Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Daftar Saham Telekomunikasi

1 min read

Daftar Saham Telekomunikasi

Setidaknya diketahui ada 9 sektor emiten saham yang terdaftar di BEI, salah satunya adalah sektor infrastruktur dengan sub sektor telekomunikasi. Investor wajib mengetahui daftar saham telekomunikasi jika berniat untuk melakukan investasi pada pasar modal tersebut.

Saham telekomunikasi memiliki prospek yang cemerlang di tahun-tahun mendatang. Hal ini tidak terlepas dari masifnya pembangunan infrastruktur khususnya dalam bidang telekomunikasi.

Berikut daftar saham telekomunikasi yang memiliki kinerja bagus di tahun 2021, sehingga sangat menarik untuk dimiliki di tahun ini:

1. TLKM

Saham dari PT Telkom Indonesia Tbk  ini diberi kode TLKM dalam bursa saham. Merupakan perusahaan BUMN terbesar dalam sektor telekomunikasi. Telkom masih menguasai jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Kinerjanya yang bagus tercermin dari pencatatan pendapatan sebesar 106 T dengan laba 25 T pada akhir kuartal ketiga tahun 2021. Selain itu Telkom yang giat terus membangun jaringan dan jangkauan digitalnya membuat potensinya lebih unggul dari perusahaan telekomunikasi lainnya.

Telkom sudah melantai di bursa saham sejak 14 November 1995. Bagi investor yang mencari saham syariah, TLKM bisa menjadi salah satu emiten yang bisa dipertimbangkan.

2. EXCL

Emiten yang kedua adalah EXCL merupakan kode dari perusahaan swasta PT XL Axiata Tbk, yang sudah melantai di bursa saham sejak tahun 2005.

Saat ini pelanggan XL mengalami penurunan yang signifikan yaitu sekitar 1,9 juta. Namun meskipun demikian XL masih mengalami peningkatan keuntungan sebesar 2,9% per bulan.

Pendapatan terbesar dari XL Axiata berasal dari penjualan data yaitu mencapai 83% dari total penjualan XL, ini terjadi karena pertumbuhan trafik data yang meningkat 1,1 sepanjang kuartal pertama.

Baca Juga: Daftar Saham Properti Terbaik 

3. ISAT

PT Indosat Tbk memberi kode emiten sahamnya di lantai bursa dengan kode ISAT. Perusahaan ini melakukan merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia pada Juni tahun lalu.

Kegiatan merger ini akan memberikan dampak katalis positif untuk saham ISAT di masa mendatang.

ISAT menjadi salah satu saham terbaik pada tahun 2021 dengan nilai kapitalisasi mencapai 33,8 T. Perlu diketahui perusahaan ini sudah melantai di lantai saham sejak Oktober 1994, ii artinya sudah lebih dahulu dibandingkan dengan Telkom.

4. FREN

Smartfren Telecom Tbk sudah IPO di bursa saham Indonesia sejak 29 November 2006. Merupakan perusahaan swasta yang berhasil menguasai blok B senilai 176,9 M, yaitu pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk memperkuat jaringannya.

Pada tahun 2020 FREN mencatatkan kinerja yangs angat positif yang membukukan laba bersih yang cukup bagus. Investor juga bisa mempertimbangkan saham yang satu ini untuk mulai investasi di bidang telekomunikasi.

5. JAST

EMiten saham dari Jasnita Telekomindo ini sudah IPO sejak tahun 2019 di bulan Mei.  Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan alat besar dari peralatan telekomunikasi.

JAST akan melakukan penambahan modal guna menjalankan proyek aplikasi dan smart city dan pengembangan GPS. Perusahaan telah mengumumkan bahwa ide right issue ini sudah disetujui OJK dan akan mulai diperdagangkan sahamnya. Dengan proek barunya ini, maka prospek saham JAST akan sangat cemerlang ke depannya.

Itulah daftar saham telekomunikasi yang memiliki track record kinerja sangat baik di tahun 2021. Bagi investor yang tertarik melakukan investasi di sektor ini maka bisa memiliki salah satu emiten dari daftar di atas.

Jangan lupa cari data sebanyak-banyaknya tentang perusahaan terkait sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Lakukan analisis fundamental pada perusahaan tersebut untuk mendapatkan emiten saham terbaik.

Bacalah juga informasi tentang saham sebanyak-banyaknya sebelum melakukan investasi. Di website kami theinsidemag.com banyak informasi tentang investasi saham yang bisa dijadikan referensi dalam berinvestasi.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

/* */