Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Tujuan Pembentukannya

4 min read

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Tentunya kalian pasti sering mendengar mengenai organisasi ASEAN. Nah, pasti tahu kan mengenai latar belakang berdirinya ASEAN?

Alangkah baiknya, sebagai anggota ASEAN kita harus tahu mengenai apa saja yang memprakarsai berdirinya ASEAN, tokoh pendiri dan segala hal yang menyangkut ASEAN.

Sudahkah tahu mengenai pengertian asean dan artinya? Berikut ini adalah penjelasan singkat ASEAN.

Pengertian ASEAN

ASEAN atau kependekan dari Association of Southeast Asia Nations adalah sebuah perhimpunan maupun asosiasi dari beberapa bangsa di kawasan Asia Tenggara. Bangsa tersebut bergerak pada bidang geopolitik serta ekonomi.

Sama halnya dengan namanya yakni ASEAN asosiasi ini terdiri atas beberapa negara yang ada di Asia Tenggara dan menjadi anggotanya.

Dibalik nama tersebut saat ini, ternyata tujuan pendirian ASEAN juga mempunyai latar belakang.

Latar belakang berdirinya ASEAN adalah salah satu materi dasar yang harus Anda ketahui sebagai penduduk dari salah negara anggotanya.

Pernah belajar mengenai isi tritura, isi trikora dan isi dekrit presiden? Jelaskan isinya di komentar!

Sejarah Singkat Berdirinya ASEAN

Sejarah maupun latar belakang berdirinya ASEAN sebenarnya didasari oleh asas dari persamaan nasib di negara-negara kawasan Asia tenggara.

Dulu di masa penjajahan maupun kapitalisme dari Belanda, kawasan Asia Tenggara sudah dikuasai oleh negara Eropa maupun Portugis.

Setelah berjuang bertahun-tahun silam pada akhirnya negara-negara di kawasan Asia tenggara berhasil merdeka kemudian dibentuk ASEAN dengan tujuan memajukan dan menyejahterakan.

Selain adanya asas persamaan atas nasib yang sudah dialami dulu, keinginan membangun perekonomian juga jadi salah satu latar belakang adanya ASEAN.

Tujuannya sendiri adalah sebagai perhimpunan maupun asosiasi yang tidak lain untuk kesejahteraan perekonomian pada anggotanya.

Hal tersebut meliputi beberapa macam sektor di bidang perekonomian yakni pangan, ekspor import, bidang kelautan serta mengatur hukum atas perekonomian dengan sifat mengikat.

Tujuan dari adanya ASEAN yang utama yakni agar anggota di dalamnya bisa saling bekerja sama serta melindungi negara se-Asia Tenggara untuk menciptakan kemajuan bersama.

Tokoh-Tokoh Pendiri Asean

Tokoh Tokoh Pendiri ASEAN

Membahas mengenai latar belakang berdirinya ASEAN tidak lengkap jika tidak mengetahui dahulu tokoh-tokoh yang memprakarsai berdirinya ASEAN.

Seperti yang telah disinggung pada pendahuluan di atas bahwasanya ada lima negara yang bergabung dan mendirikan asosiasi ASEAN.

Masing-masing negara dari kelimanya diwakilkan oleh menteri luar negerinya, berikut beberapa tokoh yang mewakili pendirian ASEAN:

  1. Negara Indonesia diwakilkan oleh Adam Malik
  2. Negara Malaysia diwakilkan oleh Tun Abdul Razak
  3. Negara Singapura diwakilkan oleh Sinnathamby Rajaratnam
  4. Negara Thailand diwakilkan oleh Thanat Khoman
  5. Negara Filipina diwakilkan oleh Narsisco Ramos.

Pada tanggal 8 Agustus 1967 lima menteri luar negeri di atas menandatangani sebuah kesepakatan yang saat ini dikenal dengan istilah Deklarasi Bangkok.

Semenjak itulah mulai berdiri ASEAN serta pembukaan bagi calon anggota baru.

Selain itu diluar kelima negara yang ada di atas, Brunei Darussalam juga menjadi negara pertama yang bergabung jadi anggota dari ASEAN sejak tanggal tanggal 7 Januari 1987.

Setelah Brunei bergabung, beberapa tahun kemudian disusul oleh negara Vietnam yang ikut bergabung pada ASEAN di tanggal 28 Juli tahun 1t995.

Dengan begitu Vietnam jadi negara ke tujuh sebagai anggota ASEAN. Negara Myanmar dan Laos juga ikut jadi anggota yang ke delapan dan sembilan pada 23 Juli tahun 1997.

Terakhir disusul oleh negara Kamboja pada 16 Desember tahun 1998.

Lalu apa sih isi teks proklamasi dan perbedaan proklamasi autentik dan asli?

Arti Lambang Asean

Arti Lambang ASEAN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai latar belakang berdirinya ASEAN, kita harus membahas terlebih dahulu arti dari lambang ASEAN.

Sama dengan asosiasi atau himpunan lainnya ASEAN juga memiliki lambang sebagai logo. Jika dilihat secara umum lambang dari asosiasi ASEAN memiliki beberapa arti.

Beberapa arti lambang ASEAN secara umum tersebut terangkum di bawah ini:

  1. Melambangkan sikap solidaritas, yang dimaksud di sini adalah keterikatan serta kesepakatan kerja sama untuk kemakmuran dari semua negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.
  2. Melambangkan kesetiaan dari ASEAN pada stabilitas maupun perdamaian kawasan lebih khususnya, serta untuk dunia secara umumnya.

Di atas adalah arti dari lambang ASEAN secara umum. Selain itu ada juga arti khusus yakni arti dari masing-masing bagian yang ada di dalamnya.

Berikut ini adalah arti dari lambang yang ada pada ASEAN:

  1. Batang padi tegak yang jumlah ada sepuluh biji. Bagian ini melambangkan adanya jumlah anggota dari ASEAN. Yang awalnya hanya berjumlah lima negara saja kemudian jadi sepuluh negara
  2. Batang padi yang berwarna coklat, menjadi lambang dari kekuatan serta stabilitas dari ASEAN
  3. Keliling lingkaran serta tulisan ASEAN yang berwarna biru menjadi lambang dari persahabatan di antara negara-negara yang ada di dalamnya
  4. Warna kuning sebagai dasar melambangkan kemakmuran.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Asean berdiri sebenarnya atas beberapa faktor yang menjadi latar belakang. Sebagian besar latar belakang yang ada ini adalah persamaan yang ada di dalam masing-masing negara.

Berikut ini beberapa persamaan yang mendorong terbentuknya ASEAN tersebut:

a. Persamaan Geografis dan Letaknya

Latar belakang berdirinya ASEAN yang pertama adalah persamaan geografis dan letaknya.

Semua negara dari ASEAN berada di kawasan Asia Tenggara. Letaknya berada diantara dua benua yakni Benua Asia serta Benua Australia.

Selain kawasan negara tersebut juga diantara dua samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

b. Persamaan Kebudayaan

Latar belakang berdirinya ASEAN yang kedua adalah persamaan kebudayaan.

Di Asia Tenggara, masing-masing negara memiliki dasar kebudayaan, bahasa, bahkan juga tata kehidupan, serta pergaulan yang mana satu sama lain hampir serupa.

Jadi hal ini sangat wajar, sebab semua negara pada umumnya jadi pewaris dari peradaban Rumpun Melayu serta Austronesia.

c. Persamaan Nasib

Latar belakang berdirinya ASEAN yang ketiga adalah persamaan nasib.

Negara yang ada di kawasan Asia Tenggara hampir semuanya pernah dijajah bangsa dan negara Barat, kecuali satu yakni negara Thailand.

Hal inilah menjadi salah satu faktor memunculkan rasa yang disebut “setia kawan” di negara-negara pada kawasan Asia Tenggara, sehingga terbentuk ASEAN.

d. Persamaan Kepentingan dalam Berbagai Bidang

Latar belakang berdirinya ASEAN yang keempat adalah persamaan kepentingan dalam berbagai bidang.

Negara yang ada di kawasan Asia Tenggara sebagian besar memiliki kepentingan di berbagai macam bidang diantaranya adalah bidang ekonomi, bidang budaya, keamanan, bidang politik dan lainnya.

Beberapa bidang yang ada tersebut menjadi salah satu faktor berdiri ASEAN. Bahkan pintu gerbang perdagangan juga ada di Asia Tenggara yakni di Selat Sunda dan Selat Malaka.

Tujuan Berdirinya ASEAN

Tujuan Berdirinya ASEAN

Di dalam pertemuan pendirian ASEAN atau yang dikenal peristiwa Deklarasi Bangkok yang terjadi pada tanggal 8 Agustus tahun 1967, lahirlah beberapa tujuan dari ASEAN diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat pertumbuhan, kemajuan dari sosial dan pertumbuhan pada kebudayaan kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara perdamaian serta stabilitas yang mana mengutamakan hukum serta hubungan Negara yang ada di Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerja sama secara aktif serta saling menolong di dalam beberapa bidang seperti bidang ekonomi, bidang sosial, bidang budaya, bidang teknologi serta bidang administrasi.
  • Saling membagikan bantuan ke dalam fasilitas latihan serta penelitian pada bidang pendidikan, bidang teknik, bidang kejuruan, dan bidang administrasi.
  • Bekerja sama secara efektif agar bisa menggapai daya guna yang lebih besar pada bidang industri, bidang pertanian, serta perkembangan perdagangan. Di dalamnya juga sudah termasuk dengan pendalaman dalam perdagangan komoditi sektor internasional, perbaikan pengangkutan serta fasilitas komunikasi lengkap dengan meningkatkan taraf dari hidup rakyat.
  • Meningkatkan pendalaman mengenai masalah-masalah yang ada di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama dengan erat serta bermanfaat pada berbagai organisasi internasional serta regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan menjalin kerja sama bersama mereka.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan jika latar belakang berdirinya ASEAN didasari oleh persamaan yang ada di masing-masing anggota negaranya.

Semuanya bermula dari Negara Thailand yang tidak pernah dijajah, menunjukkan rasa setia kawan kepada beberapa negara lainnya untuk mendapatkan hak yang sama dan mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Demikian dari kami theinsidemag.com diucapkan terimakasih sudah berkunjung di web kami!

Kusuma Manusia pecandu sastra penikmat alam.