Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pantun Jenaka

7 min read

Pantun Jenaka

Pantun Jenaka adalah sebuah pantun lucu yang memberikan sedikit gelak tawa baik di sampiran maupun isi. Pantun jenaka digunakan pada saat suasana gembira dan senang.

Pantun jenaka adalah sebuah pantun untuk menghibur orang-orang yang mendengar, bisa juga dijadikan sarana saling menyindir dalam situasi penuh keakraban.

Pantun jenaka atau pantun lucu membuat suasan menjadi senang, jika suasana tegang atau mengheningkan pantun lucu ini dapat membuat suasana cair seketika.

Pantun jenaka sendiri bertujuan untuk saling lawak atau melucu dan menghibur para pendengar. Candaan ini akan membawa dampak psikis yang baik bagi pendengar.

Jika diperhatikan pantun yang tertata rapi dan nada-nya pas pasti akan membuat tertarik para pendengarnya. Seringkali juga membuat terbahak-bahak bahkan sampai menangis.

Arti Kata Jenaka

Arti Kata Jenaka

Sebelum lebih jauh membahas mengenai pantun jenaka tentu sangat menarik jika kita mengetahui arti dari kata jenaka terlebih dahulu.

Tersirat sebuah pertanyaan, apa sih jenaka itu? Jenaka artinya adalah lucu. Jadi, bisa disimpulkan pantun jenaka adalah pantun lucu.

Anak-anak jaman now pasti sering menyebutnya pantun lucu humor atau pantun gokil. Memang, karena sudah jarang sekali yang menggunakan kata jenaka.

Jenaka berasal dari bahasa Melayu. Pantun juga sebenarnya lebih berkembang terhadap suku Melayu. Oleh sebab itu, banyak pantun yang memakai kalimat lama yang terdengar asing.

Loading...

Pengertian Pantun Jenaka

Pengertian Pantun Jenaka

Pantun Jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dengan suasan penuh keakraban.

Tujuan pantun jenaka adalah untuk memberikan hiburan kepada orang yang mendengar dan diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Pantun lucu juga banyak manfaatnya, bisa dijadikan sebagai fasilitas bagi kita untuk menuangkan kreativitas humor di jiwa-jiwa muda.

Dengan senyum dan tertawa hidup sendiri akan lebih mudah. Pantun lucu sangat membuat kita semakin bersemangat dan di pompa energinya.

Baca juga yuk kata kata lucu yang bisa bikin ngakak 😀

Ciri-Ciri Pantun Jenaka

Ciri-Ciri Pantun Jenaka

Sebenarnya pantun jenaka ciri-cirinya hampir sama dengan pantun yang lain. Yang mana, dibedakan dengan isi saja di dalam pantun lucu tersebut.

Berikut adalah ciri-ciri pantun jenaka/lucu:

  • Terdiri atas 4 baris.
  • Jumlah kata dalam setiap baris sebanyak 8 hingga 12 suku kata.
  • Baris pertama dan kedua adalah sampiran
  • Baris ketiga dan keempat adalah isi.
  • Memiliki pola sajak A-B-A-B.
  • Mengandung unsur lucu, jenaka.

Jenis-Jenis Pantun Jenaka

Jenis-Jenis Pantun Jenaka

Pantun jenaka sendiri memiliki berbagai macam jenis. Cukup banyak pilihan bukan untuk mempelajari pantun tersebut?

Berikut ini merupakan jenis-jenis pantun jenaka pada umumnya:

  • Pantun Dongeng Binatang.
  • Pantun Kelakar.
  • Pantun Politik.
  • Pantun Ejekan.
  • Pantun Sindiran.

Adapun untuk pantun lucu humor dan jenaka singkat di bawah tetap bisa menghibur ya. Walaupun beberapa sudah klise namun tetap enak dilihat.

Ciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh tawa, supaya kita lebih bisa semangat dan selalu bahagia 🙂

Contoh Pantun Jenaka

Contoh Pantun Jenaka

Bercanda adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan, mengapa? Supaya tidak spaneng dalam menjalani hidup. Tentunya bercanda sewajarnya guys 🙂

Pantun jenaka sendiri jika kita buat sendiri belum tentu semua suka dan respect karena memang, ada yang satu frekuensi atau tidak. Jangan khawatir, pengalaman seperti itulah guru terbaik.

Ini mulai membentuk sistem belajar membuat pantun lucu, lama-lama akan mendapatkan feel-nya dimana. Referensi contoh-contoh pantun lucu/jenaka juga harus di baca.

Hujan rintik ada payung
Payung terbang entah kemana
Anda bingung saya pun bingung
Eh ini pantun maksudnya apa?


Emak nyapu pakai sapu lidi
Sudah lapar makan apapun jadi
Tak ada kerja nganggu pun jadi
Tak ada gigi ompong pun jadi


Sungguh berat sekali besi
Diangkat oleh Ayahanda
Tinggal siapkan piring sebiji
Mari kita makan bersama


Ada buah di tangan
Pagi sudah hilang kosong
Ada si bujang yang sedang berlarian
Karena dengar anjing menggonggong


Bertamu di rumah Tina
Banyak kucing mengeong-eong
Ada perempuan cantik jelita
Tapi sayang.. punggungnya bolong 😀


Kue pukis
Buah mangga
Semuanya manis
Silakan dicoba


Siang makan kecut-manis
Ini dia yang mama tunggu
Ada si gadis berparas manis
Tapi sayangnya sesosok hantu


Banyak sekali indahnya karang
Panorama bulan terang benderang
Habis uang terbitlah utang
Tak sanggup bayar pukulan melayang


Hitunglah beberapa kuda
Jumlahnya ada sembilan
Sembilan dikurang empat jadi lima
Ini teh pantun apa hitungan?


Kerja ngetik
Ngopi di telaga
Karena kentut sekian detik
Semua orang cium baunya

Itulah merupakan contoh pantun lucu bikin ngakak yang bisa membuat semua orang yang mendengar terhibur. Bagaimana perasaan kalian sekarang?

Pantun Jenaka Lucu

Pantun Jenaka Lucu

Pantun lucu jenaka ini menjadi salah satu bukti bahwa sebenarnya orang-orang Indonesia adalah orang yang humoris dan penuh canda tawa.

Banyak sekali contoh pantun lucu jenaka yang membuat kita bisa tersenyum bahagia. Sudah tahu contoh-contoh pantun lucu? Berikut ya contohnya 🙂

Banyak sekali jenis sayuran
Andai bisa jadi makanan ringan
Dipalak orang ditengah jalan
Kandaslah dompet kosong di genggaman


Adek pelihara ikan sabu
Mengumpat ia ke tepian
Berfoya-foya terlebih dahulu
Dikejar rentenir kemudian


Pohon hijau daun rindang
Enak sekali mata memandang
Ada uang Abang kusayang
Gak ada uang Abang ditendang


Jalan-jalan ke Kenari
Melihat mawar merah sekali
Sungguh diriku malu sekali
Terciduk sedang mengompol di pinggir kali


Bagai jarum dalam jerami
Bagai nasib siti nurbaya
Bagai batu di tepi kali
Bagaimana lagi ya selanjutnya?


Pak Prabowo menaiki kuda
Sambil menunggu nonton Godzilla
Ada pria tampan mukanya
Sayang sekali orangnya gila


Kertas ini sungguh ringan
Basah terkena kuah bakso
Swadaya sudah tidak jaman
Karna sekarang jamannya swafoto


Rambut memiliki kutu
Ingin aku gosok pakai batu
Ada gajah di mata aku
Gajahnya itu ialah kamu


Sungguh indah terangnya bulan
Melihat dari pelabuhan Merak
Melihat langit tanpa awan
Bagaimana sih? Jadi pantun tidak?


Sedikit berbicara banyak kerjanya
Itu semboyan di masa lampau
Sedikit kerja banyak ngeluh-nya
Itu semboyan kids jaman now

Sungguh menarik sekali bukan contoh pantun jenaka lucu diatas? Semoga dapat dijadikan acuan dalam membuat pantun lucu yang bermakna.

Pantun Jenaka Remaja

Pantun Jenaka Remaja

Pantun jenaka remaja ini cocok untuk dijadikan sebagai pantun lucu remaja yang masuk ke dalam usia muda. Jiwa-jiwa muda dengan pikiran cerdas.

Inilah merupakan contoh pantun jenaka remaja singkat lucu:


Sungguh panas Ibukota
Akibat pemanasan dunia
Bila mendambakan lulus sarjana
Tidur malam tanpa celana

Enak sekali santan kara
Meminum sesuap enaknya madu
Bila rasa rindu terasa membara
Itulah tanda cinta sedang berpadu

Jambu merah di dinding
Jangan marah dongs, just kidding

Enak makan seafood pas anget
Seafood enak pinggir jalan
Yang lagi duduk kok manis banget
Boleh kagak kita kenalan?

Menilik ke atas atap sedang hujan
Rumah tidak bocor alhamdulillah kering
Teringat adik di kala makan
Air mata jatuh ke dalam piring

Nanas muda jangan dibeli
Rasanya kecut sekali
Disangka hati dia sedang sendiri
Ternyata sedang bersama 3 suami

Menanam padi di pinggir kali
Melihat petani sambil berdiri
Jangan miscall saja kalau berani
Telfon kalo lo ada nyali

Pengantin baru di pelaminan
Baju batik lebar melintang
Cantik tidak menjadi jaminan
Akhlak dan hati yang dicari orang

Enaknya makan roti sobek
Di warung ibu antik
Biarlah tak apa berwajah jelek
Penting akhlak hati sungguh cantik

Akhirnya Abang yang kutunggu
Mengantarku ke pasar
Ingin sekali memeluki dirimu
Tapi tak mampu.. badanmu besar


Bagaimana mengenai contoh pantun lucu diatas? Sudah cukup menghibur bukan? Apabila belum, bisa langsung simak di bawah ini semakin lucu.

Pantun Jenaka Anak

Pantun Jenaka Anak

Cara memberitahu dan mengajari anak adalah hal yang cukup pelik. Di bentak nangis, dibiarkan akan menjadi manja. Perlu jurus ekstra yang tepat.

Salah satu menghibur anak juga bisa dengan cara berpantun. Coba sesekali berpantun kepada anak kalian supaya suasana menjadi tenang.

Contoh pantun jenaka anak lucu di bawah ini semoga bisa menghibur sang buah hati:


Melihat sampah di tong kosong
Bentuknya sudah sangat jelek
Masih kecil sudah ompong
Mirip dengan nenek-nenek

Lebar sekali daun talas
Adek jatuh ibu geram
Makanya jangan suka malas
Sikat gigi pagi sama malam

Enak sekali sarapan bubur
Bubur enak daerah Sunter
Ada anak sukanya tidur
Sambil ngorok dan sambil ngiler

Ada banyak daun lontar
Di ambil oleh Om Ingo
Ada anak yang sok pintar
Ditanya planga-plongo

Sakit kulit karena luka
Luka bakar sangat besar
Ini adalah contoh pantun jenaka
Untuk anak sekolah dasar

Raisa serba salah
Ingin menjadi juara
Pantun jenaka anak sekolah
Untuk kelas 4 dan kelas 5

Enak sekali makan ketupat
Ketupat dari kakak ipar
Kami adalah anak kelas 4
Rajin belajar dan juga pintar

Satu titik dua koma
Anak kera mengambil gincu
Lihatlah anak kelas 5
Suka ngebanyol dan melucu

Baju kecil di penjahit
Di beri sedikit sekat
Saya sudah 1 bait
Berapa bait yang kamu buat?


Itulah tadi merupalan contoh pantun jenaka anak 4 baris lucu yang bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh dengan segala makna yang ada.

Pantun Jenaka Pendidikan

Pantun Jenaka Pendidikan

Pantun jenaka pendidikan merupakan sebuah pantun lucu yang menggambarkan mengenai pendidikan. Lebih menarik bukan?

Seperti sersan yakni serius namun santai. Bisakah kalian membuat contoh singkat pantun lucu pendidikan? Jika belum silakan melihat contohnya dibawah ini.


Jangan menjadi penyamar
Akibatnya gampang di gerus
Jika siswa rajin belajar
Sudah pasti nantinya lulus

Pergi menuju pinggir kali
Jangan lupa membawa aci
Bangkit semua anak petiwi
Bangunlah negerimu ini

Jika sedang memegang kuas
Melukislah di area kertas
Jadilah anak bangsa yang cerdas
Negara kita akan berkualitas

Hendaklah melempar jangkar
Ke perahu yang sedang singgah
Kalau jadi anak bangsa pintar
Negeri ini dapat bangga

Harus penuh jiwa korsa
Menyambung sebuah tali
Wahai kalian anak bangsa
Cepat bangun pagi dan lekas mandi

Jika kita pergi ke RUSUN
Jangan lupa persiapkan alas
Belajarlah kita dengan tekun
Agar kita segera naik kelas

Pergilah ke tanah datar
Jangan lupa pulang berlabuh
Jika kita ingin pintar
Belajarlah sewaktu Subuh

Burung Kenari terbang tinggi
Menembus awan terlihat pelangi
Mari pergi mencari ilmu yang tinggi
Menggapai cita-cita dan jati diri


Bagaimana tentang contoh-contoh pantun jenaka tentang pendidikan diatas? Sudah cukup bukan menjadi motivasi dalam mengejar ilmu? Bagus!

Pantun Jenaka Cinta

Pantun Jenaka Cinta

Tentunya dengan berbagai jenis pantun jenaka yang ada, pantun lucu tentang cinta adalah yang paling dicari. Mengapa? Karena bisa menjadi bahan lelucon bersama kekasih.

Berikut adalah beberapa contoh lengkap pantun jenaka tentang cinta:


Ke Ambon naik pesawat
Bersama dengan pak Drajat
Kalau cinta sudah melekat
Roti busuk berasa cokelat

Berkobar api
Tak bisa padam
Tidak bertemu satu hari
Serasa 24 jam 😀

Takut diriku tersengat
Lebah banyak sedang bertemu
Bau keringatmu sungguh menyengat
Tapi aku bahagia disampingmu

Magdalena pergi ke Bali
Makan risol isi sayuran
Jangan bergantung pada perasaan ini
Karena hatiku bukanlah jemuran

Ban bocor kena paku
Pulang rumah dimarahi ibu
Gara-gara lama menahan rindu
Melihat sapi pun mirip dirimu

Harddisk penuh dengan data
Terkena air rintik gerimis
Setiap kulihat senyum Adinda
Kopi pahit terasa manis

Di kepala ada kutu
Kutu dari para tetamu
Cita-citaku hanya satu
Hidup bahagia bersamamu

Beli buah manggis
Di pasar manis
Meski aku penuh kumis
Semoga bisa menghibur yang nangis

Bertanding bersama-sama
Dijadikan untuk nostalgia
Tak mengapa umurmu sudah tua
Yang penting diriku selalu cinta

Adek manis jatuh pingsan
Untung saja sudah siuman
Jadikan aku pria idaman
Meski hanya kusir delman


Bagaimana mengenai contoh pantun jenaka lucu tentang cinta diatas? Sudah cukup membuat mesem-mesem wajah kekasih kalian? Patut dicoba 😀

Pantun Jenaka Nasehat

Pantun Jenaka Nasehat

Pantun lucu bertema nasehat juga harus diutamakan, karena memiliki daya tarik dan cukup khas untuk membuat nasehat jauh lebih berguna.

Berikut ini contoh pantun jenaka lucu tentang nasehat:


Hidup hutang pasti susah
Ingin sekali bahagia
Kalau tidak mau berusaha
Meminta mintalah kerjanya

Sakit sekali jari tangan
Jatuh tertimpa apel di jalan
Kenapa sebab malasnya insan
Tidak malu yang dia kerjakan

Mencari kerja sangat susah
Kalau tidak mempunyai keahlian
Tapi sebenarnya banyak dan juga mudah
Memang malas saja mencari makan

Hidup bukan hanya untuk makan
Jelas ada sebuah tujuan
Kalau makan sebagai kehidupan
Serupalah bersama para hewan

Mencari harta yang penting halal
Makan enak pakai empal
Kalau mengemis membuat mu sial
Jangan berbohong meskipun kenal

Tidak akan malu berwajah buruk
Nongkrong dengan adek sampai terbungkuk
Jadi pengemis pura-pura kikuk
Mengharap imbalan dari sopir truk

Bertemu anak dipinggir jalan
Sambil memegang kerincingan
Tangan menadah minta kasihan
Banyak pengemis yang musiman

Dikejar anjing terbirit-birit
Lari kelongkang di dalam parit
Ditangkap petugas matanya sipit
Duduk bersila berlagak wirit


Bagaimana mengenai beberapa contoh singkat pantun jenaka bertema nasehat di atas? Sudah cukupkah menjadi acuan dalam membuat pantun lucu tentang nasehat?

Mengenai materi pantun lucu jenaka dari kami theinsidemag.com adalah seperti diatas. Apabila ada pertanyaan yang diajukan silakan di komentar!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pantun Nasehat

Kusuma
5 min read

Pantun Pahlawan

Kusuma
2 min read

Pantun Dagang

Kusuma
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *