Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Pengertian Investasi

1 min read

Pengertian Investasi

Investasi adalah pilihan terbaik untuk menata masa depan. Sebelum berinvestasi sebaiknya pahami dulu pengertian investasi dengan benar agar tidak salah kaprah.

Untuk menciptakan masa depan yang cerah sangat penting melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi adalah salah satu bentuk mengelola keuangan. 

Apa Itu Investasi?

Apa Itu Investasi?

Pengertian investasi adalah mempercayakan modal baik berupa uang atau aset lainnya adalah sebuah benda, lembaga atau pihak lain.

Dengan harapan sebagai investor atau pemodal akan mendapatkan keuntungan atau imbal hasil dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Senada dengan pengertian investasi di atas, di KBBI disebutkan investasi memiliki arti penanaman uang atau modal pada sebuah perusahaan atau proyek yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Inilah kenapa investasi biasanya disebut juga penanaman modal karena tujuan investasi adalah memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Pengertian Saham

Jenis Investasi

Jenis Investasi

Secara umum jenis investasi dibagi menjadi 2 menurut jangka waktu investasinya yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Untuk memahami keduanya simak karakteristiknya berikut ini:

  • Investasi jangka pendek. Karakteristik investasi jangka pendek adalah membutuhkan modal yang relatif kecil, namun untuk resiko yang ditawarkan cukup besar. Tujuan investasi jangka pendek biasanya untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu cepat. Investasi ini membutuhkan waktu sekitar 1 tahun. Contoh investasi jangka pendek adalah obligasi atau trading saham.
  • Investasi jangka panjang. Keuntungan yang diperoleh dari jenis investasi ini cukup besar, dengan resiko yang relatif lebih rendah namun memang butuh waktu lebih panjang. Waktu untuk melakukan investasi setidaknya adalah 5 tahun, sehingga butuh kesabaran ekstra. Contoh investasi jangka panjang seperti menanam modal saham di perusahaan.

Manfaat Investasi

Manfaat Investasi

Pasti bukan tanpa alasan para investor merelakan hartanya untuk berinvestasi, hal ini karena investor ingin merasakan manfaat dari investasi itu sendiri. Berikut ini adalah manfaat investasi bagi para pelakunya:

1. Mendapatkan Kebebasan Finansial

Mendapatkan kebebasan finansial adalah keinginan semua orang karena artinya seseorang sudah mampu memenuhi segala kebutuhannya tanpa susah-susah kerja.

Dengan investasi maka seorang investor akan akan mendapatkan passive income yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Tidak perlu risau lagi memikirkan sumber pendapatan dari mana untuk pemenuhan kebutuhan, karena hasil yang diperoleh dari investasi dapat mencukupi. Inilah yang dinamakan kebebasan finansial, tidak bekerja tapi mampu memenuhi kebutuhan hidup.

2. Meningkatkan Nilai Kekayaan

Manfaat investasi lainnya adalah dapat meningkatkan nilai kekayaan yang dimiliki seseorang. Misalnya saja saat seseorang memutuskan berinvestasi dalam bentuk tanah  atau properti maka otomatis nilai kekayaannya akan meningkat setiap tahunnya.

Hal ini karena harga jual kembali tanah dan properti tidak pernah turun melainkan akan selalu lebih mahal dari harga belinya.

Meskipun tanah dan properti ini adalah contoh investasi jangka panjang, karena hasilnya tidak dapat dirasakan dengan cepat tapi akan  tetap meningkatkan nilai kekayaan pemiliknya.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Investasi juga memiliki manfaat untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan. Seseorang dapat mengelola keuangannya dengan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi.

Pilih salah satu instrumen yang sesuai untuk berinvestasi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Dengan melakukan investasi saat masih memiliki pendapatan, maka di masa depan saat sudah memasuki usia pensiun tidak akan mengalami kesulitan keuangan.

Hasil investasi sejak muda yang sudah dilakukan bisa digunakan untuk menjalani masa depan.

Nah itulah informasi lengkap tentang pengertian investasi dan lain sebagainya. Segala hal tentang investasi telah di bahas di atas.

Jangan takut untuk melakukan investasi demi mendapatkan masa depan yang diinginkan. Saat ini banyak tips investasi yang bisa diikuti untuk memperoleh keberhasilan dalam melakukan investasi.

Demikian informasi dari kami theinsidemag.com semoga bisa dijadikan referensi dalam berinvestasi.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *