Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Globalisasi

5 min read

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Berbicara tentang globalisasi, bisa dilihat bahwa setiap negara pasti merasakan dampak dari hal itu. Sudahkah tahu mengenai pengertian globalisasi atau ciri ciri globalisasi?

Nah, globalisasi sendiri adalah proses alami yang berkembang dengan sangat luas, serta tanpa ada hambatan sedikitpun dari ruang ataupun waktu.

Perkembangan intedrasinya sendiri bersifat internasional, dimana di dalamnya terdapat dampak dari adanya kemajuan teknologi, komunikasi, transportasi, pertukaran pandangan dunia.

Bahkan adanya pengaruh dari aspek-aspek kebudayaan, serta perkembangan yang terjadi karena adanya penemuan baru dari berbagai bidang seperti bidang internet dan lainnya.

Apa sih ciri-ciri globalisasi yang bisa terlihat? Berkaitan dengan hal tersebut, akibat atau dampak dari globalisasi sendiri.

Adalah merubah gaya hidup masyarakat dunia, bahkan mereka akan mengalami peningkatan ide-ide yang lebih baru, karena mengalami peningkatan cara berfikir.

Apa sih pentingnya globalisasi? Banyak yang menganggap bahwa globalisasi memiliki dampak baik atau buruk. Untuk menjawab hal itu, sebenarnya tergantung individu masing-masing bagaimana dalam menyikapinya.

Sebab jika globalisasi dapat diterima dengan baik dan dimanfaatkan dengan baik, maka hasilnya akan baik, begitu pula sebaliknya.

Baiklah, untuk penjelasan awal akan dijelaskan pengertian globalisasi adalah terlebih dahulu.

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Loading...

Tahukah anda mengenai pengertian globalisasi? Pengertian Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses.

Secara bahasa arti dari pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Menurut Wikipedia pengertian globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Kemajuan infrastuktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong ketergantungan aktivitas ekonomi dan budaya.

Para ahli mendefinisikan pengertian globalisasi, diantaranya mereka menjelaskan mengenai pengertian globalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak bagi yang lain.
  2. Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjanadalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.
  3. Pengertian Globalisasi menurut The American Heritage Dictionary adalah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya.

Secara sederhana era globalisasi dapat dipahami sebagai era dimana kemjuan ilmu pengetahuan, teknologi dan alat transportasi yang mendorong kehidupan manusia menjadi tanpa batasan. Baik itu di batasan geografis ataupun budaya.

a. Definisi Lain dari Globalisasi

Nah, menurut Wikipedia Jan Aart Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi ialah:

  • Internasionalisasi; Pengertian Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, namun tergantung satu sama lain.
  • Liberalisasi; Pengertian Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkan batas antar negara, misalnya hambatan tarif eskpor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.
  • Universalisasi; Pengertian Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.
  • Westernisasi; Pengertian Globalisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.
  • Hubungan translanetari dan suprateritorialitas; Pada empat definisi pertama diatas negara masih mempertahankan status ontologinya. Pada pengertian yang kelima, dunia global memiliki status ontologi sendiri, bukan sekedar gabungan negara-negara.

Ciri Ciri Globalisasi

Ciri Ciri Globalisasi

Nah, terlepas dari pengertian globalisasi  tersebut, ciri-ciri globalisasi sendiri ialah:

1. Adanya Keterbukaan Dalam Segala Aspek Kehidupan

Di era globalisasi ini, segala bidang kehidupan, baik ekonomi, politik, informasi atau lainnya telah mengalami perkembangan yang sangat besar.

Bahkan dalam bidang komunikasi saat ini, seperti tak ada batas lagi. Tetapi anda tetap harus menghargai hak dan kewajiban warga negara.

Seperti, sekarang ini segala berita dan peristiwa terkini dapat diupdate dengan sangat mudah, semua orang bisa membaca dan mengetahuinya, meski dengan bahasa yang berbeda.

Nah, ciri-ciri globalisasi ini, ditandai dengan adanya kebebasan ketika berpendapat, mengeluarkan opini, bersuara, mengemukakan pikiran-pikiran barunya, serta mengungkapkan argumen baik yang dibuat secara lisan atau tulisan.

2. Terjadinya Perubahan Pada Bidang Ekonomi Dunia

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini ekonomi dunia telah berkembang sangat pesat.

Dimana globalisasi dalam bidang ekonomi ini, di dalamnya berhubungan secara langsung dengan bagaimana cara berfikir serta bagaimana cara memanfaatkan jaringan informasi yang meliputi perniagaan, perdagangan, atau lainnya.

Nah, Kondisi ini lebih disebut dengan era pasar bebas, yang memang telah terjadi dalam tingkat yang sangat besar, yakni proses impor dan ekspor atau perdagangan yang sangat luas, dengan skala besar atau internasional.

3. Terjadinya Peningkatan Hubungan Kebudayaan di Dunia

Dengan adanya teknologi canggih, seperti telegram, majalah, internet, komputer serta alat informasi dan komunikasi lainnya.

Tentu globalisasi akan bermanfaat untuk meningkatkan tali persaudaraan, serta rasa toleransi tinggi antar negara di dunia.

Itu artinya, ciri globalisasi dalam ranah ini adalah adanya penyebaran kebudayaan di dunia, seperti fashion, opera musik, film atau lainnya.

Ya, seperti yang terlihat sekarang ini, dimana fashion di Indonesia sendiri berkiblat dari wilayah barat dan wilayah timur.

4. Terjadinya Masalah Atau Konflik di Lingkungan Alam

Tak pelak, dengan adanya globalisasi ini, mampu menciptakan terjadinya masalah lingkungan tertentu.

Hal ini tak lain, akibat campur tangan pihak nakal tertentu, yang ingin mendapat keuntungan dengan merusak lingkungan.

Hal inilah yang menjadi munculnya fenomena pemanasan global yang disebabkan oleh globalisasi.

Dalam ciri globalisasi ini sendiri, sebenarnya dapat ditekan, yakni dengan pengetahuan tentang bagaimana cara memanfaatkan globalisasi dengan sebaik-baiknya agar tak menciptakan masalah satu konflik dalam bidang apapun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa globalisasi sendiri sebenarnya merupakan kemajuan yang dapat memberi manfaat.

Sedangkan bila terjadi konflik atau masalah, maka itu dari individu masing-masing tentang bagaimana cara memanfaatkan adanya globalisasi secara baik.

Tanda Terjadinya Globalisasi

Tanda Terjadinya Globalisasi

Nah, selain pengertian globalisasi beserta ciri-ciri globalisasi diatas, secara lebih luas globalisasi juga bisa ditandai dengan:

1. Terjadinya perkembangan interaksi kultural serta berita yang terjadi melalui adanya informasi berita seperti dalam surat kabar, koran, televisi, majalah, media massa, buku-buku, serta media informasi lainnya, yang bahkan telah canggih sekarang ini.

2. Terjadinya masalah atau konflik bersama dalam kehidupan masyarakat yang sangat luas bahkan bisa menjadi persoalan dalam ranah dunia, yang harus diselesaikan secara bersama. Sebab hal ini ada kaitannya dengan kerusakan lingkungan yang berdampak buruk bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia.

3. Terjadinya aktivitas interaksi atau pertukaran budaya satu dengan budaya lainnya antar negara-negara di dunia, bahkan tanpa disadari oleh masyarakat dunia.

4. Terjadinya perubahan perkembangan ekonomi secara global, yang meluas di seluruh dunia, yakni meliputi peradangan serta ekspor impor.

5. Terjadinya kemajuan serta perkembangan melalui akses teknologi dalam segala aspek tanpa mengenal batas ruang dan waktu, bahkan siapapun bisa mengaksesnya.

Pengaruh Globalisasi Pada Dunia

Dampak Globalisasi

Dengan mengetahui pengertian globalisasi dan ciri-ciri globalisasi tersebut, maka dapat kita lihat tanda tersebut memang benar masuk ke dalam berbagai aspek bidang kehidupan.

Nah, pengaruh globalisasi dalam bidang kemajuan dan perubahan yang terjadi dalam segala aspek bidang kehidupan, dapat terlihat dari ciri-ciri yang dimilikinya, yakni sebagai berikut:

1. Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, globalisasi berperan besar dalam mengembangkan setra menumbuhkan perdagangan secara internasional yang dibakukan melalui ekspor impor.

Sebagai contoh pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi terlihat dari:

  • Munculnya bangunan-bangunan supermarket yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat
  • Aktivitas ekspor impor yang terjadi di dalam setiap negara.
  • Masuknya produk atau barang dari luar negeri, yang dapat diperjual belikan secara mudah dalam segala segmen pasar, bahkan pasar tradisional.
  • Adanya internasional yang bebas, bahkan mendapat dukungan yang kuat dari pemerintah.

2. Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang politik

Dalam bidang politik, globalisasi lebih mempengaruhi kebijakan dalam setiap negara. seperti contoh:

  • Terbentuknya organisasi dunia seperti PBB, yang dapat dijadikan sebagai wadah guna mewujudkan permusyawaratan dalam berbagai masalah yang dihadapi dunia.
  • Mampu mempererat tali persaudaraan melalui kerjasama dalam bidang politik.
  • Munculnya aturan serta undang-undang yang menunjang pelaksanaan politik negara, yang berkaitan secara langsung dengan globalisasi.

3. Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Informasi dan komunikasi

Ciri-ciri globalisasi sangat jelas terlihat dari bidang informasi dan komunikasi. Seperti yang terlihat sekarang ini, setiap orang telah bebas mengakses berita atau berkomunikasi dengan siapapun tanpa batasan jarak dan waktu.

Sebagai contoh, globalisasi dalam bidang informasi dan komunikasi ini terlihat dari:

  • Berkembangnya teknologi di berbagai belahan dunia
  • Munculnya teknologi-teknologi super canggih yang mampu diakses oleh semua orang
  • Adanya informasi yang mampu menyebar secara cepat ke seluruh daerah yang ada di dunia
  • Maraknya penggunaan media yang digunakan oleh semua kalangan.

4. Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Ideologi

Sedangkan globalisasi dalam bidang ideologi sendiri, akan menyebabkan terjadinya berkembangnya tentang ajaran atau paham ideologi yang dianut oleh setiap negara.

Hal ini kaitannya secara langsung dari cara berpikir, berperilaku, berpendapat dalam suatu negara

Sebagai contoh, globalisasi dalam bidang ideologi ini terlihat:

  • Masuknya bahasa asing ke dalam suatu negara yang mempengaruhi kreativitas dan kecerdasan seseorang
  • Memudarnya sikap toleransi atau tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Banyaknya wanita yang bisa mengendalikan keuangan serta bekerja secara bebas dalam berbagai instansi.

Dengan berbagai pemaparan ini, jelas ciri-ciri globalisasi sendiri yang paling terlihat adalah dari sisi teknologi dan komunikasi.

Sedangkan untuk bahasan dampak positif atau negatifnya, tentu keduanya sama-sama mampu mempengaruhi kemajuan, kestabilan serta perkembangan dalam segala aspeknya.

Untuk itu, gunakanlah globalisasi dengan sebaik-sebaiknya, guna mendapatkan keuntungan pribadi tanpa merusak keuntungan yang lain.

Demikian dari kami pengertian globalisasi theinsidemag.com semoga dapat membantu pembelajaran kalian! Terimakasih, semoga bermanfaat dalam pembelajaran.

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Negara Berkembang

Kusuma
4 min read

Ciri Ciri Negara Maju

Kusuma
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *