Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Setelah Sholat Dhuha

4 min read

Doa Setelah Sholat Dhuha

Baca Doa Setelah Sholat Dhuha Untuk Memperlancar Rezeki Anda . Jika Anda ingin memiliki rezeki yang lancar dan barokah, maka salah satu amalan yang bisa Anda kerjakan ialah dengan melaksanakan sholat dhuha.

Sholat dhuha itu sendiri merupakan salah satu sholat sunnah dengan bilangan rakaat paling sedikit dua rakaat dan paling banyak 12 rakaat menurut pendapat sebagian ulama.

Saat melaksanakan sholat dhuha, pastinya Anda juga harus memperhatikan tata cara melaksanakan sholat dhuha.

Selain itu, doa setelah sholat dhuha pun juga bisa Anda amalkan sesaat setelah mengerjakan sholat sunnah yang satu ini.

Hadits Keutamaan Sholat Dhuha

Hadits Keutamaan Sholat Dhuha

Ada banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari sholat dhuha. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits seperti di bawah ini:

Di dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang ebrbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua rakaat.”

Selain itu, ada pula yang meriwayatkan bahwa sholat dhuha merupakan bukan sholat untuk golongan orang yang lalai dalam mencari rahmat Allah SWT, seperti yang dijelaskan pada hadits di bawah ini:

“Orang yang mengerjakan sholat dhuha tidak termasuk orang lalai.” (HR Al Baihaqi dan An Nasai)

Selain itu, hadits riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menjelaskan bahwa:

“Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Hukum Sholat Dhuha

Sholat Dhuha

Loading...

Sholat dhuha juga memiliki hukumnya sendiri. Lalu, apakah hukum dari sholat dhuha? Hukum dari sholat dhuha ialah sunnah muakad.

Maksudnya yaitu hukum sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Hal ini dikarenakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakannya sendiri dan menjadikan sholat dhuha sebagai salah satu wasiat sebelum beliau meninggal dunia.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu yang berkata:

“Kekasihku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan sholat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih, Al Bukhari No. 1981, Muslim No. 721)

Setelah Anda mengetahui hukum dari sholat dhuha, tentu saja Anda akan merasa sayang untuk meninggalkan sholat sunnah yang satu ini.

Terlebih lagi, sholat dhuha merupakan salah satu sholat yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Belajar yuk lebih baik dengan mempelajari doa sholat taubat yang sangat luar biasa manfaatnya.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Dhuha

Tata Cara Mengerjakan Sholat Dhuha

Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat dhuha, ada beberapa tata cara melaksanakan sholat dhuha yang harus Anda lakukan.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai tata cara mengerjakan sholat dhuha dua rakaat.

  1. Niat untuk melaksanakan sholat dhuha
  2. Takbirotul Ihrom seraya mengangkat kedua tangan
  3. Membaca Doa Ifititah (Anda bisa membacanya atau tidak karena hal ini termasuk sunnah)
  4. Membaca Surat Al Fatihah
  5. Membaca Surat Ad Dhuha
  6. Melakukan ruku’ dengan cara tuma’ninah
  7. Melakukan I’tidal dengan cara tuma’ninah
  8. Melakukan sujud dengan cara tuma’ninah
  9. Duduk diantara dua sujud dengan cara tuma’ninah
  10. Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Bangkit untuk melaksanakan rakaat kedua
  12. Membaca Surat Al Fatihah
  13. Membaca Surat As Syams
  14. Melakukan ruku’ dengan cara tuma’ninah
  15. Melakukan I’tidal dengan cara tuma’ninah
  16. Melakukan sujud dengan cara tuma’ninah
  17. Duduk diantara dua sujud dengan cara tuma’ninah
  18. Melakukan sujud kedua dengan cara tuma’ninah
  19. Tasyahud akhir dengan cara tuma’ninah
  20. Salam
  21. Membaca doa setelah sholat dhuha.

Itu dia tata cara melaksanakan sholat dhuha dua rakaat. Bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat atau kelipatannya, Anda bisa mengerjakannya dengan dua rakaat salam hingga mencapai jumlah sholat dhuha yang Anda inginkan.

Seperti yang telah disinggung tadi, bawah tata cara pertama yang harus Anda lakukan saat melaksanakan sholat dhuha ialah dengan membaca niat.

Niat itu sendiri diucapkan sebelum Anda melalukan takbirotul ihram. Namun, menurut madzhab Syafi’I dan Hambali hal tersebut hukumnya sunnah.

Niat Sholat Dhuha

Niat Sholat Dhuha

Nah, menurut madzhab Maliki dan Hanafi, mengucapkan niat sholat dhuha sebelum mengangkat tangan serta takbirotul ihram hukumnya tidak disyariatkan kecuali untuk orang-orang yang was-was (merasa ragu dengan niat yang diucapkannya).

Namun, terlepas dari kedua perbedaan madzhab tersebut bacaan sholat dhuha yang sangat umum untuk dibacakan banyak orang saat menjalankan sholat sunnah yang satu ini ialah sebagai berikut:

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Selain Anda harus mengetahui niat dari sholat dhuha itu sendiri, penting juga  bagi Anda untuk mengetahui doa setelah sholat dhuha yang harus Anda bacakan. Untuk doa setelah sholat dhuha ini sendiri sebenarnya tidak terdapat doa khusus yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Akan tetapi, ada satu doa yang cukup populer dan banyak dibacakan oleh sebagian besar umat muslim di seluruh dunia setelah mereka melaksanakan sholat dhuha.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut adalah doa setelah sholat dhuha yang bisa Anda baca:

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abaahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwaatuka, wal qudrota qudrotuka wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-I fa anzihhu, wa inkaana fil ardhi fa akhirju, wa inkkaan mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bhaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Meski bukan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri, namun doa setelah sholat dhuha tersebut bisa Anda panjatkan seusai melaksanakan sholat dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Dalam melaksanakan sholat dhuha, ada beberapa keutaman sholat yang harus Anda tahu agar tidak merugi.

Kiranya, apa sajakah keutamaan yang bisa Anda dapatkan jika rajin mengerjakan sholat dhuha?

  1. Merupakan salah satu wasiat yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
  2. Orang yang rajin melaksanakan paling tidak empat rakaat sholat dhuha, dan empat rakaat sebeluk sholat duhur, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah rumah di surga
  3. Jika Anda mengerjakan sholat shubuh kemudian melakukan dzikir hingga terbit fajar dan setelah itu melaksanakan sholat dua rakaat, maka pahala yang Anda dapatkan sama halnya dengan orang yang pergi haji dan umroh
  4. Termasuk ke dalam amalan awwabin yaitu amalan untuk orang-orang yang taat
  5. Orang yang rutin melaksanakan sholat dhuha, maka Allah SWT akan mencukupkan rezekinya

Di atas merupakan pembahasan mengenai sholat dhuha mulai dari hukum, tata cara, doa setelah sholat dhuha, hingga keutamaan-keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari sholat dhuha ini. semoga bermanfaat untuk Anda.

Demikian dari kami theinsidemag.com terimakasih telah berkunjung dan salam sukses!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Witir

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Jenazah

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Hajat

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *