Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Investasi Properti

2 min read

Investasi Properti

Banyak yang masih menganggap investasi properti adalah investasi yang cocok untuk kaum mapan atau tua, padahal tidak seperti itu. Saat ini pemula atau kaum muda pun bisa berinvestasi dalam sektor properti.

3 Cara Investasi Properti Untuk Pemula

3 Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Banyak cara yang bisa dilakukan para pemula dalam investasi di bidang properti. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan para pemula:

1. Berinvestasi Properti Sewa

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam berinvestasi properti adalah dengan melakukan sewa properti. Pemilik aset bisa menyewakan properti yang dimiliki untuk mendapatkan income secara reguler tergantung kesepakatan sewanya.

Meskipun besaran uang sewanya tidak sebesar harga aset namun pendapatan akan terus didapatkan secara bulanan atau tahunan tanpa mengurangi nilai jual aset. Jadi ini menjadi salah satu cara berinvestasi agar mendatangkan keuntungan.

2. Melakukan Bisnis Flip Properti

Cara yang satu ini bisa disebut investasi properti modal kecil atau bahkan tidak membutuhkan modal. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengubah diri dari pembeli menjadi penjual properti dalam waktu sekejap (flip).

Jika berminat melakukan bisnis flip properti maka kemampuan bernegosiasi mutlak diperlukan. Dalam proses flipping nanti semakin pandai bernegosiasi maka akan semakin besar jumlah keuntungan yang didapatkan.

3. Investasi Properti Online

Saat ini melakukan investasi properti juga bisa dilakukan secara online, sehingga cocok dijadikan pilihan investasi properti untuk anak muda. Cara ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi investasi properti yang tersedia dan bisa diakses secara online.

Baca JugaInvestasi Saham

Contoh investasi properti online adalah seperti di bawah ini:

Saham developer properti. Tidak hanya membeli rumah, investasi di sektor ini juga bisa dilakukan dengan membeli saham perusahaan property di bursa efek.

  • Obligasi properti. Sama dengan saham properti hanya berbeda kepemilikan saja, jika saham milik  swasta tapi obligasi adalah milik pemerintah.
  • DIRE. Merupakan penghimpunan dana dari masyarakat yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk aset properti.
  • EBA (Efek Beragun Aset). Merupakan kontrak investasi kolektif yang bergerak dalam bidang properti.
  • Crownfunding. Ini merupakan investasi online dalam bentuk patungan untuk membeli bangunan atau rumah. Modal yang dibutuhkan untuk investasi jenis ini lebih kecil karena sifatnya adalah patungan secara online dan bersama-sama.

Baca Juga : Investasi Jangka Pendek dan Investasi Reksadana

Keuntungan Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti

Setiap instrumen investasi pasti memilki keuntungan yang ditawarkan begitu juga dengan property. Di bawah ini adalah keuntungan yang akan didapatkan jika berinvestasi dalam sektor properti:

1. Investasi Sambil Memenuhi Kebutuhan Primer

Selain melakukan investasi membeli property juga bisa dibilang untuk memenuhi kebutuhan primer manusia yaitu memenuhi kebutuhan papan. Investor bisa membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal tetapi sekaligus sebagai aset investasinya untuk masa depan.

2. ROI Tinggi

ROI atau return on investment yang didapatkan dari properti ini sangat tinggi. Kenaikan harga properti rata-rata adalah 20% per tahunnya, angka tersebut bisa lebih dan bisa kurang bergantung pada lokasi, kondisi serta jumlah permintaan.

3. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Selain sebagai instrumen investasi, memiliki property juga bisa digunakan untuk mendapatkan income tambahan. Misalnya saja dengan menyewakan rumah atau gedung yang dimiliki maka pemilik properti akan mendapatkan income secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

4. Risiko Lebih Rendah

Berbeda dengan instrumen lainnya seperti saham, properti menjadi instrumen dengan resiko kerugian paling rendah. Hal ini karena harga properti yang tidak pernah mengalami penurunan harga malah selalu lebih mahal tiap tahunnya.

5. Nilainya Tidak Pernah Turun

Sudah disinggung di beberapa pembahasan di atas jika harga jual properti selalu mengalami kenaikan. Nilai sebuah aset properti tidak pernah turun tapi justru akan semakin mahal.

Hal ini dikarenakan lahan yang digunakan untuk mendirikan properti semakin hari semakin sempit padahal permintaan tetap atau bahkan meningkat.

Nah itulah ulasan lengkap tentang invest properti mulai dari cara, contoh hingga keuntungan. Perlu diingat selain keuntungan, kelebihan dan kekurangan investasi properti juga perlu dipertimbangkan dalam memutuskan apakah ingin berinvestasi atau tidak.

Sebagai referensi simak informasi tentang investasi di web kami theinsidemag.com

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *