Jenis Obligasi Berdasarkan Jatuh Tempo

Instrumen investasi surat berharga obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk mendapatkan modal. Perlu diketahui ternyata ada banyak jenis obligasi, salah satunya adalah jenis obligasi berdasarkan jatuh tempo.

Simak ulasan lengkapnya tentang jenis obligasi di bawah ini yang dikelompokkan berdasarkan jatuh tempo dan indikator lainnya:

Jenis Obligasi Berdasarkan Jatuh Tempo

Jenis Obligasi Berdasarkan Jatuh Tempo

Salah satu pengelompokan jenis obligasi adalah berdasarkan jatuh temponya. Berikut ini jenis obligasi berdasarkan jatuh temponya:

1. Obligasi Jangka Panjang

Obligasi jangka panjang adalah obligasi yang memiliki jangka waktu lebih dari lima tahun. Jatuh tempo obligasi jangka panjang adalah lebih dari 5 tahun.

Obligasi ini cocok untuk investor yang memiliki modal sangat besar dan ingin berinvestasi jangka panjang. Selama masa pembelian sampai jatuh tempo investor hanya akan mendapatkan penghasilan dari kupon yang dibayarkan tiap bulan.

2. Obligasi Jangka Menengah

Jenis obligasi ini memiliki jangka waktu satu sampai lima tahun. Obligasi jangka menengah ini menetapkan jatuh tempo pembayarannya dalam waktu 3-5 tahun.

Obligasi menengah cocok untuk investasi dana pendidikan. Merencanakan dana pendidikan dengan menginvestasikan untuk obligasi jangka menengah adalah tindakan yang tepat.

Biasanya obligasi yang dikeluarkan pemerintah yaitu ORI masuk ke dalam obligasi jangka menengah ini. Jangka waktu tempo yang ditetapkan antara 2-3 tahun.

3. Obligasi Jangka Pendek

Terakhir jenis obligasi jika dilihat dari jatuh temponya adalah obligasi jangka pendek yang hanya berjangka kurang dari 1 tahun saja. Jatuh tempo yang ditetapkan penerbit obligasi ini tidak akan lebih dari 1 tahun.

Obligasi jenis ini sangat cocok bagi investor pemula yang ingin mencoba investasi dalam bentuk surat utang. Apalagi jika investor pemula hanya memiliki modal yang kecil, maka obligasi jangka pendek sangatlah penting.

Baca Juga: Obligasi Ritel Indonesia Adalah

Jenis Obligasi Lainnya

Jenis Obligasi Lainnya

Selain jenis obligasi yang disebutkan di atas, masih ada banyak jenis obligasi lainnya yang juga tersedia di pasaran. Di bawah ini beberapa contoh jenis obligasi lainnya yang diperjualbelikan di pasar modal:

1. Obligasi Inflasi

Berbeda dengan obligasi pada umumnya yang mengacu pada suku bunga deposito, obligasi inflasi ini menggunakan acuan indeks inflasi untuk nilai pokok utang serta suku bunganya. Oleh sebab itulah disebut obligasi inflasi.

Untuk pelunasan obligasi ini pun akan meningkat seiring dengan pertumbuhan nilai pokoknya. Dimana nilai pokok utang juga akan sejalan dengan indeks inflasi pada saat itu.

2. Obligasi Subordinasi

Obligasi ini adalah pilihan terakhir dari penerbit dibandingkan jenis obligasi lainnya. Surat utang jenis ini akan diterbitkan jika terjadi likuidasi.

Risiko obligasi subordinasi memang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya, sehingga memiliki peringkat kredit yang lebih rendah.

3. Efek Beragun Aset

Merupakan obligasi yang dijamin oleh arus kas yang didapatkan dari penghasilan aset sebagai acuannya dalam pembayaran kupon serta pokok utangnya. Penerbit menggunakan bukti arus kas saat itu untuk mendapatkan kepercayaan dari investor.

Contoh obligasi efek beragun aset adalah seperti efek beragun KPR, collateralized mortgage obligation dan collateralized debt obligation.

4. Obligasi Tercatatat

Obligasi jenis ini adalah obligasi yang kepemilikan atau peralihannya sudah dicatat dan didaftarkan oleh penerbit atau administrasi pasar modal. Nama yang sudah tercatat dalam efek inilah yang akan menerima pembayaran bunga dan pokok utang.

Bunga pinjaman dan pokok utang akan langsung ditransfer ke rekening atas nama yang tercatat tersebut.

Nah itulah informasi tentang jenis obligasi berdasarkan jatuh tempo dan lainnya yang harus diketahui investor. Sebelum memutuskan untuk ikut berinvestasi dalam bentuk surat utang sebaiknya pahami dulu jenisnya.

Setelah memahami jenis obligasi yang ternyata sangat banyak maka selanjutnya bisa memutuskan memilih jenis mana yang paling cocok.

Ikuti informasi tentang investasi obligasi pada web kami theinsidemag.com. Semoga bisa menjadi referensi.

Leave a Comment