Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Masuk Kamar Mandi

4 min read

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi harus Anda baca dan hapalkan, karena akan menjadikan pahala dan ditutupi dari adanya syaitan.

Sebagai muslim yang taat pastilah Anda ingin mengetahui mengenai adab di kamar mandi beserta doa masuk ke dalam kamar mandi.

Di dalam Islam, semua hal diatur dengan sedemikian rupa untuk menghindarkan diri dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya yakni adab untuk masuk ke kamar mandi. Islam sendiri, mengajarkan agar selalu membaca Doa ketika akan masuk atau keluar dari kamar mandi.

Hal ini mengingat bahwa kamar mandi itu sendiri menjadi salah satu tempat tinggal favorit para setan. Oleh sebab itu, sangat diwajibkan bagi Anda untuk membaca Doa masuk kamar mandi.

Doa masuk kamar mandi ini tentu sangatlah penting agar setan tidak mudah mengganggu dan melihat aurat Anda saat berada di kamar mandi.

Hadits Yang Menganjurkan Doa Masuk Kamar Mandi

Membaca Doa masuk kamar mandi menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan. Seperti yang diterangkan dalam hadits ke sebelas dari kitab Umdatul Ahkam yang berbunyi:

“Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam jika masuk ke WC, beliau mengucapka Doa:

Allohumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa its.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.” (HR. Bukhari , No: 142 dan Muslim, No: 375).

Dengan hadits yang telah dijelaskan diatas ini menandakan bahwa Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wa salam selalu berlindung kepada Allah SWT dimana pun beliau berada.

Tidak lupa pula bahwa beliau juga selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT dalam segala hal. Tentu saja, hal tersebut dilakukan agar beliau terhindar dari segala macam keburukan atau kejahatan yang datang dari hal najis.

Loading...

Kenapa Harus Membaca Doa?

Doa Masuk Kamar Mandi

Selain dijelaskan oleh hadits nabi, Syaikh Fu’ad bin Abdul Aziz rahimahullah yang berkata dalam kitabnya:

“Setan itu adalah musuh bagi manusia, dan ia tidak akan menyingkirkanmu dari permusuhan, gangguan, bahkan didapati tindakan buruk setan di dalam WC dan kamar kecil (untuk kencing), oleh karena itu syari’at datang dengan membawa segala perkara agar manusia (senantiasa) menjaga dirinya dan akalnya. Dan Allah mensyari’atkan manusia untuk senantiasa menjaga dzikir-dikir yang diperintahkan. (Kitabul Adab; Halaman 180).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah juga berkata:

“Sungguh telah ditetapkan kaidah-kaidah syari’at dalam segala perbuatan yang terhimpun di dalamnya (sebuah pilihan) antara kanan dan kiri. Maka mendahulukan yang kanan apabila perkara tersebut merupakan kemuliaan, seperti: wudhu, mandi, memulai dari arah kanan saat bersiwak, mencabut bulu ketiak dan begitu juga seperti memakain pakaian, memakai sandal, naik kendaraan, masuk masjid, masuk rumah, keluar dari kamar mandi dan semisal hal itu. Adapun mendahulukan yang kiri dulu apabila perkara tersebut lawan dari kemuliaan, seperti: masuk kamar mandi/WC, melepas sandal dan keluar masjid.” (Al Fatawa, 21/108-109 dan Kitabul Adab – Fu’ad bin Abdul Azi, Halaman: 180).

Adab/Tata Cara Masuk ke Kamar Mandi/WC

Adab Berada di Kamar Mandi

Selain membaca Doa masuk kamar mandi wajib untuk Anda lakukan, ternyata saat Anda masuk ke kamar mandi juga ada beberapa adab yang wajib untuk Anda jalani.

Tentu saja, beberapa adab atau tata cara masuk ke dalam kamar mandi tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Nah, apa sajakah adab atau tata cara masuk ke kamar mandi? Berikut penjelasannya untuk Anda.

  1. Masuk Dengan Mendahulukan Kaki Kiri

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa saat Anda akan melakukan lawan dari kemuliaan, maka dahulukanlah menggunakan yang kiri. Seperti halnya masuk ke dalam kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat yang difungsikan untuk berbagai macam hal yang kotor dan tempat para setan bersemayam di dalamnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk masuk ke dalamnya dengan mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu.

  1. Membaca Basmalah dan Doa Masuk Kamar Mandi

Adab selanjutnya yaitu jangan sampai lupa untuk membaca basmalah dan Doa masuk kamar mandi. Dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan, membaca basmalah dan Doa masuk wc dapat mencegah dari pandangan jin saat Anda tidak menutup aurat.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang riwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi dari Sayyidina Ali, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Satru maa baina a’yuniljinni wa ‘auraati banii aadama idza dakhala akhaduhumul khalaa a anyyaquula bismillah.

Artinya: “Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang diantara mereka memasuki kamar mandi, lalu dia mengucapkan ‘bismillah’.”

Setelah membaca bismilah, maka Anda dianjurkan untuk membaca Doa masuk kamar mandi seperti di bawah ini:

Allohumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa its.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

  1. Jangan Membawa Benda yang Berisikan Nama Allah atau Kalimat Al Qur’an

Kewajiban bagi setiap muslim untuk mengagungkan nama Allah serta Al Qur’an. Oleh karena itu, jangan sampai Anda membawa benda yang bertuliskan nama Allah dan kalimat Al Qur’an ke dalam kamar mandi atau WC yang terkenal kotor.

Bahkan, Nabi SAW sendiri melepas cincinya yang bertuliskan ‘Muhammad Rasulullah’ saat akan masuk ke kamar mandi seperti yang telah diriwayatkan dalam sebuah hadits:

Kaanannabiyyu shallallahu ‘alaihi wa salam idzaa dakhalal khalaa a wa dho’a khaa tamah.

Artinya: “Nabi shallallu ‘alaihi wa salam ketika memasuki kamar mandi, beliau meletakkan cincinnya.”

  1. Keluarlah dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Jika tadi Anda harus masuk ke dalam kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri, maka saat Anda keluar dari kamar mandi yang didahulukan ialah dengan menggunakan kaki kanan. Saat Anda keluar dari kamar mandi hal ini berarti bahwa Anda berpindah dari tempat yang kotor atau najis ke tempat yang lebih bersih.

  1. Membaca Doa Keluar Kamar Mandi

Selain wajib bagi Anda untuk membaca Doa masuk kamar mandi, Anda juga diwajibkan untuk membaca Doa saat keluar dari kamar mandi.

Doa Keluar Kamar Mandi

Doa Keluar Kamar Mandi

Seperti yang dianjurkan oleh Imam al-Ghazali dalam kitabnya Bidayah al Hidayah, maka dianjurkan untuk membaca doa seperti berikut ini saat doa keluar dari kamar mandi:

Ghufraanakal hamdullillaahilladzii adzhaba ‘annil adzaa wa abqa fii maa yanfa’unii.

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan menetapkan sesuatu yang bermanfaat bagiku.”

Itulah beberapa adab atau tata cara dan Doa masuk kamar mandi maupun keluar kamar mandi yang bisa Anda ucapkan.

Keutamaan Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Ternyata, ada beberapa keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari membaca Doa masuk kamar mandi ataupun keluar kamar mandi.

Kiranya apa sajakah keutamaan-keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari membaca Doa tersebut? Ini dia beberapa diantaranya:

  1. Saat Anda masuk ke dalam kamar mandi dengan tujuan mandi atau buang air kecil pastinya aurat Anda akan terbuka. Nah, dengan membaca Doa masuk kamar mandi hal ini akan membuat jin tidak akan terlihat oleh jin.
  2. Pada saat Anda membuang kotoran di kamar mandi, hal tersebut merupakan salah satu kenikmatan yang Allah berikan kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus bersyukur karena telah diberikan kenikmatan tersebut.

Nah, beberapa pembahasan diatas tentang Doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi yang sudah theinsidemag.com kupas dan sebagainya semoga memberikan banyak manfaat dan menambah ketakwaan Anda kepada Allah SWT.

Jangan sampai lupa untuk berDoa kepada Allah SWT dimanapun Anda berada. Wassalam.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Witir

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Jenazah

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Hajat

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *