Pantun Anak

Pantun AnakĀ merupakan salah satu bentuk pantun dimana isi dari pantun tersebut ditujukan untuk anak-anak. Tetapi, bisa juga dibuat oleh anak-anak.

Pantun sendiri tidak hanya sekedar berisikan tentang nasehat, agama, teka-teki. Pantun anak adalah salah satu jenis pantun yang banyak diminati.

Para orang tua sering menganggap anak sekolah itu masih polos dan apa adanya bukan? Karena, mereka belum menginjak usia dewasa.

Fyi,Ā pantun sendiri sering digunakan atau difungsikan sebagai sarana memotivasi orang lain, sindiran, ungkapan suka cita dan lain sebagainya.

Di Indonesia pantun sendiri merupakan salah satu sastra paling populer di Indonesia. Pantun anak ini juga sebagai cara mengkritik anak agar tidak asyik dengan dunia bermain saja.

Dengan cara ini juga orang tua bisa memberikan sebuah wejangan supaya anak-anak dapat semangat dalam belajar. Ini merupakan cara halus yang patut dicoba šŸ˜€

Kalau bingung tentang bagaimana membuat pantunnya, dibawah ini kami dengan baik hati dan tidak sombong #asyikkkk akan memberikan contoh pantun anak-anak.

Pengertian Pantun Anak

Pengertian Pantun Anak

Pantun anak adalah pantun yang isinya menggambarkan dunia anak-anak, seperti menggambarkan kegembiraan, kesenangan bermain dan semacamnya.

Untuk kerangka sama dengan jenis pantun yang lain, dimana sebuah pantun anak-anak terdiri dari sampiran dan isi. Sedikit bisa dipahami bukan?

Pantun anak sendiri dapat menjadi cara memotivasi paling ampuh oleh orang tua.Ā Fyi,Ā beberapa tips dibawah dapat membuat anak bisa menurut kepada orang tuanya.

  1. Jangan pernah membentak anak, karena pada dasarnya anak adalah buah hati kita. Mereka perasa dan harus diperlakukan dengan sebaik mungkin.
  2. Dengarkan keinginan anak, jika tidak bisa memenuhi maka berilah penjelasan agar mau memahami.
  3. Jika anak melawan, berikan instruksi yang tegas namun tetap hangat.
  4. Berikan sedikit waktu untuk anak mau mendengarkan orang tua.

Untuk itu, jika ingin sedikit mencairkan suasana diĀ groupĀ keluarga tentunya pantun ini akan sedikit memberikan sebuah lelucon dan petuah yang sangat penting.

Contoh pantun anak ini dapat ditujukan kepada anak SD, anak SMP, anak SMA/SMK karena pada dasarnya dewasa bukan tentang angka umur.

Pantun Anak Sekolah

Pantun Anak Sekolah

Pertanyaan yang tepat adalah contoh pantun anak sekolahĀ dungsĀ pastinya! Ingin lebih mendalami mengenai pantun anak-anak bukan?

Berikut dilampirkan mengenai contoh pantun anak sekolah lucu dan menghibur tentunya memiliki banyak nilai-nilai penting didalamnya.

Di pasar beli udang galah
Burung merak di rumah aang
Semangat pagi berangkat sekolah
Hatiku riang belajar senang


Makan soto pake ketupat
Ketupatnya sisa lebaran
Carilah ilmu sampai kau dapat
Jangan sampai putus harapan


Jauh di jawa artinya adoh
Pergi merantau ke jakarta
Jangan sampai menjadi bodoh
Karena tidak mengeri apa-apa


Pergi bermain dengan sarah
Sarah jatuh ke dalam sawah
Kalau pengen hidup berkah
Hormatilah ibu dan ayah


Anak ayam selalu berkokok
Suaranya meniru ayam jantan
Masih anak SD jangan merokok
Besar nanti jadi penyakitan


Ada hewan namanya keledai
Keledai jalan pergi ke pantai
Kalau ingin jadi pandai
Harap adek tak suka lalai


Pergi ke medan membeli ulos
Enaknya kambing dibuat gulai
Jangan adek suka membolos
Harus jadi anak yang pandai


Main kelereng bersama Anjas
Tiba tiba anjas kentut
Anak sekolah sudah masuk kelas
Selalu tenang tidak pernah ribut


Anak laki laki tampan
Anak laki laki tidak arogan
Jadi anak anak harus sopan
Disayang guru dicintai kawan


Burung dalam sangkar
Terbang ke angkasa
Janganlah anak anak bertengkar
Supaya tidak menimbulkan luka

Itulah merupakan 10 contoh pantun anak sekolah singkat dan jelas. Apakah kalian paham apa yang disampaikan diisinya? Silakan membuat dan posting di komentar!

Pantun Anak-Anak

Pantun Anak-Anak

Untuk memberikan sebuah nasehat kepada anak-anak atau motivasi tidak bisa dilakukan dengan membentak, mengkritik langsung.

Kalau kata orang bicara itu ada seninya, dengan itu dapat disimpulkan memotivasi, mendidik juga ada seninya. Bagaimana di dengar dan mendengar.

Untuk itu inilah beberapa contoh pantun anak-anak yang dapat dibaca dan dipahami agar lebih paham akan makna dan tujuan dari pantun ini.

Ada cincin di tengah jari
Ada motif bagus indahnya bunga
Mendengar dentuman musik mari menari
Bersama kawan penuh bahagia


Pagi kita bersih-bersih
Bersihin baju punya mak andu
Bersama adek bertukar kasih
Alhamdulillah bahagia tentram selalu


Jalan jalan di pagi hari
Bertemu dengan si eja
Ayah dan ibu memberi hati
Anak baik membalas segalanya


Bau wangi daun pandan
Suara burung indah dan syahdu
Bermain komedi putar bersama teman
Asyiknya sampai lupa waktu


Jalan jalan ke Kenya
Enaknya sambil ke pantai
Liburan bagi kami perlu tampaknya
Supaya belajar semangat dan pikiran santai


Kemah di hutan
Ada singa takut dimakan
Semua lagu adek dendangkan
Semua tarian kakak lakukan


Kucing ada di dalam karung
Busuknya ini bau
Adik lucu berhidung mancung
Tertawa geli di goda ibu


Ada lalat di lengan
Gatal walaupun secuil
Jangan sedih tidur sendirian
Agar mandiri sejak kecil


Jangan main air raksa
Mending main air enak rasanya
Mandi sendiri harus bisa
Supaya tidak membebani bunda


Ada selilit di gigi
Takut ada ombak yang tinggi
Adik harus belajar mandiri
Supaya tidak susah kemudian hari

Bagaimana dengan pantun anak diatas? Contoh pantun diatas sendiri merupakan hal yang wajar untuk disampaikan, karena dibalut dengan kelucuan.

Silakan sampaikan kepada adik, atau anak-anak dan semoga bisa menjadia acuan dalam memotivasi!

Baca juga materi pantun lain:
1. Pengertian Pantun
2. Pantun Anak
3. Pantun Perpisahan

Pantun Anak Muda

Pantun Anak Muda

Anak muda biasanya membuat orang-orang geleng kepala dengan semangat juangnya yang tinggi, namun tingkat kelabilannya juga tinggi.

Untuk itu sebenarnya contoh pantun anak muda ini dapat memberikan sebuah wejangan dari mulai yang sudah mengenal cinta atau masih mengejar cita-cita.

Mengumpat di dalam goa
Main tanah di dekat rumah tata
Melayang rasa di dalam jiwa
Melihat dikau bermain mata


Melompat melewati pagar
Jatuh sudah tertimpa durian
Carilah guru tempat belajar
Supaya tidak menyesal kemudian


Memetik lidah buaya
Diberi teman untuk sedakah
Usia muda baiknya jangan disia
Nanti tua akan menyesal


Air sedang surut
Tak kunjung datang
Hati muda jangan diturut
Kalau diturut salah datang


Ada tamu mengetuk pintu
Bermain ke rumah teman
Ada wanita cantik di depanku
Senyumnya manis wajah menawan


Bunga mawar semerbak harum
Tumbuh mekar indah menawan
Ada wanita manis sedang tersenyum
Bolehlah kita berkenalan


Sungguh manis buah rambutan
Rambut kecil dibalut warne merah
Setelah kita berkenalan
Bolehkah saya datang kerumah?


Indah sekali bunga lili
Kelopak mekar berseri-seri
Ingin rasanya aku mendekati
Lalu menjadikanmu kekasih hati


Jualan tapi rugi
Akhirnya membuat jamu
Kulihat wajahmu manis sekali
Bolehkah aku jadi kekasihmu?


Jalan jalan ke Kuta
MasyaaAllah sungguh indahnya
Tentu saja aku terpesona
Sayang sekali ada yang punya

Jadilah anak muda yang berbakti kepada orang tua, memiliki semangat juang tinggi menggapai cinta dan cita. Contoh pantun anak muda cocok sekali buat kalian para remaja.

Pantun Anak SD

Pantun Anak Sekolah SD

Trik mudah membuat pantun adalah paham saja akan struktur dan rima. Contoh pantun anak SD dibawah ini lucu dan memotivasi.

Ada contoh pantun anak sd yang lainnya? Tuliskan saja dikomentar, nanti akan diposting disini. Tentunya dengan nama kalian.

Mainan adik baru
Disimpan di dalam kamar
Kalau mau disayang ibu guru
Rajinlah adek belajar


Minum susu di jam istirahat
Ngobrol santai di depan taman
Kalau pengen sehat
Yuklah jaga kebersihan


Di taman ada batu
Batunya dilempar caca
Jika mau ranking satu
Harus rajin membaca


Takut disengat lebah
Akhirnya kita lari
Supaya tidak terlambat sekolah
Cepat bangun dipagi hari


Bocor ternyata dari genting
Banyak disana tupai-tupai
Belajar itu sangat penting
Agar cita-citamu bisa tercapai


Beli baju baru
Sudah baru mahal tentu
Aku dapat sepeda baru
Hadiah dari ayah juara satu


Benang beberapa helai
Ada di dalam botol kaca
Walau libur jangan sampai lalai
Buku tetap harus dibaca


Beli buku baru
Bukunya diatas busa
Terimakasih bapak guru
Pengorbananmu luar biasa


Ke toko membeli kain
Kainnya dipakai menantu
Jangan cuma ingat bermain
Orang tua juga harus dibantu


Pulang sekolah mencuci sepatu
Membersihkan meja pakai sapu bulu
Kalau minta sesuatu
Jangan lupa ijin dulu

Itulah tadi merupakan beberapa contoh pantun anak sekolah SD, namun tetap bisa digunakan dalam contoh pantun anak SMA ataupun SMP.

Pantun Anak-Anak Lucu

Pantun Anak-Anak Lucu

Anak-anak identik dengan kelucuannya bukan? Contoh saja anak-anak bayi yang masih berumur 6 bulan hingga satu tahun.

Tetapi, untuk pantun mungkin mereka belum mengerti. Yang paham pastinya anak-anak sekolah saja. Untuk menghibur mereka lantunkan saja contoh pantun anak lucu berikut.

Jangan jadi anak sombong
Apalagi menghina kakak
Masih kecil telah ompong
Gigi hilang ketawa ngakak


Melihat daun talas
Juga melihat daun talam
Makanya jangan suka malas
Sikat gigi pagi dan malam


Beranjak mencari undur-undur
Pusing kepala muter-muter
Ada anak suka tidur
Suka ngorok sambil ngiler


Mencari jauh daun lontar
Ketemunya kecap bango
Ada anak ngaku pintar
Tapi ditanya planga-plongo


Makan bakso pakai cuka
Makan setelah sholat Ashar
Ini contoh pantun jenaka
Untuk anak sekolah dasar


Bermain tak mau kalah
Macam kancil yang mau juara
Pantun jenaka anak sekolah
Untuk kelas empat dan kelas lima


Di soto ada ketupat
Kiriman berasal dari kakak ipar
Kami anak kelas empat
Rajin belajar dan juga pintar


Beli kopi merk koma
Koma kok seperti rancu
Lihat anak kelas lima
Suka melawak dan melucu


Kain robek segera dijahit
Robek karena perihal kawat
Saya sudah buat 10 bait
Berapa bait yang saudara buat?

Tentunya contoh pantun anak lucu ini dapat dijadikan sebagai bahan lelucon dan lawakan kepada sesama saudara. Memotivasi dan membuat tertawa.

Pantun Anak Rantau

Pantun Anak Rantau

Siapa disini anak rantau yang rindu dengan kampung halaman? Anak rantau biasanya memiliki daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup mandiri.

Berikut adalah sebuah contoh pantun anak rantau lucu yang rind dengan kampung halaman. Beserta contoh pantun anak rantau yang singkat memancing gelak tawa.

Jalan jalan ke hutan bertemu musang
Pergi bersama dengan lala
Pergi jauh ke kota seberang
Membanting tulang untuk keluarga


Melihat nelayan memakai ranjau
Pulang pulang ke telaga
Berat sekali menjadi perantau
Rindu hati kepada keluarga


Makan nasi padang
Bersama dengan Arga
Belajar jauh di negeri orang
Jauh juga dari keluarga


Jalan jalan pagi hari
Pergi membawa sebotol susu
Sedih hati untuk pergi
Jauh merantau mencari ilmu


Bertemu dengan hewan rusa
Jatuh terperosok di aspal
Jika lelah sudah terasa
Ingin pulang ke tempat asal


Pergi jauh merantau
Merantau untuk bersekolah
Sungguh hati ini rindu
Rindu keluarga dirumah


Jalan jalan di Surabaya
Main bersama dengan teman
Kepada ibu yang jauh disana
Hati anakmu rindu tak terbatas


Pergi jauh ke Semarang
Perjalanan di kereta api
Kalau tinggal di kota orang
Harus bisa menjaga diri


Jalan jalan bersama ibu
Tak lupa membeli buah mangga
Bagaimana hati ini tidak rindu
Pergi jauh dari orang tua


Pergi jauh ke telaga
Letaknya di sudut desa
Kepada keluarga yang jauh dimata
Hati rindu tak terkira

Menjadi anak rantau memang akan membuat semakin dewasa dan mandiri, namun kita tetap akan jauh dari keluarga, teman dan juga kampung halaman.

Tetapi, di kota perantauan pasti menemukan keluarga baru, teman baru yang menemani kita saat jauh dari kampung halaman.

Bagaimana tentang pantun anak rantau sedih diatas? Sungguh menyakitkan jikalau susah pulang, harus tetap semangat ya teman-teman perantauan.

Pantun Anak Betawi

Si Doel anak Betawi asli, kerjaanye sembayang mengaji. Salah satu sepenggal lirik dari Benyamin Sueb dengan ala betawinya.

Pantun sendiri merupakan salah satu budaya asli Betawi yang patut di apresiasi dan harus dilestarikan. Pantun betawi sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Untuk upaya melestarikan pantun betawi, berikut dilampirkan beberapa contoh pantun anak betawi tentang kehidupan sehari-hari anak asli Betawi.

Jijik melihat lintah
Melihat dipinggir kali
Daripada urusannya mentah
Mending santai sambil ngupi


Ada bebek di tengah kali
Di kali banyak pohon pepaye
Sore gini mang enakan ngupi
Apalagi ada temennye


Deket papua ada nugini
Pergi jalan jalan ame sani
Emang enak dah cuaca begini
Nyeduh kopi disamping bini


Makan roti buaya
Jangan lupe ada kondangannya
Siapa bilang betawi gak berbudaya
Kan banyak ulama kondangnya


Ikan cere matinya direndem
Ambil topi sama songkok di belakang
Sore-sore suasananya adem
Sambil ngopi ngrokok sebatang


Kopi diseduh air mendidih
Banyakin gule diaduk rate
Biar ati gak melulu sedih
Mari berpantun ala jakarte


Jalan jalan ke Ciawi
Ternyata banyak juga ikan nilanye
Senakal-nakalnye anak betawi
Eh masih punye dah yang namanye pahale


Jalan jalan make topi
Ketinggalan dalem koper
Eh itu di bale ada kopi
Sini jan diem diem bae lah di oper


Jalan jalan ke Romawi
Ketemu pemain namanye Jan Oblak
Jangan ngaku dah anak Betawi
Kalo kaga kenal deblak ma geplak


Pergi ke Jakarta lewat Jagorawi
Niat apel di area kantoran
Bang Udin katanya anak Betawi
Liat ondel-ondel dia gemeteran


Udah kerja kaga di gaji
Makan buah enaknya nendang
Ente malem jumat bukanya ngaji
Eh.. Malah ngadu cupang


Pergi jauh ke Telaga
Malah nyasar ke Jatiwaringin
Walaupun jarang aye olahraga
Kalo ngrokok ma aye dah kurangin


Indah banget pelangi
Burung ada dalam sangkar
Depan Al-Hawi bau wangi
Depan ente bau kabel kebakar

Itulah beberapaĀ contoh pantun anak betawi yang singkat. Gimane ncang? nyak? beh? mpok? nye? Keren abis bukan?Semoga terhibur! Salam budaya Betawi ya semuanye…. šŸ˜€

Pantun Anak Pramuka

Pantun Anak Pramuka

Sudah hafal belum kalian anak pramuka mengenai dasa dharma pramuka? Jangan ngaku anak pramuka juga kalau belum paham sejarah pramuka.

Contoh pantun anak pramuka ini dapat disesuaikan oleh penggalang ataupun tingkatan yang lain. Untuk contohnya adalah sebagai berikut ini.

Bermain poku dengan Jaka
Bertemu dengan mas Wayan
Aku bangga jadi anak pramuka
Belajar disiplin demi masa depan


Menabung demi masa depan
Jangan boros nanti rugi sendiri
Jadi anak pramuka menyenangkan
Berlatih hidup sendiri dan mandiri


Pergi ke pantai menganti
Bertemu dengan kawan kaka
Meski kegiatan pramuka tiada henti
Aku senang jadi anak pramuka


Bertemu dengan Angga
Di jalan remang-rmeang
Anak SD jadi pramuka siaga
Banyak lomba hatipun senang


Makan bakso ada formalin
Takut banget jadi gusar
Pramuka penggalang wajib disiplin
Mengatur waktu untuk belajar


Pergi jalan ke taman
Diikuti seekor sapi
Badan lelah tak dirasakan
Demi menjadi pramuka sejati


Jalan jalan ke daerah Pati
Menghitung lama dengan angka
Pramuka sejati harus berempati
Kepada sesama manusia di mana saja


Ngomong ini itu kena sela
Banyak kerja banyak syarat
Mari kita bertepuk pramuka
Agar berkurang semua penat


Banyak mobil di jalan raya
Ingin pergi membeli roti
Lagu pramuka lagu ceria
Untuk mengusir galau di hati


Bertemu dengan Sonya
Makan bersama dengan ketan
Jadi pramuka banyak manfaatnya
Mengajari kita arti persahabatan

Itulah merupakan contoh pantun pramuka secara jelas dan singkat. Kalian yang merasa pramuka adakah tambahan lain? Silakan cantumkan di komentar!

Beberapa pantun memang layak untuk dilestarikan, sebagaimana fungsi dan gunanya. Jika memang pantun anak diperuntukkan untuk anak, namun maknanya dapat dijadikan pembelajaran.

Demikianlah dari kamiĀ theinsidemag.com semoga contoh pantun anak diatas dapat membuat Anda semua lebih menghargai sebuah cuitan penuh makna.

Apabila ada pertanyaan dan memiliki puisi yang jauh lebih baik, silakan membuat pantun sendiri disini kami akan posting dengan menyertakan nama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *