Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Ideologi

5 min read

Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi juga bisa dideskripsikan sebagai sebuah sistem keyakinan yang memandu perilaku dan tindakan sosial.

Dari bahasanya, ideologi berasal dari perpaduan dua istilah Yunani yaitu “idein” dan “logos”. Idein berarti memandang, melihat, ide, cita-cita. Logos adalah logia atau ilmu.

Dari perpaduan kata tersebut, ideologi dapat diartikan sebagai seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Orang pertama yang menggunakan istilah ideologi dalam konteks modern adalah Filsuf Perancis Destutt de Tracy yang pada tahun 1796 menulis tentang Revolusi Perancis.

Ideologi sebagai sebuah konsep abstrak sangat penting bagi ilmu sosial dan sosiologi karena ideologi berhubungan erat dengan bagaimana pandangan manusia tentang masyarakat dan kehidupan secara lebih luas.

Disini, kami akan membahas mengenai pengertian ideologi dan contohnya dalam kehidupan sosial.

Pengertian Ideologi Adalah

Pengertian Ideologi Adalah

Pengertian ideologi adalah kumpulan ide dasar, keyakinan dan kepercayaan, gagasan yang bersifat sistematis sesuai dengan tujuan serta arah yang akan dicapai di dalam kehidupan suatu bangsa dan negara secara nasional.

Pengertian ideologi yang lain adalah visi yang komprehensif sebagai cara pandang terhadap segala hal secara umum serta beberapa arah filosofi yang diajukan kelas domain kepada semua anggota masyarakat.

Istilah ini kerap dihubungkan dengan kehidupan manusia pada bidang-bidang tertentu seperti politik, kebudayaan, agama, serta sosial.

Pertama kali, istilah ideologi dikenalkan oleh seorang filsuf yang berasal dari negara Perancis yakni Destutt de Tracy.

Jika ditilik secara etimologis, ideologi berasal dari dua kata dalam bahasa Perancis yakni Ideo (cita-cita, memandang, melihat, ide) dan juga Logie (logika atau rasio).

Jadi, secara harfiah, ideologi bisa diartikan sebagai seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila

Pancasila sudah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka bagi negara Indonesia.

Sebagai ideologi, Pancasila memberikan orientasi ke depan, serta mengharuskan bangsanya selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan juga akan dihadapinya.

Terlebih untuk menghadapi globalisasi serta era keterbukaan dunia pada semua bidang. Pancasila sebagai ideologi yang terbuka mempunyai beberapa dimensi yakni idealitas, normatif, serta realitas.

Dengan demikian, pengertian ideologi pancasila adalah seperangkat ide atau cita-cita yang menentukan keyakinan dan cara berpikir untuk mewujudkan suatu tujuan berdasarkan lima sila dalam pancasila.

1. Makna Ideologi Pancasila

Adapun makna ideologi pancasila adalah sebagai berikut:

  • Pancasila sebagai seperangkat ide atau gagasan yang sistematis.
  • Pancasila sebagai pedoman cara hidup.
  • Pancasila sebagai cita-cita yang hendak dicapai.
  • Pancasila sebagai prinsip yang dipegang teguh.

Ke-empat makna ideologi pancasila bagi Indonesia diatas, harus Anda pahami betul. Kenapa? Karena setelah memahami makna, kita akan lebih tahu apa sebenarnya untuk apa ideologi pancasila.

2. Fungsi dan Peranan Ideologi Pancasila

Dalam memaknai ideologi pancasila, Jika Anda telah memahami mengenai makna ideologi pancasila, maka Anda perlu tahu juga fungsi dan peranan ideologi pancasila.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai inspirasi seseorang untuk menemukan identitas dan jati diri kebangsaannya.
  • Sebagai prinsip dasar untuk memahami dan menafsirkan kehiduapnnya dalam konteks berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai kekuatan yang memotivasi seseorang untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  • Sebagai pedoman sesorang dalam bertindak bagi bangsanya.
  • Sebagai inspirasi tumbuhnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.
  • Sebagai sarana keilmuwan yang menghubungkan warga negara terhadap pemikiran para pendiri bangsanya.
  • Sebagai jalan untuk menemukan jawaban mengapa bangsa Indonesia didirikan.

Nah, itulah tadi merupakan penjelasan fungsi ideologi pancasila, sudah paham bukan? Jangan hanya paham saja dengan pengertian ideologinya ya!

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Supaya Anda lebih dapat memahami tentang ideologi, berikut kami sertakan pengertian ideologi menurut beberapa ahli. Ini dia ulasannya.

1. Pengertian Ideologi Menurut Alfian

Ideologi adalah sebuah pandangan ataupun sistem nilai yang menyeluruh dan juga mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap benar dan juga adil, mengatur tingkah laku bersama dalam beragam segi dan bidang kehidupan.

2. Pengertian Ideologi Menurut Francis Bacon

Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

3. Pengertian Ideologi Menurut Gunawan Setiardjo

Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau Aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

4. Pengertian Ideologi Menurut Ali Syariati

Ideologi adalah suatu keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau ras tertentu.

5. Pengertian Ideologi Menurut C. C. Rodee

Ideologi adalah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.

6. Pengertian Ideologi Menurut Drs. Moerdiono

Ideologi adalah a System of Ideas yang akan mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kebijakan dan strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.

Itulah tadi merupakan penjelasan lengkap dan jelas mengenai pengertian ideologi menurut para ahli yang semoga bisa dijadikan acuan dalam pembuatan makalah ya!

Pengertian Ideologi Negara

Pengertian Ideologi Negara

Di dalam artian yang luas, apa sih pengertian ideologi negara? Ideologi negara merupakan pedoman hidup dalam berpikir baik pada segi kehidupan pribadi maupun umum.

Ideologi negara merupakan nilai-nilai dasar yang disepakati oleh mayoritas warga negara serta diwujudnyatakan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ideologi negara juga merupakan konsensus atau mayoritas warga negara mengenai nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan dalam kehidupan negara itu sendiri.

Terdapat beberapa ideologi negara yang berkembang di dunia yang meliputi:

  • Liberalismemarxisme
  • Sosialisme
  • Anarkisme
  • Konservatisme, serta
  • Totalitarianisme.

Ideologi negara memiliki beberapa fungsi yang meliputi:

  1. Membentuk identitas atau ciri kelompok maupun bangsa
  2. Mempersatukan sesama warga dan agama
  3. Mengatasi beragam pertentangan serta konflik dan ketegangan sosial
  4. Membentuk solidaritas

Sudah paham bukan? Penjelasan lengkap diatas mengenai pengertian ideologi negara, fungsi ideologi negara, dan macam-macam ideologi negara. Jelaskan di komentar dongs!

Pengertian Ideologi Terbuka

Adapun untuk pengertian Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan yang bisa juga diartikan sebagai nilai-nilai serta cita-citanya tidak dipaksakan dari luar.

Melainkan digali serta diambil dari kekayaan rohani, moral, serta budaya masyarakat itu sendiri. Ideologi terbuka dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman serta dinamika secara internal.

Beberapa ciri ideologi terbuka adalah:

  1. Merupakan kekayaan rohani serta budaya masyarakat atau falsafah.
  2. Tidak diciptakan negara, tetapi ditemukan pada kehidupan masyarakat sendiri.
  3. Isinya tidak langsung operasional
  4. Tidak memperkosa kebebasan serta tanggung jawab masyarakat. Melainkan menginspirasi masyarakat untuk berusaha hidup dalam tanggung jawab sesuai dengan falsafah tersebut.
  5. Menghargai pluralitas sehingga bisa diterima warga masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Jadi, jika ada pertanyaan mengenai sebutkan ciri-ciri ideologi terbuka atau jelaskan pengertian dari ideologi terbuka, Anda harus bisa menjawab dengan lantang dan benar!

Pengertian Ideologi Komunisme

Di dalam ideologi komunisme, akan didahulukan kepentingan umum ketimbang kepentingan pribadi maupun golongan.

Di dalam ideologi ini juga disebutkan jika segala hal yang terjadi di dalam suatu negara akan dikuasai secara mutlak oleh negara.

Paham ini bermuasal dari Manifest der Kommunistischen yang dikarang oleh Karl Marx serta Friedrich Engels tentang teori yang berisi analisis pendekatan pada perjuangan kelas.

Serta ekonomi kesejahteraan yang pernah menjadi salah satu gerakan paling berpengaruh pada dunia politik.

Beberapa negara yang menganut ideologi komunisme diantaranya Korea Utara, Laos, Kuba, Tiongkok, dan juga Vietnam.

Ciri-ciri ideologi komunisme adalah:

  1. Ajaran ini sifatnya ateis yakni tidak mengimani adanya tuhan. Orang komunis menganggap bahwa tuhan tidak ada. Jadi, jika seseorang menganggap tuhan ada, maka jadilah tuhan ada. Jika tidak berpikir Tuhan ada, maka Tuhan tidak ada. Keberadaan Tuhan terserah pada pemikiran manusia.
  2. Tidak memperbolehkan manusia menguasai alat-alat produksi
  3. Adanya doktrin the permanent atau continuous revolution yang berarti revolusi terus menerus yang mana revolusi menjalar ke seluruh dunia.
  4. Komunis memprogramkan tercapainya masyarakat yang adil makmur atau masyarakat komunis tanpa kelas, semua orang sama.
  5. Di dalam dunia komunis hanya ada satu partai yakni partai komunis. Jadi, tidak ada partai oposisi.
  6. Perubahan atas sistem kapitalisme harus dicapai dengan cara revolusi serta pemerintah oleh diktator proletariat sangat diperlukan selama masa transisi.
  7. Seluruh hak milik pribadi dihapuskan dan diambil alih oleh negara.

Pengertian Ideologi Liberalisme

Pengertian Ideologi liberalisme adalah ideologi yang didasarkan pada pemahaman akan kebebasan yang mana diutamakan pada nilai politik.

Pada dasarnya, harapan dari dikembangkannya ideologi ini adalah untuk mencapai masyarakat yang bebas dengan ciri utama adalah kebebasan berpikir untuk setiap individu.

Liberalisme menginginkan adanya kebebasan bertukar gagasan, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi, mempunyai pemerintahan yang transparan, serta menolak pembatasan individu.

Beberapa negara penganut paham liberalisme adalah Yunani, Argentina, Amerika Serikat, dan juga Rusia.

Fungsi Ideologi

Ideologi bisa dipelajari, diformulasikan, serta dimasukkan dalam tataran abstrak dalam pikiran serta jiwa setiap manusia.

Ideologi akan menjadi landasan pikir serta cara pandang manusia untuk memahami dan menafsirkan dunia.

Beberapa fungsi ideologi adalah sebagai berikut:

  • Menjadi pemandu dari tindakan sosial individu pada masyarakat
  • Menjadi sumber inspirasi norma serta nilai sosial
  • Menjadi panduan untuk individu untuk menemukan identitasnya
  • Memberi motivasi untuk individu dalam mencapai tujuan hidupnya.

Ideologi bisa menentukan tindakan konkrit individu di dalam kehidupan sosial. Secara lebih ekstrim, seseorang bisa saja rela berkorban nyawa untuk mempertahankan ideologi yang diyakininya.

Dari pembahasan tentang ideologi tersebut, semoga Anda bisa lebih memahami tentang hal tersebut.

Baik dari segi pengertian, jenis, serta fungsi ideologi itu sendiri. Semoga artikel ini membawa manfaat dan dapat dijadikan sumber kajian Anda.

Terimakasih telah berkunjung ke theinsidemag.com semoga selalu sukses dimanapun Anda berada!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *