Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Investasi Saham

2 min read

Investasi Saham

Jika mendengar investasi saham pasti yang terbayang adalah cuan besar dan hanya bisa dimiliki oleh orang yang sangat kaya raya.

Namun siapa sangka jika saham bisa dijadikan instrumen investasi oleh siapa pun termasuk pemula.

Melakukan investasi pada saham tidak hanya soal cuan, namun perlu diingat jika resiko investasi juga selalu menyertai.

Oleh sebab itu para investor harus memiliki kemampuan melakukan analisis. Simak informasi lengkap tentang saham di bawah ini!

Pengertian Investasi Saham

Pengertian Investasi Saham

Investasi saham adalah suatu kegiatan berinvestasi dalam bentuk saham atau surat berharga bukti kepemilikan atas perusahaan.

Investor yang memilih menanamkan modalnya dengan cara membeli saham, maka akan mendapatkan keuntungan yang berupa dividen.

Selain dividen apa keuntungan dari investasi saham? Pemegang saham juga bisa melakukan trading, yaitu dengan menjual dan membeli saham untuk mendapatkan return dari selisih harga jual dan harga belinya.

Melakukan investasi ini memang tidak sulit asal mau belajar, bahkan pemula pun bisa dengan mudah berinvestasi saham. Agar bisa melakukan investasi dengan baik simak cara yang tepat di bawah ini!

Baca Juga: Investasi Emas

Bagaimana Cara Investasi Saham Bagi Pemula?

Bagaimana Cara Investasi Saham Bagi Pemula?

Semua bisa dilakukan asal mau mencari tahu caranya begitu juga dengan investasi bagi pemula. Simak cara investasi bagi pemula di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Agar investasi terarah hal pertama yang dilakukan adalah menentukan tujuan investasi yang akan dilakukan dan fokus pada tujuan tersebut.

Misal saja tujuan investasi adalah untuk memperoleh uang yang akan digunakan untuk membeli mobil, maka fokus pada jumlah yang dibutuhkan

Jika dalam jangka waktu tertentu nilai return sudah tercapai sejumlah kebutuhan, maka segera lakukan penarikan.

Jangan serakah dalam melakukan investasi, karena nilainya fluktuatif bisa saja saat ditunggu semakin tinggi nilainya malah terjun bebas. Jadi fokus pada tujuan, jika sudah tercapai maka segera tarik keuntungannya.

2. Pastikan Sumber Keuangan Mencukupi

Harta yang digunakan untuk investasi harus terpisah dari uang yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,

Investor harus paham betul, saat memutuskan untuk berinvestasi nilai uang yang digunakan bisa naik daya belinya tapi sekaligus bisa turun. Oleh sebab itu sangat penting memisahkan harta yang digunakan untuk investasi dan kehidupan sehari-hari.

Pastikan kebutuhan sehari-hari sudah tercukupi semua baru melakukan investasi agar kepala dingin saat mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Baca Juga : Pengertian Saham

3. Kumpulkan Informasi

Selanjutnya kumpulkan informasi tentang saham sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber yang terpercaya. Sangat penting memiliki pengetahuan tentang saham sebelum terjun ke dalam bursa saham.

Investasi bukan hanya membeli dan menjual saham lalu mengambil selisihnya saja, tetapi lebih dari itu butuh analisis yang tepat. Dengan semakin banyak informasi yang diketahui maka investor akan semakin pandai membaca situasi dan melakukan analisis.

4. Pilih Platform Terpercaya

Setelah cukup pengetahuan tentang saham maka mulailah memilih platform yang tepat untuk melakukan investasi. Saat ini banyak platform online yang bisa digunakan untuk melakukan invest saham.

Pilih platform sesuai dengan modal yang dimiliki, karena setiap platform menentukan batas minimum berbeda-beda bagi penggunanya. Ada yang hanya ratusan ribu, tapi ada juga yang batas minimalnya jutaan rupiah. Jadi pilihlah sesuai kemampuan finansial.

5. Pilih Saham yang Sesuai

Investasi apa yang cocok untuk pemula? Hal ini pasti terbesit di pikiran para investor pemula. Untuk pemula akan lebih baik memilih jenis saham blue chip stock atau income stock yang relatif aman.

Saham blue chip dan income stock ini memberikan dividen rutin setiap tahunnya, Harganya pun relatif stabil karena berasal dari perusahaan yang memiliki fundamental baik.

Contoh investasi saham Indonesia yang masuk jajaran blue chip adalah seperti PTBA, ANTM dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan tentang investasi dalam saham yang memang sangat menarik untuk didalami.

Banyak pemula dalam hal ini bisa mendapatkan kesuksesan dengan mengikuti cara investasi yang dilakukan orang sukses di bidangnya. Untuk info selengkapnya simak di web kami theinsidemag.com.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *