Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Contoh Surat Obligasi

1 min read

Contoh Surat Obligasi

Mempelajari contoh surat obligasi bisa menjadi cara tepat untuk mempersiapkan diri sebelum mulai berinvestasi. Sebagai salah satu bentuk instrumen investasi, obligasi memang dinilai sangat menguntungkan.

Supaya tak salah langkah, mari cari tahu contoh bentuk obligasi yang beredar di masyarakat. Tapi, tahukah anda apakah obligasi halal?

Ragam Jenis Obligasi

Ragam Jenis Obligasi

Sebelum melihat contoh-contohnya, sebaiknya pahami dulu ragam jenis obligasi.

Surat utang ini ternyata terdiri dari beberapa jenis. Berikut akan dibahas jenis-jenis obligasi berdasarkan kategorinya:

1. Berdasarkan Penerbit

Dari sisi penerbit, ada 3 jenis obligasi yang beredar di masyarakat yaitu obligasi korporasi atau perusahaan, obligasi pemerintah, dan obligasi daerah. Obligasi korporasi merupakan satu-satunya surat utang yang diterbitkan pihak swasta. 

Sementara itu obligasi pemerintah dan obligasi daerah sebenarnya hampir sama. Hanya saja obligasi pemerintah lebih luas jangkauannya. Di Indonesia ada Obligasi Negara Ritel atau ORI yang diterbitkan 1 tahun sekali. 

Untuk obligasi daerah berarti diterbitkan oleh pemerintah daerah. Tujuan obligasi ini adalah untuk membantu kelancaran pembangunan. Dana hasil penjualan obligasi akan dikelola untuk pembangunan dan kepentingan daerah tersebut. 

Baca Juga: Pengertian Obligasi

2. Berdasarkan Nominal

Jika dilihat dari nominalnya, ada dua jenis obligasi. Pertama, obligasi konvensional dan yang kedua adalah obligasi ritel. Obligasi konvensional memiliki nilai besar kurang lebih Rp 1 miliar dan obligasi ritel dalam jumlah kecil, misalnya Rp1 juta. 

3. Berdasarkan Pembayaran Bunga

Berdasarkan sistem pembayaran bunganya, obligasi dibagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah jenis-jenis obligasi dengan sistem pembayaran bunga yang berbeda:

  • Obligasi kupon: surat utang yang memberi bunga secara berkala dalam bentuk kupon dengan nominal tertentu sesuai kesepakatan. 
  • Obligasi fixes coupon: surat utang dengan tingkat bunga yang tetap sampai jatuh tempo tiba. 
  • Obligasi floating coupon: surat utang dengan nilai bunga berubah tergantung indeks pasar. 
  • Zero coupon bond: surat utang tanpa bunga dan tidak harus dibayarkan berkala. 

4. Berdasarkan Imbal Hasil

Berdasarkan imbal hasilnya, ada dua jenis obligasi yaitu konvensional dan syariah. Untuk obligasi konvensional, imbal hasilnya berupa bunga yang dibayarkan secara periodik.

Sementara itu obligasi syariah menerapkan sistem bagi hasil tanpa unsur bunga yang mengandung riba. 

Baca Juga: Yield Obligasi Adalah

Contoh Surat Obligasi

Contoh Surat Obligasi

Saat ini ada banyak obligasi yang beredar di masyarakat. Sudah ada banyak investor yang menanamkan modalnya dalam bentuk obligasi. Berikut adalah beberapa contoh obligasi yang diterbitkan dan diperdagangkan lewat pasar modal:

  • SUN (Surat Utang Negara) : diterbitkan pemerintah menurut UU No.24/2002.
  • Sukuk korporasi: instrumen yang diterbitkan dengan prinsip syariah sesuai ketentuan Bapepam.
  • SBSN (Surat Berharga Syariah Negara): surat berharga dari pemerintah sesuai prinsip syariah Islam dan UU No.19/2008 tentang SBSN. 
  • EBA (Efek Beragun Aset): efek bersifat utang, diterbitkan oleh Underlying Aset.
  • Obligasi AB Sinar Mas Multifinance I Tahun 2020 Seri A: surat utang oleh perusahaan Sinar Mas.
  • Obligasi I BRI Agro Seri B 2017: surat utang oleh BRI.
  • Obligasi Berkelanjutan III Adira Finance Seri C: surat utang oleh Adira Finance. 
  • Surat Perbendaharaan Negara: obligasi tanpa bunga oleh pemerintah. 
  • Sukuk Negara Ritel: obligasi syariah oleh pemerintah.

Baca Juga : Syarat Menerbitkan Obligasi

Masih ada banyak lagi contoh surat obligasi yang diperdagangkan di pasar modal. Tentu saja setiap investor harus jeli melihat jenis obligasi yang akan dibeli. Selain itu harus ada perhitungan potensi imbal hasil sebelum melakukan pembelian.

Semua contoh surat obligasi yang disebutkan di sini bisa dijadikan sebagai referensi. Namun tetap harus melakukan analisis lebih jauh agar bisa mengetahui potensi yang diberikan.

Obligasi memang jenis investasi yang minim risiko namun harus dikelola dengan cermat demi meminimalkan kerugian. Demikian info obligasi dari web kami theinsidemag.com semoga bisa dijadikan referensi.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *