Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Kegiatan Ekonomi

6 min read

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi adalah materi selanjutnya etelah membahas mengenai materi ilmu ekonomi. Anda bisa menjumpai materi ini di kelas X IPS.

Kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Secara umum, ini terbagi menjadi beberapa kegiatan (produksi, distribusi, dan konsumsi).

Sebagian besar masyarakat melakukan kegiatan ini, namun banyak yang tidak tahu secara struktural dan sistematisnya. Apa yang dimaksud dalam kegiatan tersebut.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kegiatan ekonomi dimulai dari pengertian, pelaku, jenis, dan tujuaannya.

Di simak baik-baik karena ini menjadi pembahasan yang penting terutama untuk menambah wawasan terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Berkaitan dengan pembahasan kegiatan ekonomi, pengertian dan definisi adalah awal dan dasar yang akan membentuk sudut pandang. Dengan begitu, ini adalah hal yang akan dijelaskan pertama kali.

Pengertian kegiatan ekonomi :

Segala jenis aktivitas yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan dasarnya sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan manusia di dalam hidupnya.

Dengan kata lain, kegiatan ini dibutuhkan manusia guna mendapatkan kemakmuran dan kesejahteraan dalam kehidupan yang dijalani.

Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwasanya kegiatan ini adalah aktualisasi dari kebutuhan masyarakat. Ketika dibutuhkan, maka ia akan segera berupaya untuk mendapatkannya.

Nah, kegiatan ekonom ini adalah sebagai sarana dalam mendapatkannya. Seperti yang dijelaskan diatas (produksi, distribusi dan konsumsi) adalah 3 hal yang saling berketerkaitan satu dengan lainnya.

Baca juga materi ekonomi kelas 10 lainnya:
1. Ilmu Ekonomi
2. Kegiatan Ekonomi
3. Permintaan dan Penawaran
4. Sistem Pembayaran
5. Bank Sentral
6. Manajemen

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Secara umum, tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang ada di dalam hidupnya, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Dalam upaya memenuhi tujuan kegiatan ekonomi tersebut, manusia harus melakukan berbagai hal. Mulai dari melakukan produksi barang dan jasa, proses distribusi produk, hingga penggunaan terhadap produk.

Tentu saja, tujuan kegiatan ini tidak serta-merta dapat terwujud tanpa adanya jalinan dari para pelaku ekonomi. Banyak hal yang digunakan untuk menunjang terpenuhinya tujuan kegiatan tersebut.

Jika satu pelaku ekonomi tidak memainkan perannya dengan baik, bisa saja tujuan tersebut tidak akan bisa tercapai dengan baik pula.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Jenis Kegiatan Ekonomi

Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia memang tidak pernah lepas dari kegiatan perekonomian. Beracuan pada pengertian kegiatan di atas, berikut adalah beberapa jenis kegiatan ekonomi secara umum:

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah suatu aktivitas atau pekerjaan yang dapat menghasilkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa.

Dengan adanya kegiatan produksi maka diharapkan barang/jasa yang dihasilkan dapat memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Pelaku kegiatan produksi ini disebut sebagai produsen. Dimana tujuan dari kegiatan produksi adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba dari barang/jasa yang dihasilkan.

Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: kegiatan membuat sepatu, kain, kue, pakaian, motor, mobil, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk dipasarkan atau dijual.

Untuk kegiatan jasa bisa diambil contoh jasa yang menawarkan jasa sedot WC, pangkas rambut, perbaikan elektronik “servis”, jasa tukang kebun dan lain sebagainya.

Adapun beberapa jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi adalah:

  • Barang mentah.
  • Barang setengah jadi.
  • Baramg jadi.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar ke berbagai masyarakat yang membutuhkan.

Tujuan dari kegiatan distribusi adalah untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.

Pihak atau pelaku kegiatan distribusi disebut dengan distributor atau penyalur. Dimana, kebanyakan umumnya adalah merupakan pedagang besar.

Contoh kegiatan distribusi misalnya distributor beras, agen surat kabar, agen penyalur bahan-bahan makanan mentah, dan lain sebagainya.

Adapaun untuk beberapa aktivitasi kegiatan distribusi adalah sebagai berikut:

  • Pembelian dari produsen.
  • Pengangkutan barang.
  • Pengepakan (pengemasan).
  • Penjualan ke pedagang grosir.
  • Penyimpanan di gudang
  • Standarisasi mutu barang.
  • Klasifikasi barang.
  • Promosi barang.
  • Penyaluran barang.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah aktivitas penggunaan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. Dimana kegiatan ini menjadi tingkatan akhir dalam kegiatan ekonomi.

Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia di dalam kehidupannya. Baik itu dari kebutuhan primer atau sekunder.

Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Dimana dalam semua aktivitasnya adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Beberapa contoh dari kegiatan konsumsi adalah membeli makanan dan minuman di restoran, membeli pakaian di toko, membeli gadget, dan lain sebagainya yang super konsumtif.

Adapun beberapa pelaku utama kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Rumah tangga keluarga.
  • Pemerintah.
  • Industri atau perusahaan.

Untuk penjelasannya terkait dengan pelaku utama kegiatan konsumsi, akan dijelaskan lebih lanjut dan tertata seperti di bawah ini.

a). Rumah Tangga Keluarga

Rumah tangga umumnya terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak yang memiliki kebutuhan berbeda-beda, sehingga jenis konsumsi yang dilakukan pun banyak ragamnya.

Misalnya anak membutuhkan konsumsi buku pelajaran, Ayah membutuhkan konsumsi koran, dan Ibu membutuhkan konsumsi majalah wanita.

Dalam pemenuhan kebutuhannya, umumnya konsumsi rumah tangga disesuaikan dengan pertimbangan-pertimbangan di bawah ini:

  1. Pemenuhan kebutuhan pokok sebelum pemenuhan kebutuhan lainnya.
  2. Penyesuaian konsumsi dengan jumlah pendapatan yang diperoleh.
  3. Menghindari kegiatan konsumtif yang tidak perlu.

b). Pemerintah

Dalam menjalankan roda pemerintahan, pemerintah juga melakukan kegiatan konsumsi. Contoh nyatanya misal melakukan pengadaan perumahan murah bagi pegawai negeri sipil.

Selain itu pemerintah juga melakukan konsumsi-konsumsi lain yang menunjang kegiatan masyarakat dengan menyediakan sarana dan prasarana publik.

Impor pembelian daging sapi dari luar negeri untuk mencegah naiknya harga daging secara terus menerus termasuk dalam rencana jangka panjang stabilisasi harga di pasar.

c). Industri atau Perusahaan

Perusahaan atau industri melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku, kebutuhan karyawan, kebutuhan lokasi pabrik, kebutuhan mesin, dan juga peralatan yang lain.

Selain itu, perusahaan misalnya membutuhkan alat tulis kantor dan sistem-sistem tertentu guna menunjang kegiatan produksi yang akan dilaksanakan.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Contoh Kegiatan Ekonomi

Banyak sekali mengenai contoh kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kita. Secara keseluruhan semua kegiatan ini memiliki dampak besar bagi kehidupan bermasyarakat.

Artinya, satu kegiatan ekonomi akan mempengaruhi kegiatan ekonomi lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari:

NoKegiatanJenisPihak yang diuntungkanKeuntungan yang di dapatkan
1Bertani/Berkebun/BerladangProduksiMasyarakat yang membutuhkan bahan makananKebutuhan primer (makan) dapat terpenuhi
2Menjual PakaianDistribusiMasyarakat yang membutuhkan pakaianKebutuhan sekunder (pangan) akan terpenuhi
3Makan nasi, sayur dan buahKonsumsiPedagang bahan makanan dan masyarakat yang membutuhkan makananPedagang mendapatkan uang, pembeli mendapatkan makanan
4Menjual semenDistribusiMasyarakat yang sedang membuat bangunanProses pembangunan menjadi lancer
5Menangkap ikan di lautProduksiMasyarakat yang membutuhkan laukKebutuhan akan makanan laut dan protein akan terpenuhi

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Untuk menjelaskan mengenai contoh kegiatan ekonomi maka ini adalah contoh yang ada di kalangan masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, simak penjelasannya seperti berikut ini.

1. Kegiatan Ekonomi Perdagangan

Salah satu contoh kegiatan ekonom di Indonesia banyak sekali yang dilakukan oleh masyarakatnya, misalnya adalah kegiatan berdagang. Istilah perdagangan atau transaksi jual beli dikenal untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu bisnis yang menguntungkan di Indonesia adalah perdagangan. Bahkan, banyak inovasi produk dalam proses jual beli yang menguntungkan setiap masyarakat yang melakukan transaksi.

Tentunya, proses kegiatan perdagangan ini memang sangat menguntungkan penjual ataupun pembelinya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Kegiatan Ekonomi Perindustrian

Selanjutnya, contoh kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia yaitu perindustrian yang memiliki ruang lingkup cukup luas dalam mengolah produk mentah menjadi produk jadi.

Di Indonesia memang sudah cukup banyak jenis perusahaan industri yang memenuhi segala kebutuhan ekonomi di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa perindustrian di Indonesia memang membuat contoh kegiatan ekonomi memang menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

Nah, dalam dunia perindustrian memang memiliki teknologi yang sangat canggih untuk mengolah hasil produksi.

3. Kegiatan Ekonomi Pertambangan

Pertambangan adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi di Indonesia. Kegiatan ini salah satu cara mengambil kekayaan yang memiliki nilai guna sangat tinggi.

Di Indonesia banyak jenis pertambangan seperti batu bara, emas dan perminyakan. Orang yang bekerja di dunia pertambangan pasti gajinya sangat besar.

4. Kegiatan Ekonomi Jasa

Layanan jasa juga merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi. Dimana dapat memberikan pelayanan kepada setiap orang baik dalam bidang jasa darat, perairan, ataupun udara.

Nah, sekarang ini sudah banyak sekali bisnis dalam bidang jasa yang mampu memenuhi segala kebutuhan manusia. Contohnya jasa transportasi, jasa penerbangan, dan masih banyak lagi jasa lainnya.

5. Pertanian

Pertanian merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yang paling familiar di Indonesia. Hal ini tentunya di sebabkan karena negara Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian sangat luas.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia tentunya memiliki lahan pertanian daripada yang dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok.

6. Perkebunan

Perkebunan juga menjadi contoh kegiatan ekonomi yang cukup banyak dijumpai di berbagai daerah. Di negara Indonesia tidak hanya memiliki lahan pertanian, namun juga lahan perkebunan yang luas.

Berbagai jenis tanaman juga di dapat seperti palawija dan lain sebagainya. Namun, banyak juga lahan perkebunan yang menjadi suatu lahan pekerjaan.

Dimana ini memberikan banyak produksi tanaman yang dapat diolah dengan baik sehingga menghasilkan produk yang tepat.

7. Peternakan

Peternakan juga merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang mem-perkembangbiakan hewan dengan keuntungan yang cukup besar.

Ketahuilah bahwa usaha berternak dari beberapa hewan ternak memang memberikan penghasilan yang cukup besar dengan jumlah keuntungan yang besar.

Jika usaha peternakan dapat dikelola dengan baik, makan ini akan sangat mampu menghasilkan uang yang cukup banyak. Maka, kerjakanlah secara maksimal.

8. Perikanan

Perikanan adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan membudidayakan ikan air laut maupun ikan air tawar.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memberikan penghasilan sangat banyak dari berbagai jenis ikan tawar atau ikan lautnya. Perikanan memberikan jumlah keuntungan yang cukup besar.

Dengan ini, maka kegiatan ekonomi dalam bidang perikanan maka akan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga dapat mengatasi permasalahan pengangguran yang ada di Indonesia.

Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari serangkaian kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat. Arti dari prinsip ekonomi adalah pedoman melakukan tindakan ekonomi.

Di mana, di dalamnya terkandung asas pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam pembagiannya, prinsip ini dibagi menurut posisi dari pelaku ekonomi (produsen, distributor, dan konsumen).

Dalam setiap posisi tersebut, maka mereka akan menggunakan prinsip ekonomi yang berbeda. Adanya perbedaan tersebut adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari produk ekonomi yang dimiliki.

Namun, secara umum ada beberapa ciri ciri orang yang menerapkan prinsip ekonomi. Adapun beberapa ciri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bertindak Rasional
    Dalam melakukan beragam kegiatan ekonomi, akal sehat digunakan sebagai penentu keputusan.
  • Bertindak Ekonomis
    Dalam melakukan beragam tindakan ekonomi dengan perhitungan cermat dan perencanaa yang matang.
  • Bertindak Hemat
    Dalam melakukan tindakan ekonomi dengan memperhatikan modal dan berusaha menghindari pemborosan.
  • Membuat Secara Prioritas
    Seseorang mampu membedakan mana hal yang lebih penting untuk didahulukan.

Demikian dari kami theinsidemag.com materi mengenai pengertian kegiatan ekonomi, prinsip ekonomi, tujuan kegiatan ekonomi, dan penjelasan lainnya secara lengkap.

Semoga dapat bermanfaat dalam pembelajaran. Untuk pertanyaan, kritik, dan saran ditunggu ya. Salam sukses dan terimakasih telah berkunjung ke situs ini.

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *