Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Budaya

5 min read

Pengertian Budaya

Pengertian Budaya merupakan salah satu cara hidup seseorang di dalam suatu kelompok. Sering kita mendengar istilah orang berbudaya bukan?

Budaya sendiri dapat dijadikan sebagai ciri khas ataupun identitas bagi suatu daerah. Apakah Anda pernah mendengar pengertian budaya dari media lain?

Dalam mendalami tentang apa itu budaya, tentu sangat penting jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian budaya.

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Beraneka ragam budaya dari sabang sampai dengan merauke. Mulai dari bahasa, rumah, pakaian dan suku.

Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk segera berlibur ke Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia wajib bangga akan hal tersebut.

Satu hal yang harus di waspadai adalah tentang orang-orang yang membeda-bedakan. Padahal, bhineka tunggal ika saja selalu mengedepankan berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Inilah, dimana pentingnya belajar mengenai pengertian budaya yang sangat dianjurkan, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengertian Budaya Secara Umum

Pengertian Budaya Secara Umum

Budaya sangat lekat dengan kehidupan manusia itu sendiri. Setiap daerah pastinya memiliki budaya masing-masing yang unik.

Nah, sebenarnya, apa itu budaya? Pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang ada pada sekelompok manusia yang berkembang dan diwariskan turun temurun dari satu generasi pada generasi selanjutnya.

Pengertian budaya yang lain juga merupakan suatu pola hidup yang tumbuh serta berkembang pada sekelompok manusia yang mengatur supaya setiap individu mengerti apa yang mesti dilakukan serta untuk mengatur tingkah laku ketika berinteraksi dengan manusia lain.

Secara etimologi, kata budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yani Buddhaya.

Yang mana kata tersebut merupakan kata Buddhi yang berarti segala hal yang berhubungan dengan budi serta akal manusia.

Sehingga, budaya erat kaitannya dengan cara komunikasi atau budaya serta kebiasaan di daerah tertentu (adat istiadat).

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Beberapa ahli turut menyatakan pendapatnya mengenai pengertian budaya. Baiklah, pembahasannya ada pada ulasan di bawah ini.

1. Pengertian Budaya Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Pengertian Budaya adalah segala hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.

Karya meliputi produk teknologi dan kebendaan lainnya, rasa meliputi jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial, sedangkan cipta meliputi kemampuan kognitif dan mental untuk mengamalkan apa yang diketahuinya.

2. Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat

Pengertian Budaya adalah semua sistem ide, gagasan, rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan dijadikan klaim manusia dengan cara belajar.

3. Pengertian Budaya Menurut Ralph Linton

Pengertian Budaya adalah segala pengetahuan, pola pikir, perilaku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat dimana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun-temurun.

4. Pengertian Budaya Menurut Levi Strauss

Pengertian Budaya adalah suatu perwujudan komponen struktur sosial yang berasal dari alam pikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk kebiasaan.

5. Pengertian Budaya Menurut Edward Burnett Tylor

Pengertian Budaya adalah kompleksitas yang menyeluruh dari ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, hukum, adat istiadat, dan lain sebagainya, yang didapatkan oleh individu sebagai anggota masyarakat.

6. Pengertian Budaya Menurut Melville J. Herskovits

Pengertian Budaya adalah produk manusia sebagai bagian dari lingkungannya. Artinya, manusia senantiasa berada di dalam suatu lingkungan dan menghasilkan produk berupa budaya.

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Setelah mengetahui mengenai pengertian budaya, kali ini adalah membahas mengenai pengertian kebudayaan.

Pengertian kebudayaan adalah hasil dari budaya yaitu hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat.

Kebudayaan merujuk kepada banyak aspek kehidupan, meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan dan sikap, beserta hasil dari kegiatan manusia khas untuk suatu masyarakat atau penduduk tertentu.

Para ahli budaya lebih banyak mendefinisikan kebudayaan daripada budaya. Hal ini menunjukkan bahwa hakikat kebudayaan lebih kompleks dibandingkan dengan budaya.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Adapun untuk macam-macam pengertian kebudayaan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Koentjaraningrat, pengertian kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.
  2. Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian kebudayaan adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
  3. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, pengertian kebudayaan adalah semua hasil karya rasa dan cipta masyarakat.
  4. Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski, pengertian kebudayaan adalah segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu sendiri.
  5. Menurut Andreas Eppink, pengertian kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur sosial, religius, dan lain-lain.

Perbedaan Budaya dan Kebudayaan

Perbedaan Budaya dan Kebudayaan

Mengenai penjelasan di atas tentang engertian budaya dan kebudayaan, sudah tahukah Anda mengenai apa perbedaanya?

Perbedaan antara budaya dan kebudayaan adalah bahwa budaya itu merupakan cipta batin suatu masyarakat, sedangkan kebudayaan merupakan hasil kegiatan dan penciptaan budaya masyarakat tersebut seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat.

Baca juga materi pengertian lainnya:
1. Pengertian Norma

2. Pengertian HAM
3. Pengertian Puisi
4. Pengertian Globalisasi

Unsur-Unsur Budaya

Unsur pembentuk budaya adalah sesuatu yang sifatnya rumit. Semuanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Termasuk diantaranya politik, adat istiadat, karya seni, agama, bahasa, perkakas, dan sebagainya. Nah, para ahli juga menyatakan pendapat yang berbeda mengenai unsur-unsur budaya, beberapa diantaranya adalah.

1. Unsur Budaya Menurut Clyde Kluckhohn

Terdapat tujuh unsur budaya yang membentuk kebudayaan dan budaya menurut Clyde Kluchohn, yakni:

  1. Bahasa: lisan dan tulisan yang mempunyai fungsi untuk berinteraksi dan merupakan salah satu tanda adanya budaya di dalam suatu peradaban.
  2. Sistem pengetahuan: mencakup pengetahuan beragam hal laiknya organ manusia, perilaku sosial, waktu, flora dan fauna, dan sebagainya.
  3. Sistem Mata Pencaharian Manusia yakni mencakup metode manusia dalam mempertahankan hidupnya. Semisal kegiatan berdagang, bercocok tanam, dan sebagainya
  4. Sistem Religi: aliran kepercayaan maupun agama yang dianut masyarakat. Kegiatan unsur budaya sistem religi semisal upacara kepercayaan tertentu.
  5. Sistem Kemasyarakatan: meliputi sistem kekerabatan, keluarga, organisasi, hingga negara. Manusia menjadi bagian dari sistem organisasi sejak lahir.
  6. Sistem teknologi manusia: mencakup alat transportasi, alat produksi, komunikasi, proses distribusi, dan tempat untuk menyimpan benda maupun manusia. Perkakas, senjata, dan rumah adalah unsur kebudayaan yang diciptakan oleh adanya peradaban manusia.
  7. Kesenian: berbagai bentuk seni meliputi seni tari, seni musik, seni sastra, seni lukis, arsitektural, dan sebagainya. Setiap karya kreatif manusia yang mengandung seni termasuk unsur budaya.

2. Unsur Budaya Menurut Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski

Unsur-unsur budaya terdiri atas empat hal yakni:

  1. Sistem norma: Sesuatu yang dapat memungkinkan tercipta tindakan kerjasama kelompok-kelompok manusia untuk menguasai alam yang ada di sekitarnya.
  2. Lembaga Pendidikan: Suatu unsur yang mungkin terjadi proses sosialisasi nilai sosial dan juga norma pada masyarakat.
  3. Organisasi Kekuatan: sesuatu yang dapat memungkinkan terjadinya inisiatif untuk mengorganisir kehidupan sosial.
  4. Organisasi Ekonomi: Sesuatu yang memungkinkan manusia untuk bisa bertahan hidup serta mempunyai kesejahteraan.

Wujud Kebudayaan

Selain mengetahui tentang pengertian budaya serta unsur-unsurnya, Anda juga harus tahu tentang apa saja yang termasuk pada wujud dari budaya itu sendiri di dalam kehidupan manusia.

Langsung saja, silakan Anda simak wujud budaya pada ulasan di bawah ini.

1. Aktivitas

Aktivitas adalah kegiatan maupun tindakan manusia yang terbentuk di dalam sistem sosial serta mengakibatkan adanya interaksi antar individu di dalam kehidupan bermasyarakat.

Aktivitas ini berjalan sesuai dengan kebiasaan masing-masing orang.

2. Ide dan Gagasan

Ide dan gagasan merupakan sesuatu yang ada di dalam alam sadar atau pikiran. Ide akan membentuk cara berpikir atau pola pikir.

Jadi, bisa dibilang jika manusia mempunyai ekspektasi pada segala hal yang ia lihat serta dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

3. Hasil Budaya

Hasil budaya adalah karya yang mana merupakan hasil aktivitas dari manusia.

Bisa berbentuk fisik ataupun abstrak. Ide maupun gagasan yang dinyatakan di dalam aktivitas manusia akan menghasilkan sesuatu yang bisa didokumentasikan, dilihat, serta diamati secara langsung.

Ciri-Ciri Budaya

Budaya mempunyai nilai serta karakteristik tertentu yang mana ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Budaya bisa menyimbolkan suatu daerah maupun suku tertentu
  2. Budaya dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya
  3. Budaya haruslah melalui proses belajar serta bukanlah suatu bawaan
  4. Budaya dapat disebarkan melalui komunikasi antar individu, kelompok, dan juga ke generasi yang selanjutnya
  5. Budaya memiliki sifat selektif serta menampilkan pengalaman dan juga pola tingkah laku manusia
  6. Budaya memiliki sifat dinamis karena bisa berubah dari satu waktu ke waktu yang lain
  7. Unsur budaya bisa saling berkaitan satu sama lain
  8. Manusia cenderung mengklaim budaya yang dimilikinya adalah yang terbaik
  9. Budaya bisa berubah karena proses globalisasi

Faktor-Faktor Kebudayaan

Terbentuknya sebuah kebudayaan dipengaruhi oleh banyak faktor. Baik itu faktor penghambat maupun faktor pendorongnya.

Nah, faktor-faktor tersebut meliputi:

1. Faktor yang Mendorong Terjadinya Budaya

  • Niat dari masyarakat untuk bisa melestarikan budaya
  • Ada rasa cinta pada budaya di dalam dirinya
  • Ada generasi penerus yang maupun meneruskan budaya tersebut
  • Keinginan masyarakat untuk menjaga serta melestarikan budaya agar tidak hilang
  • Terjadi perubahan lingkungan hidup yang mendukung berkembangnya budaya tertentu

2. Faktor Penghambat Terjadinya Budaya

  • Masyarakat tidak mempunyai keinginan melestarikan budaya
  • Masuk budaya asing yang dapat menggeser eksistensi budaya lokal
  • Tidak adanya rasa peduli dari generasi penerus terhadap keberadaan budayanya
  • Terdapat anggapan bahwa budaya adalah hal yang kuno sehingga tidak adanya keinginan melestarikan budaya

Contoh Budaya

Untuk lebih mudah memahami pengertian budaya, Anda bisa langsung melihatnya pada contoh-contoh budaya yang masih ada di sekitar.

Nah, beberapa contoh budaya yang ada di Indonesia adalah:

  1. Tari daerah seperti Tari Suanggi dari Papua, tari piring, tari pendet, dan sebagainya
  2. Upacara adat Reneuh Mundingeun dari suku Sunda yang dilakukan saat seorang perempuan sedang hamil hingga 12 bulan.
  3. Ritual adat Tiwaj dari Suku Dayak yang mana tulang orang mati diletakkan pada sandung atau rumah kecil untuk orang yang sudah meninggal.
  4. Perang pandan di mana orang-orang akan saling menghantamkan daun pandan berduri untuk dipersembahkan untuk Dewa Indra.
  5. Melasti yakni bersembahyang dan berdoa di tepi pantai sebelum hari raya Nyepi.

Budaya Indonesia jika dibahas tidak akan selesai hanya dalam satu buku tebal, Pasalnya negeri ini memang kaya akan budaya dan adat istiadat.

Jadi, sebagai masyarakat, kita harus senantiasa menjaganya sehingga identitas diri akan selalu terjaga.

Sudah paham jelas bukan mengenai pengertian budaya secara umum dan pengertian budaya menurut para ahli?

Demikian dari kami theinsidemag.com semoga bermanfaat untuk materi pembelajarannya. Salam sukses, dan terimakasih telah berkunjung!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *