Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Investasi Emas

1 min read

Investasi Emas

Di zaman sekarang, investasi emas masih menjadi salah satu langkah manajemen finansial yang dianggap menguntungkan.

Bagaimana pun juga emas atau logam mulia masih dianggap sebagai aset yang berharga, stabil, dan cocok jadi instrumen investasi. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menyimpan logam mulia sebagai investasi. 

Mengapa Memilih Investasi Emas? 

Mengapa Memilih Emas? 

Sebenarnya saat ini ada banyak jenis instrumen yang bisa dijadikan sebagai aset investasi. Namun popularitas emas sebagai aset masih begitu tinggi di kalangan masyarakat.

Berikut adalah beberapa kelebihan investasi emas yang bisa dirasakan secara langsung:

1. Aman dan Stabil

Kelebihan pertama, jenis investasi ini terbilang aman. Nilainya juga cenderung stabil dari waktu ke waktu. Bagi orang-orang yang baru ingin mencoba investasi, emas bisa jadi pilihan aset yang cukup layak untuk direkomendasikan. 

Baca Juga : Investasi Saham

2. Mudah Dicairkan

Aset ini sangat mudah untuk dicairkan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, emas bisa segera dicairkan dalam bentuk uang.

Jual beli emas kini semakin mudah dan fleksibel dilakukan di berbagai tempat sehingga tak perlu khawatir jika ingin mencairkannya. 

3. Melindungi Nilai Kekayaan

Investasi ini merupakan langkah tepat untuk melindungi nilai kekayaan seseorang.

Memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, aset ini bisa diandalkan untuk melindungi kekayaan. Cocok pula dijadikan investasi untuk jangka panjang.

4. Bisa Dijadikan Dana Darurat

Emas dapat dijadikan sebagai dana darurat. Kemudahannya untuk dicairkan dan nilainya yang cenderung stabil membuat emas memang cocok jadi dana darurat. Ini adalah poin penting dalam manajemen finansial karena setiap orang tak pernah tahu apa yang akan terjadi. 

5. Halal

Investasi gold dalam Islam juga terbilang halal. Ini adalah jenis investasi yang aman dan diperbolehkan bagi para muslim. Asalkan cara transaksi dan penyimpanannya tidak menyimpang dari syariah Islam. 

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek

Cara Investasi Dalam Bentuk Emas

Cara Investasi Dalam Bentuk Emas

Bagi pemula, mungkin bertanya-tanya investasi emas itu seperti apa? Singkatnya, ini adalah bentuk investasi dimana seseorang akan menyimpan logam mulia dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan. 

Investasi emas apa yang menguntungkan? Emas hadir dalam banyak bentuk mulai dari aneka jenis perhiasan sampai logam mulia atau emas batangan. Sebagai bentuk investasi, logam mulia memang jauh lebih direkomendasikan. 

Baca Juga : Pengertian Saham

Logam mulia memiliki harga beli kembali yang lebih tinggi dibandingkan emas dalam bentuk perhiasan. Hal ini disebabkan emas perhiasan memiliki nilai pakai yang akan berpengaruh pada harga beli kembali atau buyback-nya. 

Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir pula cara investasi dalam bentuk logam mulia melalui aplikasi. Lalu, investasi emas yang bagus dimana?

Jika memang ingin berinvestasi lewat aplikasi maka pilih yang tepercaya dan sudah memiliki izin resmi operasional. 

Modal yang Dibutuhkan Investasi Emas?

Modal yang Dibutuhkan Investasi Emas?

Kira-kira, berapa modal untuk investasi emas? Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini sangat fleksibel dan bervariasi. Tergantung pada jenis emas apa yang akan dibeli dan dimana pembelian emas tersebut. 

Harga emas selalu berubah setiap harinya. Jika ingin berinvestasi dalam bentuk emas perhiasan maupun logam mulia, pastikan untuk update informasi harga setiap hari. Misalnya, ada titik dimana harga emas batangan ada di angka Rp989.000,00 per 1 gram. 

Namun, ada juga pilihan yang akan meringankan modal investasi dalam logam mulia. Kini ada banyak fasilitas menabung emas, di Pegadaian salah satunya. Modalnya ringan karena pembelian emas dilakukan dengan sistem tabungan atau cicilan. 

Investasi emas akan menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan stabilitas finansial di masa depan. Cocok dijadikan tabungan dana darurat maupun investasi jangka panjang.

Prosesnya pun mudah dan modalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Ingin info investasi lainnya? Simak informasinya di web kami theinsidemag.com.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *