Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Doa Sholat Witir: Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaan

4 min read

Tata Cara Sholat Witir dan Doa Sholat Witir

Tata Cara, Niat, Doa Sholat Witir dan Keutamaan yang bisa Anda dapatkan itu sangat banyak. Tahukah Anda akan hal tersebut? Jika belum, yuk baca-baca lagi mengenai sholat witir dibawah ini.

Selain sholat lima waktu yang wajib dikerjakan oleh umat islam, ada juga sholat sunnah yang boleh dikerjakan ataupun tidak.

Sholat sunnah ini ada berbagai macam, salah satunya yaitu Sholat Witir. Nah, apakah yang dimaksud dengan Sholat Witir?

Pengertian Sholat Witir

Sholat Witir adalah sholat sunnah yang pengerjaannya dilakukan pada saat malam hari yakni antara setelah sholat isya’ dan sebelum Sholat Shubuh.

Untuk Sholat Witir itu sendiri harus dikerjakan dengan rakaat ganjil. Tentunya, hal ini didasarkan pada sebuah hadits Nabi yang artinya, “Sesungguhnya Allah itu Witir dan yang menyukai yang witir (ganjil).” (Hadits riwayat Bukhari)

Dalam pengerjaan Sholat Witir juga harus membaca doa Sholat Witir. Untuk Sholat Witir ini sendiri dikerjakan setelah Anda melakukan sholat lainnya, yakni sholat tarawih dan sholat tahajud. Lalu, bagaimana hukumnya Sholat Witir itu sendiri?

Belajar lagi yuk tata cara sholat tarawih. Dibaca ya doa sholat tarawih yang sudah kami bagikan.

Hukum Sholat Witir

Menurut beberapa pendapat dari para sahabat dan ulama, hukum dari Sholat Witir itu adalah sunnah muakad dan bukan wajib.

Pendapat yang satu ini juga berdasarkan pada ijma’ (kesepakatan) yang telah mereka lakukan. Namun, ada juga pendapat lainnya seperti Sholat Witir hukumnya wajib, bukan fardhu seperti yang telah diutarakan oleh para ulama madzhab Hanafi.

Selain itu, ada juga dalil-dalil yang menjelaskan bahwa Sholat Witir hukumnya sunnah, seperti:

Dari ‘Ubadah bis as-Shamit, berkata: “Saya pernah mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Khamsu shalawatin katabahunnallahu ta ‘aala ‘alal’ibaadi famanjaaa bihinna walam yudhoyyi’ minhunna syaian istikhfaafambihaqqihinna kaana lahu ‘indallahi ‘ahdu ayyud khilhuljannata wamallam yakti bihinna falaisa lahu ‘indallahi ‘ahdun, insyaa a’adzabahu wa insyaa aad khalahul jannah.

Artinya :

“Sholat lima waktu telah Allah SWT wajibkan atas hamba-hamba-Nya. Maka barangsiapa yang melaksanakannya dan tidak menyia-nyiakan sedikit pun darinya, karena menganggap ringan akan kewajibannya, maka baginya suatu perjanjian di sisi Allah SWT bahwa dia akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barang siapa yang tidak melaksanakannya, maka tidak ada baginya perjanjian di sisi Allah SWT, jika Dia menghendaki, maka Dia akan menyiksanya dan jika Dia menghendaki, maka Dia akan memasukkannya ke dalam surga.”

Setelah Anda mengetahui hukum dari Sholat Witir, penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tata cara dari Sholat Witir itu sendiri. Berikut tata cara niat dan doa Sholat Witir yang bisa Anda ucapkan.

Ingin hajat cepat terkabul? Yuk belajar lagi doa sholat hajat supaya Anda lebih paham mengenai sholat hajat.

Tata Cara Sholat Witir

Tata Cara Sholat Witir dan Doa Sholat Witir

Di bagian ini, Anda dapat belajar mengenai tata cara sholat witir yang baik dan benar :

  1. Waktu Dari Sholat Witir

Waktu dari Sholat Witir ialah setelah sholat isya’ dan sebelum terbit fajar. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits dari Imam Ahmad yang meriwayatkan “Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan Sholat Witir pada awal malam. Kadang-kadang di pertengahan malam. Kadang-kadang pula di akhir malam.” (HR. Ahmad, shahih).

  1. Jumlah Rakaat Sholat Witir

Jumlah bilangan rakaat dari Sholat Witir itu sendiri ialah ganjil dengan paling sedikit 1 rakaat. Boleh juga dikerjakan 3 rakaat, lima rakaat atau tujuh rakaat.

  1. Tata Cara Sholat Witir

Pada saat Anda mengerjakan Sholat Witir, Anda boleh melakukannya dengan cara dua rakaat dua rakaat dan diakhiri dengan satu rakaat dengan masing-masing diantaranya yaitu satu tasyahud serta satu kali salam. Boleh juga dengan keseluruhan rakaat dengan satu salam.

  1. Surat yang Dibaca dalam Sholat Witir

Surat Al-Fatihah menjadi surat yang wajib untuk Anda baca saat melaksanakan Sholat Witir. Setelah Anda membaca surat Al-Fatihah, baru Anda boleh membaca ayat apapun yang ada di dalam Al-Quran.

Akan tetapi, jika Anda melaksanakan Sholat Witir sebanyak 3 rakaat, maka pada rakaat pertama disunnahkan untuk membaca surat Al A’la dan Al kafirun pada rakaat kedua.

Pada rakaat ketiga, Anda bisa membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq serta An Nas.

Mari belajar lagi mengenai sholat jenazah yang keutamaanya sangat luar biasa. Doa sholat jenazah adalah hal yang cocok bagi Anda.

Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir Bahasa Arab dan Latin

Setelah Anda mengetahui tata cara Sholat Witir, Anda juga harus tahu bagaimana lafal niat sholat witir bahasa arab dan latin yang harus Anda ucapkan saat Anda akan melaksanakan sholat sunnah tersebut.

Untuk niat dari Sholat Witir dan artinya ini sendiri ada dua, yakni niat sholat witir dengan bilangan satu rakaat dan niat sholat witir untuk bilangan dua rakaat.

  • Niat Sholat Witir Satu Rakaat

Usholli sunnatal Witri rok’atan lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Niat Sholat Witir Dua Rakaat

Usholli sunnatal Witri rok’ataini lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Niat Sholat Witir Tiga Rakaat

Usholli sunnatal Witri tsalatsa roka’aatin lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala.”

Niat dari Sholat Witir ini sendiri harus Anda lafalkan sebelum takbiratul ikhram. Setelah membahas mengenai tata cara dan niat yang harus Anda lafalkan, jangan lupa juga untuk membaca doa Sholat Witir.

Sholat tahajud adalah sholat malam yang Rasulullah selalu amalkan. Yuk belajar lagi tata cara dan doa sholat tahajud yang sudah pernah kami bagikan.

Doa Setelah Sholat Witir

Apabila Anda sudah selesai melaksanakan Sholat Witir, maka diwajibkan untuk membaca do’a dzikir ini ataupun doa setelah sholat witir dan artinya sebanyak tiga kali seperti yang telah diriwayatkan oleh Abu Daud dan An Nasa’i.

Subhaanal malikil quddus

Artinya: “Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan.”

Setelah Anda membaca dzikir Sholat Witir diatas, maka dilanjutkan dengan membaca doa Sholat Witir seperti di bawah ini:

Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaanMu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diriMu sendiri.”

Untuk doa Sholat Witir bahasa arab dan doa sholat witir latin yang telah disebutkan diatas itu berdasarkan hadits yang shahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i serta Ibnu Majah.

Untuk kekhusyukkan ibadah Anda, tentu saja do’a-do’a yang telah disebutkan diatas bisa langsung Anda praktekkan.

Mohon petunjuk kepada Allah di saat kita dihadapkan pilihan. Coba deh baca doa sholat istikharah yang sudah pernah kami bagikan.

Keutamaan Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir

Sama halnya dengan beberapa sholat sunnah yang lainnya, Sholat Witir ini juga memiliki beberapa keutamaan yang wajib untuk Anda ketahui. Kiranya apa sajakah keutamaan dari Sholat Witir itu sendiri?

  1. Wasiat Untuk Dikerjakan Setiap Hari

Dari Abu Hurairah, beliau berkata:

“Kekasihku (Muhammad SAW) mewasiatkan kepadaku tiga perkara, puasa tiga hari setiap bulan, sholat duha dua rakaat dan Sholat Witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Ditekankan Rasullullah SAW

“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menambahkan satu sholat kepada kalian, maka lakukanlah sholat tersebut antara sholat Isya’ dan sholat Shubuh yaitu Sholat Witir, Sholat Witir.” (HR. Ahmad: shahih)

  1. Amalan Para Ahli Al-Qur’an

“Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah Sholat Witir wahai ahli Al Qur’an;” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih).

  1. Allah Sangat Mencintai Witir

“Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai yang witir (ganjil).” (HR. Muslim)

  1. Salah Satu Amal Yaumiyah Rasulullah

“Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunnah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW.” (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi: shahih lighairihi).

Itulah tadi merupakan keutamaan sholat witir yang telah theinsidemag.com kupas secara lengkap. Sudah paham mengenai doa sholat witir bukan? Alhamdulillah, semoga dapat di praktekan langsung.

Demikian pembahasan mengenai apa itu Sholat Witir, hukumnya, tata cara Sholat Witir, niat, doa Sholat Witir dan keutamaan dari Sholat Witir itu sendiri. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda.

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *