Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Taubat

4 min read

Doa Sholat Taubat

Doa Sholat Taubat dapat digunakan untuk menghapus dosa besar sekalipun itu. Sebenarnya, Seorang hamba Allah pastinya pernah melakukan kesalahan semasa hidupnya. Baik itu dosa kecil ataupun dosa besar.

Namun, seringkali tidak sedikit manusia yang merasa rendah dengan dosa-dosanya yang dilakukannya dan berpikir bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Padahal, Allah sendiri Maha Pengampun.

Bahkan, ada berbagai macam jalan yang bisa dilakukan untuk meminta ampun kepada Allah SWT. Salah satunya yakni dengan melakukan sholat taubat dan membaca doa sholat taubat.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai doa sholat taubat, pengertian sholat taubat, keutamaan sholat taubat, dan lain sebagainya. Sudah hafal belum doa sholat taubat? Simak di bawah ini penjelasannya.

Pengertian Sholat Taubat

Pengertian Sholat Taubat

Sholat taubat nasuha itu sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang bertujuan untuk meminta pengampunan dari Allah SWT atas berbagai macam kesalahan yang telah diperbuat.

Sholat taubat nasuha ini sendiri juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun atas segala dosa.

Nah, pada saat Anda melakukan sholat taubat nasuha ini dengan benar, maka seharusnya seorang mukmin tidak melakukan maksiat atau dosa yang pernah dilakukannya di masa lalu.

Dalam melaksanakan sholat taubat, Anda harus benar-benar memahami mengenai bacaan doa sholat taubat yang baik dan benar.

Rukun Sholat Taubat

Sholat Taubat

Loading...

Sama halnya dengan beberapa sholat lainnya, sholat tobat juga memiliki beberapa rukun yang harus Anda perhatikan. Bukan hanya doa sholat taubat saja, namun gerakan dan prosesnya harus Anda lalui.

Berikut ini beberapa rukun sholat taubat nasuha yang harus Anda ketahui:

  1. Nisat untuk melaksanakan sholat tobat
  2. Melaksanakan Takbiratul Ihram
  3. Disunnahkan untuk membaca doa iftitah
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca salah satu surat yang ada di dalam al qur’an
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Bangun untuk melanjutkan rakaat kedua, sama dengan urutan yang telah dijelaskan di atas
  12. Tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Berdoa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Itulah tadi 14 rukun sholat taubat yang bisa Anda gunakan untuk patokan.

Hukum Sholat Taubat

Hukum Sholat Taubat

Selain mengetahui rukunnya, Anda juga harus mengetahui hukum dari sholat taubat nasuha itu sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan pada Al Qur’an yakni dalam surat At Tahrim ayat 8, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah SWT dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Tentu saja, Allah SWT akan sangat menyukai orang Islam yang bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT, seperti yang telah difirmankan dalam surat Al-Baqarah 2:22 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Dengan melihat beberapa ayat yang telah dijelaskan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebaik-baiknya manusia ialah ia yang apabila melakukan kesalahan, maka ia akan langsung bertaubat kepada Allah SWT.

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat

Dalam melakukan sholat taubat juga harus menggunakan tata cara sholat yang benar. Selain itu, Anda juga harus membaca doa sholat taubat.

Lalu, bagaimana tata cara sholat taubat yang bisa Anda lakukan?

  1. Niat untuk melaksanakan sholat taubat
  2. Membaca Takbiratul Ihrom disertai dengan mengangkat kedua tangan
  3. Membaca doa iftitah (doa ini disunnahkan)
  4. Membaca Surat Al-Fatihah
  5. Membaca salah satu surat yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri kembali untuk melanjutkan rakaat kedua seperti yang dijelaskan pada urutan diatas
  12. Tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Membaca doa sholat taubat dan memohon ampunan.

Untuk sholat taubat ini sendiri dilakukan sebanyak dua rakaat dengan tata cara seperti yang telah dijelaskan diatas.

Niat Sholat Taubat

Niat Sholat Taubat

Nah, seperti yang sudah dibahas, bahwa untuk melakukan sholat taubat nasuha dibutuhkan niat untuk mengawalinya. Berikut adalah bacaan niat sholat taubat nasuha yang bisa Anda ucapkan saat memulai sholat taubat:

Usholli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’alaa

Artinya: “Aku berniat sholat taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Berdasarkan madzhab Syafi’I melafalakan niat dari sholat taubat nasuha ini adalah sunnah, yang wajib ialah dalam hati saat Takbiratul Ihram.

Untuk bacaan dari sholat taubat nasuha sendiri belum ada ketentuan yangan diwajibkan setelah membaca Al-Fatihah. Jadi, Anda bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang Anda hafal.

Nah, satu hal yang penting sesaat setelah Anda melaksanakan sholat taubat nasuha ialah dengan memperbanyak membaca istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang akan dijelaskan di bawah ini:

Dari Abu Bakar Radiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istighfar lalu perbanyaklah membaca semua karena iblis berkata, ‘Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sementara mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istighfar. Lalu tatkala aku mengetahui demikian maka Aku binasakan mereka dengan (mengambil) hawa nafsu sampai akhirnya mereka menyangka dan mereka sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada di atas kebenaran)’.” (HR. Al Imam Al Hafidz Ibnu Ya’la)

Doa Dzikir Setelah Sholat Taubat

Doa Dzikir Setelah Sholat Taubat

Di bawah ini ada bacaan istighfar yang bisa Anda amalkan setelah mengerjakan sholat taubat nasuha:

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Alah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat meminta.”

Nah, itulah salah satu bacaan doa sholat taubat yang harus Anda amalkan. Sungguh, akan hikmat terasa dan banyak sekali kegunannya.

Doa Sholat Taubat

Doa Sholat Taubat

Untuk istighfar tersebut bisa Anda ucapkan 100 kali dalam hati setulus-tulusnya.

Jika Anda sudah membaca doa istighfar, maka selanjutnya Anda bisa membaca doa sholat taubat seperti yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW;

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana’ala’ahdika wa wa’dika mastatho’[tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang berhak sebagai Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalam hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan dipindahkannya dengan semampuku. Aku berlindung dari segala sesuatu yang ingin aku perbuat, aku inginmu nikmat terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Berkaitan dengan doa sholat taubat tersebut, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang membantunya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam kondisi terjamin dimulai pada hari itu sebelum petang hari, lalu dia termasuk penduduk syurga dalam keadaan dia yakin menunggu, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. AL BUkhari)

Keutamaan Sholat Taubat

Keutamaan Sholat Taubat

Sama halnya dengan beberapa sholat sunnah lainnya, sholat sunnah taubat nasuha juga memiliki keutamaan seperti yang telah dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 271 yang artinya:

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah yang terbaik. Dan jika kamu menggunakannya dan kamu dapat meminta orang-orang fakir, maka muncul Dan lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskanmu dari kesalahan terbesar-kesalahanmu; dan Allah memahami apa yang kamu kerjakan.”

Banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari doa sholat taubat nasuha ini. Terlebih lagi jika Anda membaca istighfar dan doa sholat taubat setelah mengerjakan sholat taubat nasuha.

Demikian yang dapat kami theinsidemag.com sampaikan mengenai doa sholat taubat dan penjelasannya. Jika ada kritik dan saran silakan cantumkan dikomentar. Terimakasih telah berkunjung!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Witir

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Jenazah

Kusuma
4 min read

Doa Sholat Hajat

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *