Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Tahajud

3 min read

Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud adalah doa yang wajib anda hapalkan dalam rangka untuk selalu melaksanakan sholat tahajud.

Sudah tahukah Anda mengenai doa sholat tahajud? Sholat Tahajud merupakan salah satu sholat sunnah paling populer yang dikenal oleh masyarakat.

Namun  sayangnya hanya segelintir orang yang bisa melaksanakan ibadah sunnah Sholat Tahajud ini secara rutin dan istiqomah. Bahkan Anda pun jarang melakukannya atau bahkan tidak pernah.

Jika hal ini terjadi maka akan sangat disayangkan. Pasalnya, Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan yang besar.

Bahkan Rasulullah tidak pernah melewatkan satu malam sekalipun tanpa melaksanakan Sholat Tahajud. Luar biasa bukan? Baiknya memang kita mengikuti apa yang Rasulullah lakukan.

Apa Itu Sholat Tahajud?

Sholat Tahajud

Pengertian sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari setelah sholat isya hingga masuk waktu subuh.

Sholat Tahajud bisa dilaksanakan dalam dua rakaat. Sedangkan batas maksimalnya adalah ada yang mengatakan 8 rakaat ada yang mengatakan 12 rakaat.

Untuk melaksanakan Sholat Tahajud ini sebaiknya dilakukan setelah Sholat Isya dan tidur terlebih dahulu. Meskipun hanya beberapa menit akan tetapi sebaiknya tidur terlebih dahulu.

Akan lebih utama apabila dilaksanakan pada waktu sepertiga malam terakhir karena merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk mendekatkan diri kepada sang Ilahi.

Loading...

Hukum Sholat Tahajud

Hukum melaksanakan ibadah Sholat Tahajud merupakan sunnah. Akan tetapi kesunnahannya tidak seperti sunnah pada umumnya karena sunnah muakad atau sangat dianjurkan.

Pengertian sunnah muakad adalah sunnah yang selalu dikerjakan oleh Rasullullah bahkan tidak pernah dilewatkan oleh Beliau.

Selain Sholat Tahajud sholat sunnah lainnya yang memiliki hukum sunnah muakad adalh sholat tarawih dan sholat sunnah Duha.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.

Artinya:

“Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah Sholat Tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Dalam ayat tersebut sudah tertera dengan jelas bahwasanya Sholat Tahajud itu dilaksanakan pada malam hari dan dilakukan dengan maksud sebagai amalan tambahan bagi umat islam.

Dalam hadist juga dijelaskan mengenai Sholat Tahajud yang diriwayatkan oleh Tirmidzi:

“Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara melaksanakan Sholat Tahajud sebenarnya sama dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya. Sholat Tahajud dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan maksimal 8 hingga 12 rakaat dengan setiap dua rakaat salam.

Adapun waktu terbaik untuk melaksanakan Sholat Tahajud adalah setelah sholat isya dan bangun tidur. Sebaiknya dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir yaitu kira-kira pada  2 pagi hingga masuk waktu subuh.

Sedangkan tata cara melaksanakan Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

  1. Membaca Niat

Niat sholat tahajud diucapkan secara lisan dan di dalam hati pada saat hendak Takbiratul Ikhram. Niat Sholat Tahajud adalah:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Ushooli sunnahtan tahajudi rok’ataini lillahi ta’alaa

Artinya:

“Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala”

  1. Takbiraatul Ihram
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Membaca Al Fatihah (Akan lebih baik jika sebelumnya membaca doa iftitah terlebih dahulu)
  4. Membaca Suratan (sunnah)
  5. Ruku’ dengan thumaninah
  6. I’tidal dengan Thumaninah
  7. Sujud dua kali dengan Thumaninah
  8. Duduk diantara dua sujud dengan thumaninah
  9. Duduk akhir
  10. Membaca tahiyat akhir
  11. Membaca sholawat nabi
  12. Salam yang pertama
  13. Tertib

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud ada bahasa arab dan latin. Disini akan dijelaskan mengenai doa sholat tahajud bahasa arab dan doa sholat tahajud latin.

Doa ini dibaca setelah melaksanakan Sholat Tahajud, dzikir dan doa setelah sholat tahajud pun ada. Adapun doa Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Arti doa sholat tahajud adalah :

“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.

Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.

Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.

Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.

Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.

Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.

Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Sholat Tahajud

Manfaat sholat tahajud beserta keutamaan sholat tahajud sebenarnya hampir sama. Selain membahas mengenai doa sholat tahajud, berikut ini adalah keutamaan dari sholat tahajud :

  1. Sebagai jalan untuk masuk surga karena telah melaksanakan sunnahnya
  2. Sarana mendekatkan diri kepada Allah
  3. Menyembuhkan penyakit baik penyakit hati maupun penyakit di dalam tubuh
  4. Mendapatkan kemuliaan
  5. Dirahmati Allah
  6. Kemungkinan dikabulkannya doa atau hajat semakin tinggi
  7. Menghapus dosa
  8. Penghalang berbuat maksiat
  9. Kesempatan menghirup udara yang masih bersih pada dini hari
  10. Memberikan ketenangan Bathin
  11. Allah membanggakan orang yang sholat malam.

Demikian penjelasan mengenai Sholat Tahajud beserta doa Sholat Tahajud yang dikupas secara lengkap oleh theinsidemag.com . Semoga Kita semua bisa melaksanakan amalan yang mulia ini.

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan agar bisa bangun malam melaksanakan Sholat Tahajud adalah memiliki niat yang kuat dan bersungguh-sungguh, tidak tidur larut malam dan jangan lupa pasang alarm agar bisa bangun.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Witir

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Jenazah

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Hajat

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *