Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pencemaran Udara

7 min read

Pencemaran Udara

Pencemaran Udara adalah salah satu penyebab penyakit pernafasan yang paling banyak saat ini. Alam tercemar, kita akan berpenyakitan pastinya.

Mengingat tentang alam, udara adalah salah satu komponen yang sangat penting dan harus tetap di jaga.

Udara yang tidak sehat dan tidak baik tentunya akan berpengaruh besar bagi kehidupan. Untuk itu, mengenal lebih jauh tentang pencemaran itu menjadi suatu hal yang bagus bagi wawasan.

Selain memahami mengenai penyebab pencemaran udara, cara menanggulangi pencemaran udara pun juga penting. Karena sebagai manusia kita harus menjaga bumi tetap asri.

Nah, berikut kami berikan penjelasan lengkap seputar pencemaran udara. Mengenai hal-hal apa saja yang akan di bahas, akan kami kupas sedemikian rupa.

Dimulai dari pengertian pencemaran udara, sumber pencemaran udara, penyebab pencemaran udara, dampak pencemaran udara, contoh pencemaran udara dan cara menanggulangi pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan istilah yang berasal dari dua kata; yakni gabungan antara pencemaran dan udara. Sudahkah Anda mengetahui maksud dari istilah ini?

Berbicara mengenai pengertian pencemaran, kata tersebut merujuk pada arti tercampurnya beberapa zat atau unsur yang seharusnya tidak bercampur dan bisa mengakibatkan kondisi yang buruk.

Sedangkan, pengertian udara adalah salah satu elemen alam yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan di bumi baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Loading...

1. Pengertian Pencemaran Udara Menurut Wikipedia

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan. Mengganggu estetika dan kenyamanan atau merusak properti.

2. Pengertian Pencemaran Udara Secara Umum

Pencemaran udara adalah situasi dimana udara bercampur dengan zat lain sehingga mengakibatkan kondisi yang buruk. Bahkan, karena ini bisa jadi udara tidak layak dan membahayakan bagi penghuni bumi.

Itulah merupakan ulasan dari kami mengenai pencemaran udara. Tanpa udara, entah bagaimana jadinya kehidupan di bumi.Dan, saat ini pencemaran udara sudah sangat merajalela.

Kekurangan udara bersih merupakan suatu masalah besar yang sangat banyak di hadapi. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari faktor alam sampai dengan perbuatan manusia itu sendiri.

Sumber Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Secara keseluruhan, ada dua sumber pencemaran udara yang bisa terjadi. Pertama, adalah sumber alamiah dan yang kedua adalah sumber buatan manusia.

Keduanya sebenarnya sama-sama sulit untuk diatasi. Untuk keterangan dan penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut ini.

1. Sumber Alamiah

Pencemaran udara secara alamiah, tentunya diatas kewenangan manusia untuk bisa mencegahnya. Dalam hal ini pencemaran terjadi secara alami dan ada banyak faktor yang bisa menyebabkannya.

Diantara faktor-faktor tersebut adalah letusan gunung berapi, munculnya gas beracun kepermukaan bumi, disebabkan oleh tanaman tertentu dan masih banyak lagi.

2. Sumber Buatan Manusia

Sumber alamiah tentunya terjadi secara alami dan tidak bisa dihindari kedatangannya. Namun, ada juga sumber yang disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri.

Dalam hal ini, sumber buatan manusia sangatlah banyak dan sudah menjadi kebiasaan yang di anggap biasa. Oleh karena itulah sumber ini juga semakin kesini semakin sulit untuk diatasi.

Berbicara lebih jauh tentang sumber buatan manusia, ada beberapa contoh nyata dalam pencemarannya. Seperti, aktivitas industri, asap kendaraan bermotor, asap rokok dan masih banyak lagi.

Aktivitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan dan bahkan penunjang hidup untuk manusia. Karena itulah sangat sulit untuk mengatasi atau mencegahnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Apabila membahas mengenai penyebab pencemaran udara tentunya ada banyak sekali. Berikut akan kami ulas mengenai 9 penyebab pencemaran udara di bumi ini.

1. Asap kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi

Semakin hari perkembangan teknologi jelas semakin pesat, tentu saja tidak heran jika kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki perorangan.

Di jalanan, saat ini kendaraan bermotor sudah banyak di temui. Namun, asap dari kendaraan bermotor ini dapat menyebabkan polusi dengan jumlah yang banyak, udara pun akan tercemar.

2. Pembangkit listrik

Tidak dapat dipungkiri, meski sudah masuk era modern, saat ini masih banyak pembangkit listrik konvensional yang menggunakan bahan kurang ramah lingkungan.

Katakan saja seperti gas, minyak maupun batubara. Nah, ketika bahan bakar yang menjadi gas ini pembakarannya tidak sempurna, maka dapat menimbulkan efek yang cukup berbahaya.

3. Berasal dari abu polutan gunung berapi

Di Indonesia, gunung berapi sangat banyak, tentunya yang masih aktif. Dalam hal ini ketika terjadi letusan gunung berapi, stabilitas di wilayah yang terkena letusan akan terganggu.

Udara yang beredar pun menjadi tidak sehat untuk di hirup. Namun, faktor yang satu ini merupakan salah satu faktor alami yang tentu cukup sulit di hindari.

4. Limbah asap industri atau pabrik

Penyebab pencemaran udara yang terbesar adalah limbah asap pabrik. Di berbagai negara, tentu saja ada banyak sekali pabrik yang berdiri.

Sedangkan frekuensi asap pabrik tidak sedikit lagi, padahal limbah asap industri ini bukan udara yang baik bagi kesehatan.

5. Limbah pertanian

Tidak hanya pabrik, sebenarnya limbah pertanian juga bisa berdampak pada pencemaran udara. Hal ini karena, mengingat semakin banyak penggunaan pupuk dan bahan kimia menunjang hasil panen pertanian.

Nah, selain tidka baik untuk tanah, sebenarnya ini juga tidak baik untuk udara karena bisa mengakibatkan pencemaran apabila penggunaan terlalu berlebihan.

6. Berbagai kegiatan pertambangan

Indonesia adalah negara yang kaya akan tambangnya. Namun, karena pertambangan yang berlebihan industri ini jelas menjadi penyebab pencemaran udara.

Ketika mineral dari perut bumi di ambil, maka banyak polutan akan bermunculan. Pertambangan ini bisa juga menimbulkan berbagai efek negatif, utamanya dalam proses pengeboran.

7. Aktivitas rumah tangga

Untuk penyebab yang satu ini mungkin memang cukup meragukan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwasanya berbagai aktivitas rumah tangga tidak bisa juga di anggap hal sepele.

Intensitas memang tidak banyak, namun jika semua orang menggunakan seperti pembakaran sampah dan pembuangan sampah, maka ini akan menjadi hal yang berbahaya.

8. Kebakaran hutan

Salah satu kejadian alam yang sangat fatal dan sulit untuk ditanggulangi adalah kebakaran hutan. Apalagi, mengingat kebakaran hutan ini seringkali tidak terduga.

Ketika asap yang ditimbulkan terlalu banyak, tentu saja akan sangat mudah berakibat pada yang namanya polusi. Selain polusi sendiri, kebakaran hutan juga akan berdampak pada alam.

9. Efek timbunan sampah

Sampah yang tertimbun dan tidak terurus sampai menyebabkan bau menyengat dimana-mana sangat mengganggu bagi kehidupan manusia.

Bagi udara, timbunan ini sangat mencemari dan tidak boleh diremehkan akibatnya.

Macam Macam Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Terdapat dua macam pencemaran udara yakni:

1. Pencemaran Udara Primer

Pencemaran udara primer yaitu substanis pencemar ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran. Karbon monoksida adalah salah satu contoh pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran.

2. Pencemaran Udara Sekunder

Pencemaran udara sekunder yaitu substansi pencemar terbentuk dari reaksi pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam proses fotokimia adalah contoh pencemaran sekunder.

Atmosfer merupakan sebuah sistem yang kompleks, dinamik, dan rapuh. Belakangan ini, perhatian pada efek emisi polusi udara terhdap perubahan iklim global dan penipisan lapisan ozon semakin meningkat.

Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Berikut akan kami jabarkan mengenai akibat atau dampak pencemaran udara bagi dunia dan seisinya:

1. Dampak Kesehatan

Pencemaran Udara

Dampak pencemaran debu bisa menyebabkan penyakit paru-paru (bronchitis) serta penyakit saluran pernapasan lainnya.

Sedangkan dampak pencemaran oleh zat kimia seperti Karbon Monoksida dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin.

Hemogblobin adalah metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun terdapat sekitar 3,2 juta kasus kematian di sebabkan hal ini.

Dalamnya penetrasi polutan polusi udara ke dalam tubuh bergantung kepada jenis zat pencemar. Partikulat berkuran besar dapat bertahan di saluran pernapasan bagian atas.

Sedangkan partikulat berukuran kecil da gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Di Indonesia, kendaraan bermotor merupakan sumber utama pencemaran udara di perkotaan. Menurut Worl Bank, dalam kurun waktu 6 tahun sejak 1995 – 2001, hampir 100% pertumbuhan jumlah kendaran di Indonesia.

Sebagian besar kendaraan menghasilkan emisi gas yang buruk. Hal ini akibat perawatan kurang memadai ataupun dari penggunaan bahan bakar kualitas buruk, misalnya kadar timbal /Pb yang tinggi.

World Bank menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan tertinggi setelah Beijing, New Delhi, Mexico. Pencemaran yang terjadi ini sangat mengganggu kesehatan.

Menurut perhitungan kasar dari World Bank tahun 1994, dengan mengambil contoh kasus kota Jakarta. Jika konsentrasi partkulat (PM) diturunkan sesuai standar wHo, maka akan terjadi berbagai penurunan kasus kesehatan.

Penurunan kasus kesehatan tersebut yakni:

  1. Penurunan 1400 kasus kematian bayi prematur.
  2. Penurunan 2000 kasus rawat inap di Rumah Sakit.
  3. Penurunan sebesar 49.000 kasus kunjungan ke gawat darurat.
  4. Penurunan 600.000 serangan asma.
  5. Penurunan 124.000 kasus bronchitis pada anak.
  6. Penurunan 31 juta gejala penyakit saluran pernapasan.
  7. Peningkatan efisiensi 7.6 juta hari kerja yang hilang akibat penyakit saluran pernapasan.

2. Dampak Ekonomi

Hasil kajian Bank Dunia menemukan bahwa dampak ekonomi pencemaran udara di Indonesia sebesar 1,8 triliun. Jumlah ini akan meningkat mencapai 4,3 triliun pada tahun 2015. Sekarang sudah berapa? Pasti sangat banyak.

3. Dampak Sosial

Akibat pencemaran udara, orang-orang tidak dapat menikmati udara sehat. Setiap hari harus melihat dan menghirup asap. Akibatnya, aktifitas sosial menjadi terhambat.

4. Dampak Pada Pendidikan

Dari segi pendidikan, dampak pencemaran udara dapat mempengaruhi tingkat belajar para siswa. Mereka terhambat dalam hal berfikir. Terhambat pula dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

5. Dampak Terhadap Pertanian

Pencemaran udara sangat berpengaruh pada sektor pertanian. Kurangnya lahan hijau tempat pohon melakukan fotosintesis karena dapat mengganggu pertumbuhan pohon.

Tanaman juga akan rawan penyakit. Penyakit tersebut antara lain klorosis, nekrosis. Ini menyebabkan sirkulasi udara sehat berkurang. Udara menjadi kotor sehingga tidak baik untuk di hirup.

6. Hujan Asam

Tingkat keasaman (pH) normal air hujan adalah 5.6. Polusi udara akibar SO2 dan NO2 yang berekasi dengan air hujan akan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.

Dampak dari hujan asam ini mempengaruhi kualitas air permukaan. Hujan asam juga melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.

7. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon dan N20 di lapisan troposfer. Keseluruhan gas ini menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi.

Akibatnya, panas terperangkap dalam lapisan troposfer sehingga menimbulkan fenomena pemanasan global. Dampak dari pemanasan global tersebut antara lain pencairan es di kutub, naiknya air laut dan perubahan iklim.

8. Kerusakan lapisan ozon

Lapisan ozon yang berada di stratosfer (ketinggian 20-35 km) merupakan pelindung alami bumi. Lapisan ini berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari.

Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer.

Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya.

Hal ini menyebabkan terbentuknya lubang-lubang pada lapisan ozon, Kerusakan lapisan ozon menyebabkan sinar uv-B matahari tidak terfilter. Akhirnya, dapat mengakibatkan kanker kulit serta penyakit pada tanaman.

Contoh Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Salah satu dari contoh pencemaran udara ini adalah gas monoksida dan carbondiaoksida. Untuk gas CO atau monoksida merupakan gas dari pembakaran yang tidak sempurna.

Gas ini memiliki sifat beracun sehingga memang cukup berbahaya jika menyebar di udara. Biasanya, gas CO ini memiliki kaitan yang erat dengan berbagai industri.

Selanjutnya, untuk gas CO2, sebenarnya gas ini normal-normal saja. Bahkan sangat di butuhkan untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan.

Akan tetapi, jika intensitasnya meningkat, inilah yang tidak baik. Jika CO2 ini meningkat di tengah hutan, maka akan menimbulkan efek rumah kaca. Dan efek ini sangatlah berbahaya untuk berbagai komponen kehidupan.

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Mengingat betapa bahayanya pencemaran udara yang terjadi di sekita kita, tentu saja sangat penting untuk menanggulanginya.

Ini adalah contoh cara menanggulanginya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pendidikan Cinta Alam dan Lingkungan

Agar hal ini dapat dikurangi, maka semua komponen masyarakat harus ikut serta dalam prosesnya. Oleh karena itu pendidikan tentang cinta alam sangat diperlukan.

Terutama bagi mereka yang masih dalam proses pendidikan. Hal ini karena beberapa tahun kedepan, merekalah yang akan melindungi dan menjaga permukaan bumi.

2. Penguatan Hukum dan Peraturan

Tidak semua orang bisa tersadarkan diri hanya lewat pendidikan saja. Kadangkala, bisa jadi takutnya seseorang adalah pada hukum dan peraturan.

Oleh karena itu, adakalanya hukum tentang pencemaran ini harus dikuatkan. Hal ini sangat penting dalam menjaga kesehatan lingkungan terutama udara yang setiap hari terus dibutuhkan.

3. Pengawasan Perusahaan Industri

Dalam penyebab ini, telah disebutkan bahwasanya aktivitas industri sangat banyak menyebabkan pencemaran. Ini, cara menanggulanginya dengan adanya pengawasan yang tinggi pada setiap perusahaan industri.

Dengan begitu, limbah udara berbahan kimia yang terlalu berlebihan bisa di hindarkan dari bumi.

4. Pengurangan Bahan Penghasil Polutan

Ada banyak sekali bahan yang bisa menghasilkan polutan di muka bumi ini. Oleh karena itu, dalam penanggulangan ini, bahan-bahan seperti penghasil polutan harus mulai dihindari.

Katakan saja contohnya seperti pembakaran sampah yang bisa menghasilkan pencemaran tinggi. Nah, aktivitas seperti inilah yang perlu dikurangi dan di atur kembali untuk menunjang usaha penanggulangan.

5. Penggunaan Bahan-Bahan Ramah Lingkungan

Selain mengurangi polusi, jangan lupa juga untuk memperbaiki sistem kehidupan. Saat ini setiap orang tentu saja sudah sangat akrab dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Untuk pola hidup seperti ini harus diperbaiki. Mulai sekarang penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan harus ditekankan karena akan sangat berharga.

6. Penghijauan Lahan

Tidak dapat di pungkiri udara yang bersih tentu saja berasal dari tumbuhan penghasil oksigen yang mencukupi. Oleh karena itu, banyak melakukan penghijauan lahan itu penting,

Hal ini pun akan sangat bermanfaat untuk mengatasi pencemaran ini. Semakin banyak pohon di sekitar kita, maka akan semakin banyak udara yang bersih yang tersebar di bumi.

Setelah melakukan pembahasan mengenai pencemaran ini, kini saatnya untuk memperbaiki alam kita. Nah untuk menjaga kesehatan udara, kita juga harus ikut andil di dalamnya.

Dengan kerjasama yang baik maka kesehatan alam pun akan terjaga. Demikian dari kami https://theinsidemag.com apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan dikomentar! Terimakasih!

Referensi :
https:// lingkunganhidup.co/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-akibat-solusi/
https:// thegorbalsla.com/pencemaran-udara/
https:// id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Kusuma
5 min read

Tumbuhan Paku

Kusuma
5 min read

Perbedaan DNA dan RNA

Kusuma
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *