Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Fungsi Seni Musik

2 min read

Fungsi Seni Musik

Fungsi Seni Musik di dalam kehidupan sehari-hari tentunya sudah cukup banyak bukan? Apa sih yang kamu tahu dari fungsi seni musik bagi kamu sendiri?

Kalau menurut saya, fungsi musik sendiri adalah sebagai penghibur dikala gundah dan gulana. Tetapi, tidak melulu soal musik ya, Allah SWT bisa menghasilkan kebahagiaan dari diri kita.

Kalau kamu baca sebelumnya, kemarin sudah sempat di bahas mengenai materi seni musik yang mungkin dapat kamu baca terlebih dahulu sebagai pengenalan di awal pembelajaran.

Di dalam materi seni budaya kamu tidak hanya mempelajari bagaimana mengenai suatu karya seni musik dapat disajikan bukan? Banyak sekali seni lainnya yang dapat kamu ketahui.

Oke, tidak perlu lama-lama ya kita langsung saja membahas bagaimana fungsi seni musik dapat kamu ketahui secara jelas dan pasti!

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Pengertian seni musik secara etimologi adalah musik berasal dari bahasa Inggris yaitu ‘music’. 

Sedangkan, ‘music’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘mousike’, yang merujuk pada semua seni pimpinan Muses (puisi dan musik).

Lalu, pengertian seni musik secara umum adalah cabang seni yang mempunyai fokus menggunakan sebuah melodi, irama, harmoni, tempo, serta menggunakan sebuah vocal yang mempunyai peran sebagai sarana penyampaian perasaan sang seniman.

Dan, bagaimana untuk definisi seni musik menurut para ahli? Contohnya menurut Aristoteles, musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.

Loading...

Baca juga: Unsur-Unsur Seni Musik

Fungsi Seni Musik

Fungsi Seni Musik

Beberapa fungsi seni musik berikut bisa kamu jadikan referensi dalam belajar:

1. Sarana Hiburan

Fungsi seni musik sebagai sarana hiburan adalah hal yang sudah diketahui khalayak ramai, dalam keadaan penat musik merupakan sebuah pilihan dalam melegakan pikiran.

Setiap orang bahkan memerlukan musik untuk selalu stabil di dalam mood-nya.  Tetapi, perlu diingat musik juga bisa melalaikan aktivitas sehari-harinya jika digunakan tidak dengan efektif.

2. Sarana Ekspresi Diri

Fungsi musik sebagai sarana ekspresi diri adalah dengan ungkapan perasaan pemainnya. Selain itu, nada-nada yang ada dalam musik juga mewakili ekspresi yang dikeluarkan.

Seperti ekspresi ketika perasaan sedih, nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo lambat dan halus, sedangkan ketika perasaan bahagia, nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo cepat dan menggebu-gebu.

3. Sarana Upacara

Fungsi seni musik sebagai sarana upcara sudah dikenal di berbagai penjuru Indonesia. Apa contohnya? Seperti upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran bahkan kematian.

Pada umumnya, ini menggunakan iringan dari seni musik. Bahkan, tidak tanggung-tanggung di beberapa daerah meyakini bahwa alat musik memiliki kekuatan magis.

4. Sarana Terapi

Fungsi seni musik sebagai sarana terapi sudah dikenal sejak terjadinya perang dunia ke-II, ini digunakan untuk mengobati para korban dalam peperangan.

Sampai saat ini juga penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh menggunakan terapi dengan musik, karena musik mampu menyegarkan kembali sistem kerja otak.

5. Sarana Tari

Fungsi seni musik sebagai sarana tari adalah sebagai pengiring dalam gerakan-gerakan yang ada di dalam suatu tarian. Tanpa iringan musik tari akan terasa hambar.

Di Indonesia, bunyi-bunyian atau alat musik diciptakan juga untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Maka dari itu, kebanyakan tarian daerah hanya bisa diiringi oleh musik daerahnya sendiri.

Salah satu contoh dari tarian daerah Indonesia adalah tari bali. Sudah tahukah kamu?

6. Sarana Komersial

Sarana komersial adalah salah satu fungsi seni musik bagi para seniman atau musisi, bagaimana tidak? Karya mereka sudah pasti dijadikan sebagai sumber mata pencaharian.

Para musisi atau seniman menggelar konser atau menjual karya mereka untuk mendapatkan penghasilan. Ditambah juga musik sering dikontrak sebagai pengiring sebuah film, iklan, televisi dan sebagainya.

Manfaat Seni Musik

Manfaat Seni Musik

Berikut merupakan manfaat seni musik dalam kehidupan sehari-hari:

  • Musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.
  • Musik dapat meningkatkan intelegensi.
  • Musik sebagai sarana relaksasi.
  • Musik sebagai alat dan media komunikasi antar manusia.
  • Musik sebagai sarana pengiring tari/dansa.
  • Musik sebagai sarana upacara keagamaan.

Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai fungsi seni musik dan beberapa penjelasan tambahan lainnya dari kami theinsidemag.com yang sudah merangkum seluruhnya!

Apabila ada kesalahan dalam tutur kata dan kurang memadai dalam memberikan materi, silakan kritik dan saran kami persilakan. Salam literasi!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Seni Musik

Kusuma
3 min read

Seni Musik

Kusuma
5 min read

Seni Tari

Kusuma
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *