk mengambil ijazah atas nama Nur Yanti Khasanah di SMA N 2 Semarang, lengkap beserta fotokopi yang telah dilegalisasi. Selain itu, Saudara Renata juga berwenang menandatangani dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Demikian surat kuasa ini saya buat, agar dapat digunakan untuk kepentingan sebagaimana mestinya.

Semarang, 3 Juni 2020
Yang memberi kuasa,

(tanda tangan)

Nur Yanti Khasanah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Sarjana

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama lengkap              : Budi Santosa Hadi
Nomor KTP                  : 33289863276152
Tempat, tanggal lahir : Pati, 6 Agustus 1997
Pekerjaan                      : Mahasiswa
Alamat lengkap            : Bukit Gunung Pati, B-15. Jl. Ahmad Yani 50 – Semarang

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada

Nama lengkap                                     : Cecilia Alecia Dewi
Nomor KTP                                         : 33234736482349
Tempat, tanggal lahir                        : Surabaya, 11 Mei 1998
Pekerjaan                                             : Mahasiswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara sepupu
Alamat lengkap                                  : Bukit Gunung Pati, B-10. Jl. Ahmad Yani 50 – Semarang

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, memberikan kuasa kepada Saudara Cecilia untuk mengambil ijazah atas nama Budi Santosa Hadi di kampus Universitas Negeri Semarang, lengkap dengan fotokopi yang telah dilegalisasi. Selain itu, Saudara Cecilia juga berwenang menandatangani surat-surat penting jika hal tersebut diperlukan.

Demikian surat kuasa ini saya buat, agar dapat digunakan untuk kepentingan sebagaimana mestinya.

Semarang, 3 Oktober 2020
Yang memberi kuasa,

(tanda tangan)

Budi Santosa Hadi

Surat Kuasa untuk Mengambil Ijazah Diploma

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama lengkap                     : Agra Sulistiawan
Nomor KTP                         : 332998877213313
Tempat, tanggal lahir       : Bandung, 7 April 1997
Pekerjaan                            : Mahasiswa
Alamat lengkap                 : Bandung Regency, K-35. Jl. Teuku Umar Raya – Bandung

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada

Nama lengkap                                     : Ari Wibowo
Nomor KTP                                         : 332322232455656
Tempat, tanggal lahir                        : Bandung, 11 Desember 1994
Pekerjaan                                             : Mahasiswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara kandung
Alamat lengkap                                  : Bandung Regency, K-35. Jl. Teuku Umar Raya – Bandung

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, memberikan kuasa kepada Saudara Ari Wibowo untuk mengambil ijazah Diploma atas nama Agra Sulistiawan di kampus Universitas Negeri Bandung, lengkap dengan fotokopi yang telah dilegalisasi. Selain itu, Saudara Ari Wibowo juga berwenang menandatangani surat-surat penting jika hal tersebut diperlukan.

Demikian surat kuasa ini saya buat, agar dapat digunakan untuk kepentingan sebagaimana mestinya.

Semarang, 3 November 2020
Yang memberi kuasa,

(tanda tangan)

Agra Sulistiawan

Surat Kuasa untuk Mengambil Ijazah Magister

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama lengkap                   : Reza Putra Kurniawan
Nomor KTP                       : 3320007777122
Tempat, tanggal lahir      : Garut, 9 April 1997
Pekerjaan                           : Mahasiswa
Alamat lengkap                 : Kampung Rambutan, RT 1 RW 2. Cileungsi – Garut

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada

Nama lengkap                                      : Asep Nur Wahid
Nomor KTP                                          : 3329898986312
Tempat, tanggal lahir                        : Garut, 11 Februari 1993
Pekerjaan                                             : Mahasiswa
Hubungan dengan pemberi kuasa : Saudara kandung
Alamat lengkap                                   : Kampung Rambutan, RT 1 RW 2. Cileungsi – Garut

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, memberikan kuasa kepada Saudara Asep Nur Wahid untuk mengambil ijazah Magister atas nama Reza Putra Kurniawan di kampus Universitas Negeri Garut, lengkap dengan fotokopi yang telah dilegalisasi. Selain itu, Saudara Asep Nur Wahid juga berwenang menandatangani dokumen penting jika hal tersebut diperlukan.

Demikian surat kuasa ini saya buat, agar dapat digunakan untuk kepentingan sebagaimana mestinya.

Semarang, 3 November 2020
Yang memberi kuasa,

(tanda tangan)

Reza Putra Kurniawan

Surat Kuasa untuk Mengambil Ijazah Ahli Madya

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama lengkap                  : Lilis Silva Yuliani
Nomor KTP                       : 332923971271813
Tempat, tanggal lahir      : Yogyakarta, 1 Maret 1999
Pekerjaan                           : Mahasiswa
Alamat lengkap                : Ngombak, RT 11 RW 2. Gunung Kidul – Yogyakarta

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada:

Nama lengkap                                    : Siti Zualikha
Nomor KTP                                        : 3321731897313232
Tempat, tanggal lahir                       : Wonogiri, 17 Mei 1955
Pekerjaan                                             : Pedagang
Hubungan dengan pemberi kuasa : Orang Tua Kandung
Alamat lengkap                                  : Ngombak, RT 11 RW 2. Gunung Kidul – Yogyakarta

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan dengan ini, memberikan kuasa kepada Ibu Siti Zualikha untuk mengambil ijazah Ahli Madya atas nama Lilis Silva Yuliani di kampus Akademi Kebidanan Yogyakarta, lengkap dengan fotokopi yang telah dilegalisasi. Selain itu, Ibu Siti Zulaikha juga berwenang menandatangani surat tanda terima dari pihak kampus.

Demikian surat kuasa ini saya buat, agar dapat digunakan untuk kepentingan sebagaimana mestinya.

Semarang, 3 Desember 2020
Yang memberi kuasa,

(tanda tangan)

Lilis Silva Yuliani

Contoh surat kuasa pengambilan ijazah di atas bisa langsung kamusalin. Kamu hanya perlu mengganti identitas serta beberapa kalimat sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan lupa mengecek ulang data pribadi baik yang memberikan kuasa maupun pemberi kuasa, sebelum surat kuasa tersebut diberikan. Selamat mencoba!

Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK

Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK

Surat kuasa perpanjangan STNK berisi perintah serupa dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Nantinya, penerima kuasa diperkenankan untuk melakukan perpanjangan STNK sesuai dengan permintaan pemberi kuasa.

Surat Kuasa Perpanjangan STNK Singkat

SURAT KUASA

Saya yang telah bertanda tangan di bawah ini,

Nama                              : Ify Kalika Kalika
Tempat/tanggal lahir : Yogyakarta, 16 November 1986
Tanda pengenal           : KTP 98987676543421
Alamat                           : Jl. Haji Wirangun Nomor 67, Yogyakarta

Berikutnya disebut sebagai pihak pertama yang kemudian memberikan kuasa penuh kepada pihak kedua yakni,

Nama                             : Yohanna Erfan
Tempat/tanggal lahir : Yogyakarta, 10 November 1986
Tanda pengenal           : KTP 98987676543499
Alamat                           : Jl. Haji Wirangun Nomor 67, Yogyakarta

KHUSUS

Guna mengajukan permohonan serta pengurusan STNK dan Pajak hingga selesai pada instansi berwenang. Adapun sepsfikasinya ialah sebagai berikut.

Merk/Type                 : Suzuki/UK110NZEP2
Tahun pembuatan    : 2019
Isi silinder/HP          : 115 CC
Warna kendaraan    : Hitam Titan
Nomor rangka          : KJ6789P
Nomor mesin           : DC78990X

Demikian surat kuasa ini dibuat. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Yogyakarta, 29 Februari 2020

Pemberi Kuasa

Ifi Kalika Kalika

Penerima Kuasa

Yohanna Erfan

Surat Kuasa Perpanjangan STNK Terbaru

SURAT KUASA

Saya yang telah bertanda tangan,

Nama                          : Dara Yuni Astuti
Jenis Kelamin           : Perempuan
Pekerjaan                  : Karyawan Swasta
No. KTP/SIM           : 18900276098760009/256789
Alamat                       : Jalan Kejaksaan No. 21, Kampung Rambutan, Jakarta Timur
Nomor Telepon       : 0897 9090 0098

Melalui surat kuasa ini telah memberikan wewenang dan persetujuan guna perpanjangan STNK di SAMSAT Kampung Rambutan, kepada saudara berikut.

Nama                       : Rafa Amalia
Jenis Kelamin        : Perempuan
Pekerjaan                : Karyawan BUMN
No. KTP/SIM         : 190026758960005/265798
Alamat                     : Jalan Timur Tengah No. 22, Kampung Rambutan, Jakarta Timur

Demikianlah surat kuasa perpanjangan STNK ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Harap maklum dan pergunakan surat kuasa ini dengan bijak.

Kampung Rambutan, 01 Maret 2020

Pemberi Kuasa

Dara Yuni Astuti

Penerima Kuasa

Rafa Amalia

Cara Mencabut Surat Kuasa

Cara Mencabut Surat Kuasa

Tahukah kamu bahwa surat kuasa ternyata bisa dicabut. Akan tetapi, untuk mencabut surat kuasa kamu tidak boleh sembarangan.

Kamu harus benar-benar memperhatikan bagaimana pencabutan surat kuasa dengan baik dan benar. Pastikan bahwa surat kuasa tersebut tidak bersifat maupun mengandung muatan bahwa surat tersebut tidak dapat dicabut kembali.

Sama halnya dengan pembuatan surat kuasa, untuk mencabut surat kuasa kamu juga bisa menuliskan suratnya. Contoh surat pencabutan kuasa ialah seperti berikut.

SURAT PENCABUTAN KUASA

Jakarta, 01 Maret 2020
Kepada Yth,
Sdr. Atria Avan Djumantoro
Jl. Anggur Nomor 66 RT 009/010, Kampung Aren, Jakarta Timur
Perihal: Pencabutan Kuasa

Dengan hormat,

Berkenaan dengan surat kuasa:

Nomor                          : 89899090
Tanggal                        : 20 Desember 2019
Pemberi Kuasa           : Rio Simorangkir
Penerima Kuasa         : Atria Avan Djumantoro
Isi Pemberian Kuasa : Perwakilan penjualan sebidang tanah milik Rio Simorangkir

Maka dengan ini saya sampaikan bahwa saya selaku pihak pemberi kuasa resmi mencabut kembali pemberian kuasa tersebut. Dengan dilakukannya upaya pencabutan surat kuasa ini, maka semenjak diterimanya lembaran ini maka saudara Atria Avan Djumantoro tidak lagi berstatus sebagai pihak penerima kuasa. Demikian pemberitahuan ini dibuat dengan sadar dan kiranya harap maklum.

Hormat saya,

Rio Simorangkir

Adanya contoh surat kuasa dari theinsidemag kiranya dapat menjadi gambaran bagi kamu khususnya yang masih merasa bingung tentang bagaimana cara pembuatannya.

Pastikan sebelum membuat surat kuasa, kamu sudah tahu benar untuk apa tujuan pembuatannya. Bila perlu tambahkan materai 6000 dan cap tinta basah untuk memperkuat surat kuasa tersebut.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Pidato

Kusuma
4 min read

Teks Negosiasi

Kusuma
3 min read

Teks Prosedur

Kusuma
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *