Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pameran Seni Rupa

4 min read

Pameran Seni Rupa

Pameran Seni Rupa adalah sebuah kegiatan penyajian karya seni rupa untu dikomunikasikan sehingga dapat di apresiasi oleh masyarakat luas. Pameran adalah bentuk usaha jasa pertemuan.

Kamu sendiri, apakah sudah pernah menghadiri suatu pameran? Biasanya, pameran sendiri identik dengan memamerkan barang atau brand yang banyak disukai. Salah satunya, pameran seni rupa.

Setelah beberapa artikel lalu membahas mengenai apa itu seni rupa dan berbagai macam aliran seni rupa. Sekarang, kita akan mengupas mengenai pameran karya seni.

Untuk itu, supaya kamu tidak terlanjur susah menguasai materi seni, saya harap kamu mau membaca sedikit banyak materi seni budaya.

Nah, tidak perlu panjang lebar langsung saja kalian simak beberapa penjelasan pameran karya seni rupa beserta fungsi dan peranan-nya.

Pengertian Pameran

Pengertian Pameran

Pameran adalah suatu kegiatan yang melakukan penyajian dan mengkomunikasikan suatu hal sehingga dapat diapresiasi oleh kalangan masyarakat.

Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas melalui sebuah media dan untuk jasa pertemuan.

Lalu apa pengertian pameran seni rupa? 

Pameran karya seni rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan maupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dan sang apresiator.

Loading...

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Adapun berikut adalah pengertian pameran menurut ahlinya:

1. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa agar bisa di apresiasi oleh masyarakat luas. Contohnya: show, pekan raya, bazar, pasar murah, exhibition, dsb.

2. Menurut B Myers

Menurut B Myers, pengertian pameran merupakan aktivitas menggunakan suatu ruangan untuk memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, foto, ataupun karya seniman lainnya.

3. Menurut Adi Irwanto

Menurut Adi Irwanto, pengertian pameran adalah cara untuk menyajikan hasil karya seni baik itu karya seni dua dimensi atau tiga dimensi secara visual.

Baca juga: Pengertian Seni

Jenis-Jenis Pameran

Jenis-Jenis Pameran

Jenis pameran dibagi atau dikelompokkan menjadi beberapa hal yaitu sebagai berikut ini lengkap dengan penjelasannya secara singkat.

1. Menurut Jumlah Peserta

Jenis pameran berdasarkan jumlah pesertanya adalah:

  • Pameran Tunggal adalah pameran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individual (perorangan).
  • Pameran Kelompok/Bersama adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh beberapa seniman/pengrajin.

Fyi, materi yang dipamerkan pada pameran bersama merupakan karya-karya lebih dari satu seniman. Biaya pameran ditanggung oleh seniman yang bersangkutan.

2. Menurut Sifatnya

Jenis pameran berdasarkan sifatnya adalah:

  • Pameran Insidental adalah pameran seni yang diselenggarakan secara berkala yang didasarkan atas kebutuhan yang ada, misalnya: pameran kaligrafi guna menyongsong perayaan Isra’ Mi’raj.
  • Pameran Rutin adalah pameran seni yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan, misalnya: pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.
  • Pameran Permanen adalah pameran seni yang diselenggarakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.

3. Menurut Ragam Jenis Karya yang Digelar

Jenis pameran berdasarkan ragam jenis karya yang digelar adalah:

  • Pameran Homogen adalah pameran seni yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.
  • Pameran Heterogen adakah pameran seni yang memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.

4. Menurut Tempat Berlangsungnya

Jenis pameran berdasarkan tempat diselenggarakannya adalah:

  • Pameran Terbuka adalah pameran seni yang berlangsung diluar ruangan secara terbuka.
  • Pameran Tertutup adalah pameran seni yang berlangsung di dalam ruangan suatu gedung.
  • Pameran Bergerak adalah pameran seni yang diselenggarakan menggunaan alat bergerak, seperti halnya kendaraan/mobil.

5. Menurut Jenis Dimensi Karya Seni Rupa

Jenis pameran berdasarkan dimensi karya seni rupa adalah:

  • Pameran Karya Seni Rupa 2 Dimensi adalah pameran yang menyajikan karya seni rupa pada bidang datar seperti gambar, lukisan, seni grafis. Karya ini hanya dapat dinikmati dari satu arah.
  • Pameran Karya Seni Rupa 3 Dimensi adalah pameran yang menyajikan karya seni yang memiliki volume/kesan ruang sebenarnya. Dapat dinikmati dari berbagai arah.

6. Menurut Waktu Penyelenggaraannya

Jenis pameran berdasarkan waktu penyelenggaraannya adalah:

  • Pameran Periodik adalah pameran yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  • Pameran Insidental adalah pameran yang diselenggarakan jika diperlukan, sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  • Pameran Permanen adalah pameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contoh: pameran di museum.

7. Pameran Studi

Pameran studi adalah pameran yang sifatnya untuk meningkatkan prestasi. Pameran studi dibedakan menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut:

  • Pameran Seniman adalah pameran yang diselenggarakan oleh seorang seniman atau beberapa orang seniman (kelompok seniman).
  • Pameran Keliling adalah pameran yang diselenggarakan jika diperlukan (pameran insidental) yang biasanya bertempat diluar sekolah atau tempat umum.
  • Pameran Sekolah adalah pameran yang diselenggarakan secara periodik. Biasanya di kelas, aula sekolah, atau ruang kesenian.
  • Pameran Kelas adalah pameran yang dilaksanakan setelah siswa selesai berkarya dari suatu tugas guru atau pada jam pelajaran apresiasi.

Itulah merupakan beberapa penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis pameran seni rupa. Sampai sini sudah paham ya mengenai macam-macam pameran seni rupa.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Unsur-Unsur Pameran Seni Rupa

Unsur-Unsur Pameran Seni Rupa

Adapun unsur-unsur yang ada dalam pameran seni rupa adalah sebagai berikut:

  1. Karya-karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  2. Panel atau sketsel, standart display atau box, untuk memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  3. Dekorasi, yakni perlengkapan untuk menyajikan karya seni agar lebih indah.
  4. Sound system yaitu sarana audio yaang diperlukan untuk menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  5. Label karya, digunakan untuk menulis identitas (judul, pencipta, teknik, dan tahun penciptaan) dan ditempel di dekat karya seni yang dipamerkan.
  6. Katalog, yaitu lembaran petunjuk yang berisi penyelenggaraan pameran.
  7. Buku tamu, yang diisi oleh pengunjung pameran.
  8. Buku pesan atau kesan, digunakan untuk mengetahui feedback pengunjung terhadap karya yang dipamerkan.

Jika ada pertanyaan mengenai sebutkan unsur-unsur yang ada dalam penyelenggaraan pameran seni rupa pastinya kamu sudah bisa menjawab dengan benar dan seksama.

Baca juga: Unsur-Unsur Seni Rupa

Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Pameran karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sosial bagi masyarakat yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan batil dan emosional masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Sarana Edukasi

Pameran karya seni rupa memiliki fungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal serta pikiran manusia.

2. Sebagai Sarana Prestasi

Fungsi pameran yang kedua ini dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, karena melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.

3. Sebagai Sarana Rekreasi

Fungsi pameran karya seni yang ketiga adalah untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebagainya yang banyak menguras energi dan pikiran.

4. Sebagai Sarana Apresiasi

Fungsi pameran karya seni rupa ini untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi seni rupa atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dibedakan menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.

Baca juga: Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Ahlinya

Tujuan Pameran Seni Rupa

Tujuan Pameran Seni Rupa

Pameran karya seni rupa memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, tujuan sosial, komersial, dan kemanusiaan. Berikut adalah penjelasannya secara singkat:

  • Tujuan Sosial yaitu karya seni yang dipamerkan digunakan untuk kepentingan sosial.
  • Tujuan Komersial yaitu pameran bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi seniman atau penyelenggara seniman. Diharapkan karya yang dipamerkan terjual.
  • Tujuan Kemanusiaan yaitu tujuan yang diharapkan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang masyarakat miliki. Penjualan karya dengan tujuan ini akan disumbangkan ke panti asuhan, korban bencana, maupun masyarakat kurang mampu.

Itulah merupakan 3 tujuan dari pameran karya seni rupa. Sangat memungkinkan kalau kamu ditanya untuk tujuan dari penyelenggaraan pameran ini bisa menjawab dengan baik.

Baca juga: Tari Tradisional di Indonesia dan Gambarnya

Prinsip Pameran Seni Rupa

Prinsip Pameran Seni Rupa

Adapun untuk prinsip-prinsip penyelenggaraan pameran seni rupa adalah:

1. Prinsip Interaksi

Prinsip pameran seni rupa yang pertama adalah prinsip interaksi. Prinsip interaksi adalah prinsip yang harus berorientasi pada kepentingan penyelenggara dan pengunjung dalam penyelenggaraan pameran.

2. Prinsip Inisiatif

Prinsip inisiatif adalah penyelenggaraan pameran yang mengambil inisiatif serta menentukan langkah-langkah yang sistematis dan terencana ke arah pendekatan khalayak ramai pada pameran yang sedang diselenggarakan.

3. Prinsip Repetisi

Prinsip repetisi adalah prinsip penyelenggaraan pameran yang dilakukan secara berulang-ulang.

4. Prinsip Integritas

Prinsip integritas adalah prinsip yang menampilkan banyak koleksi pameran. Contohnya pameran seni lukis, yang didalamnya terdiri dari bermacam-macam aliran.

5. Prinsip Efisiensi

Prinsip efisiensi adalah prinsip yang melakukan penulisan secara sistematis agar tidak merepotkan penyelenggara dan pengunjung.

Prinsip ini dapat didukung oleh lingkungan yang indah dan menarik, cara penataan warna suara maupun komposisi materi pameran hingga tercipta suasana yang menyenangkan.

Baca juga: Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

Beberapa kelengkapan pameran yang perlu diketahui diantaranya adalah:

  • Katalog.
  • Tape recorder.
  • Lampu untuk penerangan ruang.
  • Spanduk untuk publikasi.
  • Sketsel atau papan panel.
  • Meja untuk menempatkan buku.
  • Pedestal untuk menempatkan karya 3 dimensi.

Nah, itulah merupakan beberapa materi mengenai pameran seni rupa dari mulai pengertian, jenis , fungsi, tujuan hingga prinsip dalam penyelenggaraan pameran.

Demikian dari kami theinsidemag.com semoga materi diatas bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Salam literasi!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Budaya

Kusuma
5 min read

Musik Kontemporer

Kusuma
8 min read

Unsur-Unsur Seni Musik

Kusuma
3 min read

2 Replies to “Pameran Seni Rupa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *