Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Daftar Saham IHSG

1 min read

Daftar Saham IHSG

Investor baru wajib tahu apa saja daftar saham IHSG yang layak diandalkan dan bisa memberi cuan melimpah. Pilihan saham bagi investor memang akan berpengaruh pada hasil cuan yang didapatkan.

Itulah mengapa butuh pertimbangan yang matang supaya investasi saham tidak berakhir merugikan. 

Apa Itu IHSG? 

Apa Itu IHSG? 

Sebelumnya pahami dulu apa itu IHSG. IHSG itu sendiri adalah kependekan dari Indeks  Harga Saham Gabungan. Jadi IHSG ini akan menunjukkan grafik saham yang merangkum pergerakan harga seluruh saham dalam bursa efek.

IHSG menjadi salah satu indikator penting bagi para investor atau pemilik modal dalam menggunakan dananya. Bisa dikatakan bahwa IHSG ini adalah sebuah rangkuman yang akan menunjukkan kinerja berbagai jenis saham. Pergerakan pasar juga lebih mudah dipantai lewat IHSG. 

Mudah saja untuk melihat IHSG karena investor hanya perlu mencarinya di search engine Google. Setiap hari selalu ada update terbaru IHSG yang menunjukkan seperti apa perubahan atau pergerakan harga berbagai jenis saham. 

Informasi dari IHSG nantinya akan menjadi acuan bagi investor untuk mengambil pilihan. Misalnya, investor akan membeli aset Rp2 ribu per lembar kemudian harga saham IHSG tercatat naik 200% dalam 5 tahun terakhir. Bisa dihitung potensi kenaikannya 5 tahun ke depan. 

Baca Juga: Daftar Saham Telekomunikasi

Saham Penggerak IHSG

Saham Penggerak IHSG

Dari sekian banyak saham yang beredar di bursa efek, ada beberapa jenis saham yang memiliki kekuatan lebih dan akhirnya menjadi saham penggerak IHSG. Berikut adalah daftar saham IHSG yang kemudian dikenal sebagai penggerak atau leader oleh para investor:

1. UNVR

Di posisi pertama ada saham dari PT Unilever Indonesia Tbk yang beredar di bursa efek dengan nama UNVR. Saham ini mengalami kenaikan harga sebesar 23,%. Cukup kuat dan layak untuk dijadikan pilihan saham dengan penghasilan cuan besar. 

UNVR juga tercatat menyumbangkan 13 poin terhadap IHSG. Nilai kapitalisasi pasar dari saham ini juga terbilang tinggi, mencapai angka Rp183 triliun. Tak heran jika UNVR menjadi salah satu saham kelas atas yang diburu oleh banyak orang. 

2. BEBS

Posisi kedua ditempati oleh BEBS dari PT Berkah Beton Sadaya Tbk. Saham ini juga memiliki catatan performa yang sangat bagus. Nilai saham BEBS melonjak drastis dengan angka 16,9% dan memberikan kontribusi sebesar 7,8 poin kepada IHSG.

Saham ini mungkin kurang populer di kalangan para pemula. Namun bagi para profesional atau investor yang sudah berpengalaman, saham ini dijadikan favorit. Nilai kapitalisasi market-nya juga terbilang tinggi yaitu Rp45 triliun. 

3. BYAN

Berikutnya ada saham dari PT Bayan Resources Tbk yang beredar dengan kode BYAN. Saham ini menyumbangkan 5,3 poin kepada IHSG dan nilainya meningkat 7,2%. Nilai kapitalisasi market yang dimiliki oleh aset BYAN ini juga sangat tinggi mencapai Rp151 triliun. 

4. ICBP

Saham yang satu ini memang sudah sangat populer dan sering dijadikan incaran para pemula. ICBP adalah saham dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Saham ini menunjukkan kenaikan nilai yang memuaskan yaitu 7,2%. 

ICBP telah memberikan kontribusi sebesar 3,3 poin kepada IHSG. Nilai kapitalisasi market yang dimiliki oleh saham ini adalah Rp95 triliun. Saham ICBP telah tercatat memiliki performa yang bagus dan layak untuk diandalkan. 

5. ITMG

Di urutan berikutnya ada ITMG dari PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Saham ini mendapatkan kenaikan harga senilai 11,7%. ITMG menyumbangkan poin 3,1 kepada IHSG dan memiliki nilai kapitalisasi market sebanyak Rp36 triliun. 

Itulah daftar saham IHSG yang menunjukkan kekuatan besar dan menjadi penggerak. Saham-saham ini layak untuk dijadikan pilihan jika ingin menghasilkan cuan lebih besar lewat investasi saham.

Namun ingat, posisi ini bisa terus berubah seiring dengan perubahan IHSG setiap harinya. Untuk mendapatakan nfo saham terkini simak web theinsidemag.com.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *