Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Hak dan Kewajiban Warga Negara

3 min read

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Hak dan kewajiban warga negara merupakan wujud persatuan dan kesatuan antara masyarakat dengan sebuah negara.

Dimana didalamnya terkait hal-hal yang diperuntukkan untuk kepentingan bersama demi menciptakan keharmonisan.

Hak dan kewajiban warga negara merupakan hal yang harus dilakukan atau dimiliki oleh setiap individu yang tinggal di suatu negara.

Apalagi dalam kehidupan bernegara hak serta kewajiban tersebut harus benar-benar ditegakkan oleh semua kalangan demi kepentingan bersama.

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Hak merupakan suatu hal yang didapatkan atau diterima dari pihak tertentu, hal ini bisa bersifat dapat dipaksakan dikarenakan hak merupakan hal yang wajib diberikan.

Dimana dalam sistem negara sendiri hak yang diperuntukkan bagi warga negaranya sangatlah banyak, sehingga bila hak tersebut tidak diberikan maka masyarakat diperbolehkan untuk memaksakan hak mereka.

Sedangkan pengertian kewajiban adalah hal yang harus dipenuhi atau dipatuhi atas apa yang telah ditentukan, dalam sistem negara sendiri kewajiban seorang masyarakat dapat dibedakan menjadi beberapa macam.

Dimana kewajiban tersebut harus dipenuhi oleh setiap warga negara yang tinggal di negara tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa hak dan kewajiban warga negara adalah suatu yang sangat penting untuk dipatuhi, sehingga menimbulkan keterkaitan dan ditunjukkan untuk kepentingan bersama.

Loading...

Di Indonesia sendiri terdapat hak dan kewajiban seorang warga negara, dimana hal tersebut telah diatur dalam sistem undang-undang yang berlaku.

Hak Warga Negara Indonesia

Hak Warga Negara Indonesia

Berikut ini beberapa hak warga negara Indonesia dengan penjelasannya sesuai dengan UUD 1945 :

1. Memeluk Agama yang Dipercayai

Hak warga negara yang pertama adalah dapat menganut atau memeluk agama yang mereka percayai, memang di Indonesia diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut.

Dimana kebebasan memeluk agama tercantum dalam UUD 1945 pasal 28E ayat 1, tak heran kini terdapat 6 jenis agama yang ada di Indonesia dengan mayoritas memeluk agama Islam.

2. Menyuarakan Pendapat

Indonesia merupakan negara demokrasi sehingga tentunya sangat menjunjung tinggi menyuarakan pendapat masyarakat, hal ini memang menjadi hak setiap warga negara yang ada di Indonesia.

Dimana masyarakat bisa leluasa menyuarakan pendapat mereka tanpa adanya larangan sedikitpun, hal ini tercantum dalam UUD 1945 ayat 28.

3. Mendapatkan Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seluruh masyarakat, sehingga hal ini juga menjadi salah satu hak yang harus didapatkan oleh seluruh masyarakat.

Di Indonesia kini telah banyak menyediakan bantuan serta dukungan yang sangat besar dalam dunia pendidikan, tentunya hal tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan layak.

4. Memiliki Kedudukan Dalam Hukum

Memiliki kedudukan dalam hukum dimaksudkan untuk tidak adanya diskriminasi yang terjadi dalam sebuah golongan, sehingga hal ini menjadi salah satu hak yang paling penting untuk diperhatikan.

Bahwa seluruh masyarakat memiliki kedudukan yang setara di mata hukum, tidak adanya perbedaan atau golongan yang akan menguntungkan salah satu pihak saja.

5. Dapat Hidup Layak

Hak yang selanjutnya adalah dapat hidup dengan layak, hal ini merupakan hak yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara.

Pemerintah disini memegang peran yang sangat penting untuk mewujudkan kehidupan yang lebih layak bagi seluruh masyarakatnya.

Tak heran di masa kini banyak masyarakat yang mulai sadar bahwa mereka berhak memiliki kehidupan yang lebih layak.

6. Dapat Menikah

Menikah tentunya merupakan salah satu hak yang bisa dimiliki oleh seluruh masyarakat, di Indonesia hal ini telah diatur dalam UUD 1945 pasal 28B ayat 1.

Dalam pasal tersebut menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia berhak untuk menikah dan berhak untuk memiliki keturunan.

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Untuk bab mengenai kewajiban, berikut ini disebutkan dan dijelaskan mengenai kewajiban warga negara Indonesia menurut UUD 1945.

1. Membayar Pajak

Di dalam NKRI telah dijelaskan dengan sangat detail tentang Hak dan kewajiban warga negara, tentunya terdapat juga banyak kewajiban yang harus dipenuhi oleh masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah kewajiban untuk membayar pajak.

Pajak merupakan salah satu pendapatan yang sangat besar dalam sebuah negara, tak terkecuali di Indonesia.

Namun sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang selalu menunda dalam pembayaran pajak.

Bukan hanya menunda saja bahkan tidak sedikit masyarakat yang enggan membayar pajak yang seharusnya mereka bayarkan.

2. Mentaati Peraturan

Kehidupan bernegara tentunya tidak akan asing dengan namanya peraturan, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali peraturan yang termuat dalam Undang-Undang.

Semua yang ada di dalam peraturan tersebut digunakan untuk mengatur masyarakat, sehingga diharapkan terciptalah masyarakat yang rukun, damai, dan sejahtera secara keseluruhan.

Taat kepada peraturan adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh masyarakat, dimana saat peraturan tersebut dilanggar maka terdapat sanksi atau hukuman yang berlaku.

Di Indonesia hukuman tersebut bisa berupa denda, sanksi, penjara, bahkan hukuman mati bagi yang merugikan banyak orang.

3. Menghargai Orang Lain

Menghargai orang lain merupakan kewajiban berikutnya yang harus dipenuhi, dimana hal tersebut berkaitan dengan hak asasi masyarakat.

Sehingga masyarakat Indonesia wajib menghormati dan memberikan sikap toleransi kepada golongan atau kelompok yang berbeda.

Hal ini tentunya ditunjukkan agar tidak terjadinya pertikaian atau konflik di dalam sebuah negara.

4. Membela Negara

Membela negara adalah contoh terakhir kewajiban yang wajib dipenuhi oleh masyarakat, Indonesia sendiri memiliki wilayah yang sangat luas.

Tentunya diperlukan bantuan oleh semua pihak terutama warga negara untuk membela negara bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hak dan kewajiban warga negara merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk kesatuan dan persatuan bangsa.

Sudah selayaknya masyarakat Indonesia wajib untuk menegakkan hal tersebut di atas kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok.

Demikian dari kami theinsidemag.com semoga dapat membantu pengetahuan Anda! Hak dan kewajiban warga negara harus dipahami dan diperlakukan sebagaimana mestinya.

Terimakasih telah berkunjung, salam sukses! Kritik dan saran membangun akan kami tampung sebagai acuan penulisan di kemudian hari.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Negara Berkembang

Kusuma
4 min read

Ciri Ciri Negara Maju

Kusuma
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *